Berlibur ke Pantai Tambakrejo, Salah Satu Pantai Terbaik di Kabupaten Blitar

by

helmy

Blog Orang IT – Pantai Tambakrejo merupakan pantai yang berlokasi di Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar, Jawa Timur. Mungkin banyak orang yang mengira bahwa Blitar hanya terkenal dengan tempat wisata bersejarah. Hal ini terbukti dengan adanya Makam Bung Karno dan Candi Penataran yang terkenal. Kedua tempat tersebut memang menjadi ikon dari Blitar.

Banyak wisatawan yang datang ke Blitar karena ingin mengunjungi salah satu atau kedua tempat wisata tersebut. Mereka yang datang bukan hanya dari Indonesia melainkan banyak wisatawan mancanegara. Padahal Blitar juga memiliki pantai yang indah. Tepatnya berada di Kabupaten Blitar.

Ada beberapa pantai yang terkenal, salah satunya adalah Pantai Tambakrejo. Sebenarnya pantai ini dulu termasuk pantai yang tersembunyi. Tidak banyak wisatawan yang datang ke sini dan memang pantai ini cenderung kurang diminati. Alasannya karena pada waktu itu masih belum dikelola dengan baik.

Keindahan Pantai Tambakrejo

Meskipun dulu Pantai Tambakrejo kurang diminati, namun perlahan-lahan banyak masyarakat yang sudah mulai mengenalnya. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak wisatawan yang mengunjunginya. Mungkin pada waktu itu lokasinya masih kurang strategis sehingga banyak yang belum mengetahui keberadaan pantai Tambakrejo.

Namun sekarang akses jalan ke Pantai Tambakrejo sudah bagus. Harga tiketnya pun juga terjangkau. Kamu bisa mengunjunginya dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2,5 jam dari Kota Kediri. Lalu kira-kira seperti apa keindahan yang dimiliki pantai ini?

Ketika baru pertama kali sampai di Pantai Tambakrejo, kamu akan langsung disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Pantainya pun juga bersih dengan air yang berwarna biru toska. Kamu juga akan melihat bentangan pasir putih di teluk dengan panjang 10 KM yang membuat para wisatawan betah menghabiskan waktu mereka di sini.

Pantai Tambakrejo

Selain itu, garis pantainya juga panjang sehingga inilah yang memberikan kesan menarik. Mengapa? Karena tidak semua pantai yang ada di Jawa Timur menawarkan keindahan seperti yang ditawarkan oleh Pantai Tambakrejo. Namun kamu harus ingat bahwa jangan sampai berenang di sini ketika air laut pasang. Ombaknya yang besar terlalu berisiko.

Lebih baik kamu bersantai sambil menikmati makanan di warung yang letaknya tidak jauh dari pantai. Kamu juga bisa mengunjungi tempat pelelangan ikan. Jika masih belum puas, kamu juga bisa mengunjungi pasar ikan yang menjual berbagai ikan segar. Lokasinya juga berdekatan dengan Pantai Tambakrejo. 

Waktu Terbaik Mengunjungi Pantai Tambakrejo

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi pantai yang indah ini? Sebenarnya kamu bisa mengunjunginya kapan saja. Namun jika ingin tahu waktu terbaik, menurut kami adalah di bulan Oktober. Mengapa? Karena selain menikmati keindahan Pantai Tambakrejo, kamu juga bisa melihat seperti apa ritual larung saji. 

Masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai Tambakrejo memang rutin melakukan ritual larung saji di bulan Oktober. Jadi inilah kesempatanmu untuk melihat seperti apa ritual tersebut. Kamu juga bisa mengambil momen untuk kamu posting di media sosial.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Adapun lokasi Pantai Tambakrejo ada di Desa Tambakrejo, Kec. Wonotiro, Kab. Blitar. Kamu bisa melihat detail lokasi melalui aplikasi Google Maps. Kamu bisa mengunjunginya dengan mengendarai roda dua atau tempat. Untuk harga tiketnya memang terjangkau yaitu hanya Rp 6.000. Kamu bisa datang ke Pantai Tambakrejo jam berapa pun karena tempat ini memang buka selama 24 jam.  

Rute Menuju Pantai Tambakrejo

Sebelumnya kami sudah memberikan informasi mengenai alamat dari Pantai Tambakrejo. Kamu bisa mencapainya melalui jalan perbukitan serta pegunungan. Maka dari itu kami menyarankan agar kamu datang ke sini dengan kendaraan yang kondisinya memang benar-benar bagus. Selain itu, kondisi badanmu juga harus fit karena perjalanan menuju Pantai Tambakrejo memang tidak sebentar.

Terlebih lagi bagi pengemudi di mana dia harus menempuh medan jalan seperti itu. Dibutuhkan tenaga ekstra serta pengemudi yang berpengalaman. Tidak jarang kasus kendaraan mogok ketika mengunjungi Pantai Tambakrejo. Hal ini karena kondisi kendaraannya yang mungkin kurang bagus. Bisa juga karena pengemudinya yang kurang berpengalaman.

Untuk jarak tempuh pantai ini dari kota Blitar kurang lebih 1 jam. Jika kamu berangkat dari Blitar, kamu cukup mencari Kecamatan Kademangan. Kemudian kamu tinggal melihat petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu sampai menuju Pantai Tambakrejo. Di sinilah petulangan dimulai. Kamu harus melewati perbukitan dengan medan jalan yang menikuk sehingga kamu harus berhati-hati. Di sisi lain kamu juga bisa melihat pepohonan yang seolah-olah sudah menyambut kedatanganmu.

Tidak ada salahnya untuk mengabadikan beberapa momen terbaik sebelum kamu sampai ke Pantai Tambakrejo. Pada saat perjalanan sudah mulai memasuki kawasan Pantai Tambakrejo, kamu juga akan langsung disambut oleh jalanan menurun dan memanjang. Kamu akan merasakan perjalanan yang cukup melelahkan. Maka dari itu kondisi motor dan pengemudi memang harus benar-benar fit.

Meskipun lelah, namun ketika kamu sudah berhasil sampai di Pantai Tambakrejo maka rasa lelahmu akan langsung hilang. Kamu bisa langsung menikmati keindahan pemandangan pantai yang membuatmu ingin cepat-cepat ke sana. 

Fasilitas di Pantai Tambakrejo

Fasilitas pada sebuah tempat wisata bisa menjadi pertimbangan wisatawan untuk memutuskan apakah ingin mengunjunginya atau tidak. Lalu bagaimana dengan Pantai Tambakrejo? Kamu tidak perlu khawatir karena di sini fasilitasnya sudah lengkap. Dijamin semua fasilitas yang disediakan akan membuat liburanmu nyaman dan aman.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Tambakrejo antara lain:

• Warung makan yang menjual beragam makanan seafood yang lezat

• Kamar mandi serta WC

• Tenda sederhana yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat berteduh

• Tempat parkir motor dan mobil yang luas

• Perahu yang bisa kamu manfaatkan untuk berlayar mengelilingi pantai

• All terain vehicle atau ATV yang bisa sewa

Tidak heran jika wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tambakrejo bisa menghabiskan waktu seharian berlibur di sini. Memang fasilitasnya sudah lengkap dan memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan wisatawan. Maka dari itu, kamu tidak perlu ragu untuk mengunjunginya. Segera siapkan rencana dan budget untuk mulai berangkat menuju Pantai Tambakrejo. 

www,helmykediricom

Related Post