Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab kuota masih ada tetapi tidak bisa internetan

Selamat Datang di Blog Orang IT. Kuota internet adalah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki bagi setiap orang pada saat ini. Bagaimana tidak, semua orang menggunakan jaringan internet untuk berbagai macam hal kebutuhan sehari-hari. Seperti belajar, bekerja, bermain game online, dan lain sebagainya. Semuanya membutuhkan kuota internet. 

Penyebab kuota masih ada tetapi tidak bisa internetan

Bagi sebagian orang, harga kuota internet memang terkesan cukup mahal. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang berhemat ketika membeli kuota internet. Tak jarang beberapa problem yang berkaitan dengan masalah kuota internet muncul secara tiba-tiba. Salah satunya adalah kuota yang masih ada tetapi tidak bisa dipakai untuk internetan. Hal ini memang seringkali terjadi dan dialami oleh beberapa orang. Penyebabnya pun berbeda-beda. Berikut ini beberapa alasan penyebab kuota masih ada tetapi tidak bisa internetan.

1.Gangguan Jaringan

Penyebab pertama yang paling sering dialami banyak orang mengenai kenapa tidak bisa mengakses jaringan internet padahal kuota masih ada yaitu adanya gangguan pada jaringan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar provider masih mengalami adanya gangguan jaringan. Alasannya pun berbeda-beda. Bisa jadi karena berada di tempat terpencil yang jauh dari jangkauan sinyal, bisa juga karena memang ada perbaikan dari pihak pusat provider.

Jika gangguan berasal dari pusat provider, kemungkinan besar pihak tersebut sedang melakukan pembaruan, perbaikan, atau yang lainnya. Perbaikan atau yang biasa disebut dengan maintence biasanya dilakukan untuk memperbaiki kualitas dari layanan provider itu sendiri. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kuota internetmu tidak bisa dipakai selamanya, cobalah untuk menunggu sebentar sampai jaringan pulih kembali. 

2.Masa Aktif Kartu Sudah Habis

Penyebab kedua ketika kamu mengalami gangguan tidak bisa internetan padahal kuota masih ada adalah masa aktif kartu sudah habis atau sudah tidak bisa dipakai lagi. Yang perlu kamu ingat adalah, masa aktif kartu dan masa aktif kuota adalah dua hal yang berbeda. Jadi, misalkan masa aktif kuotamu selama satu bulan, tapi masa aktif kartu telah habis atau disebut dengan masa tenggang, maka kuota tersebut tidak akan dapat digunakan lagi.

Jadi, sebelum mengisi kartu dengan kuota ketika membelinya, jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu masa aktif kartu agar kartu yang kamu gunakan tidak berada dalam masa tenggang. Di beberapa provider, biasanya untuk mengaktifkan masa aktif kartu cukup dengan cara mengisi pulsa pada kartu tersebut. Namun, di beberapa kartu juga berbeda. Kamu bisa mengeceknya sendiri terlebih dahulu.

3.IMEI handphone hilang

Selain bermasalah pada kartunya, bisa jadi yang menjadi masalah adalah dari segi HP itu sendiri. Bagi kamu yang belum tahu, IMEI merupakan suatu identitas dari sebuah HP, jika IMEI hilang, otomatis kartu yang terpasang tidak akan terbaca. Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana sebuah nomor IMEI bisa hilang begitu saja? Tentu saja bisa! Biasanya, IMEI ini hilang dari HP dikarenakan beberapa faktor. Antara lain, HP terlalu sering di root atau disetel ulang ke pengaturan pabrik. Atau juga bisa dikarenakan seringnya gonta-ganti custom ROM pada HP.

4.Pembagian Waktu atau Jam pada Kuota

Salah satu penyebab yang belum banyak orang ketahui ketika membeli kuota adalah adanya pembagian waktu pakai pada kuota tersebut. Maksudnya begini, mungkin kamu pernah membeli sebuah paket internet yang berincikan seperti ini: Kuota unlimited 00.00 hingga 17.00, kuota bonus 4G 6GB. Arti dari yang disebutkan di atas adalah, bahwasanya kuota unlimited yang diberikan terbatas dimulai dari pukul 12 malam hingga pukul 5 sore saja. Diluar itu, kamu memakai 6GB sebagai kuota reguler. Apabila kuota 6GB tersebut habis, otomatis kamu tidak akan bisa internetan diluar jam 12 malam hingga jam 5 sore.

