Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Kerugian menjadi penulis lepas atau freelance

BlogOrangIT dinobatkan sebagai blogger paling tampan - Pekerja lepas memang menjadi pekerjaan yang akhir-akhir ini banyak dicari karena melamar pekerjaan didunia nyata semakin susah, selain itu ada pula anggapan bahwa pekerjaan freelance tidak terikat waktu, tempat dan lebih bebas dalam pengerjaannya. Waktu menyelesaikan pekerjaan lepas juga fleksibel bisa dipilih sesuai kesepakatan bersama.

Namun, banyak juga orang yang menganggap bahwa menjadi pekerja lepas merupakan pekerjaan yang membosankan dan penuh ketidakpastian. Salah satunya adalah saya, perlu anda ketahui bahwa saya telah menjalani pekerjaan freelance sebagai blogger selama 2 tahun, memang awalnya menggiurkan tetapi lama kelamaan menjadi tidak pasti karena kompetitornya semakin sulit dari tahun ke tahun. Pada dasarnya, penulis lepas atau freelance baik sebagai blogger atau penyedia jasa memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Keuntungan Menjadi Penulis Lepas atau Freelance

Pekerja lepas merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan untuk mulai mencapai suatu tujuan yang ingin di capai, membangun image misalnya. Setiap orang yang memilih opsi pekerjaan sampingan sebagai penulis lepas tentu memiliki alasan tersendiri. Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa anda rasakan saat menjadi seorang penulis lepas.

Keuntungan dan Kerugian menjadi penulis lepas

1. Bebas Mengatur Diri Sendiri

Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang pekerja lepas, maka anda bisa merasakan nyamannya berada di rumah sambil mengerjakan suatu pekerjaan. Penulis lepas menjadi pekerjaan yang sangat fleksibel soal waktu, sebab anda bisa bekerja dengan waktu penuh atau paruh waktu.

Anda bisa bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan yang besar atau anda bisa bersantai sesuka hati. Pakaian yang anda gunakan juga sangatlah bebas, karena tidak ada aturan bakunya. Bahkan anda bisa bekerja sambil berjalan-jalan ke berbagai tempat. Anda juga bisa merancang proyek tersendiri, tanpa perlu melewati tingkatan-tingkatan manajemen.

2. Bayaran Sesuai Keinginan

Penulis lepas menjadi pekerjaan yang memungkinkan anda menentapkan harga jasa sendiri dan penetapan sesuai dengan keinginan anda. Penulis lepas sangat berbeda cara kerjanya dibandingkan dengan karyawan biasa, karena karyawan tidak bisa meminta kenaikan penghasilan seenaknya dan anda harus tetap patuh pada aturan perusahaan.

Dengan menjadi seorang penulis lepas, maka anda bisa memastikan jumlah pengeluaran yang sudah anda keluarkan dan anda bisa mendapatkan untung sesuai dengan hasil pekerjaan yang diberikan kepada klien. Semakin bagus hasil tulisan anda, maka jasa menulis anda akan dihargai lebih tinggi.

3. Mudah Memulai

Untuk menjadi seorang penulis lepas sangatlah mudah dilakukan, karena anda bisa mencari pekerjaan dengan cara anda sendiri dan anda tidak perlu memiliki kemampuan spesifik seperti saat bekerja di suatu perusahaan. Anda bisa menyediakan layanan yang sesuai dengan kemampuan anda seperti membuat logo, menulis artikel dan berbagai keahlian lainnya.

Hanya dengan kemampuan yang mumpuni, maka anda sudah bisa memulai untuk menjadi seorang penulis lepas. Anda tidak perlu menyiapkan modal yang besar untuk memulainya, karena menjadi penulis lepas bisa dilakukan dengan gratis.

4. Bebas Pilih Klien

Apabila anda memutuskan untuk menjadi seorang penulis lepas, maka anda bisa memilih proyek yang sesuai keinginan. Anda juga bisa mengambil semua proyek yang ditawarkan, agar penghasilan anda semakin besar. semakin banyak proyek yang berhasil anda tuntaskan, maka akan semakin banyak penghasilan anda.

Anda bisa mulai dengan memilih proyek yang mudah, agar anda bisa membuat portofolio dulu dan setelah itu anda bisa mengambil proyek yang sulit. Pengambilan proyek secara bebas tidak akan anda dapatkan saat anda bekerja di sebuah perusahaan atau anda menjadi seorang karyawan tetap.

5. Seimbang Antara Kehidupan Pribadi Dengan Pekerjaan

Penulis lepas memang dapat hidup secara bebas dalam mengatur berbagai pekerjaannya dan seorang penulis lepas pasti akan lebih menguasai dirinya sendiri. Tak hanya itu, penulis lepas juga akan semakin menguasai berbagai teknik menulis yang baik dan benar.

