Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar ekstensi domain dengan biaya perpanjang tahunan paling mahal

Selamat Datang di Blog Orang IT. Domain memiliki harga yang bervariasi tergantung dari ekstensi yang digunakan. Tentunya ada yang memiliki harga perpanjang tahunan termurah dan ada pula yang lumayan menguras dompet. Beberapa domain khusus memiliki harga yang cukup tinggi atau bisa dikatakan kelas sultan kalau dibanding harga domain lainnya dikarenakan faktor-faktor penentu.

Pihak-pihak yang terlibat dalam penentuan harga domain adalah registry dan registrar. Registry adalah pihak pertama dalam penentuan harga domain yang bertanggung jawab dalam mengelola database nama domain TLD (Top Level Domain). TLD adalah ekstensi pada nama domain yang spesifik seperti .co, .org, .net, dan lain-lain. Lalu ada registrar, yakni badan penyedia domain yang diakui oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Sedangkan untuk faktor penentu harga domain bisa bervariasi diantaranya karena faktor ekstensi domain, ketersediaan, dan kata kunci premium. Ekstensi domain biasanya yang paling memengaruhi variasi harga disamping nama domain tertentu yang berharga mahal. Ekstensi domain biasanya identik dengan bisnis tertentu dan memiliki karakteristiknya sendiri seperti .co.id, id, .tech, .design , .online dan .com.

Syarat kepemilikan domain TLD seperti .com, .net, .co, dan domain TLD lainnya tidak memiliki persyaratan khusus. Berbeda dengan domain ID yang merupakan bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain) yang dikhususkan untuk website di Indonesia. Biasanya ekstensi ini digunakan untuk memudahkan pengguna untuk mengenal asal negara website tersebut.

Domain .ID seperti .id, co.id, web.id, dan lainnya memiliki persyaratan untuk melengkapi data. Misalnya, untuk menyewa domain .id, pengguna harus melampirkan dokumen minimal fotokopi KTP. Harga domain .id dengan .com pun jauh lebih mahal domain .id. Sementara untuk or.id wajib menyertakan bukti surat-surat organisasi
 
domain dengan biaya perpanjang mahal
Syarat pendaftaran domain dari Pandi by helmykediri

Berikut ini daftar harga domain tertentu yang biaya perpanjangan pertahunnya cukup mahal versi Google Domain.

1. Domain .id

Domain .id memiliki harga khusus tergantung kategori yang dipilih pengguna. Domain ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu reguler dan premium. Domain reguler menggunakan nama situs dengan minimal lima karakter. Untuk domain premium lebih eksklusif yakni dibawah lima karakter, hanya 2-4 karakter saja.

Domain .id yang menggunakan 2 karakter seperti bl.id (Bukalapak) dan jd.id (JD.ID) termasuk kategori eklusif. Domain ini biasa digunakan oleh perusahaan, memiliki harga sewa Rp.530.000.000 per tahun.
Untuk domain kategori premium dengan panjang 3 karakter seperti hel.id , elm.id memiliki harga sewa tahunan Rp.16.885.000 per tahun

Sementara domain .id dengan 4 karakter seperti elmy.id, kedir.id memiliki harga perpanjang tahunan Rp.2.285.000

Kategori biasa dengan panjang 5 karakter seperti helmy.id memiliki harga normal yaitu Rp.275.000 per tahun

Penggunaan domain .id banyak dipakai oleh lembaga pemerintah, akademi, dan perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Penggunaan domain ini juga bisa digunakan untuk situs pribadi. Saya dulu pernah punya helmykkediri.id tetapi sudah expired

2. Domain .co.id

Domain lokal selain .id yang memiliki harga cukup mahal adalah .co.id. Harga yang dipatok cukup tinggi atau rata-rata dibanderol seharga Rp250.000 per tahun. Biasanya domain ini digunakan untuk keperluan komersial, badan usaha, dan kegunaan sejenis lainnya. Pengguna harus memberikan informasi pribadi seperti KTP/WNI/paspor/WAN, salah satu AKTA/SIUP/TDP/NPWP Perusahaan, dan sertifikat merek jika ada.

3. Domain .co

Domain .co mudah dikenali dan menjadi akronim perusahaan atau korporasi (corporate). Harga rata-rata pertahun dibanderol senilai Rp.414.810 dan dapat diperpanjang setelah satu tahun pendaftaran dan akan dihapus jika tidak diperpanjang. Domain ini dapat dipulihkan dengan biaya tambahan sebesar Rp1.382.670 apabila terlanjur expired alias lupa diperpanjang oleh pemiliknya. Situs dengan domain ini akan terlihat lebih menarik perhatian dan mudah diingat jika menggunakan ekstensi domain dengan panjang dua huruf. Jumlah karakter pada nama domain bisa antara 2-63 karakter. Domain ini juga mendukung karakter internasional.

