Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Aplikasi dan situs belajar bahasa korea terbaik

Saat ini, untuk mempelajari bahasa asing menjadi hal yang mudah dilakukan, khususnya bahasa Korea. Berkat adanya teknologi dan koneksi Internet yang baik saat ini, belajar bahasa Korea bisa dilakukan tanpa harus menggunakan buku fisik, tapi melalui desktop, atau smartphone Android. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai aplikasi dan situs apa saja yang memberikan layanan materi pembelajaran bahasa korea.

1. Simply Learn Korea

simply learn korea

Link Aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=simply.learn.korean

Aplikasi pertama untuk belajar bahasa korea adalah Simply Learn Korea. Simply Learn Korea merupakan aplikasi Android yang digunakan untuk mempelajari materi bahasa korea, khususnya kosakata, pengucapan, dan percakapan dalam bahasa Korea. Beberapa bentuk vocabulary seperti bilangan, waktu, percakapan dasar, sambutan, dan masih banyak lagi, tersedia melalui aplikasi ini. Selain itu juga, disediakan pula contoh percakapan umum Sehari-hari disertai dengan audio untuk memperjelas pemahanan tentang bagaimana pengucapan yang benar.

Fitur-fitur yang disediakan antara lain : Quiz, Kemajuan Tracker, Favorites.

Terdapat 3 level materi : Pemula, Pelajar tingkat dasar, Pelajar tingkat lanjutan, hingga Ahli. Aplikasi ini juga menyediakan versi Pro untuk fitur yang lebih banyak.

2. Lingo Deer

lingo deer

Link Aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lingodeer

Aplikasi belajar bahasa korea selanjutnya adalah Lingo Deer, selain menyediakan versi aplikasi mobile Android, Anda juga bisa belajar materi yang disediakan melalui situsnya langsung yang dapat diakses melalui alamat https://www.lingodeer.com.

Pada tampilan awal aplikasi, Kita disuguhkan dengan pilihan bahasa yang akan dipelajari, setelah itu pilih level yang ingin dipelajari, nanti akan masuk ke bagian section atau kategori pembelajaran. Banyak kategori materi yang bisa diakses, mulai dari kewarganegaraan, alfabet, keluarga, nama musim, hingga vocabulary arah dan bentuk.

Setelah mengklik kategori, Kita disuguhkan dengan materi mirip flash card, untuk materi sendiri dibuat bertahap, Kita diharuskan menyelesaikan 1 vocabulary sebelum masuk ke tahap berikut.

3. DuoLingo

duo lingo

Link Aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.duolingo

Aplikasi belajar bahasa korea selanjutnya adalah DuoLingo. Barangkali nama aplikasi ini sudah familiar bagi Anda. DuoLingo sudah diliris cukup lama, dan pada saat tulisan ini dibuat, duolingo terus melakukan update pada aplikasinya. Uniknya, saat belajar bahasa korea, aplikasi akan menganti bahasa UI nya menjadi bahasa Inggris, jadi pastikan bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa korea melalui aplikasi ini  setidaknya memiliki dasar pengetahuan tentang bahasa Inggris.

Aplikasi DuoLingo juga memiliki situs web yang bisa diakses melalui alamat www.duolingo.com. Sama halnya seperti aplikasi mobilenya, untuk mempelajari bahasa korea melalui situsnya, Kita perlu merubah language pada situs menjadi bahasa Inggris, agar pilihan bahasa yang disediakan lebih banyak (termasuk bahasa Korea).

Kelebihan aplikasi ini salah satunya adalah adanya fitur untuk mengatur goal belajar, Kita bisa mengatur untuk memberi reminder belajar dari 5 hingga 20 menit per hari, yang bisa diatur pada saat pertama aplikasi dijalankan dan bisa diganti Sewaktu-waktu melalui konfigurasi aplikasi yang ada.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang terbilang simpel, mudah dipelajari, dan ringan. Pada saat pertama kali dijalankan, Kita disuguhkan dengan flash card vocabulary beserta pengucapan dan bentuk kanji / tulisannya.

4. Drops

drops

Link Aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.languagedrops.drops.international

Aplikasi belajar bahasa Korea berikutnya adalah Drops, aplikasi ini memiliki banyak referensi bahasa asing yang bisa dipelajari, lebih dari 30+ bahasa bisa dipilih melalui aplikasi ini, termasuk salah satunya bahasa Korea. 

