Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Agar Kuat Menjalankan Puasa Ramadhan 30 Hari

Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari 5 rukun islam yang wajib dijalani. Ada 5 rukun islam yaitu Membaca Dua Kalimat Syahadat, Mendirikan Shalat, Menunaikan Zakat, Puasa di bulan Ramadhan dan Haji bagi yang mampu. Oleh karena itu, puasa di Bulan Ramadhan menjadi suatu kewajiban bagi umat Islam yang harus dijalankan dengan baik dan benar. Bukan hanya karena diwajibkan, tapi sebagai jalan untuk menyandang gelar taqwa.

Meski begitu, masih terdapat sebagian umat islam yang tidak melaksanakan kewajibannya untuk berpuasa, entah itu  karena tidak kuat menahan lapar dan dahaga, ataupun memang menyengaja untuk tidak melakukan puasa.  Untuk yang merasa berat menjalankan puasa karena kesulitan menahan lapar dan dahaga, artikel ini sangat pas untuk dibaca karena akan dibahas beberapa tips yang dapat membantu tubuh kuat untuk menjalankan puasa selama 30 hari di Bulan Ramadhan. Jadi begini caranya :

Tips Agar Kuat Menjalankan Puasa

1. Niat yang Kuat

Niat menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam hal apapun. Termasuk ketika berpuasa. Tips pertama agar kuat dalam berpuasa di Bulan Ramadhan adalah niat yang kuat. Jika seseorang ingin berpuasa tapi tidak ada gairahnya, menjalankannya secara terpaksa, maka itu akan menjadi beban ketika menjalankannya. 

Berbeda dengan seseorang yang berpuasa dengan semangat memperoleh keberkahan di Bulan Ramadhan, semangat memperoleh keutamaan di Bulan Ramadhan, dan semangat meraih ridho Allah pada Bulan Ramadhan. Orang yang demikian puasanya akan terasa ringan dan bisa menjalankannya dengan lebih enjoy.

Rasulullah SAW. bersabda yang artinya:

Dari Umar, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya.

Niatkan puasa karena Allah SWT, karena ingin mendapatkan gelar taqwa, karena ingin memperoleh keberkahan di Bulan Ramadhan, maka tubuh akan terasa lebih ringan menjalankannya, tidak menjadi beban.

2. Berlatih dengan Puasa Sunnah Sebelum Ramadhan

Cara berikutnya agar kita kuat menjalankan puasa Ramadhan adalah dengan membentuk habits atau kebiasaan baru. Untuk membentuk habits tersebut, kita bisa melatihnya dengan menjalankan puasa sunnah sebelum Ramadhan tiba. contohnya puasa sunnah senin-kamis, puasa sunnah ayamul bidh, puasa sunnah daud, puasa sunnah arafah, ataupun puasa sunnah yang lainnya. Puasa sunnah ini adalah sarana yang cocok untuk kita berlatih puasa, selain karena jumlah harinya tidak sebanyak puasa Ramadhan, saat puasa sunnah kitadapat membatalkan puasa di tengah perjalanan jika kondisi tubuh tidak kuat. So, cobain deh puasa sunnah. Dengan rutin menjalankan puasa sunnah, kita akan terbiasa dan siap untuk menjalankan puasa Ramadhan.

3. Jangan Sampai Lupa Sahur

Ini penting banget! Bukan hanya merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Sahur juga merupakan sumber energi untuk menjalankan ibadah puasa. kalau kita melewatkan sahur, di siang harinya kita akan merasa lemas, kurang fit, dehidrasi, dan lain-lain. Makan sahur sangat penting karena berperan  untuk menjaga asupan nutrisi yang digunakan sebagai cadangan makanan disaat berpuasa. Orang yang makan sahur juga diberkati sebagaimana hadist Rasullullah SAW :

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

Pemilihan makanan dan minuman yang tepat saat sahur juga dapat membantu meningkatkan kekuatan saat menjalankan puasa. Menghindari makanan pedas dan berminyak dapat membantu mengurangi rasa haus di siang hari saat menjalankan puasa.

