Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Desain Rumah untuk PC Terbaik

BLOGORANGIT - Kini sudah banyak aplikasi di PC atau laptop yang bisa digunakan untuk mendesain rumah secara mandiri. Dengan mengunduh aplikasi yang dilengkapi berbagai fitur menarik, Anda bisa membuat sendiri rancangan rumah yang diinginkan. Hal ini tentunya juga bisa menghemat pengeluaran. Berikut beberapa daftar aplikasi desain rumah untuk PC yang bisa Anda gunakan.

1. ArchiCAD

ArchiCAD

Aplikasi desain rumah ini merupakan perangkat lunak yang cukup banyak diminati oleh masyarakat, khususnya mahasiswa jurusan arsitek yang sedang dalam masa pembelajaran.  Beragam fitur lengkap yang dibutuhkan dalam mendesain rumah, semua tersedia dalam aplikasi ini. Sehingga banyak yang mengatakan aplikasi ini sebagai aplikasi terlengkap alias All In One.

Dengan fitur yang lengkap, aplikasi ArchiCAD bukan hanya bisa digunakan oleh seorang arsitek yang sudah berpengalaman. Bahkan orang awam sekalipun bisa menggunakan aplikasi ini untuk belajar mendesain sebuah rumah. Petunjuk lengkap dalam masing-masing fitur yang ada, akan membuat mendesain rumah menjadi lebih mudah dilakukan.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu bisa digunakan untuk mendesain rumah dengan format 3 dimensi, sekaligus dengan format 2 dimensi. Dengan demikian, aplikasi ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Bagi yang menghendaki hasil rancangan berbentuk 2 dimensi, bisa mengatur aplikasi dengan menggunakan format 2 dimensi, begitu juga jika Anda menginginkan format 3 dimensi.

Link: https://graphisoft.com/solutions/products/archicad 

2. Punch Software

Punch Software

Aplikasi desain rumah yang satu ini sudah banyak digunakan di luar negeri. Arsitek di Amerika sering mengandalkan aplikasi Punch Software untuk melayani pesanan desain rumah dalam jumlah besar.  Sebagai contoh, desain yang dihasilkan dengan menggunakan aplikasi ini adalah desain perumahan atau bangunan apartemen dimana di dalamnya terdapat banyak unit. 

Dengan kata lain, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk mendesain perumahan atau menangani sebuah proyek.  Aplikasi ini juga lebih sesuai digunakan oleh seorang arsitek yang terbiasa menangani proyek perumahan dalam jumlah besar, karena bisa menghasilkan desain dalam waktu yang cepat. Kecepatan hasil desain ini sangat penting bagi terlaksananya sebuah proyek besar.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah, pada kelengkapan fitur yang mampu mengkombinasikan kekuatan nextgen. Yaitu fitur yang bisa digunakan untuk menghasilkan kualitas gambar yang realistis dan sempurna. Dengan nextgen ini desain rumah bisa dibuat sekaligus dengan pengaturan warna dengan warna yang jelas dan nyata, sehingga tampak seperti nyata.

Aplikasi desain rumah dengan menggunakan fitur nexgen ini menjadi nilai plus bagi aplikasi ini. Karena hasil desain yang dibuat sangat menarik dan terlihat nyata dengan adanya fitur ini, membuat aplikasi ini memiliki harga yang cukup mahal. Akan tetapi semua tetap sebanding dengan desain yang dihasilkan.

Situs: https://www.punchsoftware

3. Chief Architect

Bagi yang menghendaki sebuah aplikasi bukan hanya untuk mendesain rumah baru, tetapi sekaligus bisa digunakan untuk desain renovasi rumah, Chief Architect merupakan pilihan yang tepat. Karena aplikasi desain rumah ini dilengkapi dengan sebuah fitur otomatis yang bisa digunakan untuk keperluan desain renovasi rumah atau bangunan. 

Dengan adanya fitur ini, maka pengguna  bisa menggunakan aplikasi untuk mengubah desain rumah yang sudah ada menjadi desain baru yang dikehendaki. Dengan melakukan perubahan desain pada bagian-bagian yang ingin direnovasi dengan menggunakan fitur yang disediakan, maka desain rumah yang diinginkan bisa didapatkan.

