Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Perangkat yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber gaming

Blogger Kediri Blog Orang IT- Saat ini, berbagai platform media, informasi dan hiburan berkembang sangat pesat, hal dibuktikan dari banyaknya pengguna yang tersebar di hampir seluruh dunia. Salah satu platform hiburan dan informasi yang masih menunjukkan eksistensinya sampai sekarang adalah Youtube. Ya, siapa coba yang tak kenal platform satu ini? Youtube merupakan salah satu platform yang berisi informasi maupun hiburan dalam bentuk audio visual. 

Beragam jenis konten atau genre video Youtube bisa dicari dan ditonton dengan mudah melalui komputer maupun smartphone android. Mulai dari konten bertemakan travelling atau perjalanan wisata, resep masakan, cover lagu, hingga yang baru – baru ini menjadi tren adalah game online dan cara permainannya. 

Berbicara mengenai game online dan cara permainannya, biasanya orang – orang yang membuat konten seperti itu dijuluki dengan sebutan youtuber gaming. Sebab, hampir seluruh isi kontennya hanya membahas seputar game online yang dimainkan, fitur – fitur di dalam game, cara atau teknik bermain, dan lain sebagainya. Dahulu, youtuber gaming ini jumlahnya masih sangat sedikit, namun semakin berkembangnya zaman dan teknologi serta banyaknya game online yang menarik membuat orang – orang mulai beralih haluan dari blogger menjadi seorang youtuber.

Perangkat yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber gaming

Ada perbedaan yang cukup signifikan antara seorang gamers dan youtuber gaming yang perlu diketahui. Perbedaan tersebut adalah jika seorang gamers hanya fokus melatih skill atau kemampuan bermainnya, sementara untuk youtuber gaming tidak hanya harus memiliki keahlian bermain game namun juga memahami seluk – beluk game online tersebut dan bisa mengulas atau menginformasikannya kepada khalayak ramai. Nah, informasi yang diberikan oleh youtuber gaming ini jelas sangat berpengaruh, hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah masyarakat yang akhirnya memainkan game online.

Mungkin bagi sebagian orang, menjadi youtuber gaming terdengar lebih mudah karena hanya membahas seputar game online saja. Namun, kenyataannya tidak seperti itu. Sebab, sama dengan youtuber lainnya, dalam membuat konten si youtuber gaming ini juga harus berpikir dan melakukan riset, serta harus memiliki berbagai jenis perangkat maupun alat yang dapat membantu serta memudahkannya dalam proses pembuatan konten khususnya game online ini. Tak tanggung – tanggung lho, berbagai perangkat untuk youtuber gaming ini memiliki nilai yang beragam mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah 

Nah, bagi anda para pecinta game online yang ingin memahami segala seluk – beluk sebelum menjadi youtuber gaming, berikut ini ada 5 perangkat atau alat yang wajib dimiliki sebagai kebutuhan utama dalam membuat konten game di Youtube!

1. Smartphone

Menjadi youtuber gaming tidak harus dengan modal yang besar pada awalnya sebab, semua bisa dimulai dengan modal sedikit dan peralatan kecil, salah satunya melalui Smartphone. Ya, tentunya anda bisa menginstall berbagai jenis game online, merekamnya langsung melalui aplikasi perekam layar, hingga mengedit dan mempublikasikannya langsung di Youtube melalui smartphone ini. Tetapi, jangan lupa, smartphone yang digunakan untuk membuat konten youtube ini harus memiliki RAM atau kapasitas memori yang besar.

Beberapa jenis smartphone yang bisa dipilih atau digunakan antara lain:

• Xiaomi Black Shark Helo

Rekomendasi smartphone pertama untuk youtuber gaming pemula ini berasal dari brand Xiaomi. Jenis ponsel ini memiliki RAM sebesar 10 GB, dilengkapi chipset Snapadragon 845 dan beragam fitur canggih lainnya. Xiaomi Black Shark Helo ini dijual dengan harga Rp 6.500.000 sampai Rp 7.000.000 saja.

• Samsung Galaxy A50

Jenis ponsel kedua yang sangat direkomendasikan untuk membuat konten game ialah Samsung Galaxy A50 yang dijual dengan harga Rp 3.500.000 sampai Rp 4.000.000 saja. Dengan harga tersebut, ponsel ini dilengkapi dengan baterai 4000 mAh dan chipset Exynos 9610, serta RAM berukuran 4 atau 6 GB yang dapat memudahkan anda saat bermain game online.

2. Laptop atau PC

Selain smartphone, perangkat lain yang wajib dimiliki ketika ingin menjadi youtuber gaming adalah Laptop ataupun PC. Kehadiran laptop atau PC ini bukan hanya untuk memudahkan anda ketika bermain game tetapi juga saat proses editing konten. Beberapa jenis atau merek laptop dan PC yang direkomendasikan antara lain:

• GIGABYTE Sabre 15

Jenis laptop yang direkomendasikan untuk para youtuber gaming pemula ini bernama Gigabyte Sabre 15 dengan kisaran harga 12.000.000 – Rp 13.000.000 saja. Dengan harga tersebut, laptop ini memiliki kelebihan berupa desain dan performanya yang apik, kualitas layar yang baik, serta dilengkapi dengan RGB keyboard yang canggih. Sementara untuk kekurangannya adalah daya tahan baterainya kurang baik serta kapasitas SSDnya yang kecil.

