Tips sukses menjalankan bisnis pulsa dan pembayaran PPOB beromset tinggi

by

helmy

Blog Orang IT – Agen pulsa dan pembayaran PPOB menjadi salah satu usaha yang mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi dengan kehadiran teknologi berupa gadget, menyebabkan permintaan paket data dan pulsa semakin meningkat. Tak heran, banyak individu yang mulai tertarik menjalankan bisnis pulsa, baik secara online maupun offline.

Namanya usaha, maka calon pebisnis yang ingin sukses dalam bidang penjualan pulsa dan PPOB harus siap bekerja keras. Pasalnya, pihak yang ingin meraih kesuksesan di bidang ini tidak hanya Anda sendiri. Diperlukan strategi yang tepat saat menjalankan bisnis agen pulsa dan tips sukses untuk meraup omset tinggi.

Kali ini, penulis akan berbagi tips sukses menjalankan bisnis pulsa dan pembayaran PPOB, supaya menghasilkan omset melimpah. Bagi Anda yang memiliki modal minim sekalipun, boleh banget mengikuti tips berikut. Simak baik-baik ya.

rajapay agen pulsa terbaik

1. Tentukan Server Pulsa yang Kredibel

Hal pertama dan utama yang perlu dilakukan oleh agen pulsa sebelum mulai mengembangkan bisnisnya adalah mencari server pulsa yang kredibel. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menelusuri rekam jejak server tersebut.

Server pulsa yang kredibel sangat krusial dalam menentukan kesuksesan bisnis Anda. Pasalnya, server yang bekerja secara responsif akan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan Anda. Sebaliknya, server yang kurang responsif akan mengurangi tingkat kepercayaan pelanggan.

Nah, untuk memastikan server pulsa yang kredibel, mulailah dengan mencari informasi melalui dealer pulsa yang memiliki track record terpercaya. 

Menariknya, urusan bisnis pulsa saat ini semakin dimudahkan berkat kehadiran aplikasi agen pulsa termurah. Pada dasarnya, mekanisme sistem kerjanya sama saja dengan distribusi pulsa offline pada umumnya. Hanya saja, proses penjualan pulsa dan pelayanan pembayaran PPOB melalui aplikasi digital ini berlangsung secara online.

Bagi Anda yang tertarik untuk berpartner dengan aplikasi pembelian pulsa online, perhatikan cara menentukan server pulsa yang kredibel berikut.

• Memiliki website profesional

• Pendaftaran member gratis

• Menawarkan produk dan stok pulsa lengkap all operator

• Melayani transaksi 24 jam non stop

• Menawarkan harga murah, namun masuk akal

RajaPay termasuk salah aplikasi agen pulsa termurah kredibel yang memenuhi kriteria di atas. Anda bisa mengunjungi https://rajapay.com untuk informasi lebih jelasnya. Tidak hanya menyediakan produk pulsa, paket data, dan voucher data lengkap, Raja Pay juga melayani pembayaran tagihan BPJS, kartu kredit, pascabayar, pay TV, PDAM, PLN, Telkom, token PLN, e-money, hingga voucher game. Menarik, bukan?

2. Buat Pricelist yang Logis

Setelah Anda menemukan server pulsa yang kredibel, langkah selanjutnya adalah menentukan daftar harga atau price list yang ingin ditawarkan pada pelanggan. Dalam tahap ini, mungkin Anda berhasil menemukan partner dengan harga murah. Namun, usahakan untuk mematok harga wajar dan sesuai dengan harga pasaran umum yang berlaku. 

Memang, mematok harga tinggi akan memberikan laba lebih besar. Tetapi, para customer pasti lebih memilih agen pulsa dengan penawaran harga lebih murah. Jangan juga mematok harga terlalu murah di bawah harga server karena akan menimbulkan kerugian.

3. Prioritaskan Pelayanan Pelanggan yang Baik 

Harga murah merupakan salah satu daya tarik pembeli untuk berbelanja di suatu toko. Namun, jangan abaikan pelayanan customer yang baik. Pasalnya, harga murah sekalipun, apabila pelayanannya buruk akan membuat pelanggan kabur.

Mulailah memberikan pelayanan customer service yang maksimal dengan cara memberikan senyum sapa dan salam ramah dalam menangani setiap keluhan maupun kendala yang dialami pelanggan saat melakukan pengisian pulsa di konter Anda.

4. Manfaatkan Media Sosial sebagai Strategi Marketing

Di era milenial saat ini, media sosial menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi setiap orang. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis, harus memanfaatkan peluang ini untuk mempromosikan produknya secara online. Pasang iklan pada berbagai media seperti Instagram, Twitter, WhatsApp, Facebook, dan masih banyak lagi untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Ditambah lagi, fitur iklan media sosial saat ini menawarkan lebih banyak benefit. Tentu saja, dengan biaya promosi yang harus Anda sesuaikan kembali terhadap budget yang tersedia.

5. Buat Jam Operasional Lebih Fleksibel

Jika Anda ingin mendapatkan omset tinggi saat berbisnis agen pulsa, sebaiknya lakukan dengan serius dan jangan setengah-setengah. Sekali lagi, ada banyak kompetitor di luar sana yang menginginkan tujuan serupa. 

Apabila kebanyakan kompetitor membatasi jam operasional untuk melayani transaksi, cobalah untuk membuatnya lebih fleksibel seperti layanan 24 jam nonstop. Layanan tersebut memudahkan pelanggan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dimanapun dan kapanpun. Dengan demikian, banyak pelanggan yang lebih memilih membeli produk di toko Anda daripada toko lain.

6.Jangan Berikan Toleran Terlalu Tinggi

Saat membuka bisnis pulsa, seringkali ada permintaan cash bon atau hutang dari pelanggan. Biasanya, hal tersebut lebih banyak dilakukan oleh kerabat sendiri. Perlu Anda ingat, jika ingin bisnis tetap berjalan dengan baik, jangan sekali-kali memberikan toleran terhadap permintaan cash bon. Sebab, macetnya bisnis pulsa karena hutang yang tak kunjung dibayar. Akibatnya, modal tidak bisa berputar dan kemungkinan merugi besar.

7. Sediakan Alternatif Pembayaran

Biasanya, penjual hanya menyediakan pembayaran cash terhadap pembeli. Padahal, jaman modern seperti ini, sebagian orang telah memiliki dompet digital dan sedikit membawa uang cash. Nah, untuk mempermudah transaksi, sebaiknya sediakan alternatif pembayaran non tunai seperti Dana, Paypal, Gopay, Link Aja, OVO, dan e-wallet lainnya. Adanya transaksi non-tunai tersebut, memungkinkan penjual dan pembeli tidak bertemu. Lebih praktis, bukan?

8. Berikan Layanan Ekstra

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada banyak agen pulsa di luaran sana dengan konsep bisnis serupa. Namun, Anda harus bisa terlihat menonjol supaya pelanggan lebih memilih membeli produk Anda. Caranya, bisa dengan mengakrabkan diri dengan customer, memberikan pelayanan pelanggan terbaik, serta menawarkan bonus-bonus ekstra.

Jika kondisi finansial memungkinkan, Anda bisa menawarkan sistem pembayaran angsuran dengan syarat dan ketentuan berlaku. Boleh juga dengan mengalokasikan sedikit keuntungan untuk mengadakan promo menarik.

Memang, saat ini layanan ekstra tersebut terdengar merugikan. Namun, jika jumlah transaksi harian Anda meningkat dan pelanggans bertambah, kerugian tersebut bisa menjadi keuntungan.

9. Buat Catatan Keuangan Bisnis dengan Rapi dan Teliti

Apapun bentuk bisnisnya, laporan keuangan harus disusun dengan jelas. Pasalnya, pencatatan keuangan yang rutin dan cermat adalah salah satu upaya mencapai kesuksesan. Catatlah setiap alur masuk dan keluar pada buku keuangan secara rinci. Pisahkan pula keuangan bisnis dengan pribadi supaya pengelolaannya lebih maksimal dan tidak kacau.

Catatan keuangan ini nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi bisnis Anda. Apakah benar-benar menghasilkan keuntungan atau tidak. Jika iya, besarnya keuntungan yang Anda peroleh juga bisa dihitung. 

Menariknya, Anda bisa mendapatkan catatan transaksi penjualan produk melalui aplikasi agen pulsa tertentu sehingga lebih mempermudah urusan pencatatan keuangan Anda.

Nah, itulah berbagai tips sukses bisnis agen pulsa yang bisa Anda terapkan. Semoga berhasil!

Related Post