4. Domain .online

Domain .online juga cukup dikenal sebagai domain dengan harga tinggi, yakni berkisar Rp.414.810 per tahun. Jika terlambat memperpanjang, domain ini dapat dipulihkan dengan biaya Rp.967.870 ditambah Rp.414.810 sebagai biaya perpanjangan normal. Domain ini biasanya digunakan oleh perusahaan ecommerce dan dapat dipakai untuk situs bisnis startup, perusahaan, blog, dan personal blog. Jumlah karakter yang bisa digunakan untuk nama situs ini antara 3-63 karakter.

5. Domain .academy

Domain .academy (.ac) biasanya digunakan untuk lembaga pelayanan pendidikan seperti tempat pelatihan olahraga, sekolah seni, hingga sekolah formal. Di Indonesia, biasanya menggunakan .ac.id. Harga beli dan perpanjangan per tahun sekitar Rp.414.810. Jika melewati masa tenggang, masih dapat dipulihkan dengan biaya Rp1.382.670 ditambah harga perpanjangan sebesar Rp.414.810. Domain ini mendukung karakter internasional untuk alfabet bahasa Prancis dan Spanyol. Jumlah karakter yang tersedia untuk nama domain antara 1-63 karakter.

6. Domain .news

Domain .news biasanya digunakan oleh perusahaan media massa, seperti situs berita, situs asosiasi pers, dan situs yang identik dengan jurnalistik. Dengan domain ini, situs media massa akan nampak lebih kredibel karena memiliki merek khusus. Harga sewa domain per tahunnya rata-rata dibanderol dengan harga Rp.414.810. Setelah masa tenggang, pemilik dapat memulihkan situs ini dengan biaya tambahan sebesar Rp.1.382.670 ditambah harga perpanjangan sebesar Rp.414.810. Jumlah karakter untuk nama domain yang diperbolehkan berkisar antara 3-63 karakter.

7. Domain .tech

Domain .tech dikenal sebagai domain untuk situs yang berhubungan dengan teknologi, seperti situs developer dan situs yang berhubungan dengan produk teknologi. Tidak jarang domain ini digunakan untuk situs company profile, situs untuk seminar inovasi dan teknologi, dan event-event khusus. Harga sewa domain ini per tahunnya cukup tinggi, yakni berkisar Rp.553.070 per tahun. Biaya pemulihan untuk yang melewati masa tenggang sebesar Rp.967.870 ditambah biaya perpanjang untuk setahun seharga Rp.553.070. Jumlah karakter untuk nama domain yang diperbolehkan berkisar antara 3-63 karakter.

8. Domain .store

Harga Domain ini cukup mahal, yakni sekitar Rp.691.340 per tahunnya. Jika melewati masa tenggang, pemulihan dapat dilakukan dengan biaya sebesar Rp1.520.940 ditambah harga perpanjangan per tahun sebesar Rp.691.340. Domain ini biasanya digunakan untuk situs toko online, bisnis lokal, startup yang berkaitan dengan ecommerce, retail, dan situs yang berhubungan dengan ecommerce. Jumlah karakter untuk nama domain yang diperbolehkan berkisar 3-63 karakter.

9. Domain .site

Domain ini dapat digunakan untuk membuat situs bisnis online maupun personal website. Jika dibandingkan yang lainnya, domain ini tergolong cukup murah, yakni rata-rata seharga Rp.276.540. Untuk pemulihan domain yang dihapus terdapat biaya tambahan seharga Rp967.870 ditambah satu tahun perpanjangan sebesar Rp.276.540.

10. Domain .movie

Domain .movie memiliki harga perpanjangan per tahun yang sangat fantastis, yakni berkisar Rp.4.424.540. Domain yang kadaluarsa dapat dipulihkan dengan biaya sebesar Rp.1.382.670 ditambah Rp.4.424.540 untuk satu tahun pendaftaran. Jarang sekali kita menemukan domain .movie di Google atau internet karena harganya yang sangat mahal.

Domain ini dapat digunakan untuk situs promosi film, baik film blockbuster atau film indie. Dapat digunakan juga sebagai tempat berkumpulnya para penggemar film untuk mendiskusikan film. Jumlah karakter untuk nama domain ini adalah 3-63 karakter.

Itu lah beberapa ekstensi domain yang memiliki harga perpanjangan tahunan yang cukup mahal. Tentukan pilihan nama dan ekstensi domain yang tepat dan sesuai kebutuhan. Jika ingin menonjolkan branding sebagai website lokal dari negara Indonesia, kita bisa menggunakan domain .id atau .co.id yang harganya tidak semahal domain .store.

www,helmykediri..com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Daftar ekstensi domain dengan biaya perpanjang tahunan paling mahal"