Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Nama-nama jin/setan pengganggu manusia

Selamat Datang di Blogs Orang IT. Di dunia ini manusia tidaklah hidup sendiri karena ada makhluk lain tak kasat mata yang biasa kita sebut setan atau jin. Setan memang ditugaskan untuk menggoda manusia agar masuk neraka. Ini juga sudah menjadi ketetapan Allah SWT bahwa setan dan jin diciptakan untuk menjerumuskan manusia agar selalu melakukan hal-hal buruk yang nantinya akan merugikan manusia itu sendiri. 

Pada awalnya iblis adalah penghuni surga. Namun karena sifat sombongnya yang  tidak mau bersujud kepada nabi Adam, kemudian Allah mengusirnya dari surga. Setan merupakan keturunan iblis sebagai musuh yang nyata dan tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Meski begitu banyak orang mengaku bisa melihat setan. Sampai kapan pun setan akan selalu menggoda manusia agar berada di jalan yang sesat.

Nama-nama Setan dan Jin Pengganggu Manusia

Setan dan Jin adalah musuh yang nyata bagi manusia dan selalu hadir dalam kehidupan sehari-hari. Kadang manusia tidak sadar kalau perbuatannya menyesatkan, itulah tanda bahwa ada setan yang sedang mengganggunya. 

Berikut nama-nama setan dan iblis yang selalu menggoda manusia agar berada di jalan yang sesat;

nama jin/setan pengganggu manusia

1.Khanzab

Ini merupakan setan penggoda manusia agar meninggalkan salat. Jika Anda merasa malas untuk melakasanakan salat, itu adalah kerjaan setan Khanzab. Setan ini akan membuat manusia enggan melakukan salat, membuat manusia tidak khusyuk saat salat dan gangguan solat lainnya.

2.Wasnan

Wasnan memiliki tugas menggoda manusia dengan membawa tepung, kemudian ditiupkan ke mata manusia. Ini bertujuan agar manusia mudah merasa mengantuk terutama saat mendengarkan kebaikan seperti pengajian, membaca al-qur’an, dan rasa kantuk lain yang membuat manusia tidak fokus dalam melakukan kebaikan.

3.Walhan

Setan yang satu ini akan menggoda manusia agar mereka tidak khusyuk dalam melakukan wudhu. Salah satu kesempurnaan diterimanya ibadah sholat adalah kesempurnaan wudhu. Walhan akan menggoda manusia dengan berbisik pada hatinya agar manusia tidak menyempurnakan wudhu sehingga ibadahnya tidak sah. Untuk itu, sangat dianjurkan agar sebelum berwudhu harus membaca bismillah.

4.Tibbir

Jika Anda merasakan emosi yang meledak-ledak dan sulit dikendalikan, ini adalah kerjaan setan penggoda manusia bernama Tibbir. Tibbir bisa mengendalikan manusia agar mudah emosi dan memasang raut wajah cemberut. Selain itu, setan penggoda yang satu ini juga dapat membuat Anda merasa gelisah dan jauh dari rasa tenang.

5.Zalanbur

Zalanbur selalu menggoda manusia saat sedang berbelanja. Ia akan membisikkan kepada manusia agar menghambur-hamburkan uang. Jika Anda selalu ingin berbelanja padahal tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, bisa jadi Anda sedang dikendalikan oleh Zalanbur. Setan ini bertugas untuk membuat manusia merasa tidak puas sehingga mereka memiliki keinginan untuk terus menerus berbelanja alias boros. 

6.Masuth Mathun

Ini merupakan setan penggoda manusia yang bertugas untuk mengadu domba, menggunjing, menyebar fitnah, mencaci maki dan mencela sesama. Dengan godaan tersebut manusia akan menanggung dosa keburukan sehingga membuat setan ini kegirangan sambil tepuk tangan. Jika Anda sering berkumpul dengan kerabat dan akhirnya bergunjing, maka pertanda bahwa Masuth Mathun sedang berada di tengah-tengahnya.

7.Dasim

Dasim akan senantiasa menggoda manusia agar selalu merasa lapar. Bahkan jika Anda sudah makan sebanyak apapun, tetap saja merasa lapar. Itulah mengapa sebelum makan Anda selalu dianjurkan untuk berdoa supaya setan tidak ikut makan. Setan penggoda ini juga menjadi lambang kerakusan dan ketamakan. 

