Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Mengkonsumsi Kurma bagi Kesehatan

Blogger Kediri Blog Orang IT - Buah kurma adalah buah yang selalu dicari-cari pada bulan Ramadhan. Buah dari daerah tropis ini kerap kali disajikan sebagai hidangan takjil. Sebagian masyarakat Indonesia tentu sudah familiar dengan buah kurma yang memiliki rasa manis legit serta teksur buah yang khas dan daging yang empuk.

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, buah kurma ini juga memiliki banyak khasiat diantaranya mengandung vitamin, mineral, protein, serat, karbohidrat, dan berbagai nutrisi lainnya.

Manfaat Mengkonsumsi Kurma

Namun, mengingat rasanya yang manis, orang yang memiliki kadar gula darah tinggi dan penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi kurma. Tapi jika dalam mengkonsumsinya tidak berlebihan, kurma tetap aman untuk tubuh.

Selain menikmati kelezatan kurma, kamu juga akan menerima banyak manfaaat dari mengkonsumsi kurma dari segi kesehatan, diantaranya adalah :

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan yang dimiliki buah kurma salah satunya adalah serat. Makanan yang kaya akan jenis serat dapat membantu dalam proses melancarkan pencernaan.  Dengan kata lain, mengkonsumsi makanan berserat setiap hari dapat menghindarkan kamu dari masalah diare dan sembelit.

Jenis serat yang dimiliki kurma adalah serat tidak larut. Jenis serat tidak larut inilah yang berfungsi memadatkan feses, mempercepat waktu transit usus, serta memperlancar sistem pencernaan.

Di bulan ramadhan kamu dapat memanfaatkan kandungan serat kurma untuk membantu proses pencernaan dan mencegah sembelit. Karena orang yang berpuasa akan lebih mudah terkena resiko sembelit,  yang diakibatkan dari kurangnya mengkonsumsi makanan dan minuman selama berpuasa. 

2. Meminimalisir Resiko Terkena Diabetes

Meskipun dalam arti meminimalisir resiko terkena diabetes, bukan berarti kamu yang memiliki penyakit diabetes dapat mengkonsumsi kurma secara berlebihan. Namun, bukan juga berarti kamu tidak dapat mengkonsumsi buah kurma. Karena buah kurma sendiri dapat digunakan sebagai pengganti gula yang lebih sehat.

Meskipun memiliki rasa yang manis, buah ini tidak akan langsung menimbulkan resiko terkena diabetes. Karena kandungan serat inilah yang membantu tubuh lebih baik dalam mengontrol kadar gula darah.

Kamu dapat mengkonsumsi kurma setiap hari, tetapi tidak secara berlebihan. Karena buah ini tidak akan langsung melonjakkan kadar gula darah setelah makan.

Seseorang setelah berpuasa bisanya akan lebih cenderung mengkonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat tinggi seperti nasi. Tetapi jika kamu mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa, maka dapat menghindarkan kamu dari makan yang berlebihan. Karena dengan makan kurma kamu akan lebih cepat merasa kenyang.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kandungan vitamin pada kurma menjadikan kurma ideal untuk meningkatkan kesehatan dan sistem fungsi saraf. Manfaat kurma untuk kesehatan saraf ini juga berhubungan dengan kandungan antioksidan flavonoid yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada otak.

Kurma sangat berperan penting dalam fungsi sistem saraf yang sehat. Karena apabila tubuh kamu kekurangan vitamin yang ada pada kurma ini, kemungkinan besar tubuh akan mengalami penurunan tingkat energi, kelelahan, bahkan bermasalah pada konsentrasi.

Penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi buah kurma juga dapat mempertajam daya ingat, meningkatkan konsentrasi belajar, serta menyimpan memori dengan baik. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk memastikan potensi peran buah kurma untuk kesehatan otak manusia.

4. Meningkatkan Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Kurma adalah buah yang mengandung mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, seng, serta fosfor. Mineral tersebut adalah zat gizi yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Meskipun nilai gizi kurma tergantung pada jenis, tingkat kematangan, dan umur simpannya, buah kurma tetaplah menjadi buah dengan segudang sumber manfaat. Buah kurma hampir tidak memiliki kerugian bagi yang mengkonsumsinya.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dan kalium pada buah kurma dapat menjaga kesehatan jantung. Kedua mineral ini akan membantu mengontrol tekanan darah kamu. Selain itu, kandungan serat dalam buah ini juga bermanfaat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah kurma juga mengandung beberapa antioksidan seperti, carotenoid dan asam fenolik. Antioksidan ini berperan mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan potassium yang tinggi pada kurma, juga dapat mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung lainnya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa mengkonsumsi kurma dapat menjadi cara sehat dan lezat untuk mengurangi kadar kolesterol. Kolesterol ini yang nantinya bisa menjadi faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan juga stroke. Jadi, setidaknya jika kamu mengkonsumsi kurma 2 kali dalam seminggu maka kesehatan jantung kamu akan terjaga secara maksimal.

6. Mencukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Setelah berpuasa seharian, mungkin tubuh kamu akan kekurangan cairan. Nah, buah kurma ini bisa melengkapi kebutuhan cairan tubuh kamu. Itu sebabnya,  kurma biasanya menjadi hidangan berbuka puasa di bulan ramadhan.

Namun, kurma yang biasanya kamu makan pastilah kurma yang sudah dikeringkan? Meskipun kurma yang sudah dikeringkan, tetap saja masih mengandung cairan meskipun itu hanya sedikit.

Untuk memulihkan cairan tubuhmu secara lebih maksimal, kamu bisa mengkonsumsi kurma muda yang berwarna hijau atau kuning. Karena kurma muda lebih banyak mengandung cairan dibandingkan kurma yang sudah dikeringkan.

7. Mencegah Anemia

Kehilangan terlalu banyak sel darah merah adalah penyebab umum anemia. Contohnya seperti pada remaja yang mengalami menstruasi. Selain itu luka dan pendarahan juga dapat menyebabkan kehilangan darah yang cukup dan resiko terkena anemia.

Kandungan kurma yang kaya akan mineral dan zat besi yang cukup tinggi dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan mengkonsumsi kurma kamu tidak akan pucat dan lelah akibat anemia.

Jadi, untuk mencegah terjadinya anemia, kamu bisa mengkonsumsi buah kurma yang biasa disebut dengan buah super nutrisi ini.

8. Mengatasi Alergi

Alergi disebabkan oleh reaksi sitem imun terhadap tiap-tiap alergen yang berbeda-beda pada setiap orang. Sebagian orang mengatasi alergi dan masalah kulit gatal lainnya dengan belerang yang telah diolah. Namun, tahukah kamu bahwa kurma juga mengandung belerang organik?

Pada umumnya kandungan belerang sangat jarang ditemukan di dalam makanan. Tetapi, yang unik dari buah kurma adalah telah ditemukan kandungan belerang organik yaitu sulfur di dalamnya. Kandungan belerang inilah yang dapat digunakan untuk mengatasi alergi musiman dan penyakit kulit gatal-gatal lainnya.  

9. Mencegah Penyakit Kronis

Kandungan nutrisi pada kurma memiliki efek merangsang pada sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kurma tinggi akan antioksidan yang dapat mengurangi resiko sejumlah penyakit berbahaya. Karena antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Ada tiga jenis antioksidan utama yang terdapat pada buah kurma, yaitu flavonoid, carotenoid, dan asam fenolat. Ketiga antioksidan inilah yang memiliki manfaat untuk mencegah resiko penyakit kronis pada tubuh.

Flavonoid adalah antioksidan yang dapat mengurangi peradangan seperti diabetes, alzheimer, dan penyakit kanker lainnya. Antioksidan carotenoid dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyakit mata.

Sedangkan antioksidan asam fenolik adalah antiperadangan yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker.

 Maka dari itu, dengan mengkonsumsi kurma secara rutin dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit berbahaya pada tubuh.

10. Melancarkan Proses Persalinan 

Biasanya buah kurma adalah buah yang paling diminati oleh ibu hamil. Karena ternyata buah ini sangat membantu dalam melancarkan proses persalinan yang normal. Jika kamu mengkonsumsi kurma setiap hari sebelum proses persalian, maka kamu dapat mempersingkat proses kelahiran bayi kamu.

Buah kurma mengandung beberapa zat aktif yang dapat merangsang proses kontraksi rahim yaitu hormon oksitosin. Efek yang dihasilkan dari hormon ini adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak diperlukan lagi.

Baca juga: Mengajarkan anak berpuasa ramadhan

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dalam buah kurma, itu sebabnya buah kurma memiliki julukan sebagai buah nabi. Selain buahnya yang lezat, memakan buah kurma juga akan mendapat berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Apalagi saat bulan ramadhan, buah kurma pastinya akan menjadi menu hidangan berbuka puasa yang sering kali diminati kebanyakan orang. Semoga artikel ini bermanfaat!

www,helmykediricom

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Mengkonsumsi Kurma bagi Kesehatan"