Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Windows Home, Pro, Enterprise, dan Education

BLOGORANGIT - Microsoft merupakan sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang komputer multinasional milik negara Amerika yang sejarahnya telah dimulai sejak tanggal 4 April 1975. Perusahaan ini dibentuk oleh seorang lulusan sekolah Harvard College, bernama Bill Gates dan teman masa kecilnya yang bernama Paul Allen, Microsoft saat ini telah menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Perusahaan ini juga merupakan salah satu dari perusahaan paling berharga di dunia.

Perbedaan Windows Home, Pro, Enterprise, dan Education
Helmykediri.com

Semenjak kehadirannya, Microsoft sudah memberikan kontribusi yang sangat baik demi menunjang kenyamanan penggunanya. Update yang sangat ditunggu-tunggu juga telah diberikan. Mulai dari windows versi pertama hingga windows 10 paling mutakhir

Ketika dirilis oleh pihak Microsoft, windows 10 mengeluarkan beberapa versi berbeda, diantaranya Home, Pro, Enterprise, dan juga Education. Ada banyak pertanyaan yang simpang siur terkait perbedaan dari ketiga versi tersebut. Pada artikel kali ini, kami akan meluruskan apa saja yang menjadi faktor pembeda dari empat versi ini. 

Fitur utama yang ada di keempat versi ini pada dasarnya sama persis. Tidak ada yang berbeda. Fitur utama ini biasa disebut dengan Core Experiences. User Interface, Start Menu, User Experience, Cortana, Virtual Dekstop, Windows Hello, browse Edge, Continuum, semuanya mirip dan sama di antara versi Home, Pro, Enterprise, dan juga versi Education. Pada artikel berikut ini, kami akan memaparkan apa saja perbedaan yang ada pada keempat versi windows ini secara lengkap dengan kelebihan, kekurangan serta harga pada masing-masing lisensi.

Perbedaan Masing-masing Versi Windows

1.Windows 10 Pro

Jenis Windows 10 yang pertama yaitu adalah Windows 10 versi Pro. Sistem windows ini pada dasarnya ditujukan bagi para profesional daripada hanya untuk memenuhi kebutuhan rumahan seperti mengetik ringan atau membuat dokumen. Hal ini didukung dengan berbagai macam fitur-fitur yang dimiliki oleh Windows 10 Pro, juga mampu membantu menunjang kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh mereka para professional di bidangnya.

Beberapa fitur yang menjadi andalan dari sistem Windows 10 Pro diantaranya Group Policy, Windows Store for Business, Enterprise State Roaming with Azure Directory, Mobile Device Management, Assigned Access, dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Fitur-fitur tersebut sangat berguna untuk kamu yang bekerja sama dengan rekan kerja formal sebagai seorang yang professional.

2.Windows 10 Home

Jenis Windows 10 selanjutnya adalah untuk penggunaan umum selain Windows versi Pro, tidak lain dan tidak bukan adalah Windows 10 versi Home. Jenis Windows yang satu ini sangatlah cocok untuk memenuhi kebutuhan rumahan yang terkesan simple. Versi Windows 10 Home ini sering kita temui dan banyak digunakan karena kebanyakan laptop dan PC yang baru akan menghadirkan Windows 10 seri Home di perangkat mereka. Fitur-fitur yang telah tersematkan pada edisi atau versi Windows 10 Hone ini adalah adanya browser baru yang sama sekali belum pernah ditemukan di versi Windows sebelumnya, yaitu Microsoft Edge.

Fitur lainnya yang juga terdapat pada sistem Windows 10 Home ini adalah adanya fitur Cortana, yang merupakan fitur milik Microsoft. Apabila perangkat yang kamu gunakan mendukung, sistem Windows 10 Home ini juga terkadang mempunyai sebuah fitur Hello yang berguna untuk masuk ke sistem Windows dengan face Recognition dan juga beberapa versi sistem pengenalan biometrik yang lainnya. Windows 10 Home ini juga dapat kamu upgrade dari versi Windows 10 Home menjadi Windows 10 Pro, tetapi kamu harus mengeluarkan sejumlah uang terlebih dahulu.

