Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kelebihan Kekurangan Processor AMD dan Intel

Blogger kediri BlogOrangIT - Ada banyak sekali jenis processor yang saat ini beredar di pasaran, diantaranya yakni AMD dan Intel. AMD dan Intel merupakan jenis processor yang paling banyak digunakan saat ini, baik untuk komputer pribadi, komputer kantor, maupun untuk keperluan yang lain

Sebenarnya masih ada lagi jenis processor yang lain, namun AMD dan Intel lah yang dianggap paling handal untuk digunakan dibandingkan dengan jenis processor yang lain. Jika dilihat dari segi kualitas, keduanya dapat dibilang saling bersaing. Peforma serta kinerja dari kedua processor tersebut juga tidak berbanding jauh.


Kelebihan Kekurangan Processor AMD dan Intel

Pengertian Processor

Processor merupakan otak dari sebuah perangkat komputer. Cara kerjanya yaitu dengan menerima perintah yang dikirimkan oleh pengguna hingga kemudian meneruskannya ke hardware yang lain. Maka dari itu tidak heran tentunya jika spesifikasi processor selalu menjadi sorotan utama bagi banyak orang sebelum memutuskan untuk membeli sebuah komputer ataupun laptop.

Meski demikian, kedua processor tersebut tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Lalu manakah processor yang jauh lebih bagus untuk digunakan? AMD atau Intel? Untuk dapat mengetahuinya, pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang Kelebihan Kekurangan Processor AMD dan Intel.

Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangan dari kedua processor tersebut, barulah Anda dapat mengetahui mana processor yang jauh lebih bagus untuk digunakan. Dan berikut adalah ulasan selengkapnya!

Kelebihan Processor Intel

1. Tidak Cepat Panas

Kelebihan processor intel yang pertama yaitu tidak cepat panas. Kita semua tentunya sudah mengetahui bahwa Intel merupakan processor yang dirakit dengan menggunakan teknologi canggih. Sehingga dapat mengatur suhu dan temperatur dengan sangat baik pada laptop maupun komputer saat sedang bekerja. Laptop maupun komputer yang menggunakan processor intel sangat jarang sekali mengalami overheating.

2. Tidak Mengeluarkan Suara yang Berlebihan

Pada umumnya, mesin processor akan mengeluarkan desisan suara saat sedang bekerja dan itu merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Namun processor Intel tidak mengeluarkan suara yang berlebihan.

Inilah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh processor Intel. Dengan demikian, para pengguna processor Intel akan sangat nyaman sekali pada saat menggunakannya. Intel selalu memberikan kualitas serta mutu terbaik kepada para penggunanya.

3. Sangat Unggul dari Segi Merek

Jika dibandingkan dengan jenis processor yang lain, Intel jauh lebih unggul dari segi merek. Processor Intel diproduksi jauh lebih awal ketimbang processor AMD. Oleh karenanya, Intel sudah lebih dulu dipercaya oleh para pengguna komputer. Kualitas yang dimiliki oleh processor Intel juga tidak perlu diragukan lagi. Unggul dari segi merek, unggul juga dari segi kualitas. Itulah gambaran kata yang paling tepat diungkapkan untuk processor Intel.

Baca juga: Ciri-ciri processor mulai rusak

Kekurangan Processor Intel

1. Harga Jauh Lebih Mahal

Karena kualitas yang diberikan sangat terjamin, maka dari itu tidak heran tentunya jika Intel mematok harga yang jauh lebih mahal di pasaran. Namun kenyataan yang terjadi di pasaran, hal tersebut tidak disambut dengan baik oleh pengguna komputer yang ada di seluruh dunia.

Harga pasaran processor Intel dinilai sangatlah mahal jika dibandingkan dengan jenis processor yang lainnya. Hanya orang-orang tertentu sajalah yang sanggup untuk membelinya. Ini juga merupakan kekurangan serta kelemahan processor Intel dari segi harga dan pemasaran.

2. Biaya Perbaikan Service Mahal

Ternyata tidak hanya harga produknya saja yang mahal, biaya perbaikan service processor Intel juga cenderung mahal. Hal ini karena apabila processor Intel rusak, untuk memperbaikinya pengguna harus memisahkan antara motherboard dengan processor.

