Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Paypal

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Paypal

Selamat Datang di Blog Orang IT. Paypal adalah salah satu alat pembayaran atau transaksi online yang kini sudah cukup populer. Saat ini sudah banyak yang menggunakan Paypal karena dirasa lebih praktis dan memudahkan dalam proses transaksi. Namun, selain keuntungan, tentu ada beberapa kekurangan yang mungkin bisa merugikan Anda dalam pengaplikasiannya. Berikut ulasannya. 

Sekilas Tentang Paypal 

Paypal adalah sebuah rekening virtual yang menawarkan jasa transaksi online untuk transfer maupun melakukan pembayaran. Apabila biasanya Anda melakukan transfer uang melalui bank hanya untuk dalam negeri saja, maka akan berbeda jika melakukan transaksi atau transfer uang antar negara. Anda membutuhkan pihak ketiga yang bisa melakukan transaksi menggunakan mata uang asing seperti Paypal. 

Perlu Anda ketahui bahwa pengguna Paypal saat ini cukup banyak karena dianggap aman dan nyaman, khususnya oleh para pelaku bisnis atau pekerja lepas yang menerima penghasilan dari luar negeri. Saldo dari paypal bisa ditarik langsung ke bank lokal dengan proses pencairan maksimal 48jam.

 Meskipun demikian, dibalik keuntungan yang diberikan selalu ada kerugian yang mengiringinya. Oleh sebab itu, bagi Anda pengguna Paypal harus tetap waspada dan memperhatikan keamanan akun yang dimiliki. 

Keuntungan Menggunakan Paypal 

Paypal sebagai alat transaksi online memang banyak digunakan oleh masyarakat. Keuntungan yang ditawarkan oleh Paypal juga mampu menarik perhatian masyarakat untuk menggunakannya. Oleh sebab itu, tidak heran apabila saat ini Paypal dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu metode transaksi online. Berikut ini beberapa keuntungan yang didapatkan dari Paypal apabila Anda menggunakannya. 

1. Biaya Keanggotaan Gratis 

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan Paypal adalah biaya keanggotaanya gratis. Anda tidak perlu membayar biaya layanan, perawatan, maupun biaya tahunan. Tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun Anda akan tetap dapat menikmati fitur yang ditawarkan oleh Paypal. 

2. Kartu Kredit Tetap Aman

Anda akan diminta untuk mengisi data yang berisi informasi kartu kredit dari sebuah bank pada sistem Paypal. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu merasa khawatir karena data kartu kredit tersebut akan tetap aman dan terlindungi dari aksi peretasan hacker. 

3. Mudah dalam Transaksi

Paypal juga menawarkan keuntungan yang memudahkan berbagai transaksi bagi Anda sebagai penggunanya. Anda dapat melakukan transfer secara praktis kepada sesama pengguna Paypal maupun ke rekening bank. Waktu yang diperlukan untuk melakukan transfer juga tidak lama, hanya dalam sekejap saja uang yang Anda kirim sudah masuk ke alamat yang dituju. 

4. Penggunaannya Fleksibel 

Beberapa dari Anda tentunya tidak ingin ribet, bukan? Oleh sebab itu, Paypal memberikan keuntungan yang fleksibel dalam penggunaannya. Anda dapat dengan mudah mengisi saldo Paypal dengan beberapa kartu debit, kredit, dan dari berbagai akun bank. 

5. Memudahkan Pembayaran Lelang Online 

Paypal juga dapat memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran lelang online. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata Paypal juga dapat terhubung pada beberapa situs jual beli online. Anda dapat mengikuti lelang dan membeli barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah. Gunakanlah Paypal yang Anda miliki untuk membayar lelang tersebut   

6. Diskon yang Ditawarkan 

Keuntungan lain yang tidak kalah seru dan sering dinanti-nanti oleh pengguna Paypal yaitu diskon yang menarik. Untuk mendapatkan diskon dari Paypal, Anda harus berbelanja di retail yang bekerjasama dengan Paypal atau yang telah ditentukan sebelumnya. Beberapa perusahaan yang biasanya memberikan penawaran khusus yaitu Nike, Barnes & Noble serta beberapa retailer lainnya.

Baca juga: Mengatasi paypal gagal mengirim pembayaran

Kerugian Menggunakan Paypal 

Jika sebelumnya telah mengetahui berbagai keuntungan yang ditawarkan untuk para pengguna Paypal, maka jangan lupa untuk membaca kerugian yang mungkin Anda dapatkan ketika menggunakan Paypal. Ada beberapa kerugian yang dapat Anda alami apabila menggunakan Paypal, diantaranya sebagai berikut. 