Drops menyediakan pembelajaran terhadap kosakata dan juga frasa. Selain itu, disediakan pula fitur quiz yang dibuat untuk membantu meningkatkan dan menjaga hafalan Anda.

Drop menyediakan versi free dan juga plan berbayar, untuk plan free, Drops hanya menyediakan fitur waktu reminder belajar 5 menit/hari saja yang dirasa cukup untuk pembelajar pemula.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Kita perlu login terlebih dahulu dengan membuat akun melalui email, atau login menggunakan SSO, salah satunya SSO Google.

Pada saat dijalankan pertamakali, Kita disuguhkan dengan wizard tutorial singkat yang membantu dalam proses pembelajaran bagi pemula.

5. Pockethangugeo

Situs : https://pockethangugeo.id

Situs yang pertama untuk belajar Bahasa korea adalah PocketHangugeo, PocketHangugeo adalah situs belajar Bahasa Korea dibawah naungan Podemy, sebuah situs belajar asing multi-bahasa. Sedangkan paket program belajar korea dari PocketHangugeo adalah Pogul Exclusive, yang bisa dibeli dengan sistem subscribe 3 bulan, tersedia untuk pilihan Basic dan Elementary, beberapa benefit yang didapatkan oleh membernya adalah : Ebook, Lesson Note, Group Diskusi, Formula Belajar, Flash Card, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Daftar situs nonton drama korea

6. SEOuLina

Situs : https://www.seoulina.com

Situs belajar bahasa korea selanjutnya adalah SEOuLina, SEOuLina merupakan situs belajar Bahasa korea berbasiskan materi teks online, yang disusun secara terstruktur dan sistematis. Selain belajar bahasa korea, Kita juga disuguhkan dengan materi berbasis video belajar bahasa korea yang bisa dilihat di situsnya. Disamping itu, SEOuLina menyediakan link akses ke Quiz bahasa korea yang bisa mengetahui sejauh mana wawasan Kita terkait bahasa korea. Selain itu disediakan contoh tes listening yang bisa diakses melalui link di Tes EPS TOPIK, dan Soal CBT Eks Korea. Secara garis besar, SEOuLina menyediakan 3 jenis konten materi : Audio, Gambar, dan Video.

7. Learn-Korean

Situs : https://www.learn-korean.net

Situs belajar bahasa korea selanjutnya adalah Learn-Korean, Learn-Korean merupakan situs yang terbilang baru dan terus di update. Situs belajar korea berbahasa inggris ini menyediakan materi yang konfherensif, materi disusun berdasarkan kelas (Beginner, Intermediate, Advanced), yang sudah dikategorikan. Materi yang disediakan di Learn-Korean terbilang mudah dipahami.

Pada materi bahasa korea, selain disediakan materi berbentuk teks yang bisa dibaca langsung secara online, disediakan video penjelasan pada materi video dan juga gambar bagan. Selain itu, disediakan pula Exercise & Answer untuk memudahkan dalam melatih pemahaman kita terhadap materi yang disampaikan.

8. ZKorean

Situs : https://zkorean.com

Situs untuk belajar bahasa korea terakhir adalah Zkorean, Zkorean memiliki tampilan website yang sangat sederhana, minim fitur dan minimalis. Ditujukan khusus untuk pemula yang ingin memperbanyak vocabulary dalam belajar bahasa korea. Beberapa fitur unggulan seperti pencarian kosakata, flashcard audio, translator, dan keyboard romanizer, on screen keyboard disediakan di website ini.

Selain free, website ini juga menyediakan plan subscribe bulanan dengan biaya yang terbilang murah. Disamping itu pula, website ini menyediakan fitur kamus English/Korean yang mempermudah mereka yang ingin mencari terjemahan kosa kata dengan cepat.

Demikianlah review dari aplikasi dan situs untuk belajar bahasa Korea terbaik. Berbagai aplikasi situs yang dimuat tentu memiliki kelebihan dan kekurangan Masing-masing, tinggal Kita menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pemula, sejatinya plan free sudah cukup memenuhi kebutuhan belajar dasar, baru jika dibutuhkan fitur lebih banyak, bisa melakukan pembelian/subscription plan yang disediakan. Semoga bermanfaat.

www,helmykediricom
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "8 Aplikasi dan situs belajar bahasa korea terbaik"