• ASUS ROG Strix GL10CS

Masuk ke rekomendasi PC yang cocok digunakan oleh para youtuber gaming ini datang dari brand ASUS. PC ini memiliki kelebihan yakni terdapat fitur lampu RGB serta kapasitas RAM sekitar 8GB dengan kecepatan super 2666MHz. Sedangkan kekurangan PC keluaran ASUS ini hanya satu yaitu suara kipas yang menyala saat sedang memainkan game sangat nyaring dan mengganggu isi konten nantinya. Harga dari ASUS ROG Strix GL10CS ini adalah Rp 12.0999.000 saja. 

3. Alat Perekam

Alat Perekam

Perangkat selanjutnya yang wajib anda miliki demi memenuhi kebutuhan sebagai youtuber gaming ialah alat perekam baik itu kamera maupun mikrofon. Kedua alat perekam itu bisa memperlihatkan bagaimana anda bermain game, reaksi wajah, serta komentar berupa suara saat memainkan game tersebut. Untuk rekomendasi alat perekam, baik itu kamera maupun mikrofon adalah sebagai berikut:

• Razer Kiyo

Kamera atau webcam yang memiliki harga murah dan sangat direkomendasikan untuk youtuber gaming ini bernama Razer Kiyo. Dijual dengan harga Rp 1.840.000, webcam ini sudah dilengkapi dengan ring light, resolusi kamera 720p, hingga berbagai software menarik lainnya yang cocok digunakan untuk live streaming dan membuat konten game online.

• Razer Siren X

Masih dengan merek yang sama dengan webcam, microfon bernama Razer Siren X ini sangat direkomendasikan untuk youtuber dalam membuat konten game. Meskipun desainnya sederhana, mic ini dilengkapi dengan fitur shock resistant yang dapat meredam getaran maupun noise saat live streaming. Harga dari Razer Siren X ini hanya Rp 1.500.000 saja.

Baca juga: Ukuran dan format video youtube terbaik

4. Kursi Gaming

Masuk sebagai rekomendasi perangkat ke empat yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber gaming ialah kursi gaming itu sendiri. Selain agar terlihat profesional sebagai youtuber gaming, kehadiran kursi gaming juga nantinya akan membuat anda merasa lebih nyaman ketika sedang bermain game. Beberapa rekomendasi kursi gaming yang bisa dipilih antara lain:

• Rexus Gaming Chair RGC 111

Rekomendasi pertama untuk kursi gaming ini datang dari brand Rexus yang diklaim nyaman serta aman untuk kesehatan tulang belakang para gamers. Memiliki harga jual mulai dari Rp 3.000.000, kursi gaming dari Rexus ini memiliki kelebihan berupa pegangan tangan yang fleksibel, sandaran dan dudukan yang lebar, dan terdapat dua bantal untuk punggung dan leher. Sementara untuk kekurangannya hanya satu yakni bantal untuk leher terasa sedikit keras. 

• Vortex Y Series

Kursi gaming selanjutnya yang bisa anda pilih ini bernama Vortex Y Series yang dilengkapi dengan berbagai kelebihan, mulai dari busa kursinya yang tebal dan empuk, ukurannya yang besar (XL), pegangan tangannya yang 4D, serta dilengkapi dengan 2 bantal untuk punggung dan kepala. Dijual dengan harga Rp 2.100.000, kursi ini juga memiliki kekurangan berupa senderan kursi yang terbuat dari bahan kain. 

5. Headphone Gaming

Headphone Gaming

Jenis perangkat terakhir yang wajib anda miliki ketika ingin memulai babak baru sebagai youtuber gaming adalah memiliki Headphone Gaming. Menggunakan headphone saat bermain game online akan memudahkan anda untuk mendengar segala sesuatu secara lebih jelas dan jernih serta terlihat lebih profesional. Berikut ini ada beberapa jenis headphone yang bisa anda pilih:

• HyperX Cloud Alpha

Rekomendasi headphone yang pertama jatuh pada HyperX Cloud Alpha yang dikenal dengan bantalan telinganya yang sangat lembut dan nyaman. Selain itu, headphone ini juga dilengkapi dengan peredam bising dan memiliki kabel penghubung yang mudah dilepas. Sementara untuk kekurangan dari HyperX Cloud Alpha ini adalah tidak adanya perangkat lunak, serta belum dilengkapi dengan fitur 7.1 Surround Sound. Harga yang dibanderol untuk headphone ini adalah Rp 1.400.000 saja.

• Razer Kraken X

Headphone selanjutnya yang direkomendasikan untuk youtuber gaming dengan budget minim adalah Razer Kraken X. Ya, headphone keluaran Razer ini dijual dengan harga super murah yakni Rp 800.000 saja. Meskipun murah, Razer Kraken X ini memiliki berbagai kelebihan mulai dari ringan, mikrofon cardiodidnya bisa ditekuk, serta sudah dilengkapi dengan 7.1 Surround Sound.

www.m.helmykediri.com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "5 Perangkat yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber gaming"

Berlangganan via Email