Hal yang harus dipahami sebelum menjadi blogger

by

helmy

Hal yang harus dipahami sebelum menjadi blogger

1. Blogger.com 

Berbeda dari wordpress, di blogger.com anda tidak memerlukan hosting dan hanya membutuhkan domain saja, yang itupun sifatnya opsional. Tanpa membeli domain sekalipun, blog anda tetap bisa diakses. Hanya saja, alamat blog anda menggunakan subdomain (gratisan) bawaan platform blogger.com, yaitu “.blogspot.com”. 

Jika anda sering mengakses blog yang menggunakan akhiran “.blogspot.com” berarti blog tersebut dibuat di blogger.com misal: www.helmykediri.blogspot.com. Sedangkan jika tidak menggunakan “.blogspot.com” berarti blog tersebut bisa berasal dari blogger.com dan mungkin juga berasal dari selain blogger.com. 

Karena semua layanan blog pasti menyediakan fitur pemasangan subdomain gratis untuk penggunanya. Anda hanya perlu mengakses www.blogger.com dan login menggunakan akun google kemudian mengisi data nama, alamat blog yang diinginkan dan memilih tema default untuk blog anda. Kurang dari 2 menit blog anda sudah bisa diakses oleh semua orang secara publik. 

Blog adalah jenis situsnya, sementara blogger ialah orang yang mengisi konten di situs tersebut dan blogger.com adalah layanan platform pembuatan situs blog seperti halnya wix, wordpress, tumblr dan sebagainya. 

Menjadi seorang blogger itu menyenangkan dan menguntungkan, anda bebas mengekspresikan diri melalui tulisan, video dan gambar yang bisa diakses secara bebas tanpa aturan apapun selama tidak mengarah pada tindakan kriminal. 

Membagikan konten apapun untuk dikonsumsi secara publik dan tentu saja seorang blogger bisa menghasilkan uang dari pekerjaan yang digemarinya. Untuk bisa mendapatkan uang.. kita bisa memasangkan iklan di blog, dan layanan periklanan yang lumayan populer adalah GoogleAdsense.

Selain itu anda juga bisa menawarkan jasa content placement, review produk, endorse dan menjadikan blog sebagai CV untuk melamar pekerjaan

2. WordPress 

Situs wordpress (WP) ada 2 yaitu wordpress.com dan wordpress.org sementara yang akan disini dibahas adalah wordpress.org atau biasa orang menyebutnya dengan wordpress self-host, yaitu sebuah platform open source yang bisa anda download dan instal melalui control panel (Cpanel) di hosting yang sudah anda sewa sebelumnya. 

Jika dilihat dari segi pengelolaan, wordpress sedikit lebih teknis dibanding blogger.com. Karena membutuhkan biaya untuk sewa hosting, domain, belum termasuk dengan biaya perawatan yang dibutuhkan, sebaiknya anda belajar dulu dengan menginstal wordpress di localhost komputer dengan software XAMPP karena tanpa biaya dan bisa diakses secara offline/lokal. 

Menginstal wordpress secara lokal menggunakan XAMPP 

Cara ini biasa digunakan untuk berlatih sebelum membuat versi onlinenya di hosting. WordPress yang dibuat dengan xampp hanya bisa diakses oleh anda sendiri di komputer yang sama atau dalam satu jaringan yang sama. Xampp bertujuan untuk membuat server di komputer anda sendiri, seperti mempunyai hosting tapi dalam lingkup space hanya di komputer anda dan tidak online ke publik. 

Panduan install wordpress di XAMPP : 

https://webhostmu.com/carainstall-wordpress-di-localhost. 

Anda juga bisa mendownload XAMPP melalui situs web resminya disini

https://www.apachefriends.org/download.html

Menginstal wordpress di hosting

Anda tidak perlu mendownload file di wordpress.org karena setiap layanan hosting sudah difasilitasi oleh penyedia (hampir semua layanan hosting memiliki ini! kita hidup dijaman yang mudah tinggal klik next-next finish..) termasuk didalamnya Cpanel. Pilih tempat terbaik untuk membeli hosting, sebaiknya anda membeli hosting dan domain dari 1 tempat yang sama, sehingga anda tidak perlu kebingungan mengaitkan antara hosting dengan domain.

