Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi online untuk pemesanan tiket pesawat dan kereta api

 

Idul fitri menjadi momen berharga untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Oleh karenanya, perayaan idul fitri identik dengan pulang kampung alias pulkam. 

Selain melepas rindu, mudik juga bertujuan untuk menyambung tali silahturahmi dengan sanak saudara. Sebagaimana perintah Allah dalam surah An-nisa:1 bahwa Allah memerintahakan hamba-Nya untuk memelihara hubungan kekeluargaan. Dalam hal ini, menyambung dan menjaga tali silzhturahmi kepada sesama umat muslim. 

Secara tegas Allah SWT juga menggambarkan betapa pentingnya menjaga tali silahturahmi. Sebab, selain membuka pintu rejeki, menjaga silahturahmi sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari Adam dan Hawa. Dari keduanya, Allah ciptakan laki-laki dan perempuan untuk menjaga keturunan. Oleh karena itu, bertakwalah kamu kepada Allah SWT yang dengan nama-Nya kamu saling meminta. Dan peliharalah hubungan kekeluargaan, sesungguhnya Allah senantiasa menjaga dan mengawasimu.” (QS. An-Nisa:1)

Namun untuk menyambung tali silahturahmi, terkadang kita dihadapkan oleh kendala. Misalnya antrean panjang untuk pemesanan tiket. Tak ayal, mayoritas dari kita memesan tiket jauh sebelum Ramadhan.

Atas fenomena itulah, banyak aplikasi online yang menyediakan fitur pemesanan tiket. Tak jarang, aplikasi tersebut turut memberi diskon guna menunjang kebutuhan masyarakat. Di samping itu, keberadaan aplikasi travel online lebih praktis dan efesien, sehingga pemesanan bisa dilakukan dari mana saja.

Tentu, hal ini memudahkan anda untuk membeli tiket in the last minute atau secara mendadak. Kepentingan seperti menghadiri acara keluarga yang mendadak, perjalanan dinas atau kepentingan urgent lainnya dapat anda tempuh.

Lantas, aplikasi apa saja yang menyediakan fitur pemesanan tiket online? Bagaimana pula cara pemesannnya? Berikut kami rangkum ulasannya.

1. Traveloka

Didirikan tahun 2012, Traveloka fokus pada perjalanan domestik. Bukan hanya tiket pesawat, Traveloka juga menyedikan tiket kereta api, paket internet, pulsa juga hiburan. Menariknya, anda juga bisa memesan hotel untuk keperluan berlibur.

Traveloka

Untuk memanjakan pengguna, Traveloka kerap memberi diskon maupun penawaran lain berupa voucher. Tak heran, aplikasi ini sudah dikenal dan merambah pasar internasional. 

Pemesanan tiket pun cukup mudah dilakukan. Pertama-tama, tekan “tiket pesawat” pada laman utama Traveloka. Kemudian, isilah asal dan tujuan keberangkatan, tanggal perjalanan, jumlah penumpang serta kelas penerbangan yang hendak dipilih.

Jika sudah selesai, tekan “lanjutkan pemesanan.” Selanjutnya, isilah kelengkapan data sesuai dengan kartu identitas. Selanjutnya, anda akan dibawa ke laman pembayaran, kemudian pilihlah metode pembayaran yang diinginkan.

Terakhir, cek email anda. Karena saat pembayaran telah disetujui, Travelika akan mengirim e-tiket.

2. Tiket.com

Sama halnya dengan Traveloka, startup rintisan lokal ini bergerak di bidang hiburan. Selain menyediakan pemesanan tiket pesawat, Tiket.com juga menawarkan layanan pemesanan hotel, penyewaan mobil, kereta api, tiket hiburan hingga tiket atraksi.

Tiket.com

Karena hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna, aplikasi Tiket.com sudah diunduh oleh satu juta pengguna. 

Untuk melakukan pemesanan, anda terlebih dahulu harus memilih rute asal dan tujuan penerbangan. Selanjutnya, pilihlah maskapai yang anda inginkan dan isi kelengkapan data diri. 

Jika sudah, anda akan diminta untuk menyelesaikan pembayaran dalam waktu satu jam. Jangan khawatir, pasalnya Tiket.com menyediakan ragam metode pembayaran yang bisa anda gunakan.

Lakukan langkah yang sama jika anda hendak memesan tiket kereta api, hotel atau lainnya.

3. PegiPegi

Tak ketinggalan, PegiPegi menyediakan layanan reservasi online untuk mulai dari pemesanan tiket kereta api, tiket bus, tiket travel, hingga tiket hotel.

