Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Dan Format Video Terbaik Untuk Youtube

Blogger Kediri Blog_Orang_IT. Youtube merupakan salah satu platform yang menyediakan berbagai macam jenis video terbaik untuk diakses oleh kalangan masyarakat. Ukuran dan format video di youtube tak jarang menjadi salah satu pertimbangan masyarakat dalam menyaksikan tayangan. Berikut adalah daftar ukuran dan format vdeo terbaik untuk youtube bagi Anda yang ingin mengupload atau melihat tayangan di platform ini.

Ukuran Video Terbaik Untuk Youtube

Ukuran Video Terbaik Untuk Youtube

Ukuran video di youtube erat kaitannya dengan resolusi tayangan yang ditampilkan pada platform ini. Resolusi tersebut mempengaruhi kejernihan gambar dan kontras warna dari video youtube yang ditayangkan. Pilihan ukuran atau resolusi video youtube dapat diatur sesuai dengan keinginan penonton pada mode pengaturan (ikon gerigi) di setiap tayangan video.

Resolusi dari youtube sendiri dibagi menjadi beberapa tingkatan bergantung pada kejernihan video yang ditayangkan. Di samping itu, resolusi youtube juga mempengaruhi besarnya kuota yang harus dikorbankan oleh setiap penonton video. Berikut adalah daftar resolusi dari beragam jenis ukuran dan format video terbaik untuk youtube yang harus anda mengerti

• 480p : Standar Definition

Resolusi 480p merupakan ukuran yang paling kecil untuk dijadikan pilihan ketika anda melihat tayangan video youtube, maupun saat mengupload videonya. Perbandingan skala dalam resolusi video 480p pada youtube adalah 852 x 480 piksel. Resolusi video 480p disebut sebagai ukuran SD atau standar definition, dimana tampilan tayangan akan biasa saja dan tidak terlalu tajam.

Kelebihan dari resolusi video youtube 480p adalah ukurannya kecil dan tidak menghabiskan ruang penyimpanan apabila didownload. Di samping itu, resolusi 480p cocok untuk menayangkan video pada smartphone android dengan spesifikasi rata-rata. Resolusi 480p juga tidak memakan terlalu banyak kuota dalam sekali penayangan video youtube.

• 720p : High Definition

Ukuran video youtube yang berikutnya adalah high definition dengan resolusi tayangan 720p. Video yang ditampilkan dalam resolusi 720p lebih jernih jika dibandingkan dengan 480p. Resolusi 720p sempat diklaim menjadi ukuran terbaik dalam penayangan video youtube, sebab kejelasan visualnya. Namun, saat ini standar tayangan youtube lebih tinggi lagi, sehingga 720p menempati urutan kedua.

Resolusi video youtube 720p mempunyai ukuran 1.280 x 1.080 piksel yang tidak akan membuat kuota Anda cepat habis. Ukuran resolusi youtube 720p cocok untuk dijadikan pilihan apabila ingin mendownload film yang ada di youtube. 

Resolusi video 720p menjadi pilihan tepat jika ingin menyaksikan tayangan youtube melalui laptop atau PC. Selain itu, bagi yang akan mengupload video ke youtube, ini bisa dikatakan sebagai rekomendasi resolusi minimalnya.

• 1080p : Full High Definition

Full high definition atau resolusi 1080p merupakan ukuran yang sering di incar bagi pemilik TV youtube. Kualitas penayangan video youtube akan lebih baik jika menggunakan resolusi 1080, sehingga cocok untuk disaksikan di layar TV yang besar. Tampilan video youtube yang ditayangkan menggunakan resolusi 1080p akan terlihat lebih jernih dan tidak buram.

Tayangan video youtube beresolusi 1080p akan semakin menarik apabila dilengkapi dengan audio yang mendukung. Pasangkan speaker portable untuk mengeraskan audio pada televisi android Anda agar suara video youtube yang ditayangkan semakin menggema. Resolusi video youtube 1080 sangat cocok untuk disaksikan bersama keluarga.

• 1440p : Quad High Definition

Perbandingan antara resolusi 1440p atau yang biasa disebut ukuran Quad HD dengan resolusi standar definition adalah sebesar 4 kali lipat. Resolusi Quad High Definiton mempunyai tampilan yang sangat jernih dengan ukuran 2560 x 1440 piksel. Video youtube yang ditayangkan menggunakan resolusi 1440p tentu saja mempunyai size memori yang besar.

