Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Alat penguat sinyal WiFi terbaik dan termurah

BLOGORANGIT Kediri - Era digital membuat masyarakat tidak bisa lepas dari internet. Bahkan saat ini internet menjadi kebutuhan utama manusia untuk dapat terus bekerja. Tanpa adanya koneksi internet yang stabil, kegiatan dan pekerjaan akan terganggu. 

Sayangnya tidak selamanya sinyal internet akan terus stabil. Saat ini ada banyak produk penguat sinyal WiFi yang dijual di berbagai marketplace. Penguat sinyal berfungsi untuk menangkap sinyal dari router. Sinyal tersebut selanjutnya disebarkan ulang ke area-area yang sulit terjangkau router utama. 

Tidak hanya itu saja, perangkat penguat sinyal juga dapat digunakan untuk jaringan WiFi yang melemah. Selain memperluas jangkauan sinyal, perangkat penguat sinyal dapat menstabilkan jaringan WiFi. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam tergantung merk dan kualitas. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi alat penguat WiFi terbaik dan termurah namun berkualitas. 

1. TOTOLINK EX200

TOTOLINK EX200
Sumber foto: jogjabolic.id  by helmykediri

TOTOLINK EX200 merupakan perangkat penguat sinyal WiFi yang diproduksi oleh perusahaan TOTOLINK. Alat ini dirancang untuk memperluas jangkauan WiFi. EX200 telah dilengkapi dengan tombol WPS yang sudah mendukung akses poin, ini akan mempercepat set-up dari perangkat ketika dinyalakan.

Material penguat sinyal ini terbuat dari plastik yang kokoh. EX200 memiliki dua antena yang dapat mentransfer data hingga 300 Mbps pada jaringan tipe N. Selain itu, alat ini juga mampu bekerja pada frekuensi 2,4GHz. 

Cara menggunakannya cukup mudah. Pengguna tinggal menghubungkan alat dengan electric socket atau stop kontak. Kemudian melakukan pengaturan via website dengan mengikuti buku panduan manual. Perangkat penguat WiFi ini termasuk WiFi extender terbaik yang dapat dengan mudah dibeli di pasaran. 

Harga yang ditawarkan juga murah dengan spesifikasi yang bisa dibandingkan dengan merek terkenal lainnya. Harganya berkisar Rp.160.000 saja. Kekurangan dari WiFi extender ini adalah tidak dapat membagikan MAC address untuk client yang masuk. 

2. KexTech Wireless-N WL0189

KexTech Wireless-N WL0189
Sumber: tokopedia.com by helmykediri

KexTech WL0189 adalah salah satu penguat sinyal WiFi dengan harga terjangkau dan memiliki jangkauan yang cukup luas. Dengan peletakan yang tepat, perangkat ini dapat menjangkau bagian yang tidak dapat dilakukan oleh WiFi router. 

Perangkat ini berjalan pada frekuensi 2,4GHz dengan kecepatan maksimum mencapai 300 Mbps. Perangkat ini merupakan WiFi repeater yang mendukung WiFi 802.11 n/g/b. WiFi repeater merupakan perangkat untuk menyiarkan ulang sinyal dengan membuat jaringan kedua. Harga di pasaran sekitar Rp.119.000 yang dapat dibeli di berbagai marketplace di Indonesia. 

3. Xiaomi Mi WiFi Extender 2

Xiaomi Mi WiFi Extender 2
Sumber foto: e-generaltrader.com by helmykediri

Alat penguat sinyal selanjutnya adalah Xiaomi Mi Wi-Fi Extender. Alat ini menggunakan port USB sebagai power supply dan memiliki desain yang elegan. Xiaomi Mi WiFi Extender 2 ini memiliki berat yang ringan. Port USB ini dapat diputar 180 derajat dengan dua antena di dalamnya yang support frekuensi 2,4 GHz. 

Kekurangan dari alat ini yakni memerlukan adaptor untuk menggunakannya. Hal itu dikarenakan port USB sebagai supply tidak bisa langsung dihubungkan dengan electric socket. Cara menggunakannya cukup mudah, pengguna hanya perlu menghubungkan alat ini pada router, maka perangkat ini akan repairing secara otomatis. 

Kecepatan transfer data mencapai 300Mbps. Harga yang ditawarkan cukup murah. Dengan mengeluarkan Rp.115.000, pengguna akan mendapat WiFi extender terbaik dengan harga terjangkau. 

4. Tenda N301

Tenda N301

Sumber foto: jogjabolic.id by helmykediri

Penguat sinyal WiFi Tenda N301 memiliki fitur utama sebagai WiFi extender dengan fitur-fitur unggulan seperti mendukung WPS, parental control yang dapat membatasi penggunaan WiFi dan internet melalui Tenda N301, serta keamanan tingkat lanjut.

