10 Aplikasi berbagi video musik selain Tik Tok Terpopuler

by

helmy

BlogOrangIT – Buat kamu yang hobi membuat konten video musik mulai dari bernyanyi, karaoke atau menari diiringi lagu yang asik, pasti sudah pernah menggunakan Tiktok. Tapi kalau suatu saat kamu sedang bosan dengan aplikasi ini dan mau mencoba alternatif lainnya, ternyata ada banyak loh yang gak kalah serunya! Dengan mencoba berbagai aplikasi ini, kamu bisa bertemu dengan para creator content dan penonton lain yang lebih luas. Wah menarik juga kan, ngga ada salahnya nih buat dicoba. Simak daftarnya berikut ini!

Aplikasi berbagi video musik selain Tik Tok

1. Likee

Ini dia salah satu aplikasi yang sedang naik daun sekaligus menjadi pesaing bagi Tiktok yaitu Likee. Penggunanya saja sudah 130 juta di seluruh dunia (per Juli 2020)! Aplikasi untuk memproduksi video pendek sudah termasuk musik ini dirilis sejak tahun 2017 dengan nama LIKE oleh BIGO technology, yang dikenal sebagai aplikasi live streaming asal Singapura. Tapi di tahun 2019, diambil alih nih sama perusahaan dari China, JOY lewat anak perusahaannya YY yang juga dikenal terbaik sebagai layanan live streaming. Nama aplikasinya pun diperbarui menjadi Likee.

Pengalaman seru bisa didapatkan setelah menjajal aplikasi ini. Misalnya lewat salah satu ftur favorit pengguna yaitu “Face Magic” – yang memungkinkan kamu buat mengubah wajah menjadi pemeran film terkenal sambil bernyanyi. Atau fitur “Moments” yang bisa membuat rekaman video yang isinya kumpulan tulisan dan foto berlatar musik pilihan. Tapi bukan hanya jadi aplikasi untuk berbagi video musik, Likee juga ada fitur live streaming nih, seru juga kan! 

2. Instagram 

Lewat pembaruan fitur di Instagram pada akhir 2020, kini kamu bisa berbagi video instastory yang sudah ditambah dengan lagu loh! Caranya mudah: kamu hanya perlu masuk ke fitur Stories dan merekam video (atau bisa juga foto). Lalu pilih menu Sticker dan pilih stiker Music. Nantinya kamu akan diperlihatkan deretan judul lagu disertai dengan nama penyanyi. Nah nantinya kamu bisa menentukan apakah mau pakai keseluruhan musik yang dipilih atau misalnya hanya bagian tertentu (intro atau reff saja) dengan cara dipotong pada area tersebut. Kalau tahapan tadi sudah selesai, kamu tinggal post instastory bermusik tadi ke teman-teman kamu di Instagram!

3. Snapchat 

Berbicara soal kreasi video yang unik dan seru, Snapchat sudah pasti jadi andalan ya! Dan sekarang makin asik nih, soalnya Snapchat sudah punya fitur menambahkan musik. Fitur ini bernama Sounds yang memungkinkan kamu ‘menempelkan’ musik pada video sebelum atau sesudah mengambil Snap. Katalog musiknya juga komplit yang bisa kamu pilih berdasarkan nama album, judul lagu maupun nama musisinya. Dibantu dengan tautan Play This Song, nantinya kamu bisa mendengarkan lagu pilihan dengan lebih lengkap lewat platform musik antara lain Spotify, SoundClound, atau Apple Music. Asik ya!

4. Dubsmash 

Meluncur ke pasaran sejak tahun 2014, Dubsmash menjadi aplikasi pembuat konten musik andalan. Hingga akhir 2020, aplikasi ini sudah diunduh 50 juta kali lewat Google Play Store. Kamu bisa memproduksi video musik yang berasal dari hasil menyanyi sendiri, duet, atau lipsync lagu hingga dialog film kartun, film india dan sinetron! Hasil kreasi kamu bisa disimpan dalam sebuah folder bernama “Mydubs” yang bisa dishare ke jejaring media sosial lainnya. Kalau video kamu banyak yang suka dan penontonnya membludak, tidak menutup kemungkinan kamu bisa jadi terkenal loh. Gak sedikit nama-nama yang akhirnya melejit karena populer lewat kreativitasnya membuat video Dubsmash!