Aplikasi Chief Architect ini lebih sering digunakan untuk mendesain rumah dengan format 3 dimensi. Dengan format ini maka hasil desain rumah yang dihasilkan nampak sangat professional dan nyata. Desain dengan menggunakan format 3 dimensi memberikan kepuasan tersendiri, karena hasil yang didapat terlihat realistis seperti bentuk aslinya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan desain 2 dimensi, sehingga pengguna yang menghendaki hasil desainnya berformat 2 dimensi tetap bisa menggunakan aplikasi ini. Desain dengan menggunakan format 2 dimensi menghasilkan sebuah rancangan bangunan berupa gambar yang hanya bisa dilihat dalam bentuk dua dimensi.

Situs: https://www.chiefarchitect.com/

4. Vectorworks Architecture

Aplikasi desain rumah yang satu ini berbeda dengan aplikasi desain rumah lainnya yang sudah ada, karena aplikasi ini memiliki fitur dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Hal tersebut membuat aplikasi ini lebih banyak digunakan oleh para desainer dan arsitek yang sudah berpengalaman. Karena para arsitek dan desainer sudah sangat memahami seluk beluk tentang rancangan sebuah rumah atau bangunan.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu adanya fitur dengan tingkat kerumitan yang tinggi bisa dilihat dengan jelas dari desain yang dihasilkan. Pada hasil gambar yang dihasilkan nampak bagian-bagian bangunan secara detail dan rinci, hingga ke bagian yang paling kecil. Hal tersebut merupakan hasil dari rancangan dengan  menggunakan fitur yang ada.

Tidak bisa dipungkiri, mendesain sebuah rumah atau bangunan bukanlah pekerjaan yang mudah. Bahkan seorang arsitek yang sudah sangat berpengalaman juga membutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk membuat sebuah desain. Tetapi dengan bantuan fitur dalam aplikasi ini, sebuah desain dapat dibuat dengan cepat.

Dengan bantuan software yang menggunakan Vectorworks ini, desainer dan arsitek  bisa menghasilkan rancangan bangunan dengan waktu yang lebih cepat. Dengan demikian, penggunaan aplikasi ini bisa menghemat waktu lebih banyak dalam hal pengerjaannya.

Situs; https://www.vectorworks.net/en-US/architect

5. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture

Aplikasi desain rumah AutoCAD Architecture ini merupakan aplikasi keluaran salah satu  pemilik software ternama AutoCAD. Aplikasi ini lebih dikhususkan untuk para arsitek dan desainer yang sudah berpengalaman dan menguasai teknik dalam mendesain rumah bangunan. Fitur yang digunakan dalam aplikasi ini juga merupakan fitur yang memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi.

Aplikasi ini juga memiliki kelebihan dalam hal penyusunan rancangan secara lebih efisien. Dengan fitur tersebut, penyusunan desain rumah atau bangunan yang dibuat bisa dilakukan dengan lebih efisien, dan lebih difokuskan pada bagian-bagian terpenting dari sebuah desain bangunan yang akan dibuat. 

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fitur trial gratis bagi pengguna baru untuk mencoba penggunaan aplikasi. Dengan demikian pengguna bisa memutuskan apakah akan menggunakan aplikasi ini atau membatalkannya. Trial gratis ini sangat menguntungkan karena dengan adanya trial ini pengguna bisa belajar terlebih dahulu. 

Meskipun aplikasi AutoCAD Architecture dikhususkan untuk para arsitek dan desainer yang sudah berpengalaman, tetapi aplikasi ini menyediakan interface yang cukup sederhana. Interface ini dibuat khusus untuk pemula yang ingin belajar desain rumah atau bangunan dengan menggunakan aplikasi ini. 

Sebenarnya masih banyak aplikasi desain rumah yang berbasis pc atau laptop. Setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan juga kelemahannya masing-masing. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan, serta siapa yang akan menggunakannya.

Situs: https://www.autodesk.com/ 

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "5 Aplikasi Desain Rumah untuk PC Terbaik"

Berlangganan via Email