Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara sukses jualan online di facebook supaya laris manis


Pada awalnya, Facebook diciptakan sebagai platform untuk bersosial dan berinteraksi antar penggunanya.

Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi. Facebook lebih sering dimanfaatkan oleh segelintir orang sebagai media promosi secara bebas dan gratis. Tentu saja hal ini terlihat menjengkelkan ketika kita sedang asyik scroll beranda di Facebook, tiba-tiba muncul iklan yang mengganggu.

Cara sukses jualan online di facebook

Disinilah anda perlu berinovasi untuk membuat kampanye iklan yang menarik agar pengguna Facebook tidak merasa terganggu dan senang melihat iklan Anda. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi didalam group atau forum yang berkaitan dengan produk yang anda tawarkan.

Saat ini anda bisa berjualan di Facebook karena Facebook sendiri telah menyediakan marketplace khusus untuk penggunanya agar bisa melakukan aktivitas jual beli. Namun, kebanyakan orang belum tahu bagaimana cara berjualan di Facebook dengan benar

Nah, bagi anda yang ingin memanfaatkan jejaring sosial facebook sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis dan menginginkan agar produk anda cepat laku, berikut ini adalah beberapa tips sukses jualan online di facebook supaya laris manis;

1. Gabung ke group yang berkaitan dengan bisnis anda

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah bergabung ke group yang terkait dengan produk yang anda tawarkan. Misalnya anda ingin berbisnis "sepeda motor di Facebook", maka bergabunglah dengan group "pecinta motor" , "jual sparepart motor" .

Setelah bergabung, gunakan tingkahlaku yang baik agar orang-orang memberi respect positif terhadap postingan anda. Usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan seputar topik yang anda kuasai. Lalu anda bisa sesekali mempromosikan produk anda sebagai rujukan pada postingan orang lain atau membuat postingan sendiri

Tetapi ingat, jangan terlalu sering! Jika anda terus menerus melakukan promosi di Facebook dan orang-orang tidak menyukainya, maka facebook akan menganggap anda telah melakukan perilaku spam yang berakibat buruk terhadap akun FB (banned) serta kelangsungan bisnis anda di Facebook (blokir url)

2. Pasang produk anda di Marketplace

Marketplace Facebook kini mulai digemari banyak orang, hal ini memungkinkan anda untuk melakukan jual beli dengan metode COD atau cash on delivery, sehingga pembeli bisa melihat langsung kondisi barang saat bertemu.

Ini berlaku bagi anda yang ingin berjualan barang second. Jika anda ingin menjual barang baru atau fresh. Anda bisa menggunakan sistem Rekber alias rekening bersama yang banyak tersedia. (bisa memakai layanan marketplace atau jasa rekber pstore)

Rekber dianggap lebih aman daripada sistem transfer langsung (direct) karena dapat menghindarkan penjual dan pembeli dari aksi penipuan. Seandainya pembeli tidak kunjung membayar, maka anda tidak perlu mengirim barang. Begitu pun sebaliknya.

3. Miliki hubungan baik dengan friendlist

Anda harus memiliki hubungan yang baik dengan teman-teman anda di Facebook. Dengan begitu, anda akan lebih mudah mempengaruhi mereka untuk membeli produk anda. Usahakan untuk selalu berkontribusi dengan cara berkomentar di postingan teman serta me-like status mereka

Jika perlu, sapa mereka dengan hangat (ucapkan selamat ulang tahun, membuka obrolan perkenalan .. ). Hubungan yang erat dengan friendlist di Facebook membuat teman-teman Facebook anda memiliki kepercayaan yang tinggi kepada anda. Sehingga saat anda menawarkan produk, mereka akan merasa yakin untuk membelinya

Terus tambahkan lebih banyak teman hingga pertemanan anda mencapai batas. Jaringan yang luas dapat mengembangkan bisnis anda secara cepat. Dengan banyaknya orang yang membagikan postingan anda maka semakin tinggi potensi bisnis anda untuk dikenal dan menjangkau seluruh lapisan elemen masyarakat.

4. Pasang iklan yang menarik

Membuat kampanye iklan yang menarik menjadi tantangan tersendiri bagi para pegiat bisnis. Pasalnya, untuk membuat iklan yang menarik, dibutuhkan inovasi dan kreatifitas yang tinggi. Anda mesti menanamkan slogan baru yang mudah di ingat dan berbeda.

Misalnya seperti salah satu slogan iklan rokok yang sering saya tonton setiap malam yaitu,

Biar kecil, sampah ya sampah..
Kecial buat lo, tapi besar buat semua..

Memang, tidak ada kaitan sama sekali dengan produk yang ditawarkan. Namun, itulah contoh strategi iklan yang menarik. Mereka out of the box. Tidak terpaku dengan produk yang dijual, tetapi fokus pada reaksi orang yang melihat iklan tersebut

Anda juga bisa belajar teknik copywriting untuk meningkatkan penjualan anda. Selain itu, ada juga beberapa kata-kata promosi yang wajib anda gunakan untuk menarik minat calon pembeli.

