Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Situs penyedia informasi lowongan pekerjaan terpercaya

Jaman sekarang lamaran kerja sudah bertaburan di berbagai situs online khusus tempat mencari kerja maupun jejaring sosial untuk kalangan profesional. Gak heran ya akhirnya para pemburu lowongan kerja bakal cari info posisi kosong di suatu perusahaan lewat internet. Keuntungannya pun banyak mulai dari mudah, murah (tinggal klik sana sini), dan proses penerimaan calon karyawan bisa terinfo secara berkala. Seru deh!

Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, rekrutmen pegawai baru jadi lebih gencar dilakukan lewat internet. Bukan cuma perusahaan biasa, perusahaan besar, BUMN, dan startup ternama pun makin banyak membuka lowongan lewat cara ini. 

Tapi, kamu sebagai pelamar kerja perlu waspada dengan situs abal-abal yang memanfaatkan momen dimana masyarakat tengah berambisi mencari pekerjaan dan justru menjebak dengan tipuan. Gawat kan! Makanya, anda perlu memilih situs penyedia informasi loker terpercaya dan ini ada beberapa rekomendasi buat kamu, simak yuk. 

1. Jobstreet

Ini adalah situs terpopuler yang biasa dikunjungi untuk mencari informasi seputar lowongan kerja karena berbagai papan iklan yang bertebaran dengan kata kunci “loker” selalu mengarah kesini. Sebagai salah satu website pencari kerja terbesar di Asia teggara (menurut Forbes), aplikasi Jobstreet asal Malaysia ini menjadi fasilitator bagi pelamar dengan seluruh perusahaan yang tersebar di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, hingga Vietnam. Lebih dari 80 ribu korporasi menjadi klien Jobstreet yang terlibat secara aktif dan 11+ juta pencari kerja terdaftar di situs yang didirikan sejak 1997 ini! 

Sebagai pelamar baru, kamu harus membuat akun terlebih dahulu di website Jobstreet, termasuk mencantumkan alamat email dan ponsel yang dapat dihubungi. 

Oiya tips buat kamu nih: saat mengisi profil diri pada laman situs, pastikan membuatnya dengan semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian rekruiter atau HRD dari perusahaan yang kamu lamar! Sepanjang proses rekrutmen, kamu bisa memantaunya lewat situs Jobstreet: mulai dari aplikasi lamaran sudah diterima, panggilan wawancara, dan seterusnya. Kisaran gaji yang diajukan perusahaan untuk para pelamar umumnya juga diungkap dalam lowongan kerja. Jadi gak perlu harap-harap cemas tanpa kepastian ya!

2. LinkedIn

Kalau yang satu ini bukan sekedar situs buat mencari kerja saja, tapi juga menjadi jejaring sosial yang bisa mempertemukan kita dengan para profesional di dunia bisnis. Soalnya LinkedIn yang sudah dicaplok oleh Microsoft sejak 2016 lalu ini sering menjadi media untuk berbagi informasi perkembangan terbaru seputar karier seseorang hingga produk/ekspansi teranyar pada bisnis perusahaan dengan tujuan beragam. 

Menariknya lagi, kamu juga bisa belajar mengenal dunia kerja dari sharing pikiran ataupun pengalaman dari para profesional itu loh. 

Oiya, kalau kamu memiliki sebuah project dan membutuhkan tim, anda bisa membuat jaringan pada linkedin untuk menjangkau orang-orang dengan kemampuan yang sesuai dengan latar belakang project anda

Oke, mengenai papan informasi lowongan kerja ada beberapa cara untuk mendapatkannya dari website LinkedIn ini: pertama, dari laman lowongan kerja atau “Jobs” di situs ini. Bila kamu sudah memiliki profil yang terdaftar lengkap di LinkedIn, kamu bisa menggunakan fasilitas “Easy Apply” – di mana data kamu di LinkedIn (yang dibutuhkan perusahaan) akan disetorkan ke perusahaan tersebut. Jadi kamu gak perlu lagi deh isi banyak kolom pertanyaan untuk proses awal rekrutmen! 

Cara kedua, dengan memantau tawaran posisi kosong dari para manajemen perusahaan khususnya HRD perusahaan di lini jejaring sosial LinkedIn. Biasanya mereka mencantumkan langsung email khusus untuk memproses langsung lamaran kerja. Semakin banyak kamu terkoneksi dengan akun para manajemen HRD korporasi, biasanya makin banyak deh informasi tawaran pekerjaan!

