Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Super Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

Selamat Datang di Blog Orang IT. Tips mudah belajar Bahasa Arab akan saya bagikan pada artikel ini. Sebagai seorang muslim, mempelajari Bahasa Arab merupakan hal yang sangat penting. Mengapa?

Imam Syafi’i rahimahullah pernah berkata,

يَجِبُ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ أَنْ يَتَعَلَّمَ مِنْ لِسَانِ العَرَبِ مَا يَبْلُغُ جُهْدَهُ فِي أَدَاءِ فَرْضِهِ

“Wajib bagi setiap muslim untuk mempelajari bahasa Arab dengan sekuat tenaga agar bisa menjalankan yang wajib.”

Imam Asy-Syathibi berkata,

“Al-Qur’an itu diturunkan dengan bahasa Arab secara keseluruhan. Untuk memahaminya dituntut harus dengan mempelajari bahasa Arab secara khusus. Karena Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2)

بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ

“Dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy-Syu’ara: 195).

لِسَانُ الَّذِي يُلْحِدُونَ إِلَيْهِ أَعْجَمِيٌّ وَهَذَا لِسَانٌ عَرَبِيٌّ مُبِينٌ

“Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa ‘Ajam, sedang Al Quran adalah dalam bahasa Arab yang terang.” (QS. An-Nahl: 103)

Bahasa arab merupakan bahasa yang digunakan dalam Kitab Suci Al-Qur’an. Sedangkan Al-Qur’an diturunkan sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi umat islam. Untuk memahami kandungan Al-Qur’an, orang awam dapat membaca tafsirnya dan mendengarkan penjelasan dari para ulama. 

Namun bila menguasai Bahasa Arab, tentunya akan lebih baik. Anda tidak hanya sekedar membaca Al-Quran namun juga mengerti maksud ayat yang disampaikan.

Seorang muslim dapat membaca literatur lain dan lebih dalam menggali tentang sumber keilmuan yang berkaitan dengan ilmu agama. Sayangnya, banyak juga yang terkendala dalam mempelajari Bahasa Arab. 

Untuk lebih mudahnya, yuk ah simak tips mudah belajar Bahasa Arab berikut agar dapat menguasai Bahasa Arab dengan lebih cepat.  

Tips Jitu Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

Tips Super Mudah Belajar Bahasa Arab
Upload by Helmykediri dari Kemdikbud

Jangan khawatir apabila pada saat awal-awal mempelajari Bahasa Arab masih terasa sulit, anda hanya belum menemukan bagaimana metode belajar yang cocok.

Selain bentuk hurufnya yang sangat berbeda dengan bahasa latin, adanya harakat serta panjang pendek juga membedakan arti dari setiap kata.

Misal: “amin” artinya aman, “aamin” artinya meminta pertolongan, “amiin” artinya jujur, “aamiin” artinya kabulkanlah doa kami.. bingungkan? 

Bisa jadi karena metode pembelajaran yang cocok membuat anda merasa trauma belajar bahasa arab. Lalu bagaimana agar kita lebih mudah menguasai Bahasa Arab? 

Berikut adalah 10 cara mudah mempelajari Bahasa Arab:

1. Cari dan Ketahui Manfaat Menguasai Bahasa Arab

Tips mudah belajar Bahasa Arab yang pertama adalah mencari tahu manfaat menguasai Bahasa Arab, dengan mengetahui manfaatnya, maka semangat untuk mempelajari Bahasa Arab akan semakin menggebu. 

Dengan timbulnya semangat dari dalam diri, maka akan lebih mudah mempertahankan dan menjaga konsistensi belajar Bahasa Arab. Konsistensi adalah kunci sukses menggapai keberhasilan

Beberapa manfaat belajar Bahasa Arab di antaranya adalah kemudahan menghafalkan dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dan hadits maupun riwayat lainnya. 

