9 Menu Sahur Sehat Selama Ramadhan

by

helmy

Blogger Kediri Blog Orang IT – Pilihan menu sahur sangat berperan penting bagi kamu yang akan menjalankan puasa. Pasalnya jika kita mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat sahur akan membantu tubuh agar tetap kuat menjalankan aktivitas sehari-hari meski sedang berpuasa.

Kebanyakan orang beranggapan menu sahur sebenarnya bisa apa saja asalkan halal dan mengenyangkan bukan? Iya sih, tetapi ada juga makanan yang bisa membuatmu kenyang sebentar. Artinya saat tengah hari berpuasa kamu akan merasa lapar.

Mungkin kamu kuat-kuat saja menahan lapar hingga waktu buka puasa tiba. Namun pastinya tubuh kamu akan merasa lemah dan lelah dalam menjalankan aktivitas seharian. 

Maka dari itu pentingnya memperhatikan menu sahur yang sehat agar kamu lancar dalam menjalankan ibadah puasa. Simak bermacam-macam menu sahur yang sehat berikut ini yuk!

1. Nasi Merah

Sebagai karbohidrat kompleks, nasi merah bisa memberikan energi lebih daripada nasi putih. Hal ini karena nasi merah lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga bisa membuat perut kamu kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Nasi Merah

Nasi merah juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan. Kandungan gula pada nasi merah juga lebih rendah dari nasi putih sehingga bisa untuk mengontrol gula darah kamu. 

Manfaat lain dari nasi merah adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk itu mengkonsumsi nasi merah sangat dianjurkan bagi kamu yang akan menjalankan puasa.

2. Sereal atau Oatmeal

Manfaat sahur dengan oatmeal salah satunya adalah kenyang lebih lama. Apalagi oatmeal adalah sajian praktis yang cocok sebagai menu sahur. Selain itu, oatmeal juga rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat menyeimbangkan nutrisi tubuh selama berpuasa.

Oatmeal

Masih berkaitan dengan kandungan serat di dalamnya, oatmeal dapat mengontrol kolesterol, salah satu resiko penyebab penyakit jantung. Bukan hanya kolesterol, kadar gula dalam darah pun juga akan terjaga. Sehingga dapat mencegah penyakit diabetes dan penyakit gula lainnya.

Beta-gulkan dalam oatmeal juga berpengaruh pada kelancaran sistem pencernaan tubuh kamu. Manfaat sahur dengan oatmeal selanjutnya bisa dirasakan oleh penderita penyakit asma. Pasalnya penelitian mengatakan bahwa memberi makan sereal oat pada bayi saat mulai usia 6 bulan dapat menurunkan resiko penyakit asma.

3. Roti Gandum

Roti Gandum

Roti gandum dapat menjadi pengganti nasi sebagai menu sahur yang sehat. Kandungan protein dan serat dalam roti gandum lebih tinggi dari roti tawar biasa. Selain itu, mengkonsumsi roti gandum dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Roti gandum juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya. Tidak hanya itu, roti gandum yang kaya akan nutrisi ini tidak memiliki kandungan kolesterol di dalamnya. Seperti yang diketahui bahwa kolesterol terutama kolesterol jahat dapat menjadi salah satu pemicu penyakit stroke.

Manfaat lain saat mengkonsumsi roti gandum adalah membantu oksigen mengalir dengan baik ke otak, mencegah sakit kepala dan kelelahan, serta membantu mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

4. Sup Sayur

Sayur dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak nutrisi dan bermanfat untuk kesehatan. Itulah mengapa sayur sangat baik dikonsumsi apalagi sebagai hidangan sahur. Salah satu kandungan yang cukup tinggi pada sayur adalah serat, sehingga mampu membantu kamu menjaga kesehatan sekaligus melancarkan puasa kamu.

Sup Sayur

Tak lain dari manfaat mengkonsumsi makanan berserat saat sahur adalah untuk membuat kenyang lebih lama. Nah, sebagai makanan mengandung serat, sayur juga sangat cocok kamu jadikan sebagai menu sahur yang lezat dan sehat.

