11 Aplikasi edit file pdf terbaik untuk laptop/komputer gratis

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT. Tak jarang kamu mendapatkan file dalam bentuk PDF dari atasan, berupa formulir isian maupun dokumen kontrak. File yang disimpan dalam format ini isinya tidak bisa dirubah secara normal, meski sebenarnya ada banyak software gratisan diluar sana yang bisa membantu kamu merubah isi file PDF dengan cepat dan mudah tanpa harus dikonversi lebih dulu
Aplikasi edit file pdf terbaik
Berikut ini beberapa rekomendasi software untuk mengedit file PDF langsung dari komputer atau laptop kamu sendiri.

1. Foxit PDF Editor

Foxit PDF Editor menjadi salah satu software andalan untuk mengedit file PDF menjadi lebih mudah. Ukuran filenya memang kecil, tapi jangan salah – fiturnya banyak dan user friendly buat kamu! Misalnya fitur untuk mengubah teks hingga gambar dan grafik yang ada di dalam file PDF. Kamu juga bisa menyisipkan dan mengatur letak halaman pada dokumen. 
Menariknya lagi, perangkat ini juga ada versi mobile-nya loh: Foxit PDF Reader Mobile – Edit and Convert – yang sudah diunduh 140 ribu kali lewat Google Playstore. Gak heran ya banyak peminatnya, software ini bisa memudahkan kamu dalam memperbaiki file PDF bahkan hanya lewat genggaman tangan!

2. Draw – Apache OpenOffice

Draw – Apache OpenOffice merupakan software gratis yang bisa kamu unduh secara cuma-cuma dan meng-install¬-nya langsung di perangkat komputer kamu untuk berbagai kebutuhan. Aplikasi ini sebenarnya dirancang untuk aktivitas yang melibatkan grafik dan diagram, namun juga bisa membaca serta mengedit teks file PDF. 
Tapi syaratnya, kamu harus meng-install¬ fitur tambahan program yaitu “PDF Import”. Fitur edit di menu Draw – Apache OpenOffice memungkinkan kamu untuk menambah atau menghilangkan gambar yang ada dalam PDF hingga mengenali penulisan yang salah lewat “Spell Check”. Penyimpanan PDF yang sudah diubah isinya bisa disimpan kembali melalui pilihan “Export as PDF” yang ada di menu file   

3. Sejda 

Selanjutnya ada aplikasi Sejda yang mengunggulkan fiturnya untuk mengedit file PDF secara online lewat situs https://www.sejda.com/pdf-editor tanpa perlu registrasi lebih dulu dan hasil editan file bisa disimpan tanpa watermark! 
Ada berbagai macam fitur yang ditawarkan, seperti menambahkan teks baru, nah ini cocok banget buat kamu yang perlu mengedit isi formulir dalam bentuk PDF. Lalu teks yang ditambahkan memiliki banyak opsi jenis dan huruf, kamu bisa berkreasi dengan lebih bebas. Nantinya hasil editan file PDF bisa kamu unggah lagi ke akun Google Drive atau Dropbox milik kamu. Oiya, Sejda juga punya versi perangkat untuk komputer desktop kamu dengan fitur yang sama (offline)

4. Xodo

Bagi kamu yang mencari perangkat lunak pengedit file PDF yang bisa diakses di komputer desktop, ponsel (Windows, iOS, Android) hingga online lewat website – Xodo menjadi salah satu jawaban lainnya! 
Betul, software yang satu ini juga gak kalah praktis dan kaya fitur yang bisa membantu kamu mengedit teks/gambar, memberi anotasi atau catatan/komentar pada kalimat dalam file, menandatangani serta membagikan file PDF dengan mudah. Nah saat kamu pakai Xodo ini, kamu juga bisa berinteraksi dengan tim loh dalam pengeditan file dokumen yang sama. Jadi kamu bisa mengajak mereka ikut mengedit bersama lewat tautan yang dikirimkan melalui email. Kalau dipikir-pikir jadi mirip seperti Google Docs ya!

