Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Aplikasi Dompet Digital Terbaik, Paling Banyak Dipakai

Selamat Datang di Blog Orang IT. Setiap orang menginginkan sisi praktis dalam melakukan segala hal. Termasuk dalam hal keuangan. Saat ini, aplikasi dompet digital semakin banyak digunakan karena dinilai lebih aman, praktis, dan memudahkan. Kali ini, blog helmykediri akan membahas mengenai daftar aplikasi dompet digital terbaik, paling banyak dipakai oleh generasi milenial 2021 2022

Dompet digital merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran secara online. Dalam transaksi digital ini, tidak perlu menggunakan kartu maupun uang tunai. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi dompet digital yang diinginkan, kemudian melakukan top up dana pada akunnya agar bisa digunakan untuk melakukan transaksi.

Inilah Daftar Aplikasi Dompet Digital Terbaik, Paling Banyak Dipakai

Mengingat banyaknya keuntungan yang didapat, semakin meningkatnya minat orang untuk  menggunakan aplikasi dompet digital. Pada akhirnya, muncul banyak sekali aplikasi dompet digital yang bisa diunduh. Namun, ada beberapa yang dianggap lebih unggul dan didukung oleh berbagai merchant, berikut ini adalah ulasannya;

1. Ovo Pay

Ovo Pay

Ovo merupakan aplikasi dompet digital terbaik yang saat ini cukup banyak digunakan. Berbagai keuntungan ditawarkan oleh aplikasi ini untuk memanjakan penggunanya. Banyak merchant telah bekerja sama dengan Ovo, mulai dari kategori food & beverages, fashion, tours & travels, transportasi, dan lainnya. 

Aplikasi dompet digital ini juga memberikan benefit kepada penggunanya melalui sistem poin dan banyak promo menarik untuk setiap penawaran produk tertentu. Dari sisi kemudahan top up saldo, Ovo menyediakan cara penambahan deposit melalui m-Banking, kartu debit, ATM, atau merchant-merchant mitra.

2. LinkAja

LinkAja

Daftar aplikasi dompet digital terbaik selanjutnya diisi oleh LinkAja. Aplikasi ini adalah layanan keuangan digital yang diciptakan oleh PT. Fintek Karya Nusantara. Pemilik aplikasi ini terdiri dari beberapa perusahaan seperti Telkomsel, Mandiri, BRI, BNI, BTN, Pertamina, Asuransi Jiwasraya, dan Danareksa. 

Layanan yang ditawarkan dompet digital ini meliputi pembayaran transaksi sehari-hari. Contohnya seperti pembayaran makanan dan minuman, pengisian pulsa, pembayaran listrik dan PDAM, dan lainnya. Tidak hanya itu, LinkAja juga menyediakan layanan pembelian asuransi melalui aplikasi digital

3. GoPay

GoPay

Daftar aplikasi dompet digital terbaik, paling banyak dipakai selanjutnya adalah GoPay. Ini merupakan salah satu aplikasi dari layanan ojek online Go-Jek. Layanan yang diberikan cukup beragam dan tidak hanya terbatas pada pembayaran layanan Go-Jek saja. Pengguna juga bisa melakukan pembayaran tagihan BPJS, PLN, PDAM, Indihome, pembelian di toko offline maupun online, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, banyak promo menarik yang ditawarkan untuk memanjakan pengguna aplikasi dompet digital ini. Salah satunya adalah diskon khusus pengguna yang bekerja sama dengan beberapa merchant dengan potongan hingga 50%. Tentu saja hal ini menarik jika dilihat dari penghematan yang dapat dilakukan. 

Fitur lain yang ditambahkan adalah kemudahan untuk melakukan transfer saldo antar sesama pengguna. Layanan ini sangat memudahkan pengguna yang berada dalam keadaan terdesak dan memerlukan saldo dengan segera. Beberapa keunggulan layanan inilah yang membuat aplikasi dompet digital GoPay banyak diminati.

4. Sakuku

Sakuku

Salah satu aplikasi dompet digital sakuku dirilis oleh BCA. Ada dua tipe dompet digital sakuku, yaitu Sakuku dan Sakuku plus. Pembedanya adalah jumlah saldo yang dapat disimpan, yaitu maksimal saldo Rp 2.000.000 untuk Sakuku. Adapaun Sakuku plus dapat menyimpan hingga Rp 10.000.000. Pilihan tipe ini dapat dipilih pengguna dengan menyesuaikan pada kebutuhannya.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna melakukan penarikan tunai di ATM BCA. Top up pun dapat dilakukan melalui ATM, sehingga memudahkan penggunanya. Dengan menggunakan Sakuku, pengguna dapat melakukan transaksi secara online maupun offline secara mudah dan aman.

5. Doku

Doku

Aplikasi dompet digital yang satu ini bisa digunakan oleh siapa pun, meski tidak memiliki rekening di bank. Pengguna hanya perlu mendaftar melalui website atau mobile app. Adapun top up dananya dapat dilakukan melalui Alfamart, Alfamidi, Alfa ekspress, atau melalui ATM dan mobile banking.

