Liburan ke Gunung Kelud yang Terkenal diJawa Timur

by

helmy

Blog Orang IT – Gunung Kelud adalah salah satu gunung yang terkenal di Jawa Timur. Gunung ini sempat terbentuk kembali setelah erupsi di tahun 2014. Salah satu keindahan yang disajikan adalah panorama alam yang menakjubkan dan membuat siapa saja akan terhipnotis dengan keindahan alamnya. Gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Blitar dan Kediri ini kerap menjadi salah satu destinasi utama bagi wisatawan yang hobi berpetualang.

Perlu kamu tahu bahwa lokasi Gunung Kelud dibagi menjadi tiga zona. Zona yang pertama yaitu Zona Agrowisata Margomulyo, kedua Zona Sirkuit Kelud, dan yang ketiga yaitu Zona Produksi. Setiap zona menawarkan hal menarik yang berbeda. Untuk Zona Sirkuit Kelud, kamu akan disuguhkan dengan konsep pelancongan yang sporty misalnya pendakian dan off-road.

Pada zona ini para wisatawan bisa menyaksikan seperti apa keindahan kawah yang letaknya ada di Puncak Gajah Mungkur, Puncak Sumbing, serta Puncak Kelud.  Kemudian untuk Zona Agrowisata Margomulyo merupakan lokasi di mana kamu bisa menikmati tempat wisata yang lebih santai. Kamu akan disuguhkan oleh hamparan taman bunga. Setidaknya kurang lebih 60 jenis bunga serta 5 jenis tanaman buah yang ada di zona ini.

Gunung Kelud

Kemudian untuk zona yang ketiga yaitu Zona Produksi merupakan sebuah lokasi sentra untuk kamu yang hobi berburu kuliner dan oleh-oleh. Tempat ini memang kerap dikunjungi dan dipilih sebagai zona terakhir setelah mengunjungi kedua zona yang sudah kami sebutkan. Pada Zona Produksi, kamu bisa menikmati berbagai kuliner khas dan lezat. Dijamin kamu akan langsung ketagihan dan jatuh cinta dengan kuliner tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa membeli beberapa barang untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Ada juga yang menyebut zona ini sebagai kawasan belanja karena memang ada banyak barang yang bisa kamu bawa pulang. Di sini tersedia para pedagang mulai dari usaha mikro, kecil, serta usaha menengah. Semuanya menjual berbagai barang menarik untuk kamu berikan kepada saudara, teman, atau pasanganmu.

Lokasi Gunung Kelud

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Gunung Kelud, kamu harus tahu bahwa gunung ini termasuk gunung berapi yang berlokasi di Jawa Timur. Lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, serta Kabupaten Malang. Nanti kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih 25 km dari pusat Kota Blitar serta 35 km dari pusat Kota Kediri.

Rute Jalan Menuju Gunung Kelud

Setelah mengetahui lokasi Gunung Kelud, informasi selanjutnya yaitu berkaitan dengan rute menuju ke sana. Kamu bisa mengunjungi Gunung Kelud dari arah Jombang. Nanti kamu harus mengambil arah menuju Pare Kediri dengan melalui Ngoro Jombang. Kemudian kamu lanjutkan perjalanan lurus serta ambil rute jalan ke Plosoklaten.

Ketika kamu sudah sampai  di Polsek Plosoklaten, belok kiri menuju ke Wates. Ketika sampa di pasar Wates, kamu harus mengikuti jalan searah serta ambil jalan kiri menuju ke Kecamatan Ngancar Kediri. Kemudian lurus dan tinggal mengikuti jalan hingga kamu sampai ke Gunung Kelud.

Bagi kamu yang berangkat dengan mengambil jalan dari Surabaya, Sidoarjo, serta daerah sekitarnya maka ambil arah menuju Jombang. Ketika sudah sampai di Polres Mojoagung silakan belok kiri menuju Mojowarno. Kemudian belok kanan hingga kamu tiba di depan RSK Mojowarno. Lanjutkan perjalananmu sampai menuju Cukir.

Sekarang kamu harus mengikuti jalan sampai kamu nanti sampai di pabrik gula. Belok kiri dan tinggal mengikuti jalan hingga menuju Ngoro. Dari Ngoro, kamu ambil kanan sampai ke Pare Kediri. Sepanjang perjalanan menuju Gunung Kelud, kamu akan melihat beberapa tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat. Di sana kamu bisa mengembalikan tenagamu untuk melanjutkan perjalanan hingga sampai ke Gunung Kelud.

Di tempat tersebut kamu juga bisa melihat kawah serta merasakan hawa pegunungan yang sangat segar. Selain itu, biasanya para wisatawan akan memanfaatkan momen tersebut untuk sekaligus berfoto selfie. Maka dari itu jangan sampai kamu tidak mengambil foto di sini. Kemudian kamu bisa melanjutkan perjalananmu menuju Gunung Kelud.

Jam Buka Gunung Kelud

Untuk wisatawan yang memiliki rencana mengunjungi tempat wisata Gunung Kelud, mereka harus tahu kapan dan sampai jam berapa tempat tersebut dibuka. Bagi yang belum tahu, tempat wisata Gunung Kelud terdiri dari beberapa objek wisata. Untuk jam bukanya pun ada ketentuannya dan bisa berbeda antara objek wisata yang satu dengan yang lainnya.

Namun secara umum memang tempat wisata di Gunung Kelud dibuka selama 24/7. Itu artinya kamu bisa mengunjunginya di jam dan hari apa pun. Wisata Gunung Kelud dibuka setiap hari sehingga kamu tidak perlu repot-repot menentukan kapan kamu harus berkunjung ke sini. Yang terpenting pastikan kamu berlibur ke Gunung Kelud di sana tidak musim hujan.

Ketika kamu mengunjungi Gunung Kelud ketika musim panas, kamu bisa mengunjungi semua objek dan spot foto yang ada. Perjalanan menuju ke sini pun bisa lebih lancar dan tidak ada halangan apa pun.

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud

Informasi berikutnya yaitu tentang berapa harga tiket masuk di wisata Gunung Kelud. Kamu hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000. Harga yang sangat terjangkau dan pas untuk kamu yang memang memiliki budget terbatas. Karena harganya yang terjangkau, membuat banyak orang semakin tertarik untuk mengunjungi Gunung Kelud.

Objek Wisata di Gunung Kelud

Seperti yang kami jelaskan bahwa Gunung Kelud memiliki beberapa objek wisata, di antaranya:

• Puncak Gunung Kelud

• Mystery Road Gunung Kelud

• Air panas Gunung Kelud

• Flying fox

• Agrowisata

• Kampung durian

Fasilitas Gunung Kelud

Apa saja fasilitas yang bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke tempat wisata Gunung Kelud? Untuk fasilitasnya sudah cukup lengkap. Misalnya saja terdapat kedai makanan yang menjual aneka makanan dan minuman. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kehabisan bekal karena kamu bisa mampir dan membeli makanan atau minuman sebelum mengunjungi tempat lainnya.

Selain itu untuk fasilitas sekitar juga cukup lengkap. Kamu bisa menemukan toilet, musholla, serta beberapa pendopo. Semua fasilitas tersebut dibangun oleh pihak pengelola demi memberikan kenyamanan bagi siapa pun yang mengunjungi Gunung Kelud.

www..helmykediricom

Related Post