Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Aplikasi Islami Penambah Iman dan Taqwa

Selamat Datang di Blog Orang IT. Umat Islam wajib mendalami ilmu agama untuk meningkatkan rasa keimanan kepada Allah SWT. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah membaca dan mempelajari kitab suci Al Qur’an dan Hadis serta mendengarkan ceramah agama. 

Meski sibuk,  Anda tetap bisa belajar di mana saja karena saat ini sudah ada daftar aplikasi islami penambah iman dan taqwa melalui perangkat gadget.

Di era serba digital seperti sekarang ini, Anda bisa belajar agama Islam di mana saja tanpa harus datang ke masjid apalagi dimasa pandemi covid-19 ketika pemerintah mengeluarkan himbauan untuk beribadah dirumah, belajar dirumah dan bekerja dari rumah. 

Banyak sekali aplikasi pembelajaran agama Islam yang bisa diunduh secara gratis dan mudah melalui smartphone Android. Hal ini tentu memudahkan bagi Anda yang sibuk setiap hari namun tetap ingin meluangkan waktu untuk memperdalam agama. 

Berikut adalah daftar aplikasi kajian islam yang bisa diunduh melalui smartphone Anda:

Daftar Aplikasi Islami Penambah Iman dan Taqwa

Kini telah hadir beragam aplikasi Islami yang bisa dijalankan melalui android maupun iOS untuk memudahkan Anda menjalani ibadah dan belajar agama. Berikut daftar aplikasi islami penambah iman dan taqwa yang bisa Anda pilih. 

Semua aplikasi ini dapat membantu Anda menjalani ibadah sebagai upaya dalam meningkatkan rasa iman dan taqwa kepada Allah SWT.

1. MuslimPro

Aplikasi MuslimPro hadir dalam versi gratis dan berbayar yang bisa diunduh secara mudah pada Android maupun iOS milik Anda. Tidak masalah jika Anda memilih versi gratisnya karena versi gratisnya sudah menawarkan konten dan fitur yang cukup lengkap sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan iman dan taqwa. 

MuslimPro

MuslimPro adalah salah satu aplikasi islami penambah iman dan taqwa pilihan kami karena menyajikan beragam informasi yang sangat dibutuhkan bagi kaum muslim. 

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengetahui jadwal shalat dan mendengar lantunan suara azan, arah kiblat, kalender Islam, dan jadwal sahur hingga berbuka puasa saat bulan Ramadhan. 

MuslimPro bahkan mampu menunjukkan peta lokasi masjid terdekat dan restoran halal saat Anda sedang bepergian ke suatu daerah. Aplikasi ini juga menghadirkan ayat suci Al Qur’an lengkap 30 Juz. 

Anda bisa belajar dan memahami isi Al Quran dengan baik karena aplikasi ini juga melengkapinya dengan terjemahan. MuslimPro juga menyediakan audio dan cara melafalkan Al Quran yang baik dan benar.

Meski tampilannya cukup simpel, MuslimPro menyediakan konten yang informatif, beragam, dan sangat membantu. Salah satu daftar aplikasi islami terbaik ini juga menyuguhkan beragam doa dan zikir yang bisa Anda hafalkan dan terapkan dalam kegiatan beribadah sehari-hari. 

2. Al Qur’an Indonesia

Kegiatan beribadah untuk meningkatkan iman dan taqwa termasuk membaca Al-Qur’an harus selalu dilakukan umat Islam. Aplikasi Al-Quran Indonesia sangat cocok digunakan bagi Anda yang sering berpergian. Aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah melalui gadget dan setelahnya Anda bisa membaca Al-Qur’an dimanapun Anda berada. 

Al Qur’an Indonesia

Al-Quran Indonesia menyediakan 30 Juz Al-Qur’an secara digital lengkap dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia.  Daftar aplikasi islami penambah iman dan amal kebaikan bernama Al-Quran digital ini tersedia baik dalam format tulisan maupun audio. Anda bisa belajar membaca Al-Qur’an secara baik dan benar karena Al-Quran Indonesia dilengkapi juga dengan tajwid berwarna. 

Anda tidak perlu khawatir lupa akan kelanjutan bacaan, karena aplikasi ini dilengkapi dengan penanda bacaan terakhir. Al-Quran Indonesia dilengkapi dengan fitur berbagi ayat yang telah dibaca ke media sosial. Setelah mengunduh aplikasi ini, Anda dapat membaca Al Qur’an secara online maupun offline. 

Aplikasi ini termasuk sebagai salah satu daftar aplikasi islami peningkat iman dan taqwa yang direkomendasikan. Al-Quran Indonesia sangat mudah digunakan karena tampilan antar mukanya cukup user friendly. Al-Quran Indonesia juga dilengkapi oleh fitur lain seperti jadwal shalat, penunjuk arah kiblat, dan kalender Islam.

