Antivirus terbaik untuk windows 10 paling populer 2021-2022

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT. Tak bisa dipungkiri kalau Windows 10 menjadi sistem operasi komputer yang paling populer di dunia. Mungkin kamu salah satu di antara penggunanya. Microsoft pernah mengabarkan bila saat ini diperkirakan ada sekitar 1,5 miliar pengguna Windows di dunia, di mana 1 miliar di antaranya merupakan pengguna Windows 10! 
Banyaknya pengguna sistem operasi ini membuat Windows 10 menjadi sasaran paling menarik bagi para peretas, khususnya saat kamu sedang berselancar di dunia maya. Para hackers selalu berlomba mencari celah untuk menyerang dan masuk menerobos pertahanan sistem operasi Windows 10. Memang, seiring perkembangan teknologi semakin banyak bertebaran merek antivirus yang diklaim mampu melindungi keamanan komputer dari berbagai ancaman. 
Antivirus terbaik untuk windows 10
Namun nyatanya hanya sedikit di antaranya yang sudah teruji dengan baik mampu memberikan keamanan dan perlindungan dari serangan virus yang berusaha mengakses data kamu dan mengontrol sistem komputer kamu! Inilah alasan mengapa tak cukup hanya mengandalkan program bawaan Windows Defender saja karena beragam jenis program jahat mengintai dibalik layar seperti malware, trojan, ransomware, adware dsb
Nah, antivirus mana saja sih yang terbukti mampu melindungi pengguna Windows 10 dan populer di 2021? Berikut ulasan selengkapnya buat kamu yang mencari perlindungan komputer paling jitu, daftar ini direkomendasikan oleh media khusus pengulas isu seputar gadget dan tekno  asal Inggris Techradar!

1. Bitdefender Antivirus Plus

Ditempat pertama ada Bitdefender Antivirus Plus, engine antivirus yang menjadi salah satu produk terbaik untuk mencegah serangan ke komputer kamu lewat fitur pemblokir situs web berbahaya dan perlindungan realtime. 
Antivirus buatan perusahaan asal Rumania ini bahkan didaulat oleh salah satu laboratorium keamanan ternama AV-Test sebagai Antivirus pemberi perlindungan terbaik yang bekerja 100% dalam melindungi komputer. Di mana Bitfender secara konsisten menduduki peringkat pertama sebagai Antivirus terbaik sejak tahun 2014.  
Paket perlindungan Bitdefender Antivirus Plus menawarkan berbagaI fitur tambahan seperti Safepay Banking Protection – yang dapat memberikan proteksi pada kegiatan sensitif pengguna komputer misalnya saat melakukan transaksi perbankan secara online. 
Kamu akan disuguhkan fitur pengelolaan password paling rahasia, kemampuan analisis kerentanan sistem komputer, hingga Wi-Fi Security Advisor yang akan mengevaluasi setiap jaringan nirkabel yang kamu pakai dan memberikannya rating keamanan yang bisa jadi pertimbangan pengguna. Oiya, pembelian paket Bitdefender Antivirus Plus bisa memberikan perlindungan hingga 10 perangkat komputer kamu loh.
Nah kekurangan dari Bitdefender penghapus malware ini adalah menurunkan kinerja sistem komputer dengan spesifikasi dibawah rata-rata. Ini menjadi kekurangan yang minor kok, karena kamu bisa mengantisipasinya dengan menurunkan level perlindungan dari high risk ke level normal, juga kebanyakan laptop keluaran terbaru sudah dibekali dengan kemampuan RAM rata-rata 4GB.

2. Norton AntiVirus Plus

Siapa sih yang tak kenal dengan keampuhan Norton, produk besutan pengembang Symantec Corporation yang bermarkas di Mountain View, Amerika serikat ini? Norton sudah mengeluarkan berbagai produk keamanan bagi komputer sejak tahun 1991 dan hingga kini masih dianggap sebagai salah satu pilihan terbaik, termasuk paket antivirus terkininya, Norton AntiVirus Plus. 
Kemampuan menganalisa keamanan software, PassMark bahkan teknologi Norton sebagai antivirus paling unggul dari segi performa karena tidak menganggu kinerja komputer penggunanya. Dengan kata lain, cocok bagi pengguna dengan spesifikasi komputer pas-pasan
Norton AntiVirus Plus akan memberikan pertahanan yang kuat bagi komputer kamu salah satunya melalui fitur Norton Insight. Fitur ini mampu memberikan penilaian atas keamanan file yang ada di sistem komputer kamu dan menyampaikan notifikasi bila ada ancaman yang mengganggu. 
Sementara itu kamu juga akan mendapat perlindungan saat mengunjungi situs berbahaya selama beraktivitas online berkat adanya fitur firewall ‘smart’ yang memberikan kamu informasi lengkap soal potensi risiko ancaman pada komputer kamu.
Nah, paket Norton AntiVirus Plus hanya memberikan perlindungan khusus untuk satu perangkat saja ya. Jadi kamu harus merogoh kocek lebih dalam kalau mau menginstallnya ke beberapa perangkat komputer. Tapi ini bisa jadi pilihan pas kalau memang kamu hanya punya satu komputer Windows 10 yang perlu perlindungan terlebih saat sedang online!