Jika motherboard sudah dipisahkan dengan processor, tentu saja membuat pengguna harus membayar biaya lebih untuk membeli motherboard yang baru agar perangkat komputer maupun laptop dapat diperbaiki. Maka dari itu, tidak heran tentunya jika biaya perbaikan service processor Intel cenderung mahal.

3. Kurang Unggul dari Segi Grafis

Dari segi grafis, procesor Intel dinilai tidak terlalu unggul. Banyak pengguna yang menyatakan bahwa grafis yang dimiliki oleh processor AMD jauh lebih bagus dibandingkan dengan yang dimiliki processor Intel, terutama bagi para gamers.

Mereka lebih memilih untuk menggunakan processor AMD dibandingkan processor Intel untuk bermain game. Inilah salah satu kelemahan yang paling menonjol pada processor Intel.

Kelebihan Processor AMD

1. Harga Jauh Lebih Murah

Sejak pemasaran awal, AMD merupakan salah satu jenis processor yang menawarkan harga jauh lebih murah. Produsen processor AMD tidak berani menaikkan harga karena mereka belum mendominasi pasar dunia dalam kanal processor. Karena hingga saat ini, Intel masih menguasai pasar sebagai salah satu processor terbaik dan terlaris di dunia.

Meskipun demikian, para gamers kalangan menengah ke bawah lebih banyak yang memilih untuk menggunakan processor AMD. Selain karena harganya yang jauh lebih murah, kualitas grafis yang dihasilkan juga jauh lebih unggul dibandingkan dengan processor Intel.

2. Bisa Mendeteksi Malware

Processor AMD memiliki salah satu kelebihan yang sangat luar biasa, yaitu dapat mendeteksi malware. Mereka telah menyediakan fitur yang diberi nama Enchanced Virus Protection (EVP) yang dapat membantu para pengguna agar komputer yang mereka gunakan bisa tetap aman dan terhindar dari pencurian serta kehilangan data yang bisa saja disebabkan oleh malware maupun yang sejenisnya.

EVP yang ada pada processor AMD bekerja dengan cara memeriksa apakah ada virus yang terdapat pada aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan atau tidak. Apabila ditemukan, maka EVP akan langsung melenyapkannya tanpa mengharuskan pengguna melakukan tindakan berlebih.

Dengan adanya fitur ini tentunya dapat membuat para pengguna lebih nyaman pada saat menggunakan komputer tanda khawatir adanya serangan-serangan virus dan malware berbahaya.

Kekurangan Processor AMD

1. Lebih Cepat Panas

Kekurangan processor AMD yaitu lebih cepat panas. Hal ini disebabkan karena processor AMD belum menggunakan teknologi pendingin heatsink sebagai komponen utamanya. Processor AMD masih menggunakan kipas untuk dapat membantu mendinginkan berbagai jenis perangkat keras yang sedang bekerja.

Kipas angin yang diletakkan pada peocessor AMD sangatlah tidak efektif untuk mendinginkan. Alhasil akan terasa lebih cepat panas jika dibandingkan dengan processor Intel. Tidak hanya itu saja, AMD juga merupakan jenis processor yang dinilai sangat rentan terhadap overheat.

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan yang telah dijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa processor Intel dan AMD sama-sama memberikan kualitas yang terbaik. Meskipun begitu tetap saja ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Para produsen tentunya juga sudah melakukan berbagai macam upaya dengan semaksimal mungkin untuk menciptakan processor yang dapat membuat para pengguna merasa nyaman pada saat menggunakannya.

Itulah sekilas pembahasan tentang Kelebihan Kekurangan Processor Intel dan AMD. Setelah membaca kelebihan serta kekurangannya, tentu Anda sudah dapat mengetahui mana jenis processor yang paling tepat untuk digunakan. Terutama bagi Anda semua yang saat ini sedang mencari laptop ataupun komputer untuk dibeli. Semoga Bermanfaat.

www.helmykediri.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Kelebihan Kekurangan Processor AMD dan Intel"