3. IslamOne - All in One Islamic

Kegiatan beribadah umat muslim dapat ditunjang dengan aplikasi IslamOne - All in One Islamic. Aplikasi buatan anak bangsa ini menyediakan fitur-fitur yang membantu untuk meningkatkan kegiatan ibadah Anda.

IslamOne - All in One Islamic

Anda bisa mengevaluasi kegiatan ibadah dengan melihat grafik ibadah yang telah dilakukan selama kurun waktu tertentu. All in Islamic adalah aplikasi dakwah Islam yang menyediakan artikel Islami melalui smartphone.

IslamOne - All in Islamic menyediakan layanan yang cukup beragam seperti notifikasi berupa suara azan jika telah tiba waktu shalat wajib. Anda juga bisa mendapatkan rute masjid terdekat karena aplikasi ini terintegrasi dengan Google Maps. 

Anda bisa mempertimbangkan untuk memasukkan IslamOne - All in One Islamic kedalam daftar aplikasi islami favorit yang direkomendasikan.

4. Ahijra

Sesuai dengan namanya, Aplikasi Ahijra memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan hijrah khususnya dalam ibadah harian. Menggunakan aplikasi ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah. 

Ahijra

Ahijra membantu Anda agar rutin melakukan aktivitas ibadah sehingga merubah ibadah dari kebutuhan menjadi kebiasaan. 

Termasuk dalam daftar aplikasi islami penambah iman dan kecintaan kepada Allah SWT yang direkomendasikan, aplikasi Ahijra memiliki fitur yang menjadi unggulan. 

Fitur tersebut adalah custom beribadah, catatan ibadah pribadi, pengingat (reminder) ibadah, dan catatan ibadah grup. Pada fitur custom ibadah, Anda bisa merancang sendiri jenis ibadah apa yang ingin ditingkatkan misalnya, shalat Duha, puasa sunah, dan lainnya.

Ahijra membantu mengingatkan kegiatan ibadah melalui reminder ibadah. Pengingat ini dapat berupa suara azan dengan waktu salat yang disesuaikan secara otomatis di tempat Anda berada. 

Jika ingin beribadah secara berjamaah maka Anda bisa menggunakan fitur catatan ibadah grup. Melalui fitur ini, Anda dan anggota grup akan menjalankan ibadah dalam waktu dan jenis ibadah yang sama misal khataman Al-Quran

5. SalingSapa

Daftar aplikasi islami penambah iman dan taqwa yang selanjutnya adalah SalingSapa yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore. Fitur yang tersedia di dalamnya lumayan lengkap. Anda bisa mendengarkan ceramah agama dalam bentuk video dengan topik kajian agama yang sangat beragam. 

SalingSapa

SalingSapa juga dilengkapi dengan murottal Al Qur’an beserta terjemahannya sehingga Anda bisa belajar membaca kitab suci secara benar dan mudah. Aplikasi ini termasuk yang direkomendasikan karena fiturnya cukup baik dan angka ratingnya juga tinggi di PlayStore. Menariknya adalah, tersedia fitur pembayaran BPJS, listrik, air, dan pembelian pulsa di dalam SalingSapa. 

6. Kajian.Net

Kajian.Net adalah rekomendasi aplikasi islami yang berikutnya. Berbeda dengan SalingSapa, Aplikasi Kajian.Net berisi ceramah agama dalam bentuk audio (podcast). Apakah keunggulan aplikasi ini hingga mendapatkan rating 4,8 di Google PlayStore? 

Kajian.Net

Antara lain karena aplikasi ini hanya memakan memori yang kecil, yaitu sekitar 5 MB saja!

Aplikasi ini menjadi unggulan karena Kajian.Net mengklaim ceramah agama yang disampaikan berasal dari Ustaz Ahlusunnah Wal Jama’ah. Ceramah ini akan memudahkan penggunanya untuk memahami ilmu agama dengan pemahaman yang tepat. 

Anda juga bisa mencari penceramah favorit melalui fitur “Cari Ustaz”. Anda bisa mendengarkan ceramah menggunakan headset disela-sela aktivitas harian atau melalui speaker langsung

Demikianlah beberapa contoh aplikasi islami penambah iman dan taqwa yang bisa disampaikan. Anda dapat mengunduh semua aplikasi tersebut dengan mudah melalui Google PlayStore. Selain aplikasi yang telah disebutkan di atas, masih banyak aplikasi islami yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat.

www,helmykediri.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "6 Aplikasi Islami Penambah Iman dan Taqwa "