Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Hari Libur dan Cuti Bersama di Indonesia

Blogger Paling Tampan Di Kediri - Bekerja menjadi kegiatan yang seringkali membuat manusia lupa tentang pentingnya beristirahat dan menikmati waktu bersama keluarga tercinta. Momen hari libur sering dipakai para pekerja untuk meninggalkan berbagai tuntutan kerja dan pergi liburan demi menyegarkan pikiran.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki hari libur terbanyak, karena banyak momen bersejarah yang selalu diperingati sebagai hari libur setiap tahunnya. Setidaknya ada 15 hari libur bersama yang diberlakukan di Indonesia.

Hari Libur dan Cuti Bersama di Indonesia

Daftar Hari Libur dan Cuti Bersama di Indonesia

1. Hari Tahun Baru

Hari tahun baru biasanya dirayakan pada tanggal 1 Januari dan menjadi hari pertama di mulainya perhitungan tahun dalam kalender modern. Libur ini dimaksudkan untuk menyambut kedatangan tahun baru yang dipenuhi dengan harapan baru.

Hari menjelang tahun baru selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia dan semua pekerja diliburkan, karena menjadi hari libur bersama. Para pekerja biasanya memanfaatkan momen ini untuk berkumpul bersama keluarga dan merasakan perayaan malam tahun baru dengan suka cita 

2. Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek merupakan salah satu momen penting bagi masyarakat keturunan Tionghoa yang menetap di Indonesia dan momen ini biasanya dilaksanakan di hari pertama pada penanggalan Tionghoa.

Tahun baru imlek menjadi momen libur bersama yang diberlakukan di Indonesia dan hal ini dilakukan untuk menghormati para keturunan Tionghoa di Indonesia. Adat dan tradisi dalam menyambut imlek sangatlah beragam.

3.  Isra Mikraj

Isra Mikraj merupakan momen yang sangat penting dalam agama islam dan momen Isra Mikraj berkaitan erat dengan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina hingga naik ke naik ke langit tujuh dalam semalam dengan Buraq. Dalam momen isra mikraj, Nabi Muhammad diperintahkan Allah SWT untuk menunaikan salat 5 waktu dalam waktu sehari semalam.

Penggambaran mengenai kejadian isra mikraj bisa dilihat dan dipelajari di Surah Al-Isra. Momen isra mikraj menjadi salah satu hari libur bersama yang diterapkan di negara Indonesia dan isra mikraj ditandai sebagai waktu penting dalam kalender agama islam.   

4. Hari Suci Nyepi

Umat Hindu pasti mengenal hari suci nyepi, karena nyepi menjadi hari raya bagi umat Hindu yang selalu dirayakan setiap tahunnya. Hari nyepi biasanya jatuh pada hitungan Tilem Kesanga yang dipercaya sebagai hari pensucian dewa-dewa yang membawa intisari amerta. 

Pada momen nyepi, umat hindu biasanya akan melakukan pemujaan suci kepada para dewa. Hari suci nyepi menjadi salah satu hari libur bersama yang diberlakukan di Indonesia dan keputusan hari libur nyepi di dasarkan pada keputusan presiden no 3 tahun 1983.

5. Wafat Isa Al Masih

Wafat Isa Al Masih menjadi momen yang sering disebut dengan Jumat Agung yaitu Jumat sebelum Minggu paskah. Wafat Isa Al Masih menjadi momen yang sakral bagi masyarakat yang beragama Protestanisme dan Katolik.

Momen Wafat Isa Al-Masih atau Wafat Yesus Kristus selalu diperingati dengan libur bersama di Indonesia. Setiap tahunnya, masyarakat yang bekerja diberi waktu untuk libur bersama satu hari.

6. Hari Buruh Internasional

Hari buruh internasional memang diawali dengan adanya perjuangan keras para pekerja atau buruh untuk mengendalikan politis dan menyuarakan kesejahteraan dalam ekonomi di berbagai sektor industri.

Hari buruh internasional secara umum diselenggarakan setiap tanggal 1 mei dan sering disebut dengan may day. Tidak hanya di Indonesia, momen hari buruh internasional juga diperingati setiap tahun di berbagai belahan dunia dan hari buruh biasanya mengharuskan para pekerja untuk libur bersama.