Selain itu alat ini memiliki client router mode yang membuat perangkat bekerja seperti client yang terhubung ke jaringan WiFi dan memperluas sinyalnya. Alat ini memiliki frequency range sekitar 2.4GHz dan kecepatan hingga 300Mbps. 

Harga yang dibanderol mulai dari Rp.133.000. Harga yang sangat terjangkau dengan spesifikasi yang cukup lengkap beserta fitur tambahan yang baik. Desain dari perangkat ini cukup elegan dan ringan. Konfigurasinya dapat disesuaikan menjadi wireless extender atau repeater. 

5. Comfast CF WR302S 

Comfast CF WR302S

Sumber: JakartaNotebook.com by helmykediri

Comfast CF WR302S adalah perangkat sinyal yang cocok digunakan untuk bangunan yang bertingkat dengan banyak ruangan. Alat ini memiliki dua antena dengan power 10 dbi dan dua chipset Realtek. 

WiFi repeater ini dapat menjangkau ruang-ruang paling tersudut dan memperluas sekaligus mempercepat sinyal internet sehingga kecepatan yang dihasilkan sangat memuaskan dan stabil. Kecepatan maksimum transfer data dari perangkat ini mencapai 300 Mbps dan dapat digunakan selama 24 jam. 

Harganya terbilang cukup murah untuk WiFi range extender wireless dengan spesifikasi yang cukup baik dan kuat. Perangkat ini dijual dengan kisaran Rp.165.000 hingga Rp.204.000 di marketplace di Indonesia. 

6. Mercusys MW305R

Mercusys MW305R

Sumber foto: jogjabolic.id by helmykediri

Alat penguat sinyal Mercusys MW305R mampu menguatkan dan meningkatkan penerimaan sinyal WiFi. Memiliki tiga antena, chipset mediatek, yang ideal untuk digunakan sebagai peningkat kinerja audio dan visual yang berat, seperti bermain game tanpa adanya lag. 

Cara instalasi alatnya pun cukup mudah dengan mode install otomatis menggunakan CD. Perangkat ini support kecepatan maksimum hingga 300 Mbps dengan 2,4 GHz. Memiliki 4 x 10/Mbps LAN Port. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp.135.000. Dengan kualitas yang baik, Mercusys MW305R cocok untuk streaming gamer agar games yang dimainkan tidak lag. 

7. TP-Link TL-WA820RE 

TP-Link TL-WA820RE

Sumber: tp-link.com by helmykediri

TP-Link seri TL-WA820RE menjadi perangkat sinyal wireless termurah yang ada di beberapa marketplace. Alat ini menggunakan USB seperti range extender. Perangkat ini memiliki casing yang dapat dilipat, sekaligus berfungsi sebagai antena. 

Cara pemasangannya cukup mudah, pengguna hanya perlu menancapkannya ke USB adapter, powerbank, atau charger ponsel. Selain itu, kelebihan perangkat ini memiliki fitur Signal Light yang memudahkan pengguna mencari lokasi yang pas untuk memasang range extender. 

Perangkat ini mendukung kecepatan hingga 300 Mbps dengan harga yang terhitung sangat terjangkau dengan spesifikasi dan kualitas yang sangat baik. Harga ini dibanderol mulai dari Rp.220.000 di pasaran. 

8. DLINK DAP-1520

DLINK DAP-1520

Sumber: soundandvision.com by helmykediri

DLINK DAP-1520 merupakan WiFi extender yang sangat cocok ditempatkan di area yang cukup luas. Desain dari alat ini tidak memakan banyak ruang. Konfigurasinya hanya dengan menekan tombol WPS. Selain itu, mudah diatur melalui iOS dan Android karena support QRS Mobile. Alat ini juga tidak memiliki port LAN dan USB.

Alat ini mendukung frekuensi 2,4GHz dan 5GHz dengan kecepatan transfer sinyal yang besar hingga 750Mbps. Selain mudah digunakan, harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk Wifi extender dengan transfer sinyal maksimum sebesar 750Mbps mulai dari Rp.300.000, pengguna mendapatkan alat ini sebagai penguat sinyal yang efektif. 

Baca juga: Cara menemukan lokasi free wifi

Itulah beberapa alat penguat sinyal terbaik dan termurah. Sebelum membeli perangkat penguat sinyal WiFi, alangkah lebih baiknya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan. Lalu, perlu mengecek spesifikasi dari berbagai alat tersebut sebelum mempertimbangkan harga yang ditawarkan. 

Carilah perangkat yang dapat membantu untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan sinyal WiFi. Selain itu, alat yang fleksibel akan mempermudah dalam pemakaiannya. Kemudian carilah perangkat yang mudah digunakan dan memiliki panduan manual agar pengguna tidak kebingungan saat pemasangan. 

www,helmykediri..com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "8 Alat penguat sinyal WiFi terbaik dan termurah"