Anda bisa mengamati pertumbuhan pekerjaan anda setiap waktu dan anda bisa menentukan kemana arah kemajuannya. Dengan menjadi seorang penulis lepas, maka anda bisa melakukan berbagai hal yang ingin anda lakukan dan hal ini menjadi kebahagiaan yang tentunya tidak semua orang memperolehnya.

Baca juga: Daftar situs penyedia pekerjaan online

Kerugian Menjadi Penulis Lepas atau Freelance

Menjadi seorang pekerja lepas memang tidak selalu menguntungkan bagi setiap orang dan belum tentu cocok untuk semua orang, sehingga sangat tergantung siapa pelakunya. Bagi anda yang sedang memperdalam keilmuan tentang pekerjaan menulis, maka anda harus memahami resiko atau kerugian saat menjadi seorang pekerja lepas.

1. Bebas yang Menyulitkan

Anda tidak akan memiliki seorang bos, sehingga anda akan bertanggung jawab penuh terhadap berbagai kesulitan dan komplain klien. Anda tidak hanya harus pandai dalam menulis, namun anda juga harus bisa memahami berbagai teori dan keilmuannya, agar anda bisa meyakinkan klien pemberi pekerjaan.

Dengan menjadi seorang penulis lepas, maka anda memiliki tanggung jawab yang sangat besar dan anda harus bisa mengikuti kemauan klien. Ketika ada klien yang meminta penulisan dalam waktu singkat, maka anda harus memenuhinya dengan baik. Meskipun anda bisa bebas mengenai waktu, namun hal itu bisa menjadi kesulitan bagi diri anda.

2. Negosiasi dengan Klien Tidak Selalu Menyenangkan

Seorang freelancer pasti menawarkan suatu pelayanan atau jasa kepada para klien, sehingga perlu negosiasi yang benar. Ketika menghadapi klien, tentu bukanlah perkara yang mudah dan bisa menjadi batu sandungan yang menyulitkan anda.

Apabila anda merupakan orang yang mudah percaya dengan janji manis atau anda merupakan orang yang naif, maka anda akan mudah ditipu oleh para klien. Biasanya penipuan terjadi saat pembayaran. Klien palsu atau klien yang berniat menipu tentu sangatlah banyak dan bisa menjadi ancaman yang sangat merugikan.

3. Persaingan Ketat

Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang pekerja lepas, tentu anda akan hadir dalam persaingan yang ketat dalam memperebutkan sebuah proyek. Setiap pekerja lepas pasti akan berlomba-lomba untuk mendapatkan proyeknya dan berbagai jenis penawaran pasti dilakukan.

Tidak hanya anda saja yang mempersiapkan portofolio sebaik mungkin, karena ada banyak freelancer lain yang mempersiapkan hal yang sama. Untuk mengatasi persaingan, maka anda memerlukan strategi yang tepat. Mendapatkan proyek bukan tentang keberuntungan, karena anda akan bersaing dalam hal kemampuan dan kualitas pekerjaan.

4. Lama Untuk Meningkat

Ketika anda tidak memiliki penghasilan yang tetap, tentu anda akan merasa tidak tenang dan anda akan hidup dalam ketidakpastian. Anda akan tergesa-gesa saat belum mendapatkan proyek dan anda akan terus berusaha memperolehnya dengan berbagai cara, sehingga hidup terasa sangat melelahkan.

Penulis lepas memang banyak yang penghasilannya pasang surut, sehingga anda harus memaksimalkan setiap proyek yang anda peroleh dan anda harus mengerjakan proyek tepat waktu. Tentu hasilnya akan tergantung dari kualitas diri anda.

Apabila anda tidak berhasil membuat hati para klien senang, maka anda harus siap dengan posisi yang tidak pasti dan sulit mendapatkan proyek berikutnya. Untuk mengerjakan proyek besar, anda dianjurkan untuk membentuk tim yang solid.

5. Tidak Pasti

Keberhasilan Freelancer memang sangat tergantung dari semangat yang anda keluarkan, sehingga tidak ada jaminan atas keberhasilan anda dalam sebuah proyek. Anda juga tidak akan memperoleh berbagai jaminan yang menguntungkan seperti jaminan kesehatan, dana pensiun dan bonus.

Dunia freelancer memang sangat bergantung pada tingkat skill, sehingga anda harus terus meningkatkan kemampuan. Anda juga harus menguasai berbagai hal yang berkaitan dengan penagihan, pemasaran dan pembukuan. Apabila anda tidak membentuk tim, maka anda akan sulit mengerjakan proyek besar sendirian.

Sekian bahasan lengkap mengenai Keuntungan dan Kerugian Menjadi Penulis Lepas. Semoga semua bahasannya bisa menjadi referensi terbaik dan bisa bermanfaat untuk para calon pekerja lepas.

www.helmykediri..com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Keuntungan dan Kerugian menjadi penulis lepas atau freelance"

Berlangganan via Email