Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara mendapatkan uang dari blog selain pasang iklan adsense

Blog Orang-IT. Menulis merupakan salah satu hobi yang sering dijawab atau dipilih seseorang ketika ditanyai mengenai hobi atau kegiatan apa yang sering dan senang dilakukan. Pasalnya, dengan menulis, seseorang tidak hanya menghasilkan coretan atau catatan kecil namun juga mampu menghasilkan karya, baik itu berupa tulisan informatif maupun hiburan. Seiring berkembangnya zaman, orang – orang yang hobi menulis ini tidak lagi menggunakan kertas sebagai media tulisnya, namun mulai menggunakan website semacam blog untuk menulis dan mempublikasikan tulisannya sehingga bisa dibaca oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia. 

Berbicara mengenai blog, memang platform yang satu ini dikenal cukup luas sebagai wadah tempat para penulis untuk menuangkan segala informasi dan pemikiran. Blog kini menjadi platform yang bersifat pribadi dan memiliki akses secara luas dan terbuka. Itulah mengapa, tulisan – tulisan di dalam blog helmykediri.com sering mendapat kunjungan dari pembaca blog lainnya yang berasal dari negara luar. 

Dahulu, blog hanya dijadikan sebagai wadah tempat menulis informasi, berbagi opini, namun sekarang kehadirannya dimanfaatkan juga sebagai sarana untuk mencari uang tambahan. Hayo, siapa yang belum tahu bahwa ternyata blog bisa menghasilkan uang?

Ya, pada kenyataannya,  anda yang memiliki blog dan selalu rutin membuat konten tulisan untuk dipublikasikan bisa mendapatkan uang dari blog tersebut. Terlebih jika pengunjung dari blog milik anda mencapai ratusan hingga ribuan orang dari berbagai penjuru dunia. Nah, berbicara lebih lanjut mengenai cara mendapatkan uang dari blog, salah satu cara yang sering digunakan atau terlihat dalam tampilan blog adalah dengan memasang iklan adsense. Iklan yang biasanya dipasang pada blog sangat beragam, mulai dari iklan produk kecantikan, produk kartu selular atau telepon genggam, dan lain sebagainya.

Namun, selain dengan memasang iklan adsense, nyatanya anda masih bisa kok mendapatkan uang dari blog yang dimiliki. Sebab, saat ini sudah banyak sekali ditemukan cara lain yang bisa diterapkan dalam blog dan terbukti bisa menghasilkan uang. Nah, anda yang memiliki blog aktif, namun belum mendapatkan penghasilan serta tidak tahu bagaimana caranya mendapatkan uang, mari merapat sejenak. Pasalnya, dibawah ini akan ada ulasan lengkap mengenai 6 cara mendapatkan uang dari blog selain pasang iklan adsense yang bisa anda terapkan dengan mudah!

Cara mendapatkan uang dari blog

1. Sponsored Content

Masuk sebagai cara pertama untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menerapkan teknik Sponsored Content atau yang lebih dikenal dengan sebutan Endorsment. Ya, nyatanya Endorsment memang bukan hanya bisa diterapkan pada media sosial seperti Twitter maupun Instagram, tetapi juga bisa untuk Blog.

Jika memang anda memiliki blog aktif dengan jumlah pengunjung yang terbilang banyak, maka anda bisa menawarkan kerjasama pada pemilik bisnis baik dalam bidang makanan, produk pakaian, dan lain sebagainya. Bentuk kerja sama yang dilakukan adalah dengan melakukan unboxing dan juga review produk dari bisnis tersebut. Biasanya, untuk awal – awal kerjasama, tulisan yang dibuat akan dibayar dengan produk dari brand atau bisnis tersebut, tapi ada kalanya bayaran yang didapatkan berupa uang tunai. 

2.  Jualan Barang

Cara kedua yang bisa anda lakukan sebagai pemilik blog aktif agar bisa mendapat pemasukan adalah dengan menjual barang – barang atau produk mulai dari produk kecantikan, produk kuliner, hingga produk fashion.  Tentunya, penjualan barang ini harus anda lakukan dengan membuat tulisan yang bersifat soft selling dengan melihat terlebih dahulu apa kebutuhan pembaca serta tak lupa untuk menonjolkan kelebihan dari produk yang dijual. 