3.Windows 10 Enterprise

Jenis Windows 10 Enterprise yang satu ini memang lebih cocok untuk digunakan bagi kamu yang sedang bekerja di perusahaan besar yang sangat bonafide. Maka dari itu, versi sistem Windows 10 Enterprise ini hanya bisa kamu dapatkan melalui sebuah Volume Licensing, atau kalau tidak, kamu bisa membeli lisensi Windows ini melalui sistem partai borongan atau sekaligus banyak.

Fitur pada versi berbeda yang dimiliki oleh sistem Windows 10 Enterprise jika dibandingkan dengan versi windows 10 lainnya adalah terdapat pada AppLocker yang memungkinkan seorang admin hendak membatasi jalannya beberapa aplikasi. Selain itu, Direc Access yang juga memungkinkan para penggunanya mengakses dengan menggunakan jaringan internal melalui sebuah VPN yang telah terkoneksi ketika sudah terhubung pada jaringan internet.

4.Windows 10 Education

Dari namanya saja mungkin kamu sudah paham dengan apa yang hendak dituju oleh pihak Windows pada versi ini, Windows 10 Education ini merupakan jenis versi Windows 10 yang dikhususkan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sama halnya dengan sistem Windows 10 Enterprise, jika hendak melakukan pembelian lisensi pada Windows 10 Education, kamu juga harus mencarinya secara partai atau yang biasa disebut dengan pembelian dalam jumlah banyak.

Baca juga: Aksesoris laptop yang harus anda miliki

Versi yang Paling Bagus dan Recommend Untuk Digunakan?

Jika ditanya versi mana yang paling direkomendasikan untuk digunakan adalah pertanyaan yang sedikit ambigu. Karena, semua versi disediakan oleh pihak Microsoft guna menunjang kebutuhan yang berbeda-beda pula. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Versi Windows 10 Home ini dirancang oleh pihak Microsoft untuk memenuhi  kebutuhan ringan harian di rumah saja. Meskipun tidak selengkap seperti Windows 10 versi Pro, Enterprise, dan Education, setidaknya versi ini memang sudah lebih dari kata cukup untuk dapat menangani beberapa aktivitas ringan. Hal ini dikarenakan fitur unggulan yang diberikan oleh Microsoft sudah benar-benar tertanam pada sistem operasi versi ini. Imbas yang terdampak dari adanya pengurangan fitur pada versi Windows 10 Home. Jadi, sistem versi ini yang harganya paling murah. Yaitu sekitar 1,5 jutaan.

Versi Windows 10 Pro ini dapat dibilang cukup popular di berbagai kalangan. Hal ini disebabkan karena fitur yang mereka tawarkan memang tidak lebih serta tidak ada yang kurang. Jika kamu seorang pelajar, mahasiswa, ataupun seorang pebisnis memang rasanya cocok untuk menggunakan Pro. Harga yang dipatok mencapai 2,6 jutaan.

Versi Windows 10 Enterprise ini jarang ditemui di wilayah Indonesia. Bukan tanpa sebab, pihak Microsoft baru saja melepas versi Home dan Pro mereka saja ke pasar tanah air kita ini. Jadi, untuk saat ini jika ingin mendapatkan Windows 10 Enterprise hanya dapat membelinya dari pasar luar negeri. Harganya dibandrol sekitar 1,4 jutaan.

Windows 10 Education ini sama seperti versi Enterprise, yang juga belum tersedia secara resmi di Indonesia. Sesuai dengan nama versinya dari sistem operasi Windows ini, versi ini ditujukan untuk menjadi fasilitas pendidikan penunjang bagi sekolah maupun universitas. Harga lisensi pasarannya sekitar 2 jutaan.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai perbedaan Windows 10 versi Home, Pro, Enterprise, dan juga Education. Beserta kelebihan dan juga harganya di pasaran. Demikian artikel yang dapat kami berikan untuk menambah wawasanmu. 

www,helmykediri.com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Perbedaan Windows Home, Pro, Enterprise, dan Education"

Berlangganan via Email