Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Software pencari driver otomatis untuk laptop dan komputer terbaik

Selamat Datang di Blogger Kediri. Anda yang kesehariannya bekerja menggunakan perangkat komputer maupun laptop pastinya pernah mengalami kendala seperti kinerja komputer yang lambat atau komponen tertentu tidak dapat bekerja. Hal ini wajar karena terlalu sering memakainya sehingga Anda harus melakukan install ulang. Namun beberapa orang mungkin masih mengalami kendala meski sudah diinstall ulang karena belum adanya penghubung antara software dan hardware yang dinamakan dengan driver. 

Software pencari driver otomatis

Pada umumnya, driver pada komputer maupun laptop biasanya sudah tersedia ketika Anda membelinya. Biasanya ini dalam bentuk CD maupun DVD. Akan tetapi beberapa driver biasanya tidak memiliki kompabilitas dengan sistem terbaru yang sedang digunakan sehingga pengguna harus memperbaharui driver ke versi terbaru. 

Beberapa pengguna mengandalkan bantuan software pencari driver otomatis. Dengan menggunakan software tersebut, maka pengguna tidak perlu khawatir jika driver yang di install ternyata tidak kompatibel dengan hardware yang Anda pakai.

Untuk Anda yang sedang mencari rekomendasi software pencari driver otomatis untuk komputer maupun laptop, berikut ada beberapa saran software pencari driver terbaik dan mudah digunakan;

1.Driver Booster

Driver Booster merupakan salah satu software pencari driver paling populer yang mudah digunakan. Driver booster dibuat oleh Vendor lobit dan tersedia dalam 2 versi yaitu gratis dan versi pro (berbayar). Dengan software ini, Anda bisa mengidentifikasi driver yang sudah tidak layak dengan komputer maupun laptop Anda. Aplikasi ini dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi windows. 

Driver booster ini dilengkapi dengan fitur restore point yang berfungsi untuk membuat data cadangan jika terjadi kesalahan pada driver yang baru saja diinstal. Jika dirasa kurang stabil, maka Anda bisa mengembalikannya ke versi sebelum diinstal. Ini juga menjadi aplikasi yang menguntungkan bagi para gamers karena tak hanya mampu meningkatkan kualitas grafis tetapi juga dapat memperbaharui kekurangan komponen pada game. 

Link: https://www.iobit.com/en/driver-booster.php

2.Free Driver Scout

Software yang satu ini memiliki tampilan yang simple dan sangat mudah digunakan. Dilengkapi dengan fitur yang bahkan tidak dimiliki oleh aplikasi pencari driver lain. Fitur yang paling menonjol di sini adalah Auto-Update Driver, di mana jika diaktifkan akan secara otomatis mengunduh dan menginstal  driver secara otomatis tanpa meminta izin pengguna untuk menyetujui instalasi driver satu persatu namun tetap aman untuk digunakan. 

Menu yang terdapat pada aplikasi Driver Scout ini juga memiliki navigasi yang sederhana sehingga memudahkan siapa saja yang menggunakannya. Aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai jenis sistem operasi.

Link: http://freedriverscout.com/

3.Driver Pack Solution

Software pencari driver paling populer besutan developer Kuzyakov Artur. Ini memiliki tampilan antarmuka yang mudah dipahami bahkan bagi pemula. Ketika pertama kali dibuka, aplikasi ini akan langsung mendeteksi apa saja driver yang harus diinstal maupun diupdate.

Anda juga dapat memutuskan apakah akan melakukan penginstalan seluruhnya secara otomatis maupun manual satu per satu (check list). Driver Pack bisa digunakan secara offline (14GB+) maupun online dengan ukuran yang sangat ringan. Aplikasi ini bisa digunakan di berbagai sistem operasi windows.

Link: https://drp.su/en

4.Driver Easy

Jika dilihat dari namanya, driver ini memang benar-benar memberikan kemudahan dalam menggunakannya. Driver Easy sudah memiliki lebih dari 7 juta database yang bisa diakses untuk mencari driver seperti bluetooth, sound gratis, Wifi dan masih banyak lagi. 

Kemudahan yang diberikan di sini adalah Anda bisa memperbaharui driver dengan hanya satu klik saja dan akan langsung menemukan file driver yang cocok dengan PC atau Laptop. Aplikasi ini juga mendukung berbagai sistem operasi windows.

