Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting, Bisa Merubah Nasib

BLOGORANGIT - Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas biasanya peserta didik ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Peserta didik disini bisa masuk ke universitas dan memilih jurusan yang diinginkan sesuai dengan minat dan bakatnya. Selain itu, alasan mengapa peserta didik memilih untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi adalah demi memudahkannya ketika mencari pekerjaan setelah wisuda nanti. 

Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting

Namun, tidak semua orang berfikir demikian. Terkadang setelah lulus SMA ada anak yang tidak melanjutkan ke jenjang universitas. Alasannya beragam dan salah satunya adalah ia tidak memiliki minat dan merasa bahwa kuliah itu tidak penting. Nah, jika sampai saat ini Anda masih bingung alasan mengapa kuliah itu penting, silahkan simak penjelasan selengkapnya di urain berikut.

1. Mendapatkan Banyak Relasi dan Pengalaman

Alasan pertama mengapa kuliah itu penting adalah untuk menambah relasi. Relasi atau jaringan sangat penting untuk dimiliki karena bisa saja hal itu akan memudahkan Anda ketika hendak melamar pekerjaan. Tentu jika sudah terjun ke dunia perkuliahan, Anda akan menemui banyak teman baru dari berbagai latar belakang yang berbeda. Apalagi jika di kampus tersebut ada banyak fakultas dan jurusan.

Bahkan, biasanya, setiap tahun kampus menerima ribuan mahasiswa baru dari berbagai daerah. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalin banyak relasi dan menggali pengalaman baru. Selain itu, Anda juga bisa belajar banyak budaya dari teman yang berbeda daerah. Melalui hal ini, pikiran Anda akan semakin terbuka karena bisa belajar banyak hal baru dari teman-teman tersebut.

2. Belajar Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

Alasan mengapa kuliah itu sangatlah penting adalah agar Anda bisa belajar beradaptasi dengan lingkungan baru. Jika Anda kuliah di tanah perantauan, tentu ada banyak hal yang berbeda mulai dari teman, budaya, lingkungan sekitar, warganya dan sebagainya. 

Tentu semua hal itu berbeda ketika Anda berada di kota asal. Inilah yang menjadi alasan pentingnya kuliah, yakni agar Anda bisa belajar cara beradaptasi dengan situasi baru.

Tentu sulit rasanya menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika berhasil menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut, berarti Anda tidak akan mengalami kesulitan selama kuliah.

Disini, Anda dituntut untuk mudah bergaul dan pintar berkomunikasi dengan orang baru supaya cepat mendapat teman. Jangan sampai Anda terlalu tertutup dengan perubahan yang terjadi di lingkungan baru, sebab hal itulah yang mengakibatkan kesulitan beradaptasi dan mendapatkan teman. Jadi, Anda harus membuka pikiran dan menerima orang lain agar mudah beradaptasi.

Selain itu, pikiran Anda juga akan menjadi lebih terbuka karena bertemu dengan banyak orang. Anda bisa menggali banyak pelajaran dari orang-orang baru. Anda juga mendapatkan pengalaman yang luar biasa, bisa berkeliling ke tempat yang baru, serta mempelajari banyak hal di tanah perantauan.

3. Mengembangkan Potensi yang Dimiliki

Alasan lain mengapa kuliah itu sangat penting adalah bisa mengembangkan bakat yang dimiliki oleh individu. Tentu Anda akan memilih jurusan sesuai dengan bakat dan minat. Misal memiliki bakat di bidang seni, Anda kemungkinan akan mengambil jurusan seni. Selanjutnya, di perkuliahan, bakat ini akan ditempa terus menerus agar semakin terasah. 

Saat di kampus, Anda diberikan banyak mata kuliah yang berkaitan dengan jurusan seni. Menginjak di semester tua, Anda akan semakin difokuskan pada jurusan tersebut supaya bakatnya menjadi berkembang dan lebih siap ketika terjun ke dunia kerja. Hal ini tentu sangat membantu Anda yang ingin serius bergelut di bidang tersebut. 

Baca juga: Cara kuliah gratis tanpa bayar

4. Mindset Lebih Terbuka dan Terasah

Alasan lain mengapa kuliah penting adalah agar pola pikir Anda bisa menjadi lebih terbuka dan terasah. Di dunia perkuliahan, Anda akan menemui banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Tentu pengalaman dari setiap orang juga berbeda dan Anda bisa belajar banyak dari situ. Anda juga akan bertemu dengan dosen yang hebat dan bisa belajar banyak dari mereka.

Selain itu, di dunia perkuliahan mahasiswa juga diajarkan untuk berfikir secara kritis, dan mampu menemukan solusi atas setiap permasalahan yang terjadi di lapangan. 

