12 Software editing video untuk komputer/laptop terpopuler

by

helmy

BlogOrangIT – Hampir semua Konten video di berbagai saluran atau platform yang ada saat ini mampu meraih banyak perhatian.

Tak bisa dipungkiri bahwa video merupakan salah satu dari elemen multimedia yang efektif dalam menyampaikan pesan (komunikatif). Perpaduan antara gambar bergerak dan suara yang dinamis menjadi keunggulan utama video sehingga orang yang menonton merasa lebih mudah dalam menyerap informasi

Melihat manfaatnya, video menjadi elemen penting dalam berbagai hal terutama untuk keperluan promosi dan marketing (pemasaran) disamping menghibur.

Software editing video untuk komputer

Video dengan kriteria tersebut tentunya lebih dulu melalui tahap kreasi dan teknik khusus yang didukung perangkat editing (penyuntingan) bahkan untuk video yang nampak sederhana sekalipun. Saat ini semakin banyak perangkat lunak (software) editing untuk memproduksi video yang impresif.

Daftar software video editing yang populer dipergunakan untuk komputer atau laptop akan diulas lebih detil sebagai berikut.

1. Wondershare filmora

Wondershare filmora mungkin sangat cocok dipergunakan oleh editor video pemula. Selain mudah dalam hal penggunaan, kinerja software ini juga cukup ringan untuk dijalankan pada komputer dengan spesifikasi rata-rata.

Secara tampilan, filmora sangat user friendly. Fitur-fitur yang tersedia juga cukup banyak.

Editor bisa dengan mudah menggunakan software ini untuk memotong, memisahkan video dengan audio, menggabungkan video dan menambahkan efek-efek yang lain.

Video yang telah diedit bisa di-render ke dalam berbagai format mulai dari MP4, AVI, MOV dan MKV. 

Filmora juga menyediakan ilustrasi suara, animasi untuk judul, elemen, dan transisi yang menarik. 

Software ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar untuk fitur yang lebih lengkap.

2. Adobe Premiere Pro

Software editing buatan Adobe ini sudah sangat populer digunakan untuk membuat dan mengedit film atau video. Fitur-fiturnya seolah memahami apa yang dibutuhkan setiap editor untuk mengkreasikan imajinasinya dalam menghasilkan video berkualitas. 

Meski demikian, software ini membutuhkan spesifikasi PC yang lumayan tinggi. Sayangnya Adobe Premier tidak tersedia secara gratis, editor video dapat menggunakan versi free trial-nya selama 30 hari. 

Tampilan area kerja Adobe Premiere Pro sangat user friendly. Terdapat banyak elemen editing yang sangat membantu editor untuk menghasilkan video dengan kualitas terbaik.

Baca juga: Kumpulan software adobe paling populer

3. Final Cut Pro

Final Cut Pro adalah software editing berbasis sistem operasi Mac. Software ini memiliki fitur dan elemen yang tidak kalah dengan software editing video lainnya. 

Software editing video ini menawarkan kemudahan penggunaan bahkan untuk pemula sekalipun. 

4. Apple iMovie

Dari namanya sudah jelas bahwa software editing video ini dikhususkan bagi pengguna Mac OS. Tampilannya kurang lebih sama dengan Final Cut Pro. 

Kelebihan iMovie yakni dapat merekam video langsung dari iPhone. Software ini juga terintegrasi dengan iTunes dan GarageBand untuk memberikan kemudahan dalam memilih ilustrasi audio. 

Ditambah terintegrasi pula dengan sosial media populer untuk berbagi video. iMovie hanya tersedia secara gratis di perangkat MacBook. 

5. Cyberlink Powerdirector

Untuk software editing video terpopuler selanjutnya adalah Cyberlink Powerdirector. Software ini merupakan satu di antara banyak perangkat editing video terbaik untuk platform Windows.

Fitur Express Project yang tersedia di software ini memungkinkan pengeditan video secara cepat. Fitur lain yang juga tersedia yakni 360 video editing, motion tracking, chroma key, serta color adjustment sehingga dirasa ideal untuk menghasilkan video yang tampak profesional.

Spesifikasi komputer atau laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan software ini minimal 2 GB RAM.