Selain itu, serat pada umumnya mengandung kalori yang lebih rendah, sehingga tidak akan mudah gemuk jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Bagi kamu yang sedang menjalani program diet sehat saat puasa, sup sayur ini sangat cocok sebagai menu hidangan sahur dan berbuka.

Apalagi sup ini juga dimasak dengan tambahan air, maka kebutuhan mineral tubuh kamu juga akan tercukupi. 

5. Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau tergolong sebagai biji-bijian yang banyak mengandung protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Kandungan vitamin B dalam kacang hijau juga membuat tubuh menjadi berenergi serta meningkatkan metabolisme. Sehingga mengkonsumsi bubur kacang hijau saat sahur akan membuat kamu kenyang lebih lama dan kuat beraktivitas.

Kacang hujau mengandung serat makanan dan pati yang baik untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, kacang hujau juga membantu memberi nutrisi untuk bakteri baik di dalam saluran cerna. Antioksidan di dalam kacang hijau sangat penting untuk antiradang pada tubuh kamu.

Menu sahur ini juga cocok sebagai menu diet sehat karena kandungan lemaknya rendah. 

Baca juga: Resiko tidur setelah makan sahur

6. Salad dan Jus Buah

Salad dan Jus Buah

Salad buah memiliki kandungan serat dan lemak sehat juga tinggi vitamin seperti vitamin A, B, C, dan D, serta mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium sehingga sangat cocok menjadi menu hidangan sahur.

Minum jus buah saat sahur juga mampu menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi resiko dehidrasi, sekaligus dapat kamu gunakan sebagai menu diet selama menjalani puasa di bulan Ramadhan.

7. Sup Kacang Merah

Sup Kacang Merah

Kacang merah memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti, air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, magnesium, natrium, zat besi, kalium, zinc, folat, kolin, dan vitamin K. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengkonsumsi kacang merah.

Salah satu olahan kacang merah yang cocok untuk menu sahur adalah sup. Karena kacang merah kaya akan kandungan serat larut, protein, dan karbohidrat kompleks, sehingga mengkonsumsi kacang merah dapat membuat kenyang lebih lama.

Manfaat lain dari mengkonsumsi sup kacang merah adalah mencegah penyakit sembelit, mencegah diabetes, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, mencegah penuaan dini karena antioksidan yang tinggi, dan masih banyak lagi.

8. Singkong Rebus atau Kolak Singkong

Singkong Rebus

Singkong memiliki manfaat untuk kesehatan seperti, sumber serat sehat yang memperlancar pencernaan, menjaga berat badan, meningkatkan kekuatan otot, mencegah penyakit diabetes, menjaga kekebalan tubuh, dan sebagainya.

Olahan singkong yang cocok sebagai menu sahur di bulan Ramadhan adalah singkong rebus atau kolak singkong. Selain untuk membuat kenyang lebih lama dan pengganti nasi, singkong adalah umbi-umbian yang kaya akan vitamin A sehingga baik untuk kesehatan lambung.

9. Yogurt

Yogurt

Kandungan gizi yang dimiliki yogurt dapat menjaga daya tahan tubuh. Sehingga ketika kamu mengkonsumsi yogurt sebagai menu sahur, kamu akan kuat berpuasa seharian meski banyak melakukan aktivitas seperti ketika tidak berpuasa.

Sahur dengan yogurt juga memiliki manfaat lain diantaranya, menjaga kesehatan pencernaan karena mengandung probiotik dan bakteri baik, melancarkan metabolisme, mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan gigi, membantu mengeluarkan kelebihan garam, menjaga asupan kalsium dan vitamin D dalam tubuh, mencukupi kebutuhan protein sehingga kamu tidak mudah lelah, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi kamu yang akan menjalani ibadah puasa, carilah menu sahur yang bukan hanya mengenyangkan tetapi juga menyehatkan. Itu tadi beberapa contoh pilihan menu sahur sehat yang bisa kamu coba saat bulan Ramadhan nanti.

Semoga bermanfaat !

www..helmykediricom

Related Post