16 Software edit foto untuk komputer/laptop terpopuler

by

helmy

Blog Orang IT – Foto yang menarik dan sedap dipandang semakin mudah ditemukan di mana saja. Foto-foto dengan kriteria tersebut ditujukan untuk banyak hal, bisa jadi sekadar mengekspresikan sesuatu, atau mendokumentasikan sebuah momen berharga, hingga menyampaikan pesan tertentu (komunikasi).

Untuk menghasilkan sebuah foto yang estetis memang tidaklah mudah. Diperlukan dukungan perangkat kamera mumpuni, keterampilan fotografi yang cukup serta mesin cetak berkualitas agar hal tersebut dapat tercapai.

Namun demikian, kebutuhan dan alur kerja yang kompleks guna  menghasilkan foto berkualitas dapat sedikit terpangkas oleh alat bantu berupa software editing foto.

Software edit foto untuk komputer

Mula-mula software seperti ini hanya akrab dipergunakan oleh kalangan profesional. Pada era digital seperti sekarang, perangkat bantu ini sudah menjadi hal lumrah bagi banyak kalangan dengan wawasan fotografi awam sekalipun demi menghasilkan foto terbaik untuk berbagai keperluan.

Maka dari itu, berikut ini adalah informasi detail mengenai rekomendasi software edit foto untuk komputer atau laptop terpopuler.

1. Adobe PhotoShop

Adobe Photoshop layak untuk masuk di urutan pertama daftar rekomendasi software edit foto untuk komputer (PC) atau laptop. Saking populernya, nyaris setiap orang akan langsung membayangkan perangkat lunak buatan Adobe ini saat bicara mengenai fotografi.

Meski populer, penggunaan software ini membutuhkan dukungan komputer dengan spesifikasi menengah ke atas. Pengguna juga harus membeli lisensi untuk dapat memanfaatkan seluruh fiturnya.

2. Lightroom

Semula lightroom, ditujukan sebagai software pengolah gambar mentah (raw) dan katalog.

Lightroom kemudian seolah menjadi alternatif dari Adobe PhotoShop. Hasil render foto dari software yang dibuat oleh Adobe ini juga lumayan bagus.

Lightroom juga sedikit lebih ringan meski fitur yang tersedia sangat terbatas. Selain itu, perangkat lunak ini banyak dan mudah digunakan untuk menghasilkan foto terbaik.

3. Illustrator

Illustrator sebenarnya lebih ideal digunakan untuk mendesain gambar vector. Namun, software yang masih satu perusahaan dengan Photoshop dan Lightroom. Ini tetap bisa dioptimalkan untuk meng-edit foto.

4. CyberLink PhotoDirector

CyberLink PhotoDIrector bisa menjadi pilihan tepat untuk menghasilkan foto dengan tone warna yang unik. Software ini juga menyediakan fitur exposure, contrast, tone, dan beberapa lainnya untuk mempercantik foto.

5. Artweaver

Selain mengedit foto, artweaver juga ideal digunakan untuk membuat sketsa. Kelebihannya adalah kemudahan dalam membuat sketsa atau gambar seperti kartun.

Oleh artweaver, sebuah foto bisa diedit menjadi persis seperti lukisan asli.

Software ini tersedia dalam dua pilihan yakni versi gratis dan berbayar. Untuk keperluan edit foto, artweaver tergolong bisa diandalkan.

Baca juga: Kuota melimpah tetapi gak iso internetan?

6. Photo Pos Pro

Sebagai software edit foto gratis di komputer, Photo Pos Pro bisa menjadi opsi yang ideal. Berbagai fitur menarik untuk membuat desain grafis, membersihkan foto, menghaluskan foto, memotong gambar, dan banyak lagi tersedia di software ini.

Sekilas, tampilannya mirip dengan PhotoShop. Tools yang terdapat di aplikasi ini juga hampir mirip dengan Photoshop. Fitur yang menjadi andalannya yakni, The selection tools, Rich text tools, Special Effects, serta Script Tools.

7. DxO Photolab

DxO Photolab memungkinkan pengguna untuk mengedit foto professional. Meskipun tools yang tersedia lumayan rumit.

Selain itu, software ini memiliki beragam fitur yang bermanfaat dan hasilnya memuaskan.

DxO Photolab, bukan hanya cocok untuk kalangan professional, editor foto pemula juga direkomendasi menggunakan software ini.

