Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan

Blogger Kediri Blog Orang IT - Secara umum puasa adalah menahan makan, minum, hawa nafsu, serta hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Mulai dari sebelum terbit fajar (sebelum subuh) sampai tenggelamnya matahari (maghrib).

Ada beberapa manfaat puasa dalam islam menurut hadits nabi dan dalil al-Qur’an, diantaranya :

Dalam surah al-Baqarah ayat 183 Allah berfirman :

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (Q.S. Al-Baqarah : 183)

Dapat disimpulkan bahwa dengan berpuasa seseorang dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa yang berpuasa pada bulan ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya pada masa lalu akan diampuni”. (H.R Bukhari)

Dalam surah al-Baqarah ayat 185 Allah berfirman :

“... dan hendaklan kamu mencukupkan bilangannya (bilangan hari berpuasa ramadhan) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu supaya kamu bersyukur”. (Q.S Al-Baqarah : 185)

Manfaat puasa Ramadhan

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya yang bisa diperoleh ketika menjalankan ibadah puasa. 

Namun, tahukah kamu bahwa puasa sebenarnya memiliki banyak manfaat. Selain untuk meningkatkan  iman, ternyata puasa juga bermanfaat untuk kesehatan. Dari mulai kesehatan tubuh hingga memperbaiki fungsi otak.

Berikut adalah manfaat berpuasa untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui!

1. Membantu dalam Penurunan Berat Badan

Pasalnya orang-orang yang tengah menjalani program diet pada umumnya adalah dengan mengurangi porsi makan dan membatasi waktu makan.

Nah, dengan berpuasa sebenarnya juga dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Ketika puasa tubuh hanya akan menyimpan cadangan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Saat cadangan energi mulai digunakan, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi baru.

Proses inilah yang dapat membuat berat badan kamu berkurang. Tetapi, kamu juga harus tetap menjaga pola makan kamu.

Bukan berarti jika dengan berpuasa berat badan kamu akan turun, maka kamu bisa seenaknya makan sahur dan berbuka dengan banyak porsi. Karena memang sering kali seseorang akan lupa diri dengan makan banyak setelah menahan lapar seharian.

2. Membuang Racun dalam Tubuh

Tahukah kamu bahwa setiap hari tubuh kamu akan menerima racun lewat makanan yang kamu konsumsi. Meskipun pada dasarnya tubuh dapat membuang racun lewat keringat dan air kencing. Tetapi lebih baik jika kamu membantu proses pembuangan racun dalam tubuh dengan mengurangi resiko terpaparnya tubuh kamu oleh racun lewat makanan.

Solusinya adalah dengan berpuasa. Ketika kamu berpuasa seharian tubuh kamu tidak akan menerima asupan makanan dan minuman. Dengan begitu, sistem pencernaan di dalam tubuh dapat beristirahat dan memaksimalkan kinerja saat proses pembuangan racun (detoksifikasi).

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Seperti pada pembahasan sebelumnya, bahwa ketika berpuasa tubuh kamu tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Sehingga sistem pencernaan dalam tubuh kamu dapat beristirahat.

Pernahkan kamu memikirkan, jika tubuh kamu sendiri membutuhkan waktu untuk istirahat, bukankah sistem pencernaan kamu juga membutuhkannya? Pastinya iya.

Karena sebenarnya saat kamu tidak berpuasa, tubuh kamu akan terus-terusan mendapatkan asupan makanan dan minuman. Hal itu yang membuat organ pencernaan kamu tidak berhenti beroperasi. 

Maka dengan kamu berpuasa, organ tubuh yang berperan sebagai sistem pencernaan tersebut akan beristirahat dan akan memaksimalkan sistem kerjanya saat mencerna makanan kamu nantinya.

Namun, apabila kamu memiliki Riwayat penyakit maag atau penyakit lain pada organ pencernaan, kamu bisa konsultasi kepada dokter, makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Atau kamu dapat meminum obat-obatan yang memang dianjurkan oleh dokter sebelum menjalankan puasa.

4. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Apa yang terjadi jika gula darah kamu meningkat? Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes, penyakit jantung, dan penyakit obesitas lainnya.

Nah, untuk mengontrol gula darah yang tinggi kamu bisa melakukanya dengan berpuasa. Gula darah seseorang yang berpuasa akan cenderung menurun. Karena, sedikitnya asupan kalori dan makanan yg mengandung gula saat kamu tidak makan dan minum.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sama halnya untuk mengontrol gula darah, berpuasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol kamu. Dengan tidak makan dan minum selama berpuasa kamu dapat meminimalisir penyebab penyakit stroke, serangan jantung, darah tinggi, dan lain-lain.

