Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips diet dan menurunkan berat badan saat puasa

Marhaban ya ramadhan...

Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadhan. Bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam karena bulan ini memiliki banyak keutamaan.

Selain waktu yang tepat untuk berlomba-lomba dalam beribadah, Bulan Ramadhan juga waktu yang sangat pas untuk menjalankan program diet dan menurunkan berat badan. Lumayan kan, kita bisa menyelam sambil minum air. Pahala ibadah dapat, bonusnya berat badan yang ideal.

Kira-kira bagaimana ya cara diet yang sehat di Bulan Ramadhan agar saat lebaran kita tidak terlihat LEBAR-an, simak tipsnya berikut ini :

Tips diet dan menurunkan berat badan

1. Memenuhi Asupan Nutrisi dengan Baik

Walaupun sedang bertekad ingin menurunkan berat badan, nutrisi kebutuhan harian tubuh tetap harus terpenuhi. Jangan sampai karena takut gemuk, kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita tidak terpenuhi yang bisa berdampak pada kesehatan kita.  So, pastikan kebutuhan nutrisi harian kita terpenuhi ya, caranya gampang banget kok.

Kebutuhan nutrisi harian tubuh dapat terpenuhi dari kecukupan karbohidrat lemak, protein, dan serat. Karbohidrat yang berasal dari gandum utuh, kentang, oatmeal, atau nasi merah sebagai sumber energi Anda saat berpuasa. Kemudian, tambahkan lemak sehat sebagai asupan protein yang berasal dari daging merah tanpa lemak, ikan salmon, minyak zaitun, atau alpukat. 

Selain konsumsi Karbohidrat dan Lemak, konsumsi juga makanan tinggi protein seperti telur, tahu, tempe, ikan, ayam, dan lain sebagainya. Makanan tinggi protein dapat membantu menekan nafsu makan sehingga kita jadi tidak kalap dan makan berlebihan saat berbuka tiba. 

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi serat yang berasal dari sayuran hijau dan buah-buahan, seperti bayam, kangkung, sawi, stroberi, raspberry, apel, pisang, jeruk, dan pepaya. Serat akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Dengan ini, kita bisa merasa kenyang lebih lama dan mencegah timbulnya rasa lapar selama puasa. Serat juga dapat membantu memperlancar siklus pencernaan kita selama menjalankan puasa Ramadhan.

2. Jauhi Gorengan dan Makanan Berminyak

Penampilan gorengan memang sangat menggoda mata ketika sedang berpuasa. Tidak heran jika banyak orang yang menyediakan menu gorengan ketika berbuka puasa. Untuk kita yang ingin menurunkan berat badan, tahan dulu ya untuk mengkonsumsi makanan ini, jika memang tidak dapat menahan, mencicipinya 1 (satu) buah boleh lah, tapi akan lebih bagus jika kita bisa menghindarinya, karena gorengan dan makanan berminyak lainnya banyak mengandung lemak, terutama lemak jenuh. Selain menyebabkan peningkatan berat badan, lemak jenuh dapat memicu kolesterol jahat (LDL) sehingga meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung hingga diabetes. Wahh ngeri ya, ayo dijaga kesehatannya.

3. Makan Secara Perlahan

Setelah menahan lapar dan dahaga sejak adzan shubuh hingga adzan magrib, terkadang membuat orang terlalu bernafsu untuk melahap apapun yang sudah disediakan dihadapannya. Padahal, makan terlalu banyak itu kurang baik dan membuat perut tidak nyaman.

Untuk kita yang sedang menjalankan program diet, hindari perbuatan diatas. Cobalah makan secara perlahan. Kita bisa memulai buka puasa kita dengan 3 buah kurma, air putih, dan buah-buahan. Setelah itu, sholat magrib terlebih dahulu, barulah kita santap menu utama yang sudah disediakan. Langkah ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal dan mengendalikan nafsu makan kita.

Mengunyah juga dapat menjadi bagian dari rangkain makan sehat kita. Mengunyah secara baik dan perlahan dapat membantu mempermudah kerja lambung dan usus, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap proses pencernaan kita.