8.Abyad

Setan penggoda yang satu ini juga mendapatkan julukan sebagai panglimanya setan. Abyad merupakan setan yang menggoda kalangan nabi. Di kalangan manusia, Abyad akan menggoda para pemimpin dan penguasa agar semakin haus akan kekuasaan hingga menghalalkan segala cara untuk mendapat kedudukan tinggi. Setan ini akan membuat para penguasa menonjolkan kesombongan dan membangga-banggakan diri. Jika Anda pernah melihat seseorang yang merasa dirinya paling hebat, maka pertanda bahwa dirinya sedang dikendalikan oleh Abyad.

9.A’war

Setan ini mengelabuhi manusia agar selalu teringat dengan perbuatan zina. Ketika otak manusia sedang memikirkan hal-hal yang kotor dan gambar yang tidak senonoh. Maka A’war akan berusaha mengendalikan pikiran agar semakin membayangkan hal-hal yang tidak senonoh. Setan jenis ini seolah-oah membisikan manusia agar selalu memikirkan hal-hal yang menjurus ke zina.

A’war tidak hanya menggoda manusia yang masih lajang. Ia juga mengendalikan pasangan yang sudah menikah. Salah satu contohnya adalah apabila suami atau istri sedang membanding-bandingkan pasangannya dengan orang lain sehingga timbul rasa kurang bersyukur. 

10.Syabru

Syabru adalah jenis setan penggoda yang akan menguji manusia ketika sedang mengalami cobaan. Ia akan membuat seseorang hilang kesabaran dan terlalu membesar-besarkan masalah yang sedang dihadapinya. Ia akan membuat manusia berlebihan dalam menyikapi  cobaan atau bencana yang sedang mereka hadapi. Sebagai manusia seharusnya kita selalu tawakal dengan masalah yang sedang dihadapi dan berserah diri kepada Allah SWT agar dijauhkan dari setan penggoda bernama syabru.

11.Sauth

Sauth bertugas untuk memodifikasi kabar pemberitaan dengan dusta. Ia akan dengan mudah menggoda manusia untuk menyebarkan berita palsu. Setan penggoda yang satu ini tergolong sukses dalam menggoda manusia. Pasalnya sekarang ini memang banyak beredar berita palsu yang dengan mudahnya tersebar. Bahkan manusia juga cenderung banyak yang percaya dengan berita palsu tersebut. 

12.Laqus

Laqus akan terus menggoda manusia terutama pada mereka yang belum muhrim dan sedang menjalin hubungan (berpacaran). Menurut sebagian ulama, setan ini menjerumuskan seorang laki-laki dan perempuan dalam berbuat zina. Mereka akan terus mendekati pasangan belum muhrim yang sedang berduaan. Maka dari itu dianjurkan agar tidak berdua-duaan dengan lawan jenis yang belum muhrim karena yang ketiga adalah setan laqus.

13.Murroh

Ini merupakan jenis setan penggoda yang dikenal sebagai penguasa seruling dan alat musik lainnya. Ia akan mengelabuhi orang-orang yang suka memainkan alat musik hingga lupa waktu, kemudian membuatnya lupa melakukan shalat dan ibadah lainnya. Anda pastinya pernah menyaksikan konser hingga lupa waktu dan meninggalkan salat. Ini adalah pertanda kalau Anda sedang dikendalikan oleh setan Murroh.

14.Hafaf

Nampaknya manusia harus berhati-hati dengan setan Hafaf. Ia adalah setan penguasa minuman yang memabukkan. Jenis setan penggoda yang satu ini akan terus membisikkan ke telinga manusia agar mencoba minuman yang memabukkan. Tujuannya adalah membuat manusia agar mabuk dan hilang kesadaran. Dengan begitu manusia akan mudah dikendalikan untuk melakukan perbuatan maksiat yang semakin menjatuhkannya kedalam jurang dosa. 

15.Khannas

Ini merupakan jenis setan penggoda yang paling berbahaya. Khannas akan menggoda manusia untuk meragukan adanya Allah SWT. Ketika seseorang sedang mengalami ujian hidup dan meragukan adanya Allah SWT, maka setan ini akan terus membisikkan agar manusia selalu merasa ragu akan adanya Sang Pencipta.

Manusia memang tak pernah luput dari dosa. Setan akan terus mendampingi manusia dan menggodanya hingga hari kiamat agar bisa menjadi “teman” di neraka nantinya. Itulah nama-nama setan yang selalu mengganggu manusia. Tanpa sadar, manusia sering melakukan hal-hal yang tanpa sadar adalah godaan seta. Semoga kita selalu dijauhkan dari jenis-jenis setan penggoda diatas

www,helmykediri.com 

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "15 Nama-nama jin/setan pengganggu manusia"