5. Buatlah Fanpage

Fanpage berfungsi sebagai landing page atau tempat dimana orang dapat mengetahui secara detail tentang produk anda. Sebenarnya, memiliki website dianggap lebih efektif karena bisa menampilkan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis anda secara lengkap dan anda pun bebas mengiklankan produk anda.

Namun, untuk membuat website tentu dibutuhkan modal yang lumayan besar serta pengetahuan yang cukup. Misalnya saja untuk membeli hosting dan domain, belum lagi anda harus mensetting website tersebut agar bisa muncul di halaman pertama pencarian Google (belajar SEO, REO , BEO)

Tips saat membuat fanpage yaitu buatlah se-profesional mungkin. Jangan membuat fanpage secara asal, itu tidak baik untuk kelangsungan bisnis anda dimasa depan. Dengan profesionalitas yang tingi akan membuat calon pembeli merasa yakin ketika membeli produk anda.

Bila perlu, gunakan jasa desain untuk menghasilkan gambar-gambar yang keren. Selain itu, anda bisa menggunakan jasa fotografi dan model untuk kepentingan iklan anda.

6. Testimoni

Keberadaan testimoni sangat berguna bagi kelangsungan bisnis anda. Oleh sebab itu, banyak orang mengandalkan testimoni positif dari pembeli saat mempromosikan produk mereka. Salah satunya, ialah produk kecantikan.

Biasanya dalam promosi akan tampil foto before-after penggunaan selama jangka waktu tertentu. Misalnya dengan anda menggunakan produk ini, jerawat anda akan segera hilang, flek hitam akan pudar, dan bla bla bla.

Tapi iklan seperti itulah yang disukai masyarakat khususnya bagi orang yang merasa penasaran mengenai kualitas produk tersebut. Sayangnya, foto before-after yang kebanyakan kita lihat adalah kepalsuan dan hasil kreasi Photoshop. Terlebih sekarang ini banyak sekali testimoni palsu dari oknum yang menyalahgunakan Fake Whatsapp.

Anda bisa men-screenshoot testimoni dari para pembeli, kemudian mempostingnya di Facebook. Dengan begitu, orang-orang akan lebih percaya untuk membeli produk anda. Namun, cara ini sebaiknya jangan dilakukan jika bisnis anda sudah cukup besar karena dianggap kurang profesional.

Anda hanya perlu menyediakan halaman khusus bagi pembeli untuk memberikan review produk anda secara suka rela

7. Gunakan FB-Ads

Yang terakhir, anda bisa menggunakan FB-Ads sebagai media promosi iklan berbayar. Harga yang ditetapkan untuk memasang iklan disana cukup bervariatif, mulai dari Rp.15.000/hari hingga tidak terbatas

FB-Ads dikenal ampuh untuk mendongkrak penjualan anda mengingat ada satu milliar lebih jumlah pengguna Facebook yang aktif setiap hari. Anda juga bisa mengatur target iklan berdasarkan umur, jenis kelamin, dan minat audiens.

Jika dilakukan secara berkelanjutan, akan membuat bisnis anda semakin berkembang. Karena brand anda menjadi populer di Facebook. Namun, beriklan membutuhkan modal yang tidak sedikit, anda bisa mengumpulkan sebagian keuntungan dari hasil penjualan untuk biaya pasang iklan di FB Ads.

Bonus : sabar dan konsisten

Dalam berbisnis , anda pasti akan mengalami banyak rintangan yang datang bertubi-tubi. Kegagalan demi kegagalan pasti akan menjumpai anda. Cara terbaik adalah segera bangkit ketika anda gagal dan belajarlah dari kegagalan agar tidak terjatuh pada lubang yang sama

Karena hidup ini dinamis, kadang di atas dan kadang di bawah. Tetaplah konsisten apapun yang terjadi pada diri anda. Karena ketekunan yang tinggi pastinya membuahkan hasil yang bisa anda petik di masa depan nanti.

Penutup

Nah,jika anda sudah memahami 7 cara sukses berbisnis online di Facebook. Selanjutnya, anda bisa membaca kisah sukses William Tanuwijaya yang sangat inspiratif. Ia adalah seorang pendiri marketplace Tokopedia. Dulunya, ia hanyalah seorang penjaga warnet hingga akhirnya menjadi orang sukses seperti sekarang ini.

Satu hal yang harus anda tanamkan dalam diri anda yaitu sifat pejuang dan pantang menyerah. Selalu berikan motivasi baru untuk diri anda setiap harinya. Dengan begitu, anda akan selalu tergerak maju untuk melakukan inovasi dalam bisnis anda.

www,helmykediricom
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "7 Cara sukses jualan online di facebook supaya laris manis"