Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kitab Youtube Newbie, panduan jadi youtuber pemula

Artikel ini saya bikin untuk menjawab pertanyaan2 dasar para pemain youtube baru seperti bagaimana meningkatkan viewer? setelah upload ngapain ya? kok earning tidak bertambah2? SO daripada jawab satu2 mending bikin artikel lah mengenai Kitab Youtube newbie++

Tentu saja semua orang pasti pernah mengalami masa2 sulit menjadi newbie seperti pertanyaan tidak ada yang jawab, di kadalin oleh member2 lain di group agar pm mastah ini itu hingga no respon. Tapi itu semua merupakan proses meningkatkan kemandirian anda bila anda mau mencoba untuk berusaha lebih untuk mencari sendiri sangat memungkinkan anda akan menemukan ilmu yang lebih berharga dari apa yang anda tanyakan contoh nya Main niche Hollywooood.

Disclaimer:

Saya Cuma newbie, karena main blackhat dsb mastah bisa kembali jadi newbie setiap saat. artikel ciptaan newbie ini merupakan hasil googling dan experiment saya dalam bermain youtube adsense selama 2 tahun ini, jadi saya tidak mengkopi paste artikel premium mastah2 dan saya tidak menarik biaya atau keuntungan dari artikel ini. Tujuan saya bikin artikel ini semata2 hanya untuk sharing dan memberikan kontribusi pada group2 adsense tempat saya belajar dari nol.

SKIP.........

Lanjutkan membaca bila anda sudah paham dasar2 peryoutuban dan sudah mempunyai channel youtube + adsense / mcn, kalau belum bikin dulu biar gak gagal fokus. Saya tidak menjelaskan lagi bagaimana cara mendaftar adsen, cara isi TDT, atau paling parah lagi cara membuat akun yutub. Jadi langsung saja fokus pada mendapatkan trafik dan channel sudah bisa autopilot dalam sebulan.

Terjun ke bidang peryoutuban Filosofi saya seperti membuka usaha real, sebagai contoh kecil saja tidak mungkin anda membuka sebuah toko / warung kecil kemudian stok barang di tinggalkan begitu saja dan berharap pada nasib baik atau keajaiban akan datang begitu saja bukan?

Bermain youtube itu katanya gampang, dollar ngalir sendiri tiap bulan tinggal tunggu PO, video comot sana sini bisa di monetisasi jadi duit. 

Belum tau namanya santet online? Digerebek Satpol PP online? Di guna2 oleh saingan?? Itu semua yg terjadi di bisnis real juga berlaku di sini. WASPADALAH!!

Minggu pertama - Persiapan

Siapkan beberapa akun google, dari akun google tersebut bikin channel sebanyak mungkin secara bertahap biasanya 1 gmail bisa kurang lebih 7 channel sebelum di mintai verifikasi no hp. Why? you can thanks me later.

INSTAL Vidiq, Heartbeat, klipper pada chrome , bikin akun linklicious.co

Siapkan 1 atau 2 akun youtube spammer dengan kurang lebih 10 channel (untuk like, comment, subscribe)

Tentukan niche yang di inginkan dan siapkan material nya sekitar 10 - 15 video (reupload, ori, video cc terserah)

Rename video anda sebelum upload dengan format contoh_video_lucu.mp4 atau contoh-video-lucu.mp4 untuk raw file youtube, intinya nama file anda harus include KW jadi tidak masalah nanti kalau misalnya di youtube editor title nya berubah

Seperti "Kompilasi video lucu di jamin ngakak" dan sebagainya karena masih nyangkut KW Video lucu. untuk KW saya cuma menggunakan VIDIQ & Heartbeat jadi tidak perlu repot2 buka tab baru.

- Hari H mengupload

DO & Don't :

- Video dengan viewer di atas 1K saat publish berpotensi viral di banding yang masi 0 (sapa sih yg mau jadi tester penonton pertama video gak jelas?).