Tingkat keamanan data pengguna juga sangat diperhatikan. Aplikasi ini menerapkan sistem pengamanan data untuk akun penggunanya. Selain itu, pengguna dapat melakukan pengecekan laporan transaksi secara real time melalui online.

Baca juga: Daftar aplikasi legit penghasil uang

6. Dana

Dana

Selanjutnya pada daftar aplikasi dompet digital terbaik, paling banyak dipakai, didapati oleh Dana. Ini merupakan aplikasi yang memudahkan banyak transaksi pembayaran. Bahkan, Dana sudah mendapat izin dari BI sebagai bentuk Lembaga Keuangan Digital. Adapun proses pembayaran dilakukan dengan scanning QR Code. 

Dana juga memperikan banyak penawaran dan promo menarik. Melalui kerja sama dengan beberapa merchant pilihan, Dana menawarkan adanya cashback dari transaksi yang dilakukan pengguna. Penawaran ini sering menjadi alasan banyak orang memilih Dana sebagai Dompet digital favoritnya.

7. Jenius

Jenius

Aplikasi ini merupakan bagian dari BTPN yang sudah terdaftar dalam OJK dan memiliki sertifikat dari Lembaga Penjamin Keuangan. Kemudahan yang diberikan kepada pelanggannya adalah bimbingan aktivasi yang dilakukan melalui video call. Layanan ini tentu akan sangat memudahkan pengguna dalam memulai menggunakan aplikasi ini.

Cara pembayaran transakasi menggunakan aplikasi Jenius adalah dengan melakukan scanning QRIS (QR Indonesia Standar). Jenius telah bekerja sama dengan beberapa merchant seperti blibli, tokopedia, sayurbox, dan lainnya. Hal ini tentu membuat penggunanya dapat melakukan transaksi dengan praktis dan aman.

8. Isaku

Isaku

Isaku ini merupakan bagian dari Salim Grup. Aplikasi dompet digital ini berada di bawah Indoritel, pengelola Indomaret. Tentunya sudah tak asing lagi, saat belanja di Indomaret, pembayaran dilakukan menggunakan Isaku ini. Top up-nya pun dapat dengan mudah dilakukan di gerai-gerai Indomaret. 

Keuntungan pembayaran dengan menggunakan Isaku adalah adanya promo dan diskon khusus pengguna di gerai Indomaret. Selain itu, Isaku juga memberikan layanan berupa penarikan saldo yang dapat dilakukan di kasir Indomaret. Aplikasi ini sudah banyak memberikan kemudahan bagi pelanggan Indomaret dalam melakukan transaksi.

Itulah tadi daftar aplikasi dompet digital terbaik yang banyak digunakan. Praktis, mudah, dan aman merupakan poin utama yang ditonjolkan oleh setiap aplikasi. Namun, sayangnya, kemudahan bertransaksi ini memiliki efek memicu konsumerisme. Oleh sebab itu, perlu adanya tindakan untuk mencegah perilaku agar tidak menjadi boros. Berikut ini beberapa tipsnya.

Tips Mencegah Agar Tidak Boros saat Menggunakan Dompet Digital

1. Batasi Peggunaannya

Pengguna dapat menerapkan pembatasan penggunaan dana dalam dompet digitalnya. Misalnya hanya untuk membayar transportasi saja. Selain itu, sebaiknya disiplin dalam mematuhi batasan jumlah dana yang dikeluarkan. Hal ini dapat membantu menekan keinginan melakukan transaksi yang tidak diperlukan hanya karena tergiur kemudahannya. 

2. Manfaatkan Promo

Salah satu keuntungan transaksi menggunakan dompet digital adalah adanya promo yang ditawarkan. Tak ada salahnya menggunakan promo ini sebagai bentuk penghematan. Manfaatkan promo potongan harga untuk melakukan transaksi yang lebih ekonomis. Namun, pilihlah promo barang yang benar-benar diperlukan agar tidak terjebak membeli barang yang tidak berguna.

3. Tetapkan Batasan Waktu dan Jumlah Top Up

Hindari melakukan top up sewaktu-waktu. Sebaiknya tetapkan waktu pengisian saldo dompet digital yang dimiliki. Tentukan juga jumlah maksimal saldonya. Sebaiknya, tahan diri jika saldo habis sebelum waktunya top up. Hal ini dapat membantu dalam membatasi transaksi agar tidak menjadi boros.

Demikianlah pembahasan mengenai daftar aplikasi dompet digital terbaik, paling banyak dipakai. Aplikasi mana pun yang dipilih, tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pengguna sendirilah yang wajib melakukan penyesuaian agar aplikasi ini selalu membawa kebaikan, bukannya terjerat dalam konsumerisme.


Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "8 Aplikasi Dompet Digital Terbaik, Paling Banyak Dipakai"