Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Plugin SEO terbaik untuk blog wordpress (AutoPageOne)

Blogger Kediri Blog Orang IT - Adanya plugin SEO tentunya akan sangat membantu Anda yang menggunakan platform WordPress untuk website pribadi maupun bisnis online. Banyak orang lebih memilih WordPress karena memiliki fitur plugin yang lengkap sehingga lebih mudah dikelola daripada blogger. Terlepas dari itu, WordPress juga menjadi CMS terbesar yang biasa digunakan untuk situs bisnis.

Plugin merupakan elemen penting pada sebuah website. Ini menjadi nilai jual tersendiri untuk WordPress, salah satunya adalah plugin SEO WordPress. Dengan memaksimalkan plugin SEO WordPress maka mesin pencari akan lebih mudah menempatkan website Anda di halaman utama.

Ada banyak pilihan plugin WordPress yang dapat membantu memaksimalkan website Anda. Plugin merupakan sejenis aplikasi yang memudahkan Anda dalam menambahkan berbagai fitur tanpa harus menguasai ilmu coding sehingga cocok digunakan bagi siapa saja.

Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terpopuler di tahun 2021-2022

Plugin SEO WordPress Terpopuler di tahun 2021

Pemilihan plugin harus disesuaikan dengan kebutuhan dalam rangka mengelola website. Untuk mengantisipasi terjadinya kendala pada website, sebaiknya pilih satu plugin yang fungsinya paling dibutuhkan oleh website.

Berikut beberapa pilihan plugin SEO WordPress yang akan membantu memaksimalkan peringkat website Anda;

1.All in One SEO Pack

Ini merupakan salah satu plugin SEO WordPress yang paling banyak digunakan oleh pengguna wordpress karena terbukti mampu meningkatkan kualitas website dihasil penelusuran. Fitur yang paling diunggulkan dari plugin ini adalah mampu website Anda terlihat lebih SEO Friendly karena sudah terdapat dukungan berupa Google Analytic, optimasi pada judul, meta tag, membuat sitemap XML dan fitur lain yang membuat website mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari. Plugin ini bisa Anda dapatkan secara gratis namun dengan fitur terbatas

2.Yoast SEO

Bagi Anda yang sudah lama menggunakan WordPress pastinya sudah tidak asing dengan plugin yang satu ini. Yoast SEO dilengkapi dengan fitur terbaik yang mampu memberikan saran terkait penempatan keyword, deskripsi tag, dan url sehingga konten yang dibuat akan lebih SEO Friendly.

Alasan kebanyakan orang memilih Yoast SEO adalah karena kemudahannya dalam mengoptimasi postingan. Plugin ini juga bisa digunakan untuk mengoptimasi bagian kategori sehingga mampu meningkatkan SEO pada website. Anda bisa mendapatkan plugin ini secara gratis maupun berbayar untuk fitur lengkapnya

3.WooCommerce

Sesuai dengan namanya, Woocommerce merupakan plugin SEO WordPress yang biasa digunakan oleh para pemilik toko online. Hampir sepertiga website e-commerce menggunakan plugin ini karena memiliki fitur yang dibutuhkan oleh toko online. 

Keunggulan dari plugin WooCommerce adalah lebih mudah untuk diinstal dan dapat berintegrasi dengan berbagai ekstensi dan plugin lainnya (Khususnya dalam hal transaksi). Ini juga memudahkan pemilik toko online dalam menerima berbagai opsi pembayaran. Selain itu juga menawarkan berbagai struktur yang sangat memudahkan developer. Anda bisa mendapatkan plugin ini secara gratis ataupun berbayar.

4.Google XML Sitemaps

Plugin ini dapat membantu mengoptimalkan kinerja website anda dimata search engine seperti google dan bing dengan lebih baik sehingga mampu meningkatkan performa website. XML sitemaps juga berguna untuk memudahkan search engine ketika melakukan perayapan terhadap website Anda. 

Salah satu keunggulan plugin ini adalah dapat memberitahu search engine jika ada postingan yang baru saja dibuat (mempercepat indeks). Kabar baiknya, plugin ini disediakan secara gratis baik itu untuk website pribadi maupun website untuk kebutuhan bisnis.

5.W3 Total Cache

Semua pemilik website tentunya tidak ingin jika performa websitenya lambat. Hal ini akan memberi dampak buruk terhadap kelangsungan bisnis Anda. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu menggunakan plugin W3 Total Cache yang dapat meningkatkan kecepatan loading halaman website. 

Keunggulan plugin SEO WordPress yang satu ini memang terletak pada fiturnya yang mampu meningkatkan kecepatan pemuatan halaman oleh browser. Selain itu sangat kompatibel dengan berbagai plugin lainnya juga mampu meringankan kinerja server hosting. Anda bisa mendapatkan plugin ini secara gratis maupun berbayar.

Baca juga: Alasan migrasi dari blogger ke wordpress

6.SEO Internal Link

Setiap plugin SEO tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Seperti halnya yang ada pada SEO Internal Link. Plugin ini mampu membuat internal link secara otomatis untuk keyword tertentu yang langsung menuju ke postingan lain dalam kategori atau tag di website. Plugin jenis ini tentunya sangat disukai oleh mesin pencari dan dapat mengurangi bouncerate. SEO Internal Link juga disediakan secara gratis. 

7.Google Analytics Dashboard for WP

Bagi Anda yang memanfaatkan website untuk bisnis online, plugin yang satu ini tentunya sangat cocok. Google Analytics Dashboard for WP (GADWP) akan sangat membantu Anda dalam melaporkan informasi pengunjung dengan cepat dan mampu melacak event penting di website. 

Biasanya setiap pengunjung dikategorikan kedalam beberapa segmen meliputi asal negara, jenis kelamin, demografi, perkiraan umur, kata kunci organik, source direct trafik dsb

GADWP juga menyediakan berbagai layout yang menarik dan menawarkan berbagai akses laporan Google Analytic yang lebih spesifik. Cocok bagi pebisnis online yang menginginkan berbagai informasi untuk meningkatkan bisnis. Plugin ini juga bisa Anda dapatkan secara gratis.

8.Redirection

Fungsi utama dari plugin ini adalah untuk mengatur redirect URL satu menuju URL lainnya. Ini tentunya dapat mengalihkan pengunjung jika situs yang dikunjungi kebetulan mengalami kendala. Lebih mudahnya dapat dipahami sebagai fungsi pengalihan sementara 302 atau pengalihan permanen 301

Salah satu keuntungannya adalah Anda tidak perlu takut kehilangan pengunjung karena secara otomatis sudah dibackup oleh redirect. Dengan begitu maka Anda tidak akan kehilangan pengunjung dan reputasi dimata google tetap terjaga dengan baik. Anda bisa mendapatkan plugin ini secara gratis.

9.Broken Link Checker

Jenis plugin yang satu ini tentunya dapat membantu Anda dalam menyeleksi tautanlink yang sudah rusak 404. Broken link yang tidak diperbaiki akan sangat merugikan website itu sendiri, salah satunya akan berdampak langsung pada SEO Onpage. Dengan menginstall plugin Broken Link Checker maka link yang rusak dapat langsung terdeksi sehingga dapat diperbaiki dengan segera. 

Anda tidak perlu melakukan perbaikan link secara manual karena plugin ini akan menghemat waktu anda. Anda juga dapat memilih apakah nantinya hasil temuan broken link akan dikirim melalui email atau dashboard wordpress. Plugin ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

10.All in One (AIO) Schema Rich Snippets

AIO Schema Rich Snippets ini memiliki keunggulan untuk meningkatkan CTR (Click Through Rate)  website Anda. Plugin ini juga dapat meningkatkan SEO website dengan menampilkan informasi seputar judul, deskripsi, view dan pencarian lainnya sehingga nantinya postingan akan terlihat lebih menarik dihasil pencarian google. 

Dengan menggunakan plugin ini juga akan membuat website Anda terlihat lebih menonjol dibanding yang lain. Anda bisa mendapatkan plugin ini secara gratis.

Itulah beberapa rekomendasi plugin SEO WordPress terbaik SEO 2021-2022 yang wajib diinstal untuk meningkatkan performa website. Plugin tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis. Akan tetapi jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap, maka Anda harus melakukan upgrade berbayar.

Pastikan plugin yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan website Anda supaya lebih maksimal dan menghemat resource. Hindari memilih plugin yang tidak terlalu dibutuhkan pada website karena dapat menyebabkan menurunnya kualitas website. Sebelum memilih plugin SEO WordPress, pastikan Anda mengecek website untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam memilih plugin. Dan yang terpenting, buat pengunjung nyaman berkunjung ke website dengan memilih plugin yang tepat. 

www,helmykediri..com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "10 Plugin SEO terbaik untuk blog wordpress (AutoPageOne)"

Berlangganan via Email