- Video2 unlist bisa di naikan viewer nya dengan trik annotasi dan playlist di step selanjutnya.

- Penting!! jangan langsung mengkaitkan dengan adsense dan di monetisasi

- Upload 15 video tersebut sebagai unlisted

- Siapkan 8 video yang akan di publish duluan, optimalisasi TDT (title tag desc)

Setelah publish buka link masspings.com klik tab youtube backlink masukan video ID anda dan copikan semua tag ke kolom keyword, pilih 100 backlink.

Setelah selesai scrape 100 link tersebut dengan klipper dan upload ke linklicious.co untuk di index search engine. Fungsi linklicious di sini untuk otomatis ping dan submit url BL anda ke search engine. kalau punya modal lebih boleh di coba versi premium nya karena free user biasa nya cuma crawled 25%

Langkah2 selanjutnya setelah publish mencakup share, spam, optimal playlist, trik annotation, dll akan saya bahas di tahap 2

Minggu Ke-2 saat nya gencarkan promosi

Minggu ini bisa santai?? belum... ibarat nya di dunia bisnis anda baru saja buka warung sembako, anda masih belum di kenal orang, supplier ( youtube) masih belum mempercayai anda, belum ada langganan, modal belum balik !!PUSING!!

Setiap video yang anda publish harus di optimalisasi seperti pada langkah di atas, kalau channel anda aman dari banned setelah 1 minggu boleh di kaitkan adsense sekarang dan di monetisasi.

Sisa video unlisted di publish 1 per 1 satu tiap hari atau terserah anda yang penting rutin, di massping dan linklicious (permainan nya di sini setiap anda ping video baru anda itu juga menambah exposure channel)

next

Gunakan akun spamming dengan banyak channel anda untuk bikin playlist dengan Judul menyangkut KW, saya sndiri memiliki banyak channel jadi setiap playlist berisi video setema dari beberapa channel contoh nama playlist "video orang gila" "video bayi salto",dll

- Like, share, comment dengan channel spam(saya sendiri gunakan youtube app di android jadi setiap ada waktu senggang bisa di lakukan), bikin group facebook berisikan member dari channel2 anda, untuk saling +1 video dan sharing community untuk meningkatkan social signal

Minggu ke-3 Meneliti selera penonton

Tetap kerjakan seperti di minggu kedua, tambah video baru atau publish sisa video.

Di minggu ini trafik anda seharus nya sudah ada peningkatan ibarat nya warung anda sudah mulai di datangi pembeli, yang perlu di perhatikan di minggu ini video apa yang paling lancar? cek trafik source nya apakah dari YT search? Sugested? atau dari sosmed. 

Mengapa cek trafik source penting? karena disini lah acuan untuk optimalisasi video lain yang mandek. Misalnya video A banyak viewer dari sosmed berarti spamming anda berhasil dan boleh di lakukan terhadap video lain, KW "Orang Gila" paling laris di search maka bikin video tema orang gila yang lain. 

Sugested dari Video orang lain dengan KW Bayi salto maka ATM (Amati Tiru Modifikasi) optimalisasi video orang itu. Bagaimana agar pembeli2 tersebut menjadi pelanggan? Kalau misal nya di Mata**** atau swalayan2 pasti dikasih voucher atau kartu langganan sekaligus minta data diri pembeli seperti no.tlp dll biar bisa d spamming dgn promo2 terbaru sampai anda bising sendiri hehe..  ini juga akan kita terapkan di sini , jangan biarkan penonton anda berlalu begitu saja.

Trik nya di bawah:

Annotation Trik (Use it at your own risk again)

Tekhnik subscribe paksa, biasanya selesai menonton.. para penonton tidak sudi menghiraukan permohonan anda untuk subscribe, biarpun anda spam Desc, annotation besar2 SUBSCRIBE HERE!!!

Tapi dengan trik ini penonton akan di buat terlanjur menekan link subscribe gara2 gagal fokus saat menonton.

