Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Lagu Religi Terbaik Untuk Menemani Puasa Ramadhan

Berbagai macam cara seseorang dalam menghabiskan waktu selama menjalani puasa Ramadhan. Ada yang tetap beraktivitas, ada yang bermain game, ada yang rebahan seharian, ada yang membaca, ada juga yang bermalas-malasan. Semoga kita tidak termasuk ke dalam barisan orang yang menghabiskan waktu secara sia-sia dan termasuk orang-orang yang melakukan aktivitas bermanfaat dan berpahala dalam mengisi waktu sepanjang Ramadhan.

Selama bulan Ramadhan kita mau semua aktivitas yang kita lakukan bernilai ibadah bukan? Daripada bergosip membicarakan orang lain, ataupun bermain game untuk menghabiskan waktu, kita bisa melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat seperti membaca buku atau mengerjakan pekerjaan rumah, ataupun membuat penugasan. 

Agar aktivitas kita tidak terlalu terasa kita bisa melakukan aktivitas sambil mendengarkan musik. Agar proses mendengarkan musik ini juga dinilai kebaikan, kita harus bisa pandai-pandai dalam memilih lagu. Yuk kita simak 10 lagu religi terbaik menurut penulis yang bisa menemani aktivitas kamu selama menjalankan puasa Ramadhan.

Lagu Religi Terbaik Untuk Menemani Puasa

1. Rida Sita Dewi – Pagi Ramadhan

“Dengarlah… Kicau burung-burung bernyanyi, Menyambut mentari pagi, Indah dan berseri”

Merasa familiar dengan lirik lagu di atas?

Ya, lagu yang popular sekitar era 90-an dan dibawakan oleh trio Rida Sita Dewi ini sempat terkenal di era nya. Lagu ini menggambarkan tentang keindahan pagi di bulan Ramadhan. Meskipun termasuk lagu lawas, lagu ini masih masuk kedalam lagu yang cukup bisa diterima generasi X Y Z terlebih untuk membantu menemani aktivitas pagi hari kita di bulan Ramadhan. 

Lagu ini cocok nih buat menemani aktivitas pagi hari di Bulan Ramadhan kamu saat membersihkan rumah atau sekadar duduk bersantai. Terlebih untuk yang pagi harinya tidak pernah terdengar suara kicauan burung.

2. Bimbo – Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya

“Lapar mengajarmu rendah hati selalu, Tadarus artinya memahami kitab suci, Tarawih mendekatkan diri pada ilahi”

Penggalan lirik lagu yang dibawakan oleh grup musik yang beranggotakan IIn Parlina, Acil, Samsudin Hardjakusumah, dan Jaka ini bercerita tentang seorang anak yang bertanya tentang makna lapar dalam puasa, makna tadarus, dan makna tarawih. Lagu ini bisa juga digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi anak-anak tentang arti dan makna puasa. 

Selain itu, lagu ini juga mengajarkan apabila seorang anak ingin tahu tentang banyak hal, orang pertama yang akan ditanyai oleh sang anak adalah kedua orang tuanya. Jadi buat para ayah, ibu, ataupun calon ayah ibu, sudah siap belum dengan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan sejenis ini?

Baca juga: Amalan wanita haid dibulan ramadhan

3. Tasya – Arti Puasa

“Apakah arti puasa? Puasa tidak makan, Puasa tidak minum, Sejak subuh sampai Maghrib”

Penggalan lagu yang pernah dibawakan oleh Tasya Kamila ini juga bisa menemani keseharian kamu di saat Ramadhan. Lagu yang penyanyinya sekarang sudah membangun bahtera rumah tangga ini bercerita tentang apa itu puasa. Lagu ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pengajaran tentang arti puasa secara mudah kepada anak-anak.

4. Opick feat Amanda – Alhamdulillah

“Alhamdulillah wasyukurillah, Bersyukur padaMu ya Allah, Kau jadikan kami saudara, Indah dalam kebersamaan”


Lagu yang dibawakan oleh Opick dan Amanda ini selain mengajarkan kepada kita tentang arti bersyukur, juga mengajarkan kita tentang persaudaraan dan kebersamaan. Pasti tenang kan jika bisa mendengarkan lagu ini sambil merebahkan badan sejenak saat menjalankan ibadah puasa atau menunggu waktu berbuka?

