Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips agar bisa bangun untuk makan sahur

Blogger Kediri Blog Orang IT - Salah satu tantangan terberat bagi seseorang yang berpuasa adalah bangun untuk makan sahur. Karena selain waktu sahur yang dini hari, yakni sebelum subuh, kebanyakan orang  juga menyepelekan hal kecil yang membuatnya susah untuk bangun sahur.

Bahkan ada sebagian orang yang memilih untuk melewatkan makan sahur. Tidak hanya itu, masih ada pula beberapa orang yang memakan makanan sahurnya saat malam hari sebelum tidur. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Sebenarnya melewatkan waktu sahur atau tidak melakukannya tepat waktu dapat memberikan dampak yang cukup besar untuk puasamu.  

Nah, agar kamu dapat melakukan puasa dengan baik, berikut ini beberapa tips yang memudahkanmu bangun sahur :

Tips agar bisa bangun sahur

1. Niatkan untuk Bangun Sahur

Sebelum kamu beranjak tidur, niatkan hati kamu dengan sunguh-sungguh untuk bangun sahur. Saat kamu sudah memiliki niat, biasanya tubuh dan pikiran kamu akan secara refleks bersiap untuk bangun.

Ingat! niat yang kamu lakukan ini harus sungguh-sungguh. Seperti halnya ketika kamu menginginkan sesuatu, tentunya kamu akan berniat dengan sungguh untuk bisa mendapatkan hal itu.

2. Tidur Lebih Awal

Bagi kamu yang biasanya masih suka begadang, usahakan ketika kamu akan berpuasa hindari hal itu. Karena dengan kamu begadang, tubuh kamu akan kurang istirahat dan porsi waktu tidur kamu juga berkurang.

Akibatnya, kamu akan susah untuk bangun sahur karena kelelahan. Usahakan ketika akan tidur, jauhkan tubuh kamu dari gadget agar tidak terpancing memainkannya hingga lupa waktu.

Kamu bisa mulai membiasakan tidur minimal pukul 22.00 WIB agar kamu bisa bangun sekitar 5 jam setelahnya yaitu pukul 03.00 WIB.

3. Jangan Lupa Pasang Alarm dan Letakkan Jauh dari Tempat Tidur

Sebelum tidur nyalakan alarm dan setel ke jam sebelum kamu bangun. Misal kamu ingin bangun sahur pukul 03.00 WIB, maka setel alarm pada jam 02.55 WIB. Minimal 5 menit sebelum jam bangun yang kamu inginkan.

Hal ini memungkinkan kamu agar bisa bangun tepat waktu. Selain itu, jangan lupa jauhkan alarm dari tempat tidur kamu. 

Karena ketika alarm berada dekat dengan tempat tidur kamu, mungkin kamu akan lebih mudah untuk menekan tombol tunda.

Dan apabila kamu meletakkan alarm jauh dari tempat tidur, jika dibiarkan pasti kamu akan merasa terganggu. Atau bahkan jika sampai kamu harus beranjak dari tempat tidur dan berjalan beberapa langkah, mungkin rasa kantuk kamu akan berkurang pada saat itu.

4. Hindari Minum Minuman yang Mengandung Kafein Sebelum Tidur

Minuman yang mengandung kafein contohnya adalah teh atau kopi. Salah satu efek samping minum minuman tersebut adalah insomnia dan mencegah kantuk. Jika kamu mengkonsumsi minuman tersebut sebelum tidur, maka bisa dipastikan kamu tidak jadi mengantuk.

Akibatnya, kamu akan mengantuk saat waktunya makan sahur. Apabila tubuh kita masih mengantuk, kita akan malas untuk makan bukan? Nah, hal itu juga bisa menyebabkan kamu malas untuk bangun sahur atau bahkan tidur setelah makan sahur.

Ketahuilah tidur setelah makan sahur tidak baik untuk kesehatan. Karena makanan yang kamu makan tidak dapat dicerna di dalam perut, sehingga dapat beresiko terjadi gangguan pencernaan seperti diare.

Bahkan bisa jadi, kamu tertidur sebelum waktu sahur tiba. Mungkin karena kamu meminum kopi atau teh, kamu tidak mengantuk dan berpikir bahwa “ah aku tidak usah tidur sampai waktu sahur tiba”. Tetapi kenyataannya kamu malah ketiduran.

Padahal bisa saja waktu sahur tinggal sebentar lagi. Maka itu menjadikan waktu tidur kamu jadi singkat sehingga kamu tidak bisa bangun untuk sahur nantinya.

