Liburan ke Istana Gebang, Tempat Bersejarah dan Rumah Presiden Pertama

by

helmy

Blog Orang IT – Blitar merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata. Tempat wisata di Blitar ada yang bertemakan sejarah, kuliner, religi, dan lain-lain. Tempat-tempat tersebut tidak pernah sepi dari minat pengunjung. Mereka yang datang berlibur bukan hanya didominasi oleh masyarakat Blitar melainkan juga masyarakat dari kota lain.

Liburan ke Istana Gebang

Tidak sedikit yang rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di Blitar. Di Blitar, ada beberapa tempat bersejarah yang sudah terkenal di mana-mana. Salah satunya adalah Istana Gebang. Sebuah tempat bersejarah yang sekaligus pernah menjadi rumah dari Proklamator RI yaitu Ir. Soekarno.

Setiap tahun, tempat ini selalu menjadi destinasi wisata rutin untuk mengajarkan sejarah. Terutama yang berkaitan dengan Bung Karno. Bangunannya memang seperti rumah biasa karena dulunya merupakan rumah. Modelnya yang jadul semakin memberi kesan bahwa tempat ini memang mengandung nilai sejarah.

Mengenal Istana Gebang

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa Istana Gebang adalah sebuah tempat wisata bersejarah di Blitar. Tempat ini merupakan rumah presiden pertama Indonesia dan menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Blitar. Ketika kamu pertama kali berlibur ke sini, kamu benar-benar bisa merasakan kesan bersejarah dari bangunan tersebut. Sangat cocok bagi kamu yang memang hobi mengunjungi tempat wisata bersejarah.

Tidak jauh dari Istana Gebang kamu bisa mengunjungi makam Ir. Soekarno. Jarak dari Istana Gebang kurang lebih 2 KM. Kamu bisa mengunjungi makam Bung Karno sekaligus berziarah ke sana. Jadi, bagi yang memiliki rencana untuk berlibur ke Istana Gebang, jangan lupa sekalian mengunjungi makam Bung Karno karena lokasinya yang tidak terlalu jauh.

Istana Gebang mempunyai luas kurang lebih 2 hektar. Rumah Bung Karno juga mempunyai ruang tamu yang cukup luas. Kamu bisa melihat koleksi foto dan benda bersejarah yang ada di ruang tamu. 

Rumah Presiden Pertama

Fasilitas di Istana Gebang

Mungkin kamu mengira bahwa bangunan kuno ini tidak mempunyai fasilitas. Padahal di dalam Istana Gebang terdapat fasilitas. Bahkan di sekitar rumah Ir. Soekarno pun juga tersedia beberapa fasilitas yang akan memudahkan siapa saja yang ingin mengunjungi Istana Gebang. Kamu bisa mengunjungi warung makan untuk mengisi tenaga. Ada juga toilet umum yang bisa kamu manfaatkan.

Kamu tidak perlu khawatir karena biaya ke toilet tersebut gratis. Kemudian pada bagian depan istana terdapat patung Bung Karno. Patung inilah yang kerap dijadikan sebagai background atau latar belakang foto untuk kenang-kenangan. Jika kamu berlibur ke Istana Gebang, jangan lupa untuk mengunjungi spot foto yang satu ini.

Bagi yang berencana menginap beberapa hari di Blitar, di sekitar Istana Gebang juga terdapat hotel. Kamu bisa memanfaatkannya untuk beristirahat. Harganya pun terjangkau dengan fasilitas yang lengkap.

Banyak Spot Foto di Istana Gebang

Selain patung Bung Karno, di Istana Gebang menyediakan banyak spot foto yang tidak boleh kamu lewatkan. Salah satu lokasi yang kerap dijadikan objek foto oleh wisatawan adalah ruang tamu. Ruang tamunya memang terlihat cukup luas. Nuansa jaman dulu terasa kental di sini sehingga cocok untuk kamu jadikan lokasi mengabadikan momen berharga.

