Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Lolos Seleksi Cpns 2021, Semoga Berhasil..

Helmykediri Blog Orang IT - Pegawai negeri sipil atau PNS merupakan salah satu pekerjaan yang menjadi dambaan masyarakat Indonesia, karena anda bisa mendapatkan fasilitas gaji yang layak dan anda bisa mendapatkan dana pensiun hingga berbagai tunjangan gaji. Anda juga bisa mendapatkan berbagai pinjaman bank dengan sangat mudah saat sudah menjadi PNS.

Ketika menjelang pendaftaran CPNS, tentu anda harus mempersiapkan berbagai hal. Persiapan yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan berkas, mempelajari soal seleksi, mempersiapkan mental dan menentukan formasi yang diinginkan.

Untuk menjadi seorang PNS, tentu tidaklah mudah. Anda perlu bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh, karena anda akan dihadapkan dengan persaingan yang ketat. Untuk bisa lolos seleksi menjadi PNS, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

11 Tips Lolos Seleksi Cpns 2021

Tips Lolos Seleksi Cpns 2021 2024

1. Persiapan Diri

Apabila anda memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi PNS, maka anda harus mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari sebelum melaksanakan tes CPNS. Apalagi dengan persaingan yang semakin ketat dari waktu ke waktu, karena banyaknya orang yang ingin menjadi pegawai negeri sipil.

Apabila anda sudah mengetahui informasi lowongan CPNS, maka anda harus segera mempersiapkan diri dengan baik. Anda harus giat belajar dan membaca buku sebagai persiapan menghadapi tes CPNS. Pesaing anda bisa berasal dari berbagai kalangan, sehingga persaingan akan berlangsung dengan ketat.

2. Lengkapi Dokumen

Anda harus mempersiapkan dokumen untuk pendaftaran CPNS secara lengkap dan jangan sampai ada dokumen yang tertinggal. Dengan dokumen yang kurang, maka pendaftaran CPNS anda akan menjadi terhambat dan anda bisa langsung gagal pada tahapan seleksi dokumen administrasi.

Untuk menghindari kekurangan dokumen, maka anda harus memperhatikan dokumen dengan baik dan pastikan dokumen yang d fotokopi disiapkan dengan baik. Apabila anda sudah mengetahui dokumennya secara benar, maka langsung susun dokumen secara rapih dan kumpulkan dokumen dalam sebuah map, sehingga dokumen tidak akan berantakan.

3. Bimbel

Untuk mematangkan persiapan anda sebelum mengikuti seleksi CPNS, anda juga bisa melaksanakan bimbingan belajar atau bimbel dan anda bisa memilih bimbel sesuai keinginan. Pastikan tempat bimbelnya berkualitas, agar anda bisa mendapatkan pengajaran yang bagus.

Dengan melaksanakan bimbel, maka anda bisa mengukur kemampuan diri sendiri dan anda bisa menambal kekurangan yang dimiliki. Anda juga harus melihat dengan jeli formasi atau lowongan yang sedang dibuka, pastikan berapa jumlah lowongannya. Dengan mengetahui jumlah lowongannya, maka anda bisa melihat peluang yang tersedia.

4. Latihan Soal CPNS

Setelah semua dokumen dilengkapi, maka anda harus melakukan seleksi administrasi CPNS dan anda harus tetap mempersiapkan diri dengan baik, karena anda diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pengetahuan umum. Supaya dalam proses menjawab anda bisa lancar tanpa hambatan, maka anda bisa mengerjakan soal latihan yang berkaitan dengan pengetahuan umum.

Soal yang harus anda kerjakan berkaitan dengan materi tes wawasan kebangsaan seperti pancasila, undang-undang 1945 dan sejarah republik Indonesia. Dengan mempelajari soal ini, maka peserta bisa mengenal berbagai sejarah yang berkaitan dengan sejarah bangsa Indonesia.   

Untuk mendapatkan buku latihan soal-soal CPNS, maka anda bisa memperoleh bukunya di toko buku terdekat dan anda juga bisa memperoleh bukunya di laman internet.

5. Menjaga Kesehatan

Apabila dokumen sudah lengkap dan  belajar latihan soal sudah, maka anda tinggal menjaga kesehatan. Semua hal yang telah anda siapkan akan menjadi sia-sia, apabila kesehatan anda tidak terjaga dengan baik. Tentu anda tidak mau sakit, ketika melaksanakan tes CPNS.