Tak punya modal? Tenang! Sebab, jualan produk melalui blog ini tetap bisa anda lakukan meskipun tak memiliki modal yang cukup besar. Caranya adalah dengan menerapkan sistem pre – order dalam proses pemesanan produk atau barang. Yang paling penting jika ingin menerapkan jualan barang untuk menghasilkan uang adalah dengan terus memastikan bahwa produk yang dijual berkualitas baik sehingga nantinya orang yang membeli tidak kecewa dan justru mempromosikan kembali ke pihak lain.

3. Mengikuti Lomba

Anda aktif mengisi blog dengan berbagai jenis tulisan, mulai dari puisi, cerpen atau cerbung, kisah inspiratif hingga tulisan informatif? Jika iya, maka anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan mengikuti lomba menulis yang tersebar di berbagai platform media baik itu Twitter hingga Instagram. 

Ya, mengikuti lomba merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari blog, tetapi dengan syarat anda harus jadi pemenangnya. Berbagai tema atau topik bisa dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan anda dalam menulis tentunya.  Tak perlu modal selain kemampuan menulis, dan tentunya hadiah yang bisa didapatkan beragam mulai dari uang tunai ratusan hingga jutaan rupiah hingga barang atau produk tertentu.

Baca juga: Menjaga semangat ngeblog ditengah sulitnya persaingan

4. Program Afiliate Marketing

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mendapat uang dari blog adalah dengan mengikuti dan menerapkan program afiliasi marketing. Biasanya ketika anda sudah bergabung dengan program afiliasi ini, anda akan mendapat berbagai link penjualan produk yang bisa ditempatkan didalam tulisan yang dibuat dalam blog. Tentunya, satu tulisan di dalam blog ini bisa mencakup beberapa link penjualan produk.

Nantinya, jika para pembaca meng – klik link penjualan produk dan membelinya, maka anda akan mendapat komisi atau fee. Nah, fee atau bayaran yang didapatkan tersebut berbeda – beda sesuai nilai produk, ada yang berkisar 20% hingga yang tertinggi 75% dari harga produk.

5. Menawarkan Jasa

Masuk ke cara kelima untuk mendapatkan uang dari blog selain memasang iklan google adsense ialah dengan  menawarkan jasa. Cara kelima ini hampir sama dengan cara nomor dua yaitu menjual produk atau barang.  Jika anda memang memiliki keahlian atau kemampuan khusus misalnya seperti jasa service handphone, service elektronik, jasa belanja bibit sayur dan buah, joki tugas atau jasa ketik, hingga jasa design grafis, maka anda bisa menjual atau menawarkannya melalui tulisan di dalam blog. 

Tentunya, dalam proses menawarkan produk ini, anda diminta untuk jujur dan tidak berbohong terkait kemampuan yang ditawarkan. Buat berbagai tulisan yang menggambarkan diri anda dan kemampuan yang dimiliki, sehingga nantinya orang yang akan menggunakan jasa tersebut percaya karena sudah memiliki banyak bukti atau portofolio yang dikerjakan.

6. Menjadi Narasumber Webinar

Di masa pandemi seperti sekarang ini, penyelenggara seminar langsung mulai beralih menjadi seminar online atau yang lebih dikenal dengan sebutan webinar. Nah, bagi anda yang memang memahami satu jenis bidang seperti misalnya keuangan dan investasi, maka anda bisa menyebarkan informasi tersebut melalui tulisan dalam blog. 

Nantinya, jika tulisan – tulisan anda kredibel dan terlihat sangat memahami bidang tersebut, anda bisa saja lho di undang oleh penyelenggara atau brand – brand bisnis yang akan mengajak kerjasama dengan menjadikan anda sebagai narasumber dalam webinar atau seminar online ini. Kalau sudah sering menjadi narasumber, anda juga bisa menyelenggarakan webinar sendiri dan mengajak para pembaca blog untuk ikut berpartisipasi dalam webinar tersebut dan tentunya setiap peserta akan membayar biaya yang tercantum. 

www,helmyykediri.com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "6 Cara mendapatkan uang dari blog selain pasang iklan adsense"

Berlangganan via Email