RecordCast: Cara rekam layar tanpa install software/aplikasi

by

helmy

BLOGORANGIT – Recordcast merupakan web app yang membantu dalam melakukan proses perekaman pada browser, maupun screen layar monitor. Recordcast termasuk tool online yang mudah digunakan, bahkan oleh orang awam sekalipun, karena tampilan UI nya yang simpel dan intuitif. Dengan menggunakan aplikasi recordcast, Kita bisa melakukan recording screen tanpa perlu mendownload dan menginstall aplikasi terlebih dahulu ke sistem operasi Kita.
RecordCast ideal untuk beragam penggunaan, salah satunya untuk membuat video tutorial singkat. Dengan bantuan Text tool dan Background yang tersedia pada section Editing (setelah selesai melakukan proses recording), Kita bisa membuat video hasil recording lebih menarik. Video yang dihasilkan bisa dikirimkan melalui email (dalam bentuk lampiran), atau membagikannya ke laman media sosial, atau ke Client Anda.
RecordCast mendukung 3 mode saat dijalankan, yaitu : 1) Screen + WebCam, 2) Screen Only, 3) WebCam Only. RecordCast memberikan Kita kemudahan dalam melakukan Screen Record dengan cepat melalui interface yang ada serta fungsi yang disediakan.
Sebagai informasi, RecordCast tidak mendukung recording melalui smartphone dan tablet.

kelebihan RecordCast :

1. Aplikasi bersifat Gratis;
2. Tidak menyertakan background watermark pada video hasil generate recording;
3. Project otomatis akan tersimpan di-cloud server RecordCast;
4. Tanpa perlu instalasi, karena merupakan web app yang bersifat online;
5. Kita bisa memilih untuk melakukan recording pada seluruh screen, tab browser, atau pada window tertentu yang tampil saja;
6. Tidak membutuh kan tool tambahan
7. Mendukung Windows, dan MacOS
8. Tampilan User Interface yang simple, dan intuitif
9. Bisa dijalankan pada hampir semua browser
10. Dukungan webcam
11. Dukungan editing video on-demand

Kekurangan RecordCast :

1. Tidak ada fitur preview pada video output;
2. Tidak adanya fitur recording terjadwal. Tidak seperti macro recording yang mendukung penjadwalan recording, RecordCast tidak mendukung fitur penjadwalan sehingga Kita tidak bisa mengatur kapan recording akan dijadwalkan secara otomatis;
3. Tidak mendukung pengambilan screenshot on-demand saat recording. Artinya jika Anda ingin mengambil bagian tertentu dari screen pada saat recording, hal itu harus dilakukan secara manual pada saat proses recording selesai, tepatnya saat masuk ke proses editing video;
4. Tidak disediakannya fitur untuk menyimpan hasil recording ke cloud.

Fitur-fitur RecordCast :

1. Save

Save merupakan fitur utama dari aplikasi web RecordCast, fitur ini akan menyimpan hasil editing pada cloud RecordCast. Untuk menggunakan fitur ini, Kita perlu login menggunakan akun RecordCast, atau melalui SSO Google Mail, salah satunya, setelah itu, Kita bisa melalukan save pada project yang sedang aktif.

2. Opsi Recording Audio

Dari sisi opsi recording, recordcast menyediakan opsi recording audio menjadi beberapa bagian. RecordCast menyediakan opsi audio recording menjadi 4 pilihan melalui 1) Micphone + System audio, 2) Microphone, 3) System audio, 4) No audio, jika Kita memilih untuk tidak menggunakan microphone saat record cast, maka pilih yang No audio, sedangkan jika Kita ingin menggunakan Microphone, maka bisa memilih opsi Microphone, atau yang lainnya. Sebagai catatan, pada plan gratis, RecordCast mampu melakukan recording sampai 30 menit.