1. Banyak Penipuan yang Berkedok Paypal

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin canggihnya era digital juga diiringi dengan kasus penipuan yang semakin beragam, bahkan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Sebagaimana alat transaksi online pada umumnya, Paypal juga banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Bagi Anda sebagai pengguna Paypal sebaiknya lebih berhati-hati karena salah satu kerugian yang banyak terjadi yaitu penipuan dengan berkedok Paypal. Biasanya penipu tersebut menggunakan email pancingan yang dikirim ke alamat email milik Anda. 

Ketika anda mengikuti tautan link didalam email yang mengarah pada halaman login paypal, pastikan url addressnya adalah paypal.com bukan yang lain karena bisa jadi itu halaman phising/fake login

Ada juga email masking seolah-olah resmi dari paypal dengan alamat email admin@paypal.com padahal bukan. Intinya jangan pernah sekalipun mengirimkan data login berupa username/email dan password kepada siapapun meski mereka mengaku sebagai karyawan paypal

2. Anda Harus Memiliki Kartu Kredit 

Kerugian atau kekurangan berikutnya dari Paypal yaitu Anda harus memiliki kartu kredit. Ketika melakukan verifikasi akun Paypal Anda akan diminta untuk memasukkan kartu kredit. Perlu diketahui bahwa kartu kredit tersebut memiliki fungsi untuk membiayai transaksi pembayaran dan pengiriman yang Anda lakukan sebagai pengguna Paypal. 

Jika akun paypal tidak diverifikasi dengan kartu kredit/debit maka jumlah transaksi dibatasi maksimal $10.000/bulan

Juga Akun paypal nonverifikasi rawan kalah ketika seseorang mengajukan dispute/pengembalian dana

Saat ini banyak oknum nakal yang setelah mengirim pembayaran melalui paypal kemudian mengajukan dispute dengan alasan barang belum diterima padahal sudah dikirim, 

3. Memerlukan Waktu yang Lama untuk Proses Withdraw 

Untuk proses withdraw juga memerlukan waktu yang cukup lama sehingga dianggap dapat merugikan pengguna Paypal. Apabila Anda memerlukan uang dalam waktu cepat sepertinya tidak dapat mengandalkan Paypal yang dimiliki. Anda harus menunggu sekitar 2 hingga 5 hari untuk dapat menggunakan uang yang ada di Paypal. 

Tetapi baru-baru ini ketika mencoba withdraw ke Bank BRI Syariah hanya membutuhkan waktu 48 jam

4. Add fund yang Cukup Sulit untuk Dilakukan

Paypal juga memiliki kerugian yaitu add fund/tambah saldo yang cukup sulit untuk dilakukan. Biasanya kita menggunakan kartu kredit atau debit, tidak bisa menggunakan bank lokal. Hanya US Bank yang dapat melakukan add fund, sehingga Anda harus transfer ke bank US virtua barulah ditop up ke paypal (ribet)  

Fungsi dan Keamanan yang Ditawarkan Paypal jika Dibandingkan dengan Kartu Kredit

Paypal berfungsi sebagai alat transaksi atau pembayaran online yang dapat membantu Anda melakukan transaksi yang praktis. Paypal sudah terbukti banyak digunakan oleh orang-orang dan beberapa toko online sebagai alat pembayaran utama yang menjadi pilihannya. Kemudahan yang ditawarkan tampaknya menjadi daya tarik yang cukup kuat bagi para pengguna setianya. 

Anda tidak hanya dapat melakukan transfer uang saja melalui Paypal, tetapi juga dapat menerima uang yang dikirimkan oleh orang lain dalam mata uang apapun secara otomatis akan dikonversi sesuai mata uang dollar. Transaksi online yang Anda lakukan akan terasa lebih mudah dan cepat dengan bantuan Paypal. Bagi Anda yang gemar melakukan belanja online dengan menggunakan Paypal sebagai sistem pembayarannya juga tidak perlu khawatir karena keamanan identitas Anda tetap terjaga. 

Tidak sedikit yang menganggap bahwa melakukan transaksi dengan kartu kredit dianggap lebih beresiko jika dibandingkan dengan menggunakan Paypal. Ada beberapa data yang mungkin tidak aman ketika menggunakan kartu kredit dari sebuah bank. Sebagaimana diketahui bahwa banyak yang memanfaatkan kartu kredit untuk melakukan kejahatan secara online, oleh sebab itu banyak yang beralih ke Paypal. 

Tampaknya kepercayaan masyarakat terhadap Paypal sudah tidak diragukan lagi. Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan Paypal karena dirasa lebih menguntungkan dan aman untuk digunakan. Penawaran-penawaran menarik yang diberikan Paypal juga mampu menjadikannya sebagai pilihan banyak orang dalam melakukan transaksi. 

www.helmykedirii.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Paypal"