Bagi pengguna wifi di rumah yang mempunyai jaringan cepat, sangat disarankan untuk menonton video youtube dengan resolusi 1440p ini. Apalagi jika di rumah dilengkapi dengan peralatan menonton yang lengkap, jenis resolusi video youtube yang satu ini akan membuat kebersamaan keluarga lebih menyenangkan. Resolusi 1440 membuat tampilan video youtube jauh dari kesan buram.

Format Video Terbaik Untuk Youtube

Format Video Terbaik Untuk Youtube

Ukuran dan format video terbaik untuk youtube perlu diperhatikan tidak hanya bagi penonton saja, melainkan juga para content creator. Format video harus diperhatikan para content creator agar bisa menampilkan video youtube dengan kualitas terbaik dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Lalu, apa saja format terbaik yang biasa digunakan untuk video youtube? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Cara melewati batasan usia saat menonton youtube

• MP4

MP4 merupakan salah satu jenis format video yang sangat populer dan banyak digunakan oleh berbagai tayangan. Format video MP4 kian dikenal oleh masyarakat luas seiring banyaknya konten youtube yang menggunakannya. MP4 merupakan jenis format video youtube yang dianggap tidak mempersulit proses pembuatan video.

Format MP4 merupakan standar yang harus dipenuhi untuk video di platform youtube. Video youtube yang menggunakan standar MP4 lebih mudah untuk didownlad pada berbagai jenis device. Hal ini disebabkan format video tersebut tidak memakan ruang yang cukup besar. Di samping itu, video dengan format MP4 tidak membutuhkan device dengan spesifikasi tinggi untuk penayangannya.

• AVI

Format video untuk platform youtube berikutnya adalah AVI, Audio Video Interleave yang sudah sangat terkenal di berbagai media. Salah satu jenis video youtube yang mempunyai format AVI kebanyakan adalah tayangan film. Audio Video Interlave juga merupakan format asli ketika pengambilan video menggunakan kamera digital atau handycam.

Ukuran dan format video terbaik untuk youtube AVI dapat dijadikan sebagai pilihan karena mudah dikombinasikan menggunakan codec Divx. AVI merupakan format video yang dikembangkan oleh microsoft dan dibuat agar ramah dibaca dengan software codec. Anda hanya perlu menginstall alat pembaca codec untuk bisa memutar format AVI dengan lebih mudah.

• WMV

WMV merupakan format video youtube yang diciptakan oleh windows dan cukup pesat perkembangannya. Format ini sengaja dibuat untuk memudahkan pemutaran video di berbagai jenis windows tanpa takut gangguan. Windows movie video merupakan salah satu format untuk tayangan youtube yang mempunyai peranan penting dalam pengembangan platform tersebut.

Format windows movie video dapat digunakan untuk mengakses youtube menggunakan windows XP sekalipus. Format video yang satu ini tergolong sangat ringan dan mudah untuk dibuka pada berbagai jenis PC. WMV mempunyai peranan penting dalam pengembangan format video lainnya di berbagai media, termasuk platform youtube.

• FLV

Ukuran dan format video terbaik untuk youtube yang selanjutnya adalah FLV. Format video youtube yang satu ini cukup terkenal dahulunya, namun seiring dengan berkembangnya media, FLV semakin jarang digunakan. FLV sering dianggap sebagai format yang jadul dan hanya digunakan untuk memutar video pada PC model terdahulu.

Format FLV dapat ditemukan pada berbagai judul anime dan film yang biasa ditonton. Kualitas video youtube yang menggunakan format FLV juga terbilang cukup bagus. Di samping itu, video yang menggunakan format FLV tidak memakan kapasitas ruang terlalu besar. Video youtube dengan format FLV yang ukurannya semakin besar akan mempunyai kualitas kian baik pula.

Sampai disini, bisa dipahami bahwa ukuran dan format video terbaik untuk Youtube adalah ukuran 1440p, yang merupakan resolusi tertinggi dan format MP4. Jadi, saat akan mengunggah video ke Youtube, pastikan Anda menerapkan keduanya.

www,helmykediri..com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Ukuran Dan Format Video Terbaik Untuk Youtube"