Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan

Ketika anda menjadi seorang pegawai negeri sipil, tentu kehidupan anda belum terbilang mapan apalagi untuk golongan 1 dan 2 (penghasilannya pas-pasan). Dengan menjadi PNS, maka anda bisa hidup lebih tenang dengan gaji yang mengalir setiap bulan. Namun untuk bisa kaya raya saat anda hanya menjadi seorang PNS merupakan hal yang mustahil, karena biaya kehidupannya dijatah tetap oleh pemerintah.

Gaji PNS memang berbeda-beda tergantung golongan dan lamanya bekerja. Kelebihan menjadi seorang PNS yaitu mendapatkan dana pensiun, sehingga bisa hidup lebih tenang di masa tua (itupun kalau anda bisa menikmati uang pensiunan). Dengan kelebihan yang dimiliki PNS, tentu banyak orang yang menginginkan menjadi PNS. Untuk menjadi seorang PNS di jaman sekarang tidaklah mudah, karena persaingan sangatlah ketat.

Rekomendasi usaha sampingan untuk PNS

Apabila anda terlanjur menjadi PNS, namun anda tetap ingin kaya raya dan sukses, maka anda harus mencari usaha sampingan. Setidaknya ada beberapa usaha sampingan yang sangat rekomended dijalankan oleh para PNS.

Rekomendasi Usaha Sampingan Untuk PNS yang Menggiurkan

1. Ternak Sapi

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan untuk menjadi peternak sapi, anda harus memiliki modal yang lumayan besar. Harga satu ekor sapi memang bervariasi, karena tergantung dari jenis dan bobot sapinya. Sapi juga bisa diberi makan menggunakan rumput atau jerami.

Dulunya, sapi biasa dipakai untuk membajak sawah. Sedangkan sapi perah biasanya diambil susunya, karena sangat menyehatkan apabila diminum secara rutin. Pada saat musim kurban, sapi menjadi salah satu hewan yang banyak dicari dan harga sapi yang sudah layak untuk disembelih biasanya akan meningkat secara drastis.

Ternak sapi menjadi salah satu usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh para PNS dan proses ternaknya bisa secara langsung atau bisa menyuruh orang lain. Apabila menggunakan jasa orang lain, maka sistem ternak sapinya adalah bagi hasil. Ternak sapi yang dilakukan sendiri tentu akan lebih menguntungkan.

Bagaimana dengan modalnya? Anda bisa menyekolahkan SK dibank untuk mendapat pinjaman :v

2. Ternak Kambing

Kambing menjadi salah satu hewan jinak dan bisa dipelihara dengan mudah. Jenis kambing yang biasa ditemukan di Indonesia sangatlah beragam dan spesies kambing bisa ditemukan di berbagai daerah, karena penyebarannya sangatlah luas. Hampir seluruh bagian tubuh kambing bisa dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan.

Kambing juga menjadi hewan yang mudah beranak dan jumlah anakannya bisa satu atau 2. Apabila kambing dipelihara dengan baik, maka keuntungannya bisa berlipat. Meskipun resiko mati bisa terjadi, tapi ternak kambing sangatlah rekomended untuk dilakukan. Kambing makanannya rumput atau belikan saja ampas tahu/gamblong (ketela), sehingga tidak merepotkan pemiliknya.

Kambing juga menjadi hewan yang dicari saat musim qurban dan harga kambing kurban bisa meningkat dengan pesat, karena jumlah permintaan sangatlah tinggi. Tidak hanya kambingnya yang bermanfaat, namun kotoran kambing juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk yang bisa diterapkan untuk berbagai jenis tanaman.

3. Fotografer

Bagi anda yang memiliki kemampuan dalam hal memotret atau suka dengan kegiatan foto, anda bisa memilih menjadi seorang fotografer. Pekerjaan umum yang dilakukan seorang fotografer seperti foto untuk nikahan, sunatan dan berbagai kegiatan foto lainnya. Menjadi seorang fotografer bisa dilakukan oleh seorang PNS.

Untuk mempromosikan jasa foto anda, maka anda bisa memberikan jasa yang murah ke teman sekantor dan pastikan hasil foto anda berkualitas, agar teman PNS anda bisa menggunakan jasa anda. Dengan aktif berbagai event kantor dengan baik, maka anda bisa direkomendasikan untuk mengerjakan project foto lainnya.

