Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Mitos seputar website yang perlu kamu ketahui

Ketika mendengar kata website, apa kira-kira yang terlintas di pikiran kamu? Website tidak terlalu penting? Website itu mahal? Hanya orang yang jago komputer yang bisa membuat? Eits, jangan langsung percaya mitos-mitos yang beredar ya, guys.

Saat ini, website telah menjadi media pemasaran yang populer digunakan oleh para pebisnis online. Namun, banyak orang memilih untuk tidak menggunakan website karena terkesan mahal dan menyusahkan. Alhasil, banyak pengusaha yang tetap memilih metode konvensional untuk memasarkan produknya. 

Faktanya, pembuatan dan pengelolaan sebuah website itu tidak sulit, lho. Bahkan dengan mengeluarkan sedikit usaha, kamu bisa menjangkau target yang jauh lebih luas dibandingkan cara konvensional. Website juga merupakan salah satu hal terpenting agar bisnis kamu terlihat profesional.

Jangan sampai termakan mitos yang beredar ya, guys! Sayang sekali jika kesempatan sukses kamu terhambat hanya karena mitos, bukan? Artikel dibawah ini akan memberikanmu pemahaman baru mengenai mitos tentang website yang perlu kamu ketahui. Yuk simak bersama agar kamu paham mengenai fakta sebenarnya.

1. Biaya Website Sangat Mahal?

Biaya Website Sangat Mahal

Banyaknya manfaat sebuah website untuk bisnis membuat masyarakat berpikir bahwa harga website pasti sangat mahal. Alhasil, banyak pengusaha yang mengesampingkan penggunaan website untuk bisnis online mereka. Padahal dengan harga yang kurang lebih seperti minuman kekinian, kamu sudah bisa membeli paket website yang cukup lengkap lho. Belum lagi kalau dapat promo menarik, pasti bisa lebih murah. Asal kita pintar mencari info harga yang miring, kita bisa kok dapat dengan harga super hemat.

2. Buat Website Harus Jago Komputer?

Buat Website Harus Jago Komputer

Mitos yang satu ini paling banyak beredar nih. Banyak mitos yang mengatakan bahwa membuat website harus bisa bahasa pemrograman. Seseorang harus pandai dalam bidang IT, coding, internet, dan lainnya. Pasti kalau mendengar begitu sudah langsung malas membuat website, bukan? Tentu saja hal tersebut adalah mitos, guys.

Bahkan saat ini sudah tersedia beragam instant website builder yang bisa kamu temukan dengan mudah. Kamu bisa membuat desain website milikmu sendiri tanpa ribet. Hanya dengan melakukan drag dan drop saja, website bisa langsung jadi! Dan jika kamu terlalu sibuk mengurus hal ini, banyak tersedia jasa pembuatan website terpercaya dengan harga terjangkau juga, lho.

3. Desain Website Sesuai Selera Kamu?

Desain Website Sesuai Selera Kamu

“Buat saja desain website yang sesuai dengan keinginan kamu,”. Jangan ikuti ya, guys! Website kamu kan dibangun untuk menarik pelanggan. Jadi, kamu harus membuatnya sesuai karakteristik pelanggan juga. Pahami selera dan perilaku pelanggan agar kamu dapat memberikan pengalaman memuaskan kepada pengunjung.

Jangan membuat desain sesuai selera kamu juga ya. Belum tentu desain yang menurutmu bagus, ternyata menyusahkan pelanggan dan tidak disukai mereka. Coba lakukan riset terkait pelanggan potensialmu dan buat desain yang simple untuk memudahkan mereka. Yang terpenting adalah website kamu bisa diakses dan berfungsi dengan baik untuk pengunjung websitemu.

4. Tampilan Website Semua Perangkat Itu Sama?

Tampilan Website Semua Perangkat Itu Sama

Tampilan website itu sama pada semua perangkat? Salah besar! Ketika kamu membuat tampilan website yang ditujukan untuk PC, maka ketika dibuka melalui perangkat lain akan terlihat berantakan. Pelanggan kamu malah jadi malas untuk melanjutkan penelusuran kalau terjadi hal seperti itu.

