Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Bahasa pemrograman terpopuler dan terbanyak dipelajari

Selamat Datang di Blog_Orang IT. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia komputer pasti tidak asing lagi dengan yang namanya bahasa pemrograman. Apalagi, jika Anda seorang developer, pastinya tahu betul mengenai hal ini. Lalu apa saja bahasa pemrograman terpopuler  yang paling banyak dipelajari? Berikut ulasannya.

Bahasa pemrograman terpopuler dan terbanyak dipelajari

1. PHP

PHP merupakan kepanjangan dari Hypertext Pre-Processor. Ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh developer di Indonesia. 

Bahasa pemrograman ini banyak dipilih selain karena gratis, juga merupakan sebuah server side scripting yang sengaja dirancang untuk membangun website yang dinamis. Orang yang berhasil mengembangkan bahasa pemrograman ini ialah Rasmus Lerdorf.

Belum lama ini, tepatnya di bulan Juni 2020, PHP baru merilis versi terbarunya, yaitu versi 7.4.7. Banyak sekali situs-situs website yang menggunakan PHP ini sebagai dasar bahasa pemrogramannya. Situs-situs tersebut di antaranya adalah Wordpress, Facebook, Youtube dan Digg. 

2. JavaScript

JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman paling populer di seluruh dunia karena digunakan oleh banyak developer. Bahasa ini pun mampu bertahan di posisi pertama selama beberapa tahun sebagai bahasa pemrograman terpopuler.

Setidaknya, pada tahun 2019, Statistik menyimpulkan bahwa ada 67,8% developer yang ada di seluruh dunia telah menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrogramannya. JavaSript juga sangat cocok digunakan dalam membangun sebuah sistem yang berbasis web karena mudah dipelajari.

3. Java

Bahasa pemrograman terbaik selanjutnya adalah Java. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan dalam berbagai macam platform, baik melalui PC maupun mobile. Bahasa pemrograman ini memiliki kelebihan yaitu dapat dijalankan pada sistem yang berbeda.

Java juga termasuk dalam OOP, sehingga programmer dapat dengan mudah membuat sebuah program yang disusun menggunakan bahasa pemrograman ini. Keunggulan lain yang ditawarkan Java ialah memiliki library lengkap yang juga dapat memudahkan seorang programmer.

Aplikasi-aplikasi telepon genggam pun kini juga banyak yang menggunakan bahasa pemrograman Java ini, karena penyusunannya dianggap lebih mudah.

4. Python

Dalam bahasa pemrograman, Python merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler dan berada pada tingkatan cukup tinggi. Python juga menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat dipakai membangun aplikasi berbasis web maupun mobile.

Bahasa Python ini cukup mudah digunakan bagi programmer yang masih pemula. Hal ini dikarenakan bahasa tersebut mudah dibaca menggunakan syntax yang mudah dipahami. Sehingga, tidak dapat dipungkiri lagi jika perusahaan besar banyak yang menggunakan Python.

Perusahaan besar tersebut di antaranya adalah Radio, Pinterest, bahkan Instagram yang akhir-akhir ini banyak digandrungi. Selain itu, Python juga digunakan oleh perusahan-perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan, seperti Yahoo!, Google dan NASA.

5. Visual Basic

Salah satu bahasa pemrograman yang berhasil dikembangkan oleh Microsoft ialah Visual Basic. Bahasa pemrograman ini sengaja dirancang agar dapat membuat sebuah software yang berbasis Windows. Oleh karena itu, bahasa pemrograman ini menawarkan banyak ide visual untuk membuat software.

Software developer banyak yang memilih menggunakan Visual Basic dalam pengembangannya. Pada akhirnya, hal ini berhasil membuat Visual Basic menjadi populer. Di indonesia pun telah terbentuk grup Bahasa Pemrograman Visual Basic yang memiliki lebih dari dua puluh dua ribu anggota.

Baca juga: Kemampuan seorang hacker sejati

6. C

Pada tahun 70-an telah berhasil dikembangkan bahasa pemrograman yang diberi nama C dan cukup populer. Sebagian besar jurusan IT di perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga yang memiliki kursus bahasa pemrograman juga mempelajari C sebelum mempelajari yang lainnya.

Bahasa pemrograman C dijadikan sebagai bahasa dasar yang harus dipelajari sebelum mempelajari bahasa pemrograman lainnya. Hal ini dikarenakan C dianggap sebagai “bapak” bahasa pemrograman, seperti Java, C#, C++ dan yang lainnya.

7. Rust

Sebagian orang mungkin merasa asing dengan Rust karena masih tergolong bahasa pemrograman baru. Namun, OverFlow Developer mengatakan bahwa Rust merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler. Hal ini dikarenakan Rust banyak dicari dan digunakan para developer.

Bahasa pemrograman ini dirancang oleh Mozilla Foundation. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinnya buffer overflows dan segala kesalahan yang terjadi pada memori, termasuk pointer yang menjuntai.

8. Kotlin

Setelah bahasa pemrograman Rust, muncul juga yang namanya Kotlin. Kotlin ini dikeluarkan oleh JetBrains dan merupakan bahasa pemrograman yang banyak dicari. Bahasa Kotlin sepenuhnya dapat dijalankan menggunakan Java dan tanpa adanya batasan.

Hal tersebut dikarenakan Kotlin bekerja sama dengan bahasa pemrograman Java. Oleh karena itu, Kotlin dapat bekerja dengan sangat baik menggunakan library dan frameworks milik Java.

9. Ruby on Rails

Ruby on Rails terkenal sebagai bahasa pemrograman yang banyak dicari dan digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun kecil untuk mengembangkan program yang dimilikinya. Perusahaan yang menggunakan bahasa ini di antaranya ialah Twitter, Basecamp dan Shopify.

Di samping itu, AirBnB dan Groupun ternyata juga menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini. Bagi para pemula pun disarankan sebelum mempelajari bahasa ini lebih jauh untuk memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Ruby.

10. Go

Jika Mozilla Foundation berhasil menciptakan bahasa pemrograman yang diberi nama Rust, lain halnya dengan Google. Google juga berhasil menciptakan sebuah bahasa pemrograman yang diberi nama cukup sederhana, namanya Go.

Seperti halnya C++, Go juga tergolong dalam bahasa pemrograman yang efisien. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam menggabungkan berbagai aspek pemrograman fungsional terbaik dan lebih berorientasi pada objek.

Adapun proyek-proyek yang dalam pengembangannya menggunakan Go, di antaranya Ethereum, Cryptozoic, dan Kubernetes.

11. Swift

Swift merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler dan tergolong baru. Hal ini dikarenakan Swift masih baru diperkenalkan pada tahun 2014 oleh perusahaan Apple. Bahasa pemrograman ini sengaja dirancang guna membantu seorang developer dalam mengembangkan aplikasi IOS.

Selain aplikasi IOS, Swift juga dirancang untuk membantu aplikasi macOS dalam pengembangannya, sehingga bisa bekerja lebih cepat. Swift sendiri pun sebenarnya sangat dipengaruhi oleh bahasa pemrograman lain, seperti Phython dan Ruby dalam hal keamanan, kecepatan, dan keunggulannya.

Kepopularitasannya juga terus mengalami peningkatan. Tercatat ada 110 aplikasi terpopuler di App Store banyak yang telah menggunakan Swift, yakni sekitar 42% aplikasi. Oleh karena itu, banyak sekali perusahan-perusahaan yang mengincar Swift ini sebagai bahasa pemrogramannya.

12. TypeScript

TypeScript merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa JavaScript. Bahasa pemrograman ini juga dikembangkan dengan berbagai fitur-fitur tambahan yang masih baru dan ditambahkan fungsinya, sehingga bahasa ini menjadi lebih mudah digunakan.

TypeScript dan JavaScript memiliki sintaks yang sama. Oleh karena itu, TypeScript tergolong sebagai bahasa pemrograman yang banyak diadopsi oleh para pelaku industri.

Keunggulan lain yang ditawarkan bahasa ini adalah fungsionalitasnya yang dapat membantu software engineer membangun aplikasi berskala besar.

Inti dari semua pengembangan pada aplikasi sebenarnya tergantung pada bahasa pemrograman yang dipilih. Sekarang pun telah banyak tersedia berbagai macam bahasa pemrograman. Daftar-daftar di atas merupakan bahasa pemrograman terpopuler dan terbaik, jadi Anda ingin mempelajari yang mana?

www,helmykediri,com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "12 Bahasa pemrograman terpopuler dan terbanyak dipelajari"