5. Triller 

Banyak yang menilai bahwa aplikasi Triller yang rilis sejak 2016 ini mirip dengan Dubsmash dan aplikasi berbagi video musik lainnya, tapi sebenarnya gak kalah mutunya loh! Gak heran ya, soalnya pengembangnya David Lieberman yang bekerja sama dengan sutradara musik, Collin Tilley, yang menjadi pengarah berbagai video terkenal Justin Bieber hingga Nicki Minaj. Triller memiliki kemampuan untuk mengedit dan melewati proses rendering video dengan mudah, dan memiliki fitur penting seperti bisa memilihkan lagu, filter-filter keren, efek video gerakan cepat atau lambat hingga resolusi video mencapai 720p. Wah seru ya! Apakah kamu tertarik mencoba?

Baca juga: Aplikasi penambah follower tiktok

6. Funimite

Gak kalah populer, aplikasi Funimite ini juga menjadi favorit content creator! Funimite yang dirilis oleh AVCR Inc. perusahaan yang berkantor pusat di Istanbul, Turki ini sudah di-install lebih dari 10 juta kali berdasarkan data Google Play Store. Aplikasi ini mengunggulkan kemampuannya dalam memberikan fitur pengeditan video terbaik termasuk untuk video musik kamu! Mulai dari fitur andalan transisi, kumpulan elemen menarik (stiker, lapiran & latar belakang), fitur Keyframes, Video Mask & AI Effects, serta galeri musik lengkap. 

7. MU Star

Selanjutnya ada aplikasi untuk kamu yang suka merekam sambil bernyanyi, lip sync atau menari dengan bebas diiringi oleh musik kesukaan kamu. Di sini ada jutaan pilihan lagu favorit yang bisa kamu rekam dalam bentuk video sambil menggunakan efek khusus aplikasi seperti gerakan lambat, cepat, reverse, hitam putih atau bersinar – wah jadi betulan berasa artis ya! Nantinya hasil video bisa kamu bagikan ke jejaring media sosial lain seperti Instagram, Snapchat, Tiktok, Facebook dan lainnya.

8. Starmaker 

Aplikasi populer untuk membuat video musik yang bisa dibagikan ke jejaring media sosial  lainnya ialah Starmaker, yang sudah diunduh puluhan juta kali di Google Play Store. Ukuran aplikasi ini tidak terlalu besar sekitar 60 MB sehingga tidak memberatkan ponsel kamu, namun tenang saja fiturnya tetap komplit kok! Starmaker juga menyediakan pilihan lagu terbaru, efek suara karaoke hingga fitur untuk berduet dengan teman. Asiknya lagi, kamu juga bisa mencari teman baru yang memiliki selera musik sama di sini!

9. Vigo video

Sementara itu aplikasi Vigo video juga bisa memfasilitasi kamu membuat video musik dengan seru! Platform ini memiliki fitur Music Library untuk menghubungkan kamu dengan deretan lagu yang tersedia secara online atau kumpulan musik yang ada di ponsel kamu. Nah, untuk jenis musik yang bisa kamu temukan di menu Online Music ini sangat lengkap misalnya musik challenge (yang sedang ramai menjadi tantangan di jejaring media sosial), musik Indonesia, musik dangdut, DJ, musik western, hingga dialog serta parodi. Kalau sudah pilih musiknya, kamu juga bisa mengedit video dengan efek dan filter yang beragam. Nice!

10. Kwai 

Ada pula Kwai, aplikasi yang mengusung spesialisasi dalam pembuatan video pendek dan interaksi komunitas. Di sini kamu bisa mengubah koleksi foto menjadi rekaman video berlatar musik dalam waktu singkat. Ada juga fitur 3D Emojis dan efek flawless yang membuat hasil rekaman video kamu jadi main seru nih! Untuk kamu yang suka bernyanyi, ada fitur duet dengan pengguna lain di aplikasi Kwai ini. Kamu juga bisa tau tren konten terkini lewat Kwai’s Trending Page untuk mendorong pembuatan video yang bakal dilihat oleh banyak pengguna lainnya! 

www,helmykediri.com

Related Post