3. Trend Micro Antivirus+ Security

Rekomendasi selanjutnya untuk kamu, ada Trend Micro Antivirus+ Security hasil besutan perusahaan asal Jepang yang sudah berpengalaman membuat produk keamanan perangkat komputer sejak tahun 1989. Sama seperti Norton Antivirus Plus, paket antivirus terkini yang ditawarkan Trend Micro juga dirancang hanya untuk satu komputer saja. Ini bisa diartikan bahwa Antivirus ini hanya akan memberi fokus perlindungan pada 1 perangkat kan!
Trend Micro Antivirus+ Security menawarkan perlindungan anti-ransomware untuk perangkat kamu dengan fitur Folder Shield khusus . Fungsinya untuk memblokir infeksi ransomware, bahkan yang tak dikenal sekalipun, yang dianggap memberikan ancaman bagi komputer kamu. Adapula fitur pemfilteran alamat situs yang bekerja sangat baik dan fitur Pay Guard demi keamanan transaksi perbankan online
Keunggulan lainnya dari antivirus ini ialah tidak hanya memberikan perhatian besar pada keamanan sistem operasi Windows, namun juga ramah terhadap pengguna perangkat komputer pemula alias user friendly. 
Jadi aplikasi ini bisa kamu install di komputer dan tidak perlu pengaturan khusus. Biarkan saja antivirus ini bekerja menjalankan fungsinya tanpa kamu harus mengubah settingan apapun pada komputer. Akan tetapi bagi kamu yang berasal dari komunitas penggiat teknologi pasti mengharapkan fitur yang lebih kompleks untuk menjaga keamanan komputer

4. Kaspersky Anti-Virus for Windows

Kalau pengembang Antivirus sebagai keamanan perangkat yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, sebagai pemain veteran sejak tahun 1997 di kancah produk antivirus terbaik dunia dengan logonya knigt! 
Kali ini Kaspersky Lab asal Rusia merilis varian Kaspersky Anti-Virus for Windows,  yang sebenarnya tidak banyak perubahan dari versi sebelumnya – dan memang tidak perlu karena kualitasnya sudah jempolan. Produk Kaspersky telah mendapat rating tinggi dari laboratorium pengujian independen dan memliki fleksibilitas yang baik dalam konfigurasi pemindaian virus juga!
Paket antivirus Kaspersky Anti-Virus for Windows bisa melindungi hingga 5 perangkat komputer kamu loh. Dengan fitur andalan Kaspersky Anti-Virus for Windows yang diberikan kepada kamu seperti System Watcher yang bisa mengenali ancaman yang masih asing sekalipun contohnya ransomware baru. 
Tapi ada beberapa fitur tambahan gak berguna yang akan kamu temui pada antivirus ini yaitu Browser Configuration Wizard yang hanya mendukung Internet Explorer – padahal siapa sih yang masih pakai browser ini? Tapi kalau soal perlindungan inti, memang produk ini sudah diakui pada lab-lab teknologi diseluruh dunia

5. Avira Antivirus Pro

Produk yang satu ini mampu bersaing dengan kompetitornya yang lain – terutama dari segi harga! Avira Antivirus Pro juga mudah untuk di-install dan digunakan pada komputer kamu meski oleh pengguna awam sekalipun tidak perlu kebingungan tentang cara mengatur pemindaian dan perangkat pelindung. Salah satu alasannya, memang produk ini tidak memiliki banyak fitur tambahan yang kompleks seperti Bitdefender dan Norton. 
Nah kalau antivirus ini kelihatan sederhana, kira-kira mumpuni gak ya kinerjanya? Tenang saja, produk hasil pengembangan Avira Operations GmbH & Co. KG dari Jerman ini sudah mendapatkan pengakuan dari berbagai laboratorium pengujian independen dan menerima penghargaan tinggi sebagai perlindungan virus paling murni. 
Nah, review Antivirus di atas memang untuk versi premium-nya alias berbayar. Kadang kamu bertanya soal urgensi untuk membelinya padahal versi gratisnya dirasa sudah cukup melindungi komputer kamu dari virus, Trojan, dan worm
Jadi, kalau kamu mengambil versi berbayar, kamu bisa mendapatkan perlindungan ekstra maksimal lewat fitur tambahan. Misalnya fitur keamanan termasuk perlindungan ransomware yang masih asing disematkan pada Antivirus gratisan namun sangat mengancam dan kemampuan untuk memastikan file atau folder tertentu dikunci dari perubahan apa pun oleh perangkat lunak jahat pihak ketiga. Ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan kamu untuk mengupgrade Antivirus ke versi berbayar
www,helmykediri.. com

Related Post