7. Hari Raya Waisak

Waisak merupakan hari yang dianggap suci bagi umat Buddha dan penamaan hari waisak di berbagai negara berbeda-beda. Waisak biasanya dilaksanakan pada bulan mei yaitu pada saat terang bulan.

Waisak dijalankan untuk memperingati 3 momen penting dalam agama Buddha. Hari raya waisak menjadi salah satu hari libur bersama yang diberlakukan di Indonesia.

Baca juga: Dampak negatif internet bagi remaja gblk

8. Kenaikan Isa Al Masih

Kenaikan Isa Al Masih atau sering disebut juga dengan perayaan kenaikan tuhan dan juru selamat Yesus Kristus. Kenaikan isa al masih juga sering disebut sebagai kamis kenaikan, hari kenaikan atau kamis kudus.

Momen kenaikan yesus ke surga selalu diperingati setiap tahun dan momen ini selalu dijadikan momen libur bersama di Indonesia.

9. Hari Raya Idul Fitri

Idul Fitri merupakan momen lebaran yang sangat sakral bagi umat Islam di Indonesia dan hari raya idul fitri selalu jatuh pada tanggal 1 syawal dalam penanggalan hijriah. Penentuan 1 syawal didasarkan pada peredaran bulan, sehingga momen idul fitri selalu berbeda waktunya setiap tahun.

Hari raya idul fitri biasanya menjadi momen libur bersama dan momen cuti bersama yang sangat penting, karena semua umat islam melakukan silaturahmi ke orang-orang terdekat.

10. Hari Lahir Pancasila

Lahirnya pancasila menjadi salah satu momen penting dalam sejarah Indonesia, karena lahirnya pancasila menjadi judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan atau Dokuritsu Junbi Cosakai.

Pidato tersebut dilakukan pada tanggal 1 Juni 1945 dan hari tersebut selalu diabadikan menjadi hari libur bersama masyarakat Indonesia. Hari lahir pancasila mulai diperingati sejak tahun 2017.

11. Hari Raya Idul Adha

Idul Adha merupakan salah satu hari raya yang sangat penting dalam agama Islam dan idul adha biasanya diperingati dengan momen pemotongan hewan kurban. Hewan kurban yang paling umum disembelih yaitu sapi dan domba.

Idul Adha menjadi momen puncak ibadah haji yang dilaksanakan oleh seluruh umat islam. Hari raya idul adha biasanya dijadikan momen libur bersama di Indonesia.

12. Hari Kemerdekaan RI

Momen proklamasi kemerdekaan Indonesia memang dilaksanakan pada tanggal 17 agustus 1945 dan teks proklamasinya dibacakan langsung oleh Soekarno di sebuah rumah hibah yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Timur No.56 Jakarta Pusat. 

17 agustus dijadikan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, sehingga menjadi hari libur bersama dan pada momen kemerdekaan, biasanya masyarakat mengadakan berbagai acara yang sifatnya hiburan.

13. Tahun Baru Islam

Tahun baru islam atau tahun baru hijriah adalah momen yang bersejarah bagi seluruh umat islam, karena menjadi momen hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah menuju Madinah.

Tahun baru islam sangatlah dihormati oleh bangsa Indonesia, sehingga dijadikan salah satu momen libur bersama yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya.

14. Maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi Muhammad SAW atau sering disebut dengan momen Maulid adalah salah satu hari bersejarah dalam agama islam, karena memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi Muhammad SAW selalu dirayakan oleh masyarakat Indonesia dengan mengadakan pengajian atau acara keagamaan lainnya. Momen peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu hari libur bersama yang diberlakukan di Indonesia setiap tahunnya. 

15. Hari Raya Natal

Natal merupakan hari raya bagi umat kristen dan selalu diperingati oleh seluruh umat kristen setiap tanggal 25 Desember. Biasanya natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 desember dan beberapa gereja ortodoks biasanya merayakan natal pada tanggal 6 Januari.

Momen natal menjadi salah satu momen libur bersama dan cuti bersama yang diberlakukan di Indonesia. Momen ini selalu rutin diselenggarakan setiap tahunnya diakhir tahun.

Sekian bahasan lengkap mengenai Hari Libur dan Cuti Bersama di Indonesia dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

www,helmykediri..com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Daftar Hari Libur dan Cuti Bersama di Indonesia"

Berlangganan via Email