3. Urbanhire

Urbanhire

Selanjutnya ada situs lowongan kerja buatan startup anak bangsa, Urbanhire. Meskipun hasil besutan lokal, situs ini juga menargetkan pasar internasional. Korporasi yang terlibat membuka papan informasi lowongan kerja bervariasi mulai dari perusahaan dalam negeri hingga global.

Di sini kamu bisa menyeleksi tawaran kerja berdasarkan posisi, lokasi, industri, fungsi dan perusahaannya. Posisi yang dibuka beragam mulai dari magang (internship), pekerja tetap (full time), hingga freelance. 

Gaya iklan kerjanya pun lebih kekinian menyesuaikan kalangan muda yang mendominasi pencari kerja. Situs ini pun terbuka bagi para pelamar yang berasal dari beragam latar belakang mulai dari SMA, SMK sederajat dan sarjana ke atas. Oiya Urbanhire juga menyediakan laman tes bahasa Inggris loh buat mempersiapkan diri kamu ke dunia kerja. Asik kan!

4. Glints

Portal lowongan kerja yang satu ini juga ngga kalah milenial tampilannya nih. Situs asal Singapura, Glints, cocok buat pelamar kerja fresh graduate atau pelajar yang bakal masuk dunia kerja soalnya ada banyak fitur pengembangan diri menuju bisnis industri. 

Misalnya: jasa konsultasi dan rekomendasi pengembangan karir dengan tim Glints lewat live chat, yang bakal direspon dalam 1x24 jam. Bahkan sampai ada expert class buat yang mau menggali lebih dalam spesialisasi posisi kerja di korporasi. 

Glints ini juga menyesuaikan perkembangan industri saat ini yang berada di era digitalisasi, yang mana butuh banyak tenaga kerja di bidang teknologi informasi. Secara khusus platform ini membuka kelas untuk menjadi software engineer loh, yang pelatihannya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan jaman now. Ini bisa jadi alternatif buat kamu yang mau banting setir ke divisi digital korporasi. 

Jadi buat yang masih merasa ragu dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman kamu sebelumnya sudah match atau belum dengan dunia kerja yang diinginkan, nah bisa tuh fitur-fitur tadi kamu jajal!

5. Talent

Ini juga situs global untuk mencari informasi tawaran posisi pekerjaan di perusahaan yang kini sudah ada versi khusus Indonesianya! Situs Talent sudah tersebar di 80-an negara dan memungkinkan kamu untuk mengakses lowongan kerja dari perusahaan yang ada di luar negeri juga. 

Pada tampilan awal website, kamu sudah bisa mencari posisi pekerjaan yang kamu inginkan berdasarkan kata kunci nama perusahaan atau keahlian kamu, serta kota/ wilayah/ negara yang kamu inginkan. Bahkan kamu juga bisa langsung menyeleksi lowongan pekerjaan berdasarkan kisaran gaji yang diinginkan!

Talent

Oiya perlu diingat karena portal ini memfasilitasi pelamar kerja untuk memburu karir di berbagai negara, Talent memberikan fitur kalkulator gaji. Jadi kamu bisa mendapat gambaran pendapatan bersih yang akan diterima bila bekerja di suatu perusahaan yang ada di suatu negara, karena kebijakan perpajakan hingga pemotongan untuk asuransi pada setiap wilayah pasti berbeda. 

Baca juga: Ciri-ciri info loker palsu

Contohnya kalau di Indonesia, ada pemotongan untuk pajak penghasilan (PPh 21), tunjangan BPJS Jaminan Hari Tua, hingga BPJS Kesehatan. Ini membuat kamu semakin mudah juga membandingkan nominal gaji antar perusahaan yang berbeda lokasi. Nice!

Nah jadi ada banyak alternatif portal lowongan kerja yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu kan! Ingat, kamu juga bisa kapan pun mengakses situs ini karena mereka juga mempunyai platform versi mobile untuk ponsel kamu. 

Jadi memudahkan bagi kalian untuk memasukkan aplikasi lamaran kerja serta mengamati alur proses rekrutmen kerja yang berlangsung di perusahaan yang dituju. Selamat mencoba!

www,helmykediri com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "5 Situs penyedia informasi lowongan pekerjaan terpercaya"