Buatlah website yang responsif sehingga tampilan akan menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan pengunjung kamu, guys. Website mobile friendly itu penting banget, lho. Mengingat bahwa saat ini penggunaan smartphone semakin digemari oleh masyarakat.

5. Usaha Kecil Tidak Butuh Website?

Usaha Kecil Tidak Butuh Website

Banyak orang berpikir bahwa usaha kecil tidak memerlukan website. Ketakutan akan biaya website yang mahal, tidak sesuai dengan pemasukan yang didapatkan. Hal ini salah besar nih, guys! Padahal dengan membangun sebuah website bisa mengembangkan sayap promosi bisnis online mu, lho.

Bisnis kecil yang baru kamu buat justru membutuhkan website sebagai bentuk legitimasi perusahaan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan.. Kamu bahkan bisa menghemat biaya untuk iklan, brosur, pamflet dan menggantikannya dengan mencantumkan berbagai informasi di website mu.

6. Promosi Tradisional Lebih Menguntungkan?

Promosi Tradisional Lebih Menguntungkan

Yakin promosi tradisional lebih menguntungkan? Kamu memerlukan biaya pembuatan, biaya transportasi, menentukan lokasi, dan lainnya. Tentu saja sangat tidak menghemat biaya, bukan?

Promosi tradisional hanya bisa menjangkau lokasi yang spesifik saja. Berbeda dengan website yang bisa menjangkau pelanggan tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Pelanggan kamu bisa datang dari mana saja dan kapan saja selama ia membutuhkan produk yang kamu jual. Bahkan pelangganmu bisa mengakses website kamu saat kamu tidur. 

7. Pilih Domain dan Hosting Mana Saja, Tidak Ada Bedanya!

Pilih Domain dan Hosting Mana Saja

“Semua penyedia layanan domain dan hosting itu sama saja, tidak ada bedanya.”

Hilangkah pemikiran ini nih guys! Faktanya, kamu harus memilih penyedia hosting dan domain yang berpengalaman, pelayanan berkualitas, terjamin keamanannya dan menyediakan paket lengkap untuk kebutuhanmu. Oleh karena itu, cari penyedia layanan hosting yang mampu bertanggung jawab untuk website kamu ya. Layanan hosting yang baik akan menyediakan server yang aman untuk data-data website kamu dan memberikan proses loading yang cepat ketika pengunjung datang.

Pastikan domain dan hosting yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis onlinemu ya. Lakukan riset mana domain terbaik yang cocok untuk bisnismu. Fyi, domain .COM adalah domain yang ideal untuk berbisnis online karena domain ini populer di dunia, SEO friendly dan dapat dijangkau oleh siapapun lho.

8. Media Sosial Lebih Efektif?

Media Sosial Lebih Efektif

Sering kali kamu melihat pebisnis yang mempromosikan produknya melalui media sosial dan mendapat pelanggan yang cukup banyak. Namun, media sosial ini tidak bisa menjangkau pelanggan potensial yang mencari produk melalui mesin pencarian atau Google nih. Sangat disayangkan jika kamu kehilangan pelanggan potensial hanya karena tidak memiliki sebuah website. 

Nyatanya masih banyak orang yang tidak memiliki media sosial lho. Optimalkan website kamu dengan memanfaatkan SEO agar mendatangkan lebih banyak pengunjung ketika mencari di search engine.

Nah, seperti itulah fakta sebenarnya mengenai mitos website yang beredar. Jangan salah kaprah lagi ya teman-teman. Membuat website itu nggak susah kok dan nggak perlu master soal coding. Dan yang pastinya, website memiliki banyak manfaat terutama buat kamu yang ingin merintis bisnis online. Brand kamu akan terlihat lebih kredibel dan terpercaya.

Bagi kamu yang ingin membangun sebuah website, pertimbangkan hal-hal penting penunjang website juga ya. Sesuaikan tampilan website kamu dengan keinginan pelanggan dan pilih penyedia hosting dan domain sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kamu yang ingin membangun sebuah bisnis online dengan website ya, guys!

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "8 Mitos seputar website yang perlu kamu ketahui"