Untuk memulai hidup yang sehat dalam melaksanakan seleksi CPNS 2021, maka anda harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan badan. Anda juga harus berolahraga secara rutin, karena dengan olahraga tubuh akan menjadi lebih kuat dan kesehatan terjaga dengan baik.

Baca juga: Alasan banyak sarjana muda nganggur

6. Teliti Dalam Mengisi Formulir

Apabila formulir pendaftaran online sudah diisi dengan teliti, maka anda bisa langsung lakukan print out semua hasil pendaftarannya dan anda jangan terburu-buru untuk melihat hasil print outnya.

Sebelum anda melakukan print data, pastikan semua datanya sudah terisi dengan benar dan pastikan pengisian dilakukan secara lengkap. Hindarilah kesalahan dalam pengisian data, agar pendaftaran tidak terhambat. Teliti sangatlah perlu untuk dilakukan, karena pendaftaran online hanyalah bisa dilakukan sekali.

7. Berdoa dan Optimis lulus CPNS

Berdoa menjadi hal yang penting untuk dilakukan, karena doa akan membuat semua tujuan yang anda inginkan tercapai. Apabila semuanya telah dipersiapkan dengan baik, maka anda tinggal mengikuti serangkaian proses seleksi dari tahap awal hingga akhir.

Tanamkan rasa optimis yang tinggi, agar semua cita-cita bisa tercapai dengan baik dan anda bisa lulus CPNS. Jangan lupa untuk selalu berdoa, agar hasil yang diperoleh sesuai dengan keinginan dan anda berhasil menjadi pns.

8. Percaya diri

Rasa percaya diri merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk dimiliki dan dengan percaya diri yang tinggi, maka anda bisa melaksanakan seleksi CPNS dengan efektif. Anda juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri, sehingga aura positif tetap ada dan tertanam dalam diri.

Anda harus percaya bahwa anda mampu mengerjakan semua soalnya dengan lancar dan dengan optimisme yang tinggi, maka anda bisa memberikan sugesti positif di alam bawah sadar. Dengan percaya diri, maka anda bisa lebih siap secara mental.

9. Survey lokasi

Sebelum anda memutuskan untuk melaksanakan tes, anda harus melakukan survey lokasi terlebih dulu dan anda harus memastikan lokasi ujiannya. Pastikan anda membuat estimasi perjalanan yang tepat, sehingga anda bisa datang ke lokasi tepat waktu. Dengan melakukan survey terlebih dahulu, maka anda bisa memperkecil resiko terlambat.

Apalagi kalo lokasi ujiannya jauh, maka anda harus survey dulu lokasinya dari jauh-jauh hari. Dengan datang tepat waktu ke tempat ujian, maka anda bisa melakukan persiapan dengan baik.

10. Datang Lebih Awal

Dengan anda datang terlambat ke tempat ujian CPNS, maka pikiran anda akan kacau dan anda akan merasa panik, sehingga tidak fokus saat mengerjakan soal ujian. Dengan datang terlambat, maka waktu mengerjakan soal menjadi sedikit atau berkurang.

Pastikan anda datang lebih awal ke tempat ujian dan selisih waktunya sekitar satu jam. Sambil anda menunggu waktu tes mulai, anda bisa mempelajari berbagai soal tes dan bisa mempersiapkan mental, agar saat mengerjakan soal menjadi lancar.

11. Kerjakan Dengan Tenang

Ketika anda merasakan gugup saat mengerjakan soal ujian, tentu menjadi hal yang sangat wajar dan kondisi gugup harus dapat diatasi dengan baik, pastikan anda bisa bersikap tenang.

Apabila rasa gugup menghambat anda dalam proses mengerjakan soal, maka hal ini sangatlah merugikan. Gugup membuat anda kehilangan fokus dan anda akan lupa dengan berbagai hal yang dipelajari.

Demikian ulasan lengkap mengenai Tips Lolos Seleksi Cpns dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

www,helmykediri..com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "11 Tips Lolos Seleksi Cpns 2021, Semoga Berhasil.."

Berlangganan via Email