PegiPegi

Sekadar informasi, PegiPegi sudah terhubung dengan kurang lebih 28.000 hotel domestik maupun internasional, 15.000 rute penerbangan, lebih dari 4.000 rute kereta api dan bekerja sama dengan 253 bus. 

Untuk menikmati layanan PegiPegi, pada halaman utama carilah tiket yang anda butuhkan. Selanjutnya, isi waktu perjalanan yang disertai dengan kota asal dan tujuan keberangkatan. 

Terakhir, lakukanlah pembayaran melalui metode yang sudah disediakan. PegiPegi menerima pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit, ATM bersama, klik-BCA hingga indomaret. 

Jika pembayaran telah berhasil, nantinya anda akan menerima e-tiket melalui email yang terdaftar. Perlu diingat, pemesanan tiket melalui PegiPegi dapat dilakukan maksimal enam jam sebelum keberangkatan.

4. Redbus

Siapa bilang pemesanan tiket bus tidak bisa dilakukan secara online? Melalui Redbus, anda bisa memilih jalur perjalanan sembari menikmati waktu anda. Bukan cuma itu, harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau.

Redbus

Sebab, secara berkala Redbus rutin memberi diskon untuk memanjakan penggunanya. Untuk menikmati layanan ini, download terlebih dahulu aplikasi Redbus di smartphone anda. Setelah itu, pilih rincian perjalanan dengan memasukkan tempat dan tujuan keberangkatan, serta tanggal keberangkatan.

Selanjutnya, pilihlah tempat duduk dan jenis bus yang hendak anda gunakan. Tak lupa, isi kelengkapan diri sesuai dengan identitas. Terakhir, anda akan dibawa ke laman pembayaran. Redbus menyediakan pembayaran melalui transfer ATM, internet banking, Alfamart, kartu kredit maupun debit, Mandiri clikpay, hingga BCA clikpay.

5. Shopee

Startup yang berbasis di Singapore ini rupanya turut menyediakan pemesanan tiket online. Bukan cuma kereta api, Shopee menyediakan pembelian tiket pesawat, bus dan travel yang bisa anda akses kapanpun. 

Shopee

Cara memesannya pun cukup mudah. Pada halaman utama Shopee, pilihlah menu pulsa, tagihan & hiburan. Lalu scroll ke bawah sampai anda menemukan menu tiket. Selanjutnya, pilihlah jenis tiket yang hendak anda beli.

Jangan lupa, lengkapi pula identitas diri juga detail perjalanan anda. Metode pembayaran yang ditawarkan pun terbilang lengkap. Mulai dari transfer bank, ATM, kartu kredit hingga shopeepay.

Setelah pembayaran berhasil, anda akan menerima e-tiket beserta dengan kode bookingnya.

6. Wego

Wego

Mungkin aplikasi yang satu tidak kurang populer di telinga kita. Sebab, Wego merupakan aplikasi pemesanan tiket yang berkantor pusat di Tiongok. Namun, Wego hanya menyediakan tiket pesawat dan tiket hotel.

Untuk menikmati layanannya, aturlah tanggal penerbangan dan lengkapi data diri anda. Perlu diketahui pula, dalam momen tertentu Wego kerap memberi potongan harga. Agar tak ketinggalan, jangan lupa cek situs maupun aplikasi mereka, ya!

7. Agoda

Agoda

Perusahaan yang fokus menyediakan reservasi hotel dan restoran ini patut anda coba. Selain memberi penawaran harga terbaik, destinasi penerbangan pun terbilang lengkap. Tak hanya itu, anda memanfaatkan Agoda untuk pemesanan hotel atau penyewaan apartemen.

Untuk memudahkan pengguna, Agoda turut menampilan review atau ulasan dari pelanggannya. Sehingga, langkah ini memudahkan anda untuk memilih hotel maupun apartemen.

Satu hal yang menarik dari aplikasi ini. Pada laman utama, Agoda menampilkan rekomendasi wisata yang populer di seluruh Indonesia. Pemesanan tiket pun terbilang mudah. Anda hanya perlu memasukkan tanggal dan tujuan keberangkatan, lalu pilihlah penerbangan yang diinginkan.

Baca juga: Tips membeli baju lebaran

Jangan lupa lakukan pembayaran untuk mendapat kode booking, ya! 

Itulah aplikasi pemesanan tiket online yang bisa anda coba. Sebelum mudik, jangan lupa tentukan waktu dan budget agar keuangan mu terorganisir. Selamat berlibur, selamat menyambung silahturahmi dengan suadara!

www,helmykediri..com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "7 Aplikasi online untuk pemesanan tiket pesawat dan kereta api "