3. Fungsi Editing Video

Setelah dilakukan proses casting, Kita bisa mendownload file hasil capture atau mengeditnya melalui tombol Download and Edit, atau memutar video preview nya dulu, dengan langsung mengklik ikon play pada playback yang muncul dilayar. Uniknya, pada saat mengklik tombol Download and Edit, file video akan didownload dan Kita akan dibawa ke screen untuk pengeditan video dari RecordCast sendiri. Di Screen ini, Kita bisa melakukan editing video langsung (on-demand) pada web app yang disediakan.

Beberapa fitur dari video adalah :

1. Text

a. untuk memasukkan teks ke dalam video, Kita bisa memasukkan teks heading, dengan berbagai bentuk, shade dan layout yang disediakan agar ditambahkan pada timeline video yang ada.

2. Background

a. Untuk memasukkan background pada video yang akan di edit, Kita bisa menggunakan menu Background.

4. Import

Disamping fitur edit yang disediakan, RecordCast juga menyediakan fitur untuk melakukan import, hal ini cukup bermanfaat ketika Kita ingin memasukkan file dari penyimpanan eksternal kedalam project yang sedang dibuka saat ini atau menggabungkan asset yang ada.

5. Export

Untuk fitur Export sendiri, RecordCast menyediakan 3 format resolusi yang berbeda yaitu 480p, 720p, dan 1080p. Proses export sendiri berlangsung cepat, setelah memilih menu export, maka progress export akan berjalan dan otomatis akan mendownload video output sesuai format resolusi yang dipilih. Setelah itu, Kita bisa melanjutkan proses editing melalui tombol Continue Editing yang disediakan.

Cara Menggunakan Recordcast :

Berikut Langkah-langkah dalam melakukan recording menggunakan web app RecodCast :
1. Buka Web Browser favorit Anda;
2. Akses web nya di alamat berikut : https://www.recordcast.com;
3. Lakukan registrasi akun. Langkah ini bersifat opsional, bisa diabaikan sementara untuk nanti melakukan registrasi melalui menu yang ada atau menggunakan SSO Google;
4. Langkah selanjutnya adalah memilih mode recording screen dari 3 opsi yang disediakan :
mode recording screen
a. Screen + Webcam, hanya Screen atau hanya Webcam;
5. Langkah berikutnya adalah memilih mode recording dari 3 opsi yang disediakan :
mode recording
a. Microphone + System audio, Microphone, System audio
b. (jika tidak menggunakan audio, tinggal memilih No audio)
c. Jika muncul permintaan acces microphone dan webcam, klik allow
6. Langkah berikutnya adalah memilih opsi recording screen :
opsi recording screen
a. Entire Screen : Merekam keseluruhan screen di layar monitor termasuk desktop dengan taskbar dan system tray nya;
b. Application Window : Merekam hanya window aplikasi tertentu saja, seperti web browser atau aplikasi yang sedang dibuka;
c. Chrome tab or your browser tab : Merekam hanya tab tertentu saja yang sedang aktif, di web browser yang sedang dibuka.
7. Mulai jalankan proses recording sampai selesai;
8. Setelah proses recording telah selesai, Kita bisa klik tombol stop recording;
9. Langkah berikutnya adalah proses editing. Silahkan menambahkan teks, background, dan asset lain sesuai kebutuhan;
rekam layar tanpa install software
10. Setelah selesai, bisa melalukan Save dan Export
11. Selesai.
Kesimpulannya, RecordCast sangat membantu Kita dalam membuat video recording screen yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, dari yang sederhana seperti tutorial, lesson, atau sebagai lampiran di message email. Selain penggunaannya yang mudah, plan free sendiri juga menyediakan berbagai fitur yang mencakup kebutuhan dasar yang dibutuhkan untuk membuat video recording yang berkualitas.
RecordCast merupakan online tool untuk kebutuhan recording & editing video basic, tanpa instalasi aplikasi dan plugin, atau software pihak ketiga. Mendukung semua sistem operasi, dan hampir semua browser yang ada. Untuk kebutuhan dasar seperti menambahkan teks pada video, cutting, background, sudah disediakan didalamnya.
www.helmykediricom

Related Post