5. Adobe Acrobat Reader

Kalau software yang satu ini sudah pasti gak asing lagi ditelinga kamu, cukup populer di kalangan pengguna! Gak heran ya karena Adobe Acrobat Reader menjadi software yang paling awal ada untuk mengedit file PDF dan sudah support berbagai sistem operasi seperti Mac, Linux, Android dan iOS sejak dulu. 
Bahkan dengan fitur tambahan program Adobe Acrobat untuk Chrome, kamu bisa mengubah halaman web menjadi file PDF – lalu mengeditnya. Nah perlu diingat, Adobe Acrobat Reader memiliki dua versi: gratis dan berbayar. Tentu saja yang gratis memiliki fitur lebih terbatas, seperti hanya untuk melihat dokumen PDF, menambahkan highlight serta catatan dasar. Kalau mau berlangganan, kamu bisa memilih untuk pembayaran per tahun dengan harga yang relatif lebih ramah di kantong loh!

6. Master PDF Editor

Sesuai namanya Master PDF Editor, software ini akan membuat kamu merasa ‘menguasai’ file PDF – berkuasa untuk mengedit dengan bebas! Di sini kamu tak hanya mampu membuat, mengedit dokumen, memberikan anotasi hingga menambahkan tanda tangan. Kamu juga bisa mengimpor atau ekspor halaman PDF ke dalam format grafis umum termasuk BMP, JPG, PNG, dan TIFF. Selain itu, kamu bisa melindungi file PDF dengan menambahkan kata sandi sehingga dokumen menjadi tidak dapat diedit atau dilihat oleh orang lain. Nah ini cocok untuk kamu yang sering mengirim kontrak, dokumen hukum, dan dokumen lain yang menyimpan informasi sensitif secara elektronik. Master PDF Editor ini memiliki versi percobaan gratis (free trial) dan versi business yang nantinya berbayar. 

7. PDF-XChange Editor

Nah ini salah satu software dengan ukuran paling ringan namun bekerja dengan sangat cepat dan ‘kaya’ fitur pengeditan file PDF. Sebagian besar fitur yang kamu gunakan adalah gratis alias tidak memerlukan pembelian lisensi terlebih dahulu. Tapi nantinya aplikasi bakal mengenakan watermark pada setiap halaman file PDF kamu! sementara untuk versi berbayar bebas tanpa watermark untuk setiap halaman PDF yang kamu simpan ke komputer. Oiya, ada pilihan lain penyimpanan bila komputer kamu terkoneksi dengan internet, kamu bisa menaruh file kamu ke Google Drive, Dropbox, tautan khusus, dan cloud lainnya.

8. Inkscape

Sementara software Inkscape ini pada dasarnya merupakan software editor grafis vektor dan open source untuk GNU / Linux, Windows dan MacOS X. Tapi kamu juga bisa menggunakan Inkscape untuk membuka PDF hingga mengedit teks maupun gambarnya. Aplikasi ini 100% gratis jadi ramah buat kantong kamu!

9. PDFedit

PDFedit menjadi alternatif lainnya untuk software dengan system operasi windows. Software ini cukup sederhana untuk membantu kamu mengedit file PDF secara produktif, namun ingat tidak banyak fitur yang tersedia di sini. Kekurangan lainnya, minim tutorial untuk pemula sehingga bisa jadi menyulitkan buat kamu yang baru saja mengenali antarmuka software ini, hingga aplikasi kadang crash saat digunakan.

10. AbleWord

Beralih ke aplikasi lainnya, AbleWord yang cukup mudah digunakan sehingga menjadi pilihan untuk pengeditan file PDF dalam waktu singkat! Fiturnya cukup lengkap seperti memasukkan gambar, table, header dan footer, dan termasuk ada fungsi pemeriksaan ejaan kalimat hingga pratinjau cetak. Menarik kan!

11. Kofax Power PDF

Rekomendasi selanjutnya ada software Kofax Power PDF yang bisa digunakan untuk mengedit dan mengonversi file PDF kamu ke Word dan semua format dokumen perkantoran lainnya. Kamu juga bisa berkolaborasi mengerjakan pengeditan file PDF dengan orang lain menggunakan fitur yang ada di aplikasi ini. Kofax Power PDF ini merupakan software berbayar, tapi kamu bisa menggunakan versi trial selama 30 hari untuk mencoba kecanggihannya!
www,helmykediri..com

Related Post