Baca juga: Cara download video TikTok tanpa watermark

6. Davinci Resolve

Blackmagic design sebagai developer melengkapi Davinci Resolve dengan berbagai fitur yang ideal untuk editor pemula hingga profesional. Terdapat fitur motion graphic, multicam edition, dan audio mixing yang bisa dieksplor untuk menghasilkan video berkualitas.

Selain kemudahan penggunaan dan fitur yang lengkap, software ini juga ringan untuk dioperasikan sehingga memiliki kemampuan rendering yang lebih cepat.

Davinci Resolve kompatibel dengan berbagai platform mulai dari Windows, Mac OS, dan Linux. Software ini juga tersedia secara gratis.

Meskipun demikian, secara tampilan Davinci Resolve kurang user friendly. Diperlukan komputer atau PC dengan RAM 16 GB untuk mengoperasikan software tersebut.

7. AVS Video Editor

Software video editing yang satu ini menyediakan tampilan interaktif, mudah untuk dioperasikan dan memiliki fitur lengkap.

AVS video editor merupakan software video editing untuk PC atau laptop yang ringan. Kapasitas file instalasinya tergolong minimalis.

Keunggulan utama AVS video editor adalah teknologi video cache yang dapat memperlancar penyuntingan video full HD. Pada bagian area kerja editing video menyediakan opsi timeline sehingga proses penyuntingan video, teks dan audio bisa dilakukan secara terpisah.

Untuk mengoperasikan software ini diperlukan PC atau laptop dengan spesifikasi prosesor 3 GHz dan memori RAM 2 GB.

8. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro merupakan software video editor PC atau laptop yang sudah tidak asing lagi. Ragam fitur lengkap yang tersedia di software editing video ini siap dipergunakan untuk menghasilkan video berkualitas 4K.

Editor video profesional merupakan target utama pengguna Sony Vegas Pro. Namun, tampilan area kerja yang dirancang turut memberi kenyaman bagi editor video pemula.

9. Lightworks

Software editing video ini bisa diperoleh secara gratis. Meski demikian, tetap banyak fitur profesional yang bisa dimanfaatkan dari software ini.

Lightworks mendukung editing video dengan beragam resolusi seperti apl, NTSC dan High Definition. 

10. Corel Video Studio

Corel bukan hanya menyediakan aplikasi editing gambar atau image. Untuk editing video, Corel Video Studio Pro cukup dapat diandalkan.

Software ini tersedia hanya dalam versi berbayar dengan harga US$79,99. Dengan begitu, editor video dapat menggunakan fitur mulai dari Instant Template Project, ratusan filter, efek dan transisi untuk menghasilkan video Professional.

11. Windows movie maker

Perangkat lunak editing video ini dirancang secara esklusif oleh Microsoft untuk komputer atau laptop berbasis Windows. Fitur-fitur yang tersedia pada software ini hanya mencakup keperluan dasar editing video.

Tampilan yang sederhana menunjukkan bahwa software ini sangat cocok bagi editor video pemula.

Windows movie maker edisi terakhir dirancang untuk Windows 7. Sedangkan untuk Windows 7 ke atas, Microsoft menghadirkan Video Editor yang fungsi dan kemampuannya tidak jauh berbeda dengan pendahulunya.

12. Pinnacle Studio

Software editing video berikut ini menawarkan fitur mumpuni dan tetap bekerja ringan pada komputer dan laptop dengan spesifikasi prosesor 2 Ghz dan RAM 2 GB.

Fitur screen recording-nya sangat ideal untuk membuat video tutorial atau konten gaming yang menarik. Pinnacle Studio juga memuat lebih dari 1.500 efek dan template yang dibutuhkan untuk menghasilkan video impresif.

Namun demikian, seluruh fiturnya hanya dapat dipergunakan dalam versi berbayar.

Itulah tadi sederet software editing video untuk komputer atau laptop terpopuler yang helmykediri rekomendasikan.

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih software editing video yang tepat adalah ketersediaan resource perangkat komputer dengan kebutuhan. Jika hanya ditujukan untuk memproduksi video yang sederhana atau minim efek visual dramatis, software editing video dengan kebutuhan spesifikasi komputer minimum pun sudah sangat ideal.

Semoga daftar tersebut dapat membantu, salam owner www,helmykediri,com

Related Post