Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Situs Cek Plagiarisme Terbaik, Terpopuler dan Gratis

Blogger Kediri Blog_Orang IT. Plagiarisme merupakan tindakan menjiplak hasil karya orang lain dan kemudian mengakuinya sebagai hasil karyanya sendiri. Untuk memastikan tulisan bebas dari plagiarism, maka naskah tersebut bisa dicek pada salah satu situs cek plagiarisme terbaik.

Dalam dunia kepenulisan, plagiarisme merupakan hal yang wajib dihindari. Karena itulah, bagi seorang penulis penting kiranya mengecek hasil karyanya terlebih dulu sebelum dipublikasikan. Berikut beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk mengecek plagiarisme secara gratis

Situs Cek Plagiarisme Terbaik, Terpopuler dan Gratis

1. Plagiarisme Checker

Plagiarisme Checker merupakan salah satu situs yang dapat digunakan untuk mengecek plagiarisme dari sebuah karya tulis. Seorang penulis, memang dituntut untuk menyajikan sebuah karya tulis yang 100% asli dan tidak terdapat indikasi meniru karya orang lain.

Dalam hal ini, Plagiarisme Checker dapat menjadi pilihan pengecekannya. Situs ini dapat mengecek maksimal 1000 karakter dalam sekali cek.

2. DupliChecker

DupliChecker merupakan situs pengecek plagiarisme gratis, namun hanya dapat digunakan satu hari saja. Jika Anda ingin mengecek lebih dari itu, maka akan dikenakan biaya dan terlebih dahulu harus membuat akun. Meskipun demikian, Anda setidaknya bisa melakukan cek plagiarisme gratis 1x dalam sehari.

Selain itu, ketika Anda menggunakan situs ini juga harus terhubung ke internet. Hal ini dikarenakan DupliChecker harus melakukan pencarian dan menunjukkan hasil karya lain yang diduga plagiat. 

Namun, cara cek plagiarisme pada DupliChecker ini sangat akurat seperti layanan premium. Anda hanya perlu memasukkan teks yang hendak dicek plagiarismenya. Tunggu sampai aplikasi ini melakukan pemindaian. Setelah itu Anda akan mendapat hasil dari pengecekan.

3. Unicheck

Bagi Anda seorang mahasiswa atau yang bekerja dalam dunia kepenulisan, pastinya tidak asing lagi dengan situs cara cek plagiarisme terbaik yang satu ini. Situs ini memang cukup banyak digunakan, apalagi di kampus-kampus, komunitas penulis, maupun oleh para editor.

Anda dapat mengunduh aplikasinya secara gratis di Play Store atau mengunjungi situs Unicheck dan kemudian memasukkan paragraf yang hendak dicek pada kolom yang tersedia. Caranya sangat mudah bukan? Aplikasi yang satu ini juga dapat memindai secara cepat dan bersamaan meskipun format tulisannya berbeda.

Jadi, Anda hanya tinggal copy-paste tulisannya saja tanpa perlu ribet menyamakan formatnya. Setelah itu, Anda akan mendapatkan laporan yang isinya tentang bagian karya tulis mana saja yang terdeteksi memiliki kemiripan atau mengandung plagiasi.

4. Whitecheck

Whitecheck merupakan salah satu situs yang digunakan untuk mengecek plagiarisme online secara gratis. Namun, jika ingin menggunakan situs ini, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Cara menggunakannya juga cukup mudah, karena penggunahanya perlu mengunggah dokumen yang akan dicek.

Tunggu sampai selesai proses pemindaiannya. Setelah itu, situs ini akan memberi sebuah laporan berapa jumlah plagiarisme yang terdeteksi beserta sumber aslinya.

5. Paperrater

Salah satu situs cek plagiarisme yang tidak perlu melakukan registrasi terlebih dahulu ialah Paperrater. Situs ini hanya membutuhkan waktu singkat dalam proses pemindaiannya. Waktu yang diperlukan tersebut sekitar 5 sampai 15 menit saja.

Paperrater juga tersedia dalam versi aplikasi, sehingga Anda dapat menggunakannya kapan pun dan dimana pun. Keunggulan lain yang ditawarkan situs ini adalah dapat membenarkan kesalahan penulisan secara otomatis, baik dalam hal grammar maupun salah ejaan.

Baca juga: Kerugian mengelola blog copas!

6. Copyleaks

Situs cek plagiarisme terbaik dan tergolong baru selanjutnya adalah Copyleaks. Copyleaks dapat memberikan pelayanan baik untuk perorangan maupun dalam hal bisnis. Karena itu, Copyleaks layak digunakan.

Aplikasi ini dapat memindai secara cepat hingga lebih dari 60 milliar lembar. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memahami berbagai macam format penulisan dan bahasa asing. Oleh karena itu, aplikasi ini menjanjikan pengecekan keaslian tulisan yang sangat akurat.

7. DustBall

DustBall merupakan situs cek plagiarisme yang memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah kemampuannya dalam mendeteksi kesalahan dalam penulisan. Situs ini akan secara otomatis melakukan perbaikan jika terdapat kesalahan dalam tata bahasa.

Selain itu, situs ini juga memasukkan sumber-sumber yang oleh penulis belum dicantumkan ke dalam tulisannya. Menariknya lagi, situs ini juga tersedia secara gratis sehingga dapat digunakan dan dinikmati oleh siapa saja.

Cara menggunakan situs ini untuk mengecek plagiarisme juga sangat mudah dilakukan. Cukup dengan memasukkan tulisan yang akan dicek atau mengunggah dokumennya saja. Tunggu sampai proses pemindaian berhasil diselesaikan.

DustBall selanjutnya akan memberi sebuah laporan dari hasil pemindaian. Laporan tersebut juga dilengkapi dengan persentase plagiarismenya beserta alamat sumber yang dianggap telah ditiru isinya.

8. Turnitin

Di tingkat perguruan tinggi, situs ini terdengar tidak asing karena cukup banyak digunakan. Banyak sekali dosen-dosen dan para mahasiswa yang memilih menggunakan Turnitin ini sebagai situs pengecek hasil karyanya agar terjamin keakuratannya.

Dosen bisa membuat sebuah folder di dalam Turnitin ini, sehingga nanti jika ada tugas tertentu dari mahasiswanya bisa langsung dikumpulkan langsung di folder ini. Turnitin dapat mengecek melalui internet, bersumber dari database milik mereka, maupun database yang dimiliki oleh pihak akademik yang telah bekerjasama.

9. CopyScape

Bagi Anda yang sedang mencari situs pengecekan plagiarisme gratis, CopyScape bisa jadi pilihannya. CopyScape merupakan salah satu situs cek plagiarisme profesional dan dapat dipercaya dengan hasil yang akurat.

Selain menyediakan layanan gratis, situs ini sebenarnya juga memiliki layanan premium berbayar. Pastinya fitur-fitur yang disediakan didalamnya juga berbeda dengan layanan gratis.

Keunggulan lain dari situs ini adalah mengirim pemberitahuan otomatis melalui email jika suatu saat terdapat sebuah karya tulis yang memiliki kemiripan dengan tulisan di blog Anda. Jadi, jika terdapat sebuah tulisan yang tidak tercantum sumber aslinya sebagai referensi bisa dilaporkan.

10. Plagiarisma

Seperti situs cek plagiarisme lainnya, Plagiarisma juga menyediakan versi website dan versi aplikasi sehingga Anda bisa menikmatinya dimana saja. Situs ini dapat melakukan pengecekan baik itu berupa penelitian atau bahkan skripsi agar terhindar dari masalah copyright.

Selain itu, situs ini juga mampu mengecek tidak hanya Bahasa Inggris saja, melainkan 190 bahasa lain yang berbeda. Plagiarisma juga mendukung penulisan yang menggunakan format berbeda, sehingga Anda tidak perlu mengeditnya terlebih dahulu.

11. PlagScan

PlagScan juga dianggap sebagai salah satu situs cek plagiarisme terbaik. Namun, jika ingin menggunakan situs ini dalam waktu yang lama, Anda harus bersedia melakukan pembayaran. Layanan gratisnya hanya berlaku pada masa percobaan saja.

Cara menggunakan aplikasi ini untuk mengecek plagiarisme juga sangat mudah. Anda hanya perlu melakukannya dengan memasukkan tulisan yang hendak dicek saja, atau bisa juga dengan mengunggah file dokumennya. Kemudian, tunggu proses pemindaiannya. Setelah selesai, akan muncul laporan hasil pengecekan dari situs tersebut.

Bagi Anda yang hendak menerbitkan sebuah karya berupa tulisan, salah satu dari beberapa situs cek plagiarisme terbaik di atas pasti akan sangat membantu. Daftar Ini mudah digunakan dan tidak memerlukan waktu lama dalam pemindaiannya. 

www.helmykediri,com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "11 Situs Cek Plagiarisme Terbaik, Terpopuler dan Gratis"