5. Snada – Jagalah Hati

“Jagalah hati jangan kau kotori, Jagalah hati lentera hidup ini, Jagalah hati jangan kau nodai, Jagalah hati cahaya illahi”

Lagu yang semula dibawakan oleh KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym kemudian dibawakan kembali oleh grup musik acapela Snada ini terbilang unik, meskipun dinyanyikan tanpa alat musik, lagu ini tetap enak didengarkan dan syarat akan makna. Lagu yang menceritakan tentang bagaimana semua permasalahan dan penyelesaian bersumber dari hati. Lagu yang meminta kita untuk menjaga hati agar rasa tenang menghampiri. Bila hati kita bersih, pikiranpun akan jernih, Namun bila hari keruh, Batin selalu gemuruh.

6. Opick – Tombo Ati

“Tombo ati iku limo perkarane, Kaping pisan, moco Qur’an lan maknane”

“Obat hati ada lima perkaranya, yang pertama baca Qur’an dan maknanya”

Lagu bilingual yang terdiri dari Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia ini menjelaskan tentang 5 Tombo Ati atau Obat Hati, yang dengan menjalankannya maka Allah akan memberikan rasa kecukupkan. Adapun obat hati yang dibahas dalam lagu ini diantaranya : 1. Baca Qur’an dan maknanya, 2. Sholat malam dirikanlah, 3. Berkumpullah dengan orang sholeh, 4. Perbanyaklah berpuasa, 5. Dzikir malam perpanjanglah.

Lagu yang dirilis tahun 2005 ini cocok untuk menemani kamu melakukan perenungan dan koreksi diri di Bulan Ramadhan. Alunan nadanya yang terbilang lambat membuat kamu semakin menyelami masing-masing dari obat hati yang disampaikan dalam lagu ini.

7. Ungu – Dengan NafasMu

“Dan demi nafas, Yang telah kau hembuskan, Dalam kehidupanku, Ku berjanji, Ku akan menjai yang terbaik, Jalankan segala perintahMu, Menjauhi segala laranganMu, Adalah sebaris doa ku untukMu”

Lagu yang ditulis oleh Franco Wllyjat Medjaja Kusumah ini menceritakan tentang harapan seseorang yang berharap dapat melakukan taubat dan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan sebelum ajal nya memanggil.

8. Ungu – Andai Ku Tahu

“Andai kutahu, Kapan tiba ajalku, Ku akan memohon, Tuhan tolong panjangkan umurku”

Lagu yang dirilis oleh grup band Ungu pada tahun 2012 ini menceritakan tentang seseorang yang berandai-andai mengetahui waktu ajalnya, dia pasti akan menjadi pribadi yang lebih baik dan melakukan banyak kebaikan sebagai bekal persiapan.

Lagu ini berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang musik bergengsi AMI Award untuk kategori Karya Produksi Terbaik. Penasaran kok bisa menang? Coba saja liat Official Music Videonya, pasti terasa deh kalau video ini keren.

9. Wali Band – Tobat Maksiat

“Ingat mati, ingat sakit, ingatlah saat kau sulit”

Penggalan lirik dari lagu lawas yang dibawakan grup Wali Band ini memang cocok buat menemani Ramadhan kamu, selain musiknya yang nge-beat, lagu ini juga mengajak kita untuk senantiasa mengingat akhirat, mengingat kematian, dan membuat kita bertanya apakah kita sudah mempersiapkan amalan untuk menuju ke sana?

10. Opick – Ramadhan Tiba

“Ramadhan Tiba, Ramadhan Tiba, Ramadhan Tiba”

Lirik yang simple dari karya Opick ini menggambarkan kegembiraan dan kebahagian menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Lagu ini juga menggambarkan tentang keutamaan Bulan Ramadhan yang menjadikan semua orang akan gembira menyambutnya. Lagu ini pernah menjadi jingle Ramadhan salah satu stasiun Televisi juga loh.

Nah, dari 10 rekomendasi lagu tadi, kira-kira lagu mana saja yang akan menemani hari-hari kamu sepanjang menjalani puasa Ramadhan? Meskipun ada lagu religi yang menenami kamu melakukan aktivitas harian sepanjang Ramadhan, tetap jangan lupa ya untuk melaksanakan ibadahnya.

www,helmykediri.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "10 Lagu Religi Terbaik Untuk Menemani Puasa Ramadhan"