Ternyata banyak juga resiko mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Malah akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi teh setelah bangun tidur. Karena dapat membantu tubuh kamu agar tetap aktif dan tidak mengantuk saat makan sahur.

5. Hindari Makan Makanan Berat Sebelum Tidur

Tips agar bangun makan sahur berikutnya adalah menghindari makan makanan berat sebelum tidur. Hal ini sangat berpengaruh bagi tubuh kamu. Makan makanan berat sebelum tidur juga akan membuatmu malas untuk bangun sahur. Mungkin karena kamu sudah merasa kenyang.

Selain itu, ketika kamu makan sebelum tidur maka perut akan bekerja keras untuk mencerna makanan kamu. Akibatnya kamu akan sulit untuk tidur.

Sahur itu sebaiknya dilakukan tepat waktu. Memang bukan masalah besar jika kamu makan sahur sebelum tidur.  Tetapi jika kamu makan sahur sebelum subuh, itu dapat mengurangi rasa lapar kamu saat berpuasa.

6. Jangan Makan Terlalu Banyak Saat Berbuka Puasa

Selain untuk membantu kamu memudahkan bangun sahur, tidak makan terlalu banyak saat berbuka puasa juga dapat membantu menurunkan berat badan kamu. Cobalah makan secara cukup saat berbuka puasa. Karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik.

Jika kamu makan cukup saat berbuka, mungkin kamu akan merasa lapar saat malam hari dan itu dapat membuat kamu lebih bersemangat untuk bangun sahur.

7. Berolahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin juga termasuk salah satu cara agar bangun sahur lebih mudah. Karena dengan berolahraga bisa membuat peredaran darah kamu lancar sehingga kamu akan mudah untuk tidur di malam hari. 

Namun, hindari berolahraga yang terlalu intens agar kamu tidak kelelahan saat berpuasa di siang hari. Kamu bisa mulai melakukan olahraga ringan sebelum berbuka puasa.

Contohnya adalah bersepeda atau lari kecil. Selain itu, kamu juga bisa melakukan peregangan di rumah. Hal ini sangat bagus untuk membuat kualitas tidurmu menjadi lebih baik.

Baca juga: Hal-hal pembatal puasa

8. Usahakan Menu Makan Sahur Kamu adalah Menu yang Kamu Sukai

Jika menu sahur kamu adalah makanan yang kamu sukai, maka bisa dipastikan kamu akan bersemangat untuk bangun dan makan sahur. Sebaliknya jika menu sahur adalah makanan yang tidak kamu sukai, mungkin kamu akan memilih untuk melewatkan makan sahur.

Usahakan menu sahur adalah makanan yang bergizi agar puasa kamu dapat berjalan dengan baik.

9. Cuci Muka Setelah Bangun Tidur Saat Sahur

Untuk menghindari rasa kantuk dan malas setelah bangun tidur, maka usahakan setelah beranjak dari tempat tidur kamu langsung mencuci muka.  Saat kulit kamu terkena air dingin, seketika rasa kantuk kamu akan hilang. 

Bisa juga kamu mencoba dengan mengusap area mata dengan kain atau handuk yang basah. Caranya dengan mencelupkan kain ke air dingin, setelah itu kompres ke area mata. Hal ini bisa kamu lakukan saat masih berada di kamar.

Jadi, siapkan baskom berisi air dingin dan kain untuk diusapkan ke mata. Cara ini juga sangat ampuh lho. Mata kamu akan terasa lebih segar dan tidak mengantuk lagi.

Setelah mengusap area mata dengan kain basah, kamu bisa menuju ke kamar mandi untuk cuci muka.

10. Meminta Bantuan Orang Rumah untuk Membangunkan

Tips selanjutnya adalah meminta bantuan orang rumah. Jika kamu tinggal bersama orang tuamu atau bersama saudaramu di rumah, kamu bisa meminta tolong mereka untuk membangunkanmu.

Namun, jika kamu sedang merantau atau hanya tinggal sendiri, kamu juga bisa minta tolong dibangunkan melalui telfon. Apabila hal ini tetap tidak memungkinkan kamu untuk dapat melakukannya tidak jadi masalah. Kamu bisa mengganti tips ini dengan memasang alarm.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memudahkanmu bangun sahur. Gampang bukan? Tentu saja, jika kamu memang berniat melakukannya dengan sungguh-sungguh karena semua itu pasti diawali dengan niat.

Jika kamu memang bersungguh-sungguh ingin bangun sahur, semuanya pasti dimudahkan. Selamat berpuasa teman-teman, semoga tips ini bermanfaat untuk kalian!

www,helmykediricom


Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "10 Tips agar bisa bangun untuk makan sahur"

Berlangganan via Email