8. Coreldraw Graphics Suite

Siapa bilang Coreldraw hanya dapat digunakan untuk membuat desain?. Sebenarnya, software yang sudah sangat populer ini bisa dimanfaatkan untuk mengedit foto.

Fiturnya juga banyak dan lengkap. Meski dari sisi proses edit agak lebih kompleks dan rumit.

9. PaintShop Pro

Software yang dibuat Jasc Software pada tahun 2004 ini sekarang telah dibeli oleh Corel. Software ini memiliki fitur lengkap yang mumpuni untuk mendukung fotografer dan editor profesional.

Meski tergolong sebagai software berbayar, harga yang dipatok untuk versi lengkapnya tidak terlalu mahal.

10. Skylum Luminar

Skylums Luminar dilengkapi 45 filters  menarik, dan beragam fitur yang tidak kalah menarik. Sangat mudah digunakan dan sangat cepat.

Software ini memiliki kelebihan yang memungkinkan dipergunakan untuk memperbaiki warna, lens, tone, chromatic, sampai distortion. Fitur automatic correction yang tersedia membantu mempercepat proses untuk menghasilkan sebuah foto cantik.

11. Affinity Photo

Affinity photo menawarkan hasil edit foto yang bagus dan professional. Fitur unggulan seperti full HDR Merge, Tone mapping, dan 360-degree Image Editing sangat bisa diandalkan untuk hasil yang maksimal.

12. GIMP

GIMP sangat membantu dalam proses edit foto dengan hasil terbaik. Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya cukup ramah bagi fotografer dan desainer.

Software ini kompatibel bekerja di perangkat komputer berbasis Windows, Linux dan Mac OS. Menariknya lagi, GIMP tersedia gratis.

13. Capture One Pro

Capture one Pro merupakan satu di antara software edit foto terbaik untuk komputer dan laptop. Dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan, software ini mampu menghasilkan foto dramatik.

Adjustment tools yang lengkap ditambah color correction menghasilkan foto yang sangat bagus dan menarik. Capture One Pro pun memiliki kemampuan impor foto secara instan.

Namun, lisensi aplikasi ini terbilang mahal. Pengguna juga harus mempertimbangkan betul-betul spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan software ini.

14. Pixlr Online

Pixlr merupakan aplikasi edit foto yang pupuler di perangkat smartphone. Tapi sebenarnya Pixlr juga dapat dipergunakan mengedit foto di komputer..

Aplikasi ini tidak perlu diinstal. Pengguna hanya perlu mengaksesnya melalui browser dan mengedit foto secara online.

Fitur Pixlr yang tersedia di website jelas lebih lengkap dari pada di smartphone. Aplikasi web Pixlr memberikan pengalaman edit foto lebih nyaman karena menggunakan layar komputer yang lebih lebar.

Namun yang perlu diperhatikan adalah pengeditan foto dengan aplikasi ini tidak sekompleks software edit foto profesional. Pixlr akan sangat ideal untuk proses editing cepat.

15. Photo Scape

Photo Scape sangat ideal untuk keperluan fitur edit foto mendasar. Fitur-fitur yang tersedia di software ini memang sangat sederhana, sehingga akan lebih mudah dipergunakan oleh editor foto pemula.

Beberapa di antaranya, viewer, editor, batch editor, page, combine, animated GIF, print, splitter, screen capture, color picker, rename, raw converter, paper print, dan face search.

Software ini juga tersedia secara gratis. Pengembang software ini hanya menganjurkan para penggunanya untuk berdonasi sebagai bentuk apresiasi dan dukungan.

16. Picture to Exe

Ini adalah satu di antara software edit foto gratis yang patut dicoba. Beragam fitur dasar edit foto tersedia lengkap di Picture To Exe.

Software ini akan memudahkan proses edit foto bagi pemula sekalipun, terlebih sangat ringan untuk dijalankan di komputer dengan spesifikasi standar.

Ukuran file instalasinya saja hanya 3 MB.

Demikian tadi ulasan mengenai rekomendasi software edit foto untuk komputer atau laptop terpopuler.

Software edit foto berbayar tentu menjadi pilihan terbaik karena menawarkan fitur yang lengkap. Meski demikian, spesifikasi komputer atau laptop yang dipergunakan untuk edit foto perlu dijadikan pertimbangan penting.

Standar foto hasil edit yang sesuai kebutuhan juga patut menjadi pertimbangan utama. Sebab akan terasa sia-sia juga menggunakan software berbayar dengan fitur lengkap jika hanya untuk menghasilkan foto editan yang sederhana.

Oleh helmykediri..com

Related Post