Istana Gebang memang sangat cocok bagi kamu yang hobi hunting foto. Kamu bisa mengunjungi Istana Gebang baik bersama keluarga, teman, saudara, atau pasanganmu. Dijamin tempat ini akan menjadi salah satu lokasi wisata di Blitar yang paling berkesan. Kemungkinan kamu juga akan mengunjungi Istana Gebang kembali.

Akses Jalan ke Istana Gebang

Lalu bagaimana dengan akses jalan ke Istana Gebang? Terkadang wisatawan membatalkan berkunjung ke suatu tempat wisata karena akses jalannya yang cukup menyulitkan. Padahal tempat wisata tersebut menawarkan keseruan yang mungkin tidak kamu temukan di tempat lain. Lalu bagaimana dengan Istana Gebang? Akses jalan menuju tempat ini cukup mudah.

Hal ini karena lokasinya yang memang tidak jauh dari Kota Blitar. Bagi kamu yang memiliki rencana berlibur ke Istana Gebang, kamu bisa melewati Jl. Lawu lalu ke Jl. Semeru yang ada di Alun-alun Kota Blitar. Kemudian kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Jl. Sultan Agung dengan menempuh perjalanan kurang lebih 10 menit.

Informasi selengkapnya bisa kamu cek melalui Google Maps. Di situ kamu akan mendapat informasi berapa lama perjalanan menuju Istana Gebang. Namun kamu tidak perlu khawatir karena memang jalanan di kota ini tidak rumit. Ada banyak petunjuk jalan yang akan menuntunmu untuk sampai ke tempat tujuan.

Di sisi lain, jika kamu berangkat dari kota lain maka sudah tentu memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini tergantung seberapa jauh kotamu dengan Blitar. Terlebih lagi Istana Gebang memang lokasinya ada di tengah-tengah Kota Blitar. 

Jam Buka Serta Harga Tiket Masuk Istana Gebang

Informasi berikutnya mengenai tempat wisata Istana Gebang adalah tentang jam buka serta harga tiket masuk. Jika kamu berminat mengunjungi Istana Gebang, kamu harus tahu bahwa tempat ini dibuka mulai jam 07:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB. Kamu bisa mengunjungi di hari apa saja karena Istana Gebang dibuka setiap hari.

Namun biasanya tempat ini tutup ketika hari besar seperti Lebaran. Kemudian mengenai biaya tiket masuknya sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000. kemudian untuk biaya parkirnya pun hanya Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat. Biaya yang sangat murah dan bangunan yang terkenal bersejarah membuat tempat ini tidak pernah sepi.

Setelah kamu mengetahui seputar harga tiket masuk serta jam operasional dari Istana Gebang, sekarang kau bisa mulai menyusun rencana untuk mengunjunginya. Namun sebelum itu ada beberapa hal yang harus kamu siapkan.

Tips Berkunjung ke Istana Gebang

Sebelum liburan, pastinya ada beberapa hal yang harus kita siapkan. Terutama jika mengunjungi tempat wisata yang menawarkan banyak spot foto. Salah satu barang yang wajib kamu bawa adalah kamera. Ini sangat penting untuk mengabadikan momen liburanmu selama di Istana Gebang meskipun sebenarnya bisa kamu ganti dengan kamera hp.

Kemudian jangan lupa untuk membawa uang yang cukup. Mengapa? Karena ada beberapa tempat makan yang lokasinya tidak jauh dari Istana Gebang. Kamu juga bisa mengunjungi toko oleh-oleh untuk membeli beberapa barang sebagai kenang-kenangan atau sebagai hadiah untuk kamu berikan kepada teman, saudara, atau pasanganmu.

Kamu juga bisa membawa camilan yang cukup jika memang ingin mengirit pengeluaran selama berlibur ke Istana Gebang. Dengan mempersiapkan beberapa hal secara matang, berlibur ke tempat wisata Istana Gebang akan menyenangkan. Kamu tidak perlu khawatir mengalami kendala baik ketika berangkat maupun pulang.

Demikian informasi mengenai tempat wisata Istana Gebang. Sekarang mulai susun rencana dan siapkan segala hal untuk datang ke sini. Semoga bermanfaat.

www.helmykediricom

Related Post