Tidak hanya fotografi yang harus anda kuasai, anda juga harus bisa edit foto atau video dengan baik dan hal ini akan membuat jasa anda lebih sempurna. Seorang PNS juga bisa menjadi ahli foto untuk berbagai jenis produk dan anda juga bisa mengambil pekerjaan di akhir pekan, sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama anda sebagai PNS.

4. Agen Tiket Pesawat

Pesawat menjadi salah satu alat transportasi yang digemari masyarakat Indonesia, karena perjalanan udara bisa lebih cepat dibandingkan perjalanan darat atau laut. Maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia juga sangatlah beragam, sehingga harga tiket pesawatnya bervariasi. Anda bisa memilih pesawat dengan tiket sangat murah sampai sangat mahal.

Agen tiket menjadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk para PNS yang ingin menambah penghasilan. Hanya dengan modal laptop dengan ponsel yang canggih, maka anda sudah bisa menjadi distributor tiket pesawat. Menjadi agen tiket pesawat juga tidak memakan waktu yang banyak dan anda bisa mengerjakan hal ini di rumah.

Tiket pesawat juga bisa anda tawarkan ke rekan anda di kantor yang ingin pergi liburan, melaksanakan perjalanan kerja atau ingin mudik. Untuk mendirikan agen tiket yang profesional, maka anda bisa menyewa tempat khusus atau menggunakan tempat yang sudah anda miliki sebelumnya. Tempatnya haruslah strategis, sehingga cocok dipakai tempat untuk menjual tiket.

Baca juga: Alasan mengapa kuliah penting, bisa jadi PNS

5. Sewa Kontrakan

Punya kontrakan atau kos-kosan merupakan dambaan banyak orang, karena anda bisa memperoleh penghasilan setiap bulan dan anda bisa mendapatkannya dengan cara yang mudah. Pengguna kontrakan juga sangatlah banyak yaitu para pekerja atau pelajar dan kontrakan akan laris, apabila berada di lokasi yang strategis.

Kontrakan bagusnya berada di dekat sekolahan, kampus, perkantoran atau dekat pabrik. Menyewakan kontrakan menjadi pekerjaan yang bisa dilakukan oleh para pegawai negeri sipil. Anda bisa mengumpulkan uang gaji dari PNS (atau menyekolahkan SK di Bank) untuk membeli aset atau rumah dan anda bisa menyewakan rumahnya, baik dengan sistem bulanan atau tahunan. 

Modal untuk membuka usaha kontrakan memang lumayan tinggi, namun menguntungkan saat dikelola dengan baik. Harga rumah yang terus melambung dan daya beli masyarakat yang semakin tinggi maka bisnis kontrakan menjadi lahan yang sangat menggiurkan. Apabila fasilitas kontrakannya memadai, maka harga sewanya juga lebih mahal

6. Menjahit

Menjahit menjadi salah satu sektor pekerjaan yang sangat dibutuhkan, karena banyak orang yang membutuhkan penjahit untuk membuatkan atau memperbaiki pakaian. Dengan memiliki keahlian menjahit, tentu anda bisa memperoleh penghasilan memadai meski berada di rumah. Menjahit juga menjadi kegiatan yang tidak terlalu melelahkan, namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Modal utama untuk membuka bisnis menjahit adalah membeli mesin jahit yang berkualitas dan menyiapkan berbagai benangnya. Menjahit juga menjadi pekerjaan sampingan yang cocok untuk para PNS, karena menjahit bisa dilakukan di rumah dan bisa dikerjakan pada malam hari. Anda bisa memulainya dengan menawarkan jasa menjahit pakain kerja atau seragam olahraga.

Pastikan hasil jahitannya bagus, agar jasa menjahit anda bisa lebih laku dan bisnisnya bertahan dalam waktu yang lama. Anda juga bisa menawarkan berbagai jenis pakaian hasil rancangan anda dan anda bisa menjualnya dengan harga promo, sehingga orang lain lebih tertarik dengan produknya. Anda juga harus memberikan layanan ramah dan profesional.

Menjadi anggota vtube? Sebaiknya buang jauh2 pikiran itu ;v

Itulah ulasan lengkap mengenai Rekomendasi Usaha Sampingan Untuk PNS yang Menggiurkan dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

www..helmykediricom

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Rekomendasi usaha sampingan untuk PNS yang menguntungkan"

Berlangganan via Email