Bahasa Arab merupakan bahasa yang memberikan ketenangan serta menambah ketentraman dalam jiwa.  Mengapa demikian? Sebab Bahasa Arab adalah bahasanya penduduk surga. Jiwa yang tenang akan berefek baik dalam segala sendi kehidupan. 

2. Teguhkan Niat

Tips mudah belajar Bahasa Arab yang kedua adalah meneguhkan niat belajar Bahasa Arab. Keteguhan niat dalam mempelajari Bahasa Arab. Teguhnya niat merupakan kunci utama keberhasilan. Tanpa adanya niat yang terus menerus dijaga, maka sungguh akan sulit mencapai keberhasilan menguasai Bahasa Arab. 

Lebih lanjut niat tersebut harus lurus karena Allah SWT agar keridhoan Allah selalu  menyertai setiap ikhtiar yang anda lakukan.

3. Berdoa Sepenuh Hati

Mengapa harus berdoa? Doa merupakan salah satu tips mudah belajar Bahasa Arab yang sangat penting. Berdoalah kepada Allah Swt agar dimudahkan dan diberkahi dalam proses belajarnya. 

Selain itu mohon doa kepada orang-orang yang doanya diijabah seperti orang tua dan guru-guru. Mintalah juga keridhoan ilmu kepada guru yang mengajarkan sehingga ilmu yang diajarkan lebih mudah diserap. Jaga betul-betul adab baik didepan mereka. 

4. Mengikuti Program Khusus

Bukannya tidak mungkin bila kita bisa mempelajari Bahasa Arab secara otodidak kenapa harus berbayar? Banyak juga orang yang belajar dan menguasai Bahasa Arab secara mandiri. Namun tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memahami dan menguasainya. 

Untuk itulah tips mudah menguasai Bahasa Arab agar proses pembelajaran lebih sistematis adalah bergabung dengan program khusus seperti private, kursus, les dan sebagainya 

Dengan mengikuti program khusus, proses belajar akan lebih terencana. Adanya materi yang telah dikelompokan berdasarkan tingkat kesulitan, juga latihan-latihan yang disusun sedemikian rupa sehingga pembelajar akan lebih mudah mencerna pelajaran. 

Bukan hanya itu, dengan mengikuti program khusus belajar Bahasa Arab, sang pembelajar akan lebih tertantang untuk terus maju ke tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Hal tersebut tentu sangat baik bagi percepatan dalam penguasaan bahasa Al-Qur'an ini. Apalagi saat ini sangatlah mudah mengikuti kursus. Bila tak punya waktu untuk pergi mengunjungi tempat kursus dapat mengikuti kursus online. 

Mengikuti kursus online merupakan salah satu tips sukses belajar Bahasa Arab bagi mereka yang sibuk atau tidak memungkinkan mengikuti kursus offline. 

Selain orang yang sangat padat kegiatannya, kursus online sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang masih memiliki beberapa anak yang masih kecil. Untuk membawa anak ke tempat kursus rasanya tidak kondusif, khawatir malah mengganggu kegiatan pembelajaran offline. 

Nah kemudahan yang ditawarkan oleh kursus online merupakan solusi tepat belajar bahasa Al-Qur'an.

5. Banyak Membaca

Tips mudah mempelajari Bahasa Arab yang kelima yaitu banyak membaca. Dengan banyak membaca, maka bahasa-bahasa yang biasa digunakan baik ejaan maupun tata bahasa akan terekam dalam benak juga terbiasa kita ucapkan. 

Akibatnya perkembangan dalam mempelajari Bahasa Arab akan lebih cepat. Tata bahasa yang terekam dalam ingatan akan otomatis digunakan ketika berhadapan langsung dengan bahasa yang sedang dipelajari. 

6. Banyak Menulis

Banyak Menulis

Seperti halnya membaca, maka menulis pun menjadi salah satu tips jitu menguasai Bahasa Arab yang efektif. Menulis adalah salah satu cara terbaik dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Kosakata Bahasa Arab yang telah dilihat akan dibuat lebih melekat dengan menuliskannya berulang-kali. Dilihat, kemudian dituliskan, dan selanjutnya adalah diucapkan. Bila konsisten dilakukan niscaya proses keberhasilannya semakin cepat.

7. Banyak Mendengar

Sebelum tahap pengucapan tentunya harus didahului dengan mendengarkan bahasa arab.  Mendengar cara mengucapkan dan menirukannya dapat dilakukan dengan cara mendengarkan penutur asli yang bisa kita peroleh dari berbagai media audio visual. 

Ulangi terus dan tirukan. Selanjutnya rekam suara kita saat mengucapkan apakah sudah mirip atau belum. Jika ternyata belum mirip, dengarkan lagi, dan tirukan lagi begitu seterusnya.

Antara membaca, menulis, mendengarkan, dan mengucapkan, semua ini saling berhubungan. Satu sama lain saling memberi penguatan dan memberi pengaruh besar agar bahasa yang telah dipelajari melekat erat dalam memori bukan hanya bagai angin lalu saja. Sebentar paham dan sebentar kemudian hilang tak berbekas. 

8. Menambah Kosakata dan Menggunakannya Pada Berbagai Kesempatan

Tambahlah kosakata dengan cara yang menyenangkan. Banyak berlatih dan ulang terus kosakata yang telah dipelajari. Jangan cepat bosan. Kosakata dan pengetahuan yang sudah dikuasai dengan sangat baik dapat hilang bila tidak terus dilakukan pengulangan. 

Cara mengulang dan melatihnya selain dengan membaca kembali juga dengan menggunakannya dalam berkomunikasi. Jangan sia-siakan setiapkali ada kesempatan.  

Misal, ketika bertemu saudara atau teman, ucapkanlah;

  • Di pagi hari, ucapkan "sabaahul khayr" (selamat pagi).
  • Di siang hari, ucapkan "masaa al-khayr" (selamat siang).
  • Di malam hari, ucapkan "masaa al-khayr" (selamat malam).
  • "Al-ma'dirah": Permisi (jika Anda meminta seseorang untuk memberikan jalan)
  • "Aasif": Maaf
  • "Miin faadliikaa": Tolong
  • "Shukran": Terima kasih
  • "Al'afw": Balasan "terima kasih"

9. Memiliki Komunitas atau Teman Belajar

Dengan memiliki sebuah komunitas, akan sangat memudahkan pembelajar melatih kemampuan berBahasa Arabnya. Selain itu, komunitas dan teman belajar juga dapat mengkoreksi sekaligus memberikan semangat dalam proses belajar

Jangan remehkan peran semangat dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Semangat yang membara dan terjaga akan membuat usaha yang dilakukan lebih gigih dan tidak pantang menyerah.

10.  Percaya Diri

Setelah 9 tips di atas, tahap terakhir yang sangat perlu dilakukan adalah membangun rasa percaya diri. Tanpa adanya kepercayaan diri, maka mustahil keberhasilan akan didapat. 

Rasa percaya diri sangat penting saat mempelajari bahasa yang bukan bahasa ibu. Jadi, ketika mengalami kesalahan dalam pengucapan dan berkomunikasi, jangan ragu terus mencoba. Salah saat belajar itu biasa. Proses itu memang harus dilalui oleh setiap pembelajar. 

Dengan kedisiplinan maka proses mempelajari, memahami, mengingat kembali, dan menggunakannya dalam konteks yang dibutuhkan dapat menghantar pembelajar untuk lebih cepat fasih berbahasa arab. 

Semoga 10 tips mudah belajar Bahasa Arab di atas dapat membantu para pembelajar menguasai Bahasa Arab dengan cepat dan mudah

Lebih penting lagi kalau dapat kita gunakan sesuai kebutuhan sehingga dapat segera merasakan manfaatnya. 

Oleh Mansur Syah dari Kudus Jawa Tengah owner blog https://www.arobiyahinstitute.com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "10 Tips Super Mudah Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula "