Serunya Wisata Religi Ke Gua Maria di Kota Blitar

by

helmy

 

Blog Orang IT – Kota Blitar adalah kota yang berada di selatan Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada sekitar 167 KM, sebelah selatan Surabaya. Di kota inilah tempat peristirahatan terakhir dari Presiden pertama sekaligus Bapak Proklamator yaitu Ir. Soekarno. Selain itu, Blitar juga memiliki tempat bersejarah lainnya yaitu Candi Penataran yang namanya juga sudah terkenal di berbagai daerah di Jawa Timur.

Blitar juga merupakan kota yang mendapat julukan Kota Patria. Ada juga yang menyebutnya sebagai Kota Peta atau Pembela Tanah Air. Pada waktu itu, Laskar Peta di bawah komando Suprijadi melakukan perlawanan kepada Jepang pada 14 Februari 1945. Perlawanan inilah yang kemudian mendorong munculnya berbagai gerakan perlawanan di daerah lain sampai kemerdekaan.

Selain MBK (Makam Bung Karno) dan Candi Penataran, Blitar juga memiliki banyak tempat wisata religi lainnya. Salah satu yang terkenal adalah Gua Maria Sendangrejo. Gua ini juga dinamakan sebagai Domus Mariare, sebuah tempat wisata untuk umat Katolik. Informasi selengkapnya mengenai Gua Maria akan kami bahas selengkapnya sebagai berikut.

Sejarah Gua Maria

Gua Maria

Pada tahun 1983, Bartels CM, Romo J, serta beberapa tokoh yang berasal dari umat Katolik sedang mencari lokasi yang nantinya akan dibangun sebagai lokasi ziarah. Kemudian mereka berhasil menemukan lokasi yang berada di tepi sungai. Lokasi tersebut berada di pinggiran Kelurahan Ngadirejo. Di sana, rombongan itu kemudian berjumpa dengan anak yang pada waktu itu sedang mencari kayu.

Kedua anak tersebut di antaranya juga ada yang sedang mencoba untuk menyeberangi sungai. Di sisi lain, sang kakak sedang menunggu adik-adiknya di tepian sungai dengan membawa seikat kayu. Kejadian ini kemudian mengingatkan sebuah kisah Santa Bernadeth yang berada di Lourdes Prancis. Peristiwa tersebut seolah-olah terulang kembali di tempat di mana sumber air yang ada di Sendangrejo ditemukan.

Bagi yang belum tahu, nama Sendangrejo sendiri dipilih karena memang di daerah tersebut memiliki sendang atau mata air. Uniknya, mata air ini tidak pernah kering meskipun sedang di landa musim kemarau. Selain itu, mata air Sendangrejo juga sudah banyak mengundang orang-orang yang sakit. Mereka percaya air tersebut mengandung semacam mukjizat yang bisa membuat orang yang sakit menjadi sembuh.

Banyak orang yang kemudian berbondong-bondong meminum atau membasuh tubuh mereka dengan air mata tersebut. Pada akhirnya tempat itu diberi nama sebagai Sendangrejo. Kemudian di tahun 2004, dibangunkanlah sebuah rumah doa serta ibadat. Lokasinya juga bersebelahan dengan Gua Maria. Kemudian diresmikan pada 15 Agustus 2005.

Lokasi dan Keindahan Wisata Gua Maria

Mengetahui lokasi dari tempat wisata merupakan salah satu cara untuk sampai ke tempat tersebut. Selain itu, kita juga memperkirakan apakah memang lokasinya mudah untuk dijangkau atau tidak. Perlu kamu tahu bahwa Gua Maria berlokasi di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kepanjen Kidul. Lokasinya berada di pinggiran sungai dengan aliran air yang tidak terlalu deras.

Selain itu, lokasinya pun juga terletak di bawah lokasi parkir. Jadi ketika kamu ingin memasuki lokasi Gua Maria, kamu akan dituntun oleh beberapa anak tangga hingga sampai ke depan ruangan tempat berdoa. Ketika kamu berjalan melewati tangga, kamu akan melihat beberapa pohon besar yang menutupi pelataran doa. Inilah yang memberikan kesan ketenangan dan kenyamanan sebelum kamu benar-benar sampai ke tempat berdoa.

Udara di Gua Maria juga sejuk sehingga membuatmu semakin nyaman dan malah ingin berlama-lama berada di sana. Ketika kamu sudah berada di dalam ruangan doa, kamu akan melihat patung Bunda Maria. Di situ kamu bisa langsung berdoa dengan khusuk. Kamu juga akan merasakan semilirnya angin yang menerpa kulitmu sera suara rindang dedaunan.

Suasana inilah yang membuat banyak orang semakin tenang. Mereka bisa lebih berkonsentrasi ketika berdoa di Gua Maria. Jika kamu penasaran maka kamu bisa langsung mengunjunginya. Kamu bisa merasakan sendiri seperti apa suasana yang dihadirkan di Gua Maria. Kamu akan benar-benar merasakan ketenangan bahkan sebelum kamu masuk ke dalam Gua maria.

Meskipun Gua Maria dibelah sungai, bukan berarti tempat yang satu ini kurang menarik dan bisa kamu lewatkan begitu saja. Adapun lokasi yang ada di seberang pelataran doa merupakan kompleks jalan salib dan juga pendopo. Kamu juga bisa mengunjunginya untuk melakukan napak tilas. 

Pada saat melalui jalan salib, terdapat kompleks di mana pada stasiun pemberhentiannya memiliki patung-patung yang seperti ingin mengajakmu melihat bagaimana kisah Yesus yang rela mengorbankan dirinya di kayu salib. Biasanya para pengunjung setelah ibadah di jalan salib akan beristirahat di pendopo. 

kisah Yesus

Di pendopo tersebut memang banyak dimanfaatkan sebagai lokasi istirahat. Hembusan angin serta suara alam di sekitar membawa ketenangan. Kamu bisa beristirahat sejenak sebelum mengunjungi tempat lainnya.

Akses Jalan Menuju Tempat Wisata Gua Maria

Lalu bagaimana dengan akses jalan ke Gua Maria? Bagi yang belum tahu sebenarnya lokasi tempat wisata yang satu ini cukup strategis. Lokasinya pun berada di utara MBK atau Makam Bung Karno. Namun kabarnya akses jalan menuju ke Gua Maria masih cenderung sempit. Untuk lebar jalannya hanya cukup dilalui mobil. 

Bagi kamu yang berkunjung ke tempat ini dengan naik bus, maka kamu harus rela turun dari bus dan jalan kaki hingga sampai ke Gua Maria. Meskipun perjalanan yang harus ditempuh tidak terlalu jauh. Namun tetap saja kondisi ini membuat beberapa orang merasa kurang nyaman. 

Spot Foto di Gua Maria

Apakah tempat wisata Gua Maria memiliki spot foto yang menarik? Tentu saja. Ada beberapa tempat yang bisa kamu pilih untuk berfoto. Kamu bisa berfoto di tangga menuju Gua Maria. Ketika kamu belok kiri, kamu juga akan menemukan area berkumpul serta tempat duduk yang dicor. Di sampingnya juga terdapat ruangan transparan serta dua patung kecil dan besar. Kamu bisa memanfaatkan lokasi-lokasi tersebut untuk selfie.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai Gua Maria Sendangrejo. Jadi, kamu bukan hanya dapat beribadah, melainkan juga bisa menggali sejarah seputar Gua Maria . Semoga bermanfaat.

www,helmykediricom

Related Post