Perhatikan contoh ini

Bikin 3 annotasi spotlight seperti contoh masing2 ukuran 1/3 layar dengan border dan font transparant.

Ke 3 annotasi tersebut pilih menu subscribe ke channel anda atau campur2 dengan link video juga boleh.

panduan jadi youtuber pemula

- Gunakan Vidiq untuk mengkopi annotasi tersebut ke semua video, (thats why i love vidiq)

Distributing viewer

Ganti annotasi tersebut ano1 untuk ke video 1, ano2 untuk playlist, ano 3 video 2 suka2 ente az.

Minggu ke empat

Di minggu ke 4 seharusnya ada peningkatan besar dari minggu2 sebelumnya kalau tidak maka anda tidak berjodoh dengan tutorial saya. Untuk kegiatan di minggu ini tetap lakukan seperti di minggu sebelum2nya. Dan di minggu ini kalau ingin tetap fokus di channel ini, silahkan saja sambil update video baru terus, atau buka toko cabang sambil manage toko lama biar jadi konglomerat hehehe. 

Andaikan saja minimal 1 bulan bisa 1 channel dalam setahun sudah ada 12 channel paling boncos 1 channel=10$/bulan maka sudah 120$/bulan di tahun kedua. 

Masih ingat saran saya untuk bikin banyak2 channel dari akun google itu?? fungsi nya akan saya jelaskan di sini, channel yang berumur lebih SEO friendly, kedua syarat gabung MCN biasa nya minimal umur channel 1 bulan. Jadi saya sudah mempersiapkan anda untuk tetek bengek beberap bulan kedepan.

Untuk penampakan channel niche abadi umur hampir 2 tahun, channel2 ini sudah tidak pernah saya urus lagi tapi masih menghasilkan biarpun sedikit2 walau tidak sebanyak main si item  

Niche gaming

panduan jadi youtuber pemula2

Channel kedua earning lamanya hilang setelah gabung mcn

panduan jadi youtuber pemula3

Lalu di mana saudara2 nya yang berwarna hitam?? Easy come easy go. . .

Contoh riset 1 bulan sebelum penulisan artikel

panduan jadi youtuber pemula4

Usia Channel :

Channel A memasuki 28 hari, B 2 minggu, C 2 minggu

Niche low competition tapi sering muncul di home page youtube

panduan jadi youtuber pemula5
panduan jadi youtuber pemula6

Contohnya Niche “Ular makan manusia” yang search pasti dikit, tapi ada video orang lain seniche sering muncul di home dan recomended by youtube kalau berhasil dapat trafik dari video itu hasil nya lumayan kan?

Penutup

Tutorial yang saya sampaikan ini bisa di lakukan oleh siapa saja karena tidak memerlukan tool aneh2, trik atau bot. Faktor pengali dalam hasil yang di dapat bergantung 99% pada upaya anda dan di iringi dengan Doa kepadaNya karena rezeki sudah ada yang atur sisa nya 1% unsur luck.

Demikian tutorial dari uji coba trial error selama perjalanan youtube saya untuk KW Abadi mohon maaf bila ada kesalahan dalam kata2 dan penulisan.

Sumber ardi


Tips wajib pemain adsense youtube

Browser untuk login akun adsense jangan sesekali anda untuk login akun adsense lainnya atau untuk daftar adsense, atau anda login gmail lainnya. Usahakan sedia 1 browser khusus untuk akun adsense saja, jangan dicampur aduk.

Tips lain:

1. Email utama (yang sudah terdaftar adsense) jangan diupload video lagi, khusus hanya video untuk daftar adsense saja dan ini khusus untuk akun adsense, jadi jangan dibuat upload video. Nah jika anda membuat video sendri (bukan reupload dan sebagainya) anda bisa buat chanel turunan untuk anda isi video.

2. Nah jika anda membuat video dengan teknik reupload atau yang bukan buatan original anda sendri, maka jangan sesekali anda upload video di akun email utama (adsense). Lalu bagaimana cara untