Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Makan Sahur Ketika Puasa Ramadhan

Blogger Kediri Blog Orang IT - Ramadhan 1442 Hijriah yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia sudah tinggal hitungan hari.  Pada bulan itu kita semua akan berlomba-lomba melakukan kebaikan yang pahalanya akan dilipat gandakan.

Tentunya kalian tahu bulan Ramadhan adalah bulan dimana semua umat muslim diwajibkan berpuasa. Nah, pastinya hal yang membuat kalian malas saat berpuasa adalah makan sahur bukan? Apakah kalian malah melewatkan makan sahur? Waaah, seandainya kalian tahu bahwa makan sahur memiliki banyak manfaat selain hanya sebagai cadangan energi saja.

Apa saja sih manfaat makan sahur? Simak kelanjutannya yuk!

Manfaat Makan Sahur

1. Termasuk Sunnah Rasulullah SAW

Manfaat sahur salah satunya adalah termasuk sunnah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Dari Anas bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam telah berkata : “Makan sahurlah kamu, sesungguhnya makan sahur itu mengandung berkat (menguatkan badan karena lapar saat berpuasa).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Abi Said al-Khudri RA, “Sahur itu barakah maka jangan tinggalkan meski hanya seteguk air. Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur.” (HR. Ahmad).

Dalam hadits lain Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda : “Mintalah bantuan dengan menyantap makan sahur agar kuat puasa di siang hari. Dan mintalah bantuan dengan tidur sejenak di waktu siang agar kuat saat malam.” (HR. Ibnu Majjah).

Rasulullah juga menegaskan bahwa makan sahur itu memiliki banyak hikmah, salah satunya adalah agar kita kuat menjalani puasa di siang hari sehingga kita fokus menjalankan ibadah yang lain.

2. Sumber Energi Bagi Tubuh

Selama puasa kita tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama hampir 14 jam. Nah, sahur merupakan kesempatan untuk mengisi tubuh dengan energi. Apa jadinya jika tidak sahur? Pastinya tubuh tidak akan memiliki pasokan energi untuk beraktivitas.

Jangan sampai dengan tidak sahur kamu tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa selama puasa. Saat sahur juga kamu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Itulah sebabnya, jangan menyepelekan makan sahur agar kamu dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan melakukan ibadah-ibadah lainnya selama bulan Ramadhan.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Pola makan yang tidak teratur dapat membuat sistem pencernaan kamu bermasalah. Apalagi selama puasa tentu kamu akan kehilangan banyak cairan. Itu sebabnya makan sahur sangat dianjurkan terlebih mengkonsumsi makanan yang berserat untuk mencukupi kebutuhan cairan kamu.

Meskipun sepertinya ini adalah hal sepele, tetapi jika kamu terus-terusan melewatkan makan sahur maka akan berdampak pada kesehatan pencernaan kamu nantinya.

4. Dapat Menjadi Program Diet

Jika kamu sedang melakukan program diet, maka jangan lewatkan makan sahur. Mengapa? Bukankan dengan makan justru akan membuat gemuk?

Semisal kamu melewatkan makan sahur, setelah itu menjalankan puasa selama seharian tidak makan dan tidak minum. Pastinya kamu akan merasa sangat lapar. Nah, ketika seseorang merasa lapar saat berpuasa, biasanya ketika berbuka puasa akan kalap mengkonsumsi banyak makanan.

Justru dengan makan banyak secara langsung itulah yang membuat kamu gemuk. Program diet yang dianjurkan adalah makan secukupnya. Ketika kamu makan cukup saat sahur dan makan yang cukup saat berbuka, maka kamu akan memberi waktu tubuh kamu dalam mencerna makanan.

Selain itu, tetap perhatikan juga asupan yang dipilih saat makan sahur. Jika salah, maka akan membuat program diet kamu jadi berantakan. Imbangi juga dengan pola tidur yang baik agar hasil lebih maksimal.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat sahur bagi kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Saat berpuasa tubuh akan rentan sekali terhadap penyakit karena sistem imun yang menurun. Namun, untuk menghindari hal ini jangan lewatkan sahur dan tetap konsumsi makanan yang bergizi saat sahur.

Selain itu, para ahli kesehatan mengatakan bahwa dengan tidak melewatkan makan sahur saat berpuasa maka sistem imun tubuh manusia akan berada pada peforma yang terbaik. Hal ini guna menghalau mikroorganisme jahat yang hendak menginfeksi tubuh kita.

6. Menjaga Konsentrasi

Sebagian orang merasa berpuasa sangat melelahkan dan membuat tubuh menjadi lemas. Untuk menghindari hal itu maka kamu harus makan sahur agar tubuh memiliki cadangan energi yang cukup untuk beraktivitas selama puasa.

Jika kamu tidak sahur, maka tubuh akan mudah terserang masalah kesehatan contohnya sakit kepala. Nah, apalagi berpuasa yang tanpa sahur akan membuat orang lebih merasa lapar dbanding dengan puasanya orang yang makan sahur. Lapar inilah yang nantinya dapat mengganggu konsentrasi kamu.

Apalagi bagi kamu yang harus tetap bekerja meski sedang berpuasa. Meski sahur hukumnya sunnah, sebisa mungkin jangan pernah melewatkan makan sahur.

7. Mencegah Tubuh dari Dehidrasi

Manfaat sahur selanjunya adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh. Ketika kamu tidak makan sahur lalu berpuasa seharian, tentunya tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan karena kamu tidak memberi cadangan cairan saat sahur. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh kamu mengalami dehidrasi.

Pastikan ketika sahur kamu minum banyak air putih dan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sup, yogurt, buah-buahan, sayuran, dan semur. Ini sangat penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa di siang hari dan tetap dapat melanjutkan puasa di hari berikutnya dalam keadaan tubuh terhidrasi

Baca juga: Mengajari anak agar mau berpuasa

8. Melancarkan Peredaran Darah

Selanjutnya adalah melancarkan peredaran darah. Inilah sebabnya minum banyak air putih terutama air putih hangat sangat dianjurkan. Pasalnya hal ini dapat menetralkan tumpukan lemak di dalam tubuh. Dengan kata lain semua racun di dalam tubuh akan ikut terbuang dan berdampak pada lancarnya peredaran darah.

Selain itu, pastikan juga makanan yang kamu konsumsi saat sahur mengandung banyak nutrisi seperti buah-buahan dan sayur.

9. Mencegah Sakit Maag Kambuh

Pasalnya telat makan dapat membuat penderita penyakit maag kambuh. Salah satunya adalah dengan tidak makan sahur. Apalagi dengan tidak makan dan tidak minum selama puasa , hal itu sangat rawan bagi penderita penyakit maag.

Tidak hanya itu, pastikan makanan yang kamu konsumsi saat sahur adalah makanan yang tepat. Makan sahur juga akan mencegah peningkatan asam lambung berlebih.  Jadi diharuskan bagi kamu yang menderita penyakit maag untuk makan sahur sebelum berpuasa, karena saat puasa lambung akan mengalami kekosongan selama hampir 14 jam.

10. Mencegah Kehilangan Kekuatan Otot

Manfaat sahur yang terakhir adalah mencegah tubuh kehilangan massa otot. Berpuasa selama satu bulan penuh dapat membuat kita kehilangan metabolisme yang cukup. Dengan makan sahur maka tingkat metabolisme akan terjaga dan tidak membuat massa otot menurun.

Tetapi syaratnya makanan yang kamu konsumsi saat sahur haruslah mengandung protein yang cukup. Contohnya seperti telur, daging, susu, yogurt, gandum, dan sebagainya.

Itu dia manfaat makan sahur yang penting untuk kamu ketahui. Jika kamu sudah mengetahui berbagai manfaatnya, maka melewatkan makan sahur adalah hal yang sangat merugikan bagi kesehatan. Jadi, yuk puasa dan jangan tinggalkan sahur!

Semoga artikel ini bermanfaat !

ww.w.helmykediri.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Makan Sahur Ketika Puasa Ramadhan"