Tetapi, bukan berarti ketika berbuka puasa nanti kamu akan balas dendam dengan banyak memakan makanan yang berkolesterol tinggi. Kamu juga harus tetap menjaga pola makan agar kolesterol kamu tidak meningkat.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Mengubah pola makan adalah salah satu cara paling efektif dalam mengurangi resiko penyakit jantung. Dengan kamu berpuasa maka setidaknya kamu telah mengubah pola makan kamu menjadi lebih baik.

Selain itu, dengan berpuasa kadar kolesterol kamu akan menurun. Karena salah satu penyebab terkena serangan jantung juga diakibatkan oleh kolesterol yang meningkat.

Baca juga: Keistimewaan bulan ramadhan

7. Memperbaiki Pola Tidur

Manfaat puasa selanjutnya adalah dapat memperbaiki pola tidur. Terutama bagi kamu yang sering begadang, apakah kamu merasa bahwa pola tidurmu berantakan?

Dengan adanya puasa di bulan ramadhan maka kamu dapat memperbaiki pola tidur kamu. Manfaat puasa ini bukan hanya kamu dapatkan saat puasa di bulan ramadhan saja, tetapi juga puasa-puasa sunnah lainnya. 

Pasalnya saat berpuasa kamu harus bangun pagi sebelum subuh untuk makan sahur. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar bisa bangun untuk makan sahur adalah dengan tidak tidur terlalu malam. Maka dengan kebiasaan tersebut, pola tidur kamu akan menjadi teratur.

Sebisa mungkin setelah makan sahur dan sholat subuh kamu harus melakukan aktivitas pagi agar tidak terdorong untuk tidur lagi.

Selain itu ketika kamu berpuasa, pastinya sering kamu merasa tubuh kamu lelah dan mengantuk. Dengan itu, kamu bisa memanfaatkan siang hari sebagai jadwal tidur kamu. Karena sebenarnya tidur siang saat puasa bulan ramadhan adalah hal yang dianjurkan.

Hal ini tertuang dalam hadits yang disampaikan oleh Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman 3/1347. Hadits tersebut berbunyi : “Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, dan doanya adalah doa yang mustajab”.

Maksud dari hadits tersebut adalah, dengan tidur selama berpuasa maka akan mengurangi diri kita untuk melakukan hal-hal yang dilarang selama berpuasa. Namun, bukan berarti jika tidur itu dianjurkan maka kamu akan tidur seharian sembari menunggu waktu buka puasa tiba.

Karena sejatinya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dan justru malah akan mengurangi pahala puasa kamu.

8. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan adalah hormon protein yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kamu. Hormon penting inilah yang mempengaruhi pertumbuhan, metabolisme, perkembangan tubuh serta kinerja kekuatan otot kamu.

Ketika berpuasa tubuh kamu dapat mengontrol kadar gula darah, kolesterol, dan sistem pencernaan. Nah, dengan kata lain terkontrolnya sistem kerja tubuh kamu akan mempengaruhi hormon pertumbuhan kamu meningkat secara optimal.

9. Meningkatkan Sistem Fungsi Otak

Berpuasa juga memberikan dampak postif bagi sistem fungsi otak kamu. Saat menjalankan puasa, kamu akan memperoleh manfaat kesehatan seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Dengan terjaganya kesehatan kamu, maka fungsi otak kamu juga dapat bekerja dengan baik.

Selain dari segi kesehatan, kebiasaan-kebiasaan positif kamu selama berpuasa juga dapat meningkatkan sistem kerja otak kamu. Seperti membaca Al-Qur’an, membaca buku, mendengar kajian-kajian selama bulan Ramadhan, dan kegiatan postif lainnya.

Setelah kamu tahu beberapa manfaat saat menjalankan puasa, bagaimana? Apakah kamu akan semakin rajin dalam menjalankan puasa? Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba. Pastinya kamu akan bersemangat ketika menjalankan ibadah puasa nantinya.

Bukan hanya itu sebenarnya, masih ada banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu berpuasa. Mulai dari segi keimanan, kesehatan, dan juga kebiasaan yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

www,helmykediri.com


Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "9 Manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan "

Berlangganan via Email