4. Menghindari Makanan atau Minuman Manis

Sop buah, sirup, martabak, pisang coklat, dan makanan/minuman mengandung gula lainnya. Bagaimana rasanya jika aneka makanan dan minuman ini dihidangkan saat berbuka? Uhhh pasti akan membuat kita menelan ludah.

 Tapi, untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet dan menempatkan berat badan ideal pada whist list nya, list makanan tadi dicoret dulu dari daftar makanan dan minuman ya.

Makanan atau minuman manis dapat memenuhi energi dalam tubuh. Akan tetapi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis justru mengacaukan cara diet yang sedang kita lakukan saat puasa. Makanan dan minuman manis tidak dapat mengurangi rasa lapar, sebaliknya Anda jadi ingin mengonsumsinya lebih banyak. Hal inilah yang dapat meningkatkan berat badan.

Sebagai solusinya, kita dapat mengganti menu-menu diatas dengan jus tanpa gula atau dengan kurma. Tak hanya sebagai sunnah berbuka puasa, kurma merupakan sumber gula yang baik dan kaya nutrisi, seperti serat yang tinggi, mangan, dan kalium.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih menjadi sesuatu yang dilupakan banyak orang ketika berpuasa, karena ketika berbuka, banyak orang yang lebih memilih minum-minuman yang memiliki rasa, khususnya rasa manis. Padahal, walaupun sedang berpuasa, tubuh kita tetap membutuhkan asupan air putih 8 gelas per hari loh.

Untuk mempermudah, kita bisa menggunakan rumus 2-4-2 dalam mengonsumsi air putih di bulan Ramadhan. 2 gelas ketika sahur, 4 gelas ketika berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur di malam hari.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengungkapkan bahwa minum air putih bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh hingga 30 persen. Semakin cepat metabolisme tubuh kita bekerja maka semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar oleh tubuh. 

Baca juga: Ibadah sunnah dibulan ramadhan

6. Berolahraga

Cara diet dan menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan berolahraga. Olahraga saat puasa dapat membuat tubuh tetap sehat dan membantu menurunkan berat badan, terutama bagi kita yang sedang diet.

Nanti kalau haus bagaimana? Jika yang ditakutkan adalah rasa haus karena berolahraga, kita bisa menyiasati dengan melakukan olahraga 30 menit sebelum berbuka puasa. Dengan  begitu, kita tidak akan menahan haus terlalu lama, karena waktu selesai berolahraga akan bertepatan dengan berkumandangnya adzan magrib, sehingga kita tetap bisa minum setelah melakukan aktivitas olahraga.

7. Tidur yang Cukup

Untuk kita yang ingin punya berat ideal saat lebaran nanti, maka begadangnya dikurangi ya, tidak perlu begadang jika tidak ada yang penting karena salah satu tips untuk menurunkan berat badan adalah dengan tidur yang cukup.

Ketika seseorang kurang tidur, kadar hormon ghrelin dalam tubuh akan meningkat sehingga menyebabkan nafsu makan bertambah. Kondisi tersebut dapat membuat kita jadi kalap dan makan terlalu banyak saat waktu buka puasa tiba. 

8. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau junkfood memang memiliki rasa yang sangat enak dan membuat ketagihan karena mengandung monosodium glutamat (MSG), pemanis buatan, sodium, dan lemak. Inilah yang membuat kita menjadi mudah lapar lantaran sulit mengendalikan keinginan untuk makan makanan tersebut.

Oleh karena itu, pandai-pandailah dalam memilih menu makanan saat sahur dan berbuka. Lebih bagus jika kita memasaknya sendiri, karena lebih terjamin kebersihan dan kesehatanya. Kita bisa memasaknya dengan cara ditumis, direbus, dikukus, atau dipanggang untuk menghindari minyak yang berlebih.

Itulah tips-tips yang bisa dilakukan selama Bulan Ramadhan untuk mewujudkan berat badan yang ideal. Jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh dan tekad yang kuat dijamin deh nanti saat lebaran kita tidak akan LEBAR-an. 

www,helmykediri.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "8 Tips diet dan menurunkan berat badan saat puasa"