Rekomendasi tempat sewa hosting terbaik:

 a. https://idwebhost.com/ 

b. https://www.niagahoster.co.id/ 

c. https://www.rumahweb.com/

d. https://www.namecheap.com/ (Paypal/Debit card) 

Penting untuk dipahami, jenis hosting cukup beragam. Jika anda seorang pemula pilihlah tipe shared hosting atau cloud hosting, bukan VPS atau setingkatnya. Pemilihan non VPS bukan karena performanya buruk, tapi karena penggunaan yang mudah dan sudah terinstal alat pengelola seperti Cpanel yang saya singgung sebelumnya. 

Lagi pula mubadzir blog visitor sedikit/masih belajaran sudah sewa VPS kecuali anda punya banyak uang silahkan saja.. Ini akan menghemat waktu anda dari pada harus belajar dasar pengoperasian VPS. Lagipula, rata-rata paket hosting sekarang sudah tersedia paket sewa bulanan seperti VPS. 

Anda bisa mencobanya tanpa keluar biaya banyak. Anda juga bisa langsung mencoba worpdress hosting seperti yang ditawarkan oleh rumahweb.com dan namecheap.com dengan harga promo. Tapi jika anda memilih wordpress hosting, maka sesuai namanya paket hosting ini hanya bisa diinstal wordpress saja bukan yang lain. 

Jika anda ingin mencoba lebih banyak web di satu paket hosting (agar lebih hemat), saya tetap merekomendasikan shared atau cloud hosting ketimbang wordpress hosting. Dari segi tutorial di youtube sudah bertebaran

Baca juga: Mitos saat mendaftarkan blog ke adsense

Memilih nama untuk blog 

Membuat blog tidak harus menyematkan nama pembuatnya, misal helmykediri.com .. utamakan memilih nama blog yang mudah diingat dan membekas dalam ingatan. Lebih baik kalau nama tersebut mrelevan dengan topik yang dibahas. Artinya, selain konten yang dibuat bagus, nama atau alamat blog (URL) anda akan diingat oleh pengunjung sesuai topik artikelnya. 

Selain itu, pemilihan nama domain yang bagus akan membuat web/blog anda nampak profesional. Nama atau alamat blog yang nantinya dipilih harus memperlihatkan topik blog dan siapa penulisnya. Tapi jika anda seorang yang berkepribadian unik, aturan yang saya sebutkan diatas tidak berlaku. 

Alamat blog tidak perlu menunjukan siapa anda, tapi tunjukan ciri khas blog anda. Menggunakan nama yang tidak umum meskipun sedikit nyeleneh dan nama yang dipilih mungkin tidak berhubungan sama sekali dengan konten yang dibagikan juga tidak mengapa. 

1. Memilih nama domain berdasarkan konten yang dibagikan 

Contohnya disini anda akan membuat blog untuk mengulas/review produk-produk khusus, banyak pilihan nama/url yang bisa dipakai dan menurut saya list berikut cukup bagus : 

a. Ulasanpintar.com 

b. Previewmania.com 

c. Ulasansaya.id 

d. Hpkeren.com 

Misal jika disini anda akan membuat blog dengan topik perjalanan wisata : 

a. Potretkuliner.com 

b. Kontenalami.id 

c. Wisataseru.com 

2. Memilih nama berdasarkan efek rasa 

a. Jajananpanas.com (blog makanan, dll) 

b. Pvidio.com (plesetan vidio) 

c. Brewok.com (jualan penumbuh jem but) 

d. Kakshit.com 

e. Bangk.ak (blog cerita horor, konyol) 

f. Tuulalit.com 

Untuk menciptakan nama domain yang unik, anda bisa memanfaatkan ekstensi dari domain, tidak wajib terpaku pada domain dot.com saja, karena diluar sana banyak nama domain unik lainnya .me .net .id 

Related Post