Mahasiswa akan dididik untuk berfikir secara logika sebelum mengambil sebuah keputusan, apalagi yang menyangkut orang banyak. Dalam hal ini, ambilah sisi positifnya karena disini Anda akan diajak untuk menjadi manusia dengan intelektual tinggi

5. Belajar Menjadi Orang Dewasa

Karena banyaknya pengalaman dan pengajaran yang didapat di bangku perkuliahan, Anda pasti akan semakin bisa berpikir dewasa dan bijak. Anda tidak akan melakukan hal bodoh karena pasti berpikir dua kali tentang dampak apa dari tindakan tersebut jika dilakukan. Hal inilah yang akan melatih sikap dewasa Anda selama kuliah.

Belajar menjadi orang dengan pemikiran yang lebih dewasa ini bukan serta merta didapatkan saat Anda belajar di kelas bersama dosen. Ini akan lebih banyak didapatkan saat Anda sedang di luar kelas, dan berinteraksi dengan banyak orang. Baik itu dengan teman-teman, lingkungan kampus, hingga organisasi.

Berada di lingkungan yang diisi dengan orang-orang yang sangat variatif latar belakang, karakter, dan pengalaman hidupnya akan mengajari Anda tentang kedewasaan berpikir dan bersikap. Apalagi jika Anda sudah mulai terjun sedikit demi sedikit ke dunia kerja sambil menyelesaikan kuliah.  

6. Membentuk Pola Pikir dan Jati Diri

Usia perkuliahan adalah usia yang sangat matang untuk menemukan jati diri dan membentuk pola pikir seseorang. Jika di usia tersebut mereka memilih untuk tidak kuliah, maka orang tersebut akan kehilangan waktu untuk menentukan karir masa depannya dengan berpikir secara lebih matang.

Di bangku kuliah, lingkungan kampus beserta interaksi serta pengalaman yang didapat akan sangat berguna dan mempengaruhi pembentukan pola pikir. Melalui hal itu pula, seseorang bisa menemukan jati dirinya, dan semakin menyadari sebenarnya apa yang dia inginkan di masa depan, maupun kemampuan apa yang sebenarnya dimilikinya.

7. Peluang Kerja Semakin Besar

Jika Anda adalah orang yang serius belajar selama duduk di bangku perkuliahan, kemungkinan besar ketrampilan anda akan semakin terasah. Ilmu yang Anda dapatkan selama kuliah tidak akan terbuang dengan percuma karena pasti sangat berguna ketika melamar pekerjaan. 

Seperti yang Anda ketahui bahwa di dunia kerja, perusahaan membutuhkan orang yang mempunyai skill di bidang tertentu. Jika bisa mengasah skill di jurusan yang ditekuni, kemungkinan besar ketika lulus Anda tidak akan kesulitan mendapatkan pekerjaan. 

Namun, nilai akademik yang bagus tidak menjadi jaminan bahwa orang tersebut memang ahli di bidangnya sebelum terjun langsung untuk mempraktekannya. Oleh sebab itu, selama Anda kuliah, asahlah terus potensi yang dimiliki dalam diri agar bisa menjadi bekal masa depan.

Jangan sampai Anda kuliah hanya sekedar ikut-ikutan teman atau gengsi. Alasan inilah yang merugikan diri Anda sendiri, apalagi masa depan itu sangat penting untuk dipikirkan secara matang. Jika Anda tidak serius kuliah, ilmu yang didapat akan percuma. 

Jujur saya pribadi tidak begitu peduli dengan quote-quote ala pengusaha sukses yang katanya kuliah tidak penting, kuliah pinter jadi babu diperusahaan orang bodoh, ijasah cuma penting bagi calon mertua dan sebagainya

Kuliah itu sebagai sarana untuk mengembangkan perilaku kearah yang positif, mengasah dan menambah skill, memperbesar peluang kerja, mencari ilmu dan sebagainya

Kalau setelah lulus SMA pengen jadi pengusaha silahkan saja, tidak ada paksaan untuk kuliah. Lagipula buat apa terpaksa kuliah mahal-mahal kalau setelah lulus sarjana nggak punya skill?

Alhamdulillah banyak sekali teman kuliah saya yang orang tuanya bekerja sebagai kulibatu, sopir truk, serabutan, lolos seleksi CPNS.. setelah modalnya terkumpul mereka nanti juga akan belajar berwirausaha

Kalau wirausahanya sukses, silahkan kalau mau resign dari pekerjaan utama..

www,helmykediri.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "7 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting, Bisa Merubah Nasib"

Berlangganan via Email