Baca juga: Denda bagi orang yang tidak berpuasa ramadhan

4. Banyak Minum Air Putih

Ketika berpuasa kita mengeluarkan banyak cairan. Oleh karena itu, menjaga tubuh kita tetap terhidrasi menjadi penting. Disarankan kita mengkonsumsi 8 gelas air putih perhari, untuk memudahkannya kita bisa menggunakan rumus 2-4-2.   Yaitu 2 gelas ketika sahur, 4 gelas ketika berbuka, dan 2 gelas ketika hendak tidur. Lebih bagus lagi kalau ditambah dengan jus atau susu sebagai pemberi nutrisi tambahan. So, jangan malas minum air putih ya guyss!

5. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Banyak Gula Saat Sahur

Makanan atau minuman manis memiliki kadar gula dan indeks glikemiks yang tinggi sehingga memicu produksi insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas saat tubuh mendeteksi naiknya kadar gula dalam darah. Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula hanya akan bertahan selama dua jam dan setelah itu produksi insulin akan memicu rasa lapar. 

Jika kita tidak ingin cepat merasa lapar, maka hindari makanan atau minuman yang mengandung banyak gula. Jika kita senang dengan yang manis-manis, maka kita bisa menggantinya dengan buah atau yang mengandung rasa manis didalamnya, seperti kurma, dan sebagainya.

6. Jangan Begadang Untuk Hal yang Sia-Sia

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya... Begitulah kata Bang Haji Rhoma dalam lagunya yang berjudul “jangan begadang”. Jika tidak ada keperluan yang penting, sebaiknya begadang ini dihindarkan karena dapat membuat tubuh kurang fit di pagi harinya. Selama Ramadhan, begadang diperkenankan hanya untuk menghidupkan malam dengan ibadah, seperti membaca Alqur’an, berdzikir atau Sholat Malam. Istirahat yang cukup sangat diperlukan saat berpuasa agar tubuh dapat memiliki waktu yang cukup untuk merevitalisasi organ-organ yang telah digunakan selama seharian sampai berbuka, dan bila memungkinkan tidurlah selama satu jam atau lebih saat siang hari.

7. Hindari Kafein

Meminum kopi adalah kegiatan yang digemari oleh banyak orang. Untuk kita yang ingin melatih diri berpuasa, disarankan untuk tidak meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi saat sahur. Kenapa? Kopi atau minuman berkafein memang bisa menghindarkan kita dari rasa kantuk namun sebaiknya jangan dikonsumsi saat sahur. Kafein yang dikonsumsi saat sahur bisa menyerap cairan dalam tubuh dan mengakibatkan pengeluaran cairan atau urine yang berlebih. Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi dan tubuh cepat merasa lemas.

8. Perbanyak Konsumsi Serat

Memilih menu makanan saat sahur itu sangat diperlukan. Jangan sampai kita makan sembarangan seperti makanan yang terlalu banyak minyak, terlalu banyak mengandung gula, dan lain sebagainya. Agar puasa dapat berjalan lebih baik, sangat disarankan ketika sahur untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayur.

Nah jadi bagaimana? Apakah sekarang sudah siap untuk berpuasa di Bulan Ramadhan? Jangan sampai kita menyia-nyiakan kesempatan di Bulan Ramadhan ya, kesempatan yang hanya datang satu kali dalam setahun. Rugi banget kalo kita gak ambil kesempatan ini untuk memperbaiki diri, apalagi di Bulan Ramadhan ada malam lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan.

Itulah sedikit tips yang bisa membantu kita agar kuat untuk berpuasa di Bulan Ramadhan selama 30 hari full. Semoga bermanfaat dan kita bisa menjalankannya dengan baik ya.

www,helmykediri.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "8 Tips Agar Kuat Menjalankan Puasa Ramadhan 30 Hari"

Berlangganan via Email