Selain pembagian jam seperti di atas, ada juga pembagian jaringan pada internet. Seperti misalnya setengah kuota pada jaringan 4G dan setengah kuota pada jaringan 3G. Jika seperti itu, apabila HP mu belum support jaringan 4G, tentu saja setengah kuota tersebut akan terbuang percuma tidak bisa digunakan. Maka dari itu, teliti lagi sebelum membeli paket internet

5.Icon Sinyal pada Bar Hanyalah Sebuah Simbol

Hal yang satu ini biasanya sering terjadi pada beberapa orang. Mereka berpikir, jika icon sinyal yang ada pada bar telah menunjukkan sebuah simbol 4G, 3G, atau H+, maka berarti jaringan sudah tersambung dengan kuota internet. Tidak semudah itu, ya. Bisa jadi ketika kamu terlalu asyik bermain HP dengan menggunakan internet, tanpa disadari kuotamu sudah habis terpakai semuanya. Dalam keadaan seperti ini, memang jaringan masih menangkap sinyal dengan memunculkan simbol-simbol tadi, namun faktanya kuota internet memang sudah habis.

Jika seperti itu, ada baiknya kamu menggunakan sebuah aplikasi monitor data yang dapat membantumu untuk meninjau sejauh mana kamu menghabiskan kuota internet. Sehingga tidak akan terjadi hal seperti ini.

6.Handphone Rusak

Penyebab terakhir yang mungkin terjadi dan menyebabkan tidak bisa internetan padahal kuota masih ada adalah kerusakan pada HP itu sendiri. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini bisa terjadi pada smartphone mana saja. Rusaknya HP ini akan berdampak pada adanya sinyal internet. Bisa jadi simbol 4G, 3G, atau H+ muncul namun tidak menunjukkan adanya sambungan internet. Biasanya HP tersebut rusak karena temperatur suhu yang sangat panas, jatuh atau kocak. Gejalanya bisa jadi seperti hal itu.

Baca juga: Cara membatasi pemakaian kuota internet

Itulah beberapa penyebab yang mungkin terjadi ketika kamu mengalami keadaan dimana kuota masih ada tapi tidak bisa internetan. Tenang saja, kami juga sudah merangkum solusinya di bawah ini. Cobalah satu persatu.

1.Restart Handphone

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba mengulang kembali HP kamu. Kemungkinan HP kamu mengalami Lag sementara, mungkin setelah me-restart kembali HP, akan kembali normal.

2.Terapkan Mode Pesawat

Apabila jaringan internet sedang bermasalah, ada baiknya kamu terapkan mode airplane untuk beberapa menit. Cara ini sangat sering dilakukan oleh banyak orang. Biasanya setelah beberapa menit menerapkan mode pesawat, ketika dimatikan akan kembali normal dan kuota bisa dipakai internetan lagi.

3.Setting APN

Cara ini juga banyak digunakan oleh banyak orang ketika mengalami masalah kuota atau jaringan. Umumnya, berbeda provider, beda juga settingan APN nya. Yang terpenting, jangan sampai APN kosong. Karena apabila APN kosong, maka kuota internet tidak akan bisa dipakai.

4.Ganti Jenis Kuota/Provider yang Dipakai

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti jenis provider yang kamu gunakan. Karena di beberapa kasus, seringkali masalah tempat yang tidak dapat terjangkau oleh sinyal provider menjadi suatu masalah.

Kesimpulannya, jangan terlalu panik dan suudzon bahwa kuotamu hangus tiba-tiba. Jangan cepat panik dan berpikiran yang aneh-aneh. Ketahui dulu permasalahan yang ada pada kuota internetmu, kemudian cari tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. 

Helmykediri..com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Penyebab kuota masih ada tetapi tidak bisa internetan"

Berlangganan via Email