Link: https://www.drivereasy.com/

5.Snappy Driver Installer

Aplikasi ini memiliki 2 versi yaitu SDI Full dan SDI Lite. Untuk SDI Full ini dapat digunakan secara offline, namun Anda harus mengunduh dengan ukuran file yang cukup besar terlebih dahulu. Lain halnya dengan SDI Lite yang memungkinkan Anda bisa mengunduh driver tertentu dengan koneksi internet dan ukurannya pun sangat kecil yaitu hanya 4 MB.

Snappy Driver merupakan software pencari driver otomatis yang berbeda dengan aplikasi sejenis lain karena dapat digunakan tanpa harus menginstallnya. Hal ini karena aplikasi bersifat portable sehingga bisa langsung dijalankan. Aplikasi ini bisa digunakan pada semua jenis sistem operasi windows.

Link: https://sdi-tool.org/ 

6.Slim Drivers

Ini merupakan aplikasi pencari driver yang dapat memudahkan Anda untuk menginstall aplikasi yang cocok dengan laptop maupun komputer. Slim Driver dibuat oleh vendor dari Slimware. Yang Anda lakukan pertama kali setelah menginstalnya adalah menekan tombol start. Dengan begitu Anda akan menemukan driver apa saja yang harus diupdate/kadaluarsa dan belum terinstall.

Slim Driver ini tidak menyediakan fitur untuk mengunduh semua driver secara langsung. Anda harus melalukannya secara bergantian. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan hanya mendukung sistem operasi windows. 

Link: https://slimware.com/driverupdate

7.Driver Talent

Pengguna lebih familiar menyebut Driver Talent dengan nama DriveTheLife. Aplikasi ini dapat dengan mudah menemukan dan mendeteksi file driver yang rusak maupun yang sudah lama belum diupdate, kemudian mengganti dengan versi paling baru. Software ini juga memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Akan tetapi, Driver Talent hanya bisa digunakan pada sistem operasi windows XP ke atas. 

Link: https://www.drivethelife.com/

8.SamDriver

Ini merupakan aplikasi yang bisa Anda unduh secara gratis dengan menggunakan Torrent. Anda juga tidak perlu terhubung ke internet untuk menggunakannya, namun Anda harus mengunduh file ISO terlebih dahulu. File ISO ini nantinya berisi sekumpulan driver yang dibutuhkan. Ukurannya juga cukup besar yaitu sekitar 10 GB. SamDriver dapat digunakan pada seluruh sistem operasi windows.

Download saja di internet dengan kata kunci “SamDriver”

Baca juga: Cara download driver printer manual

9.Driver Max

Kehadiran Driver Max seolah mampu memecahkan permasalahan pada driver komputer maupun laptop. Pasalnya, aplikasi yang satu ini dilengkapi dengan fitur instalasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Driver Max juga memiliki lebih dari 2 juta database driver yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan update, backup dan restore driver outdate. Kinerjanya juga cukup maksimal dengan menampilkan driver mana saja yang bermasalah. Aplikasi pencari driver ini juga mendukung berbagai macam sistem operasi windows.

Link: https://www.drivermax.com/

10.3DP Net

Software pencari driver yang satu ini mampu menjadi solusi bagi mereka yang masih kesulitan dalam mencari driver Wifi pada laptop dan komputer. Hal ini karena 3DP Net dikhususkan untuk membantu Anda dalam mencarikan driver yang berbasis jaringan pada laptop maupun komputer Anda. 

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana yaitu dengan cara melakukan identifikasi pada perangkat untuk menemukan driver yang cocok. Kemudian Anda bisa mengunduh file pada driver tersebut. 3DP Net dapat digunakan untuk semua versi windows. 

Penutup

Driver merupakan sebuah jembatan antara sistem operasi dengan perangkat keras lainnya yang terhubung dengan komputer atau laptop Anda. Dalam hal ini Anda bisa memilih driver yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa rekomendasi software pencari driver otomatis terbaik dan paling mudah digunakan untuk laptop dan komputer Anda. Menggunakan laptop maupun komputer untuk bekerja memang selalu tak luput dari kendala. Itulah mengapa Anda juga harus melakukan perawatan berkala. Dan pastikan Anda memilih software pencari driver yang mampu memenuhi kebutuhan komputer atau laptop Anda tanpa membuang banyak waktu berharga

www,helmykediri..com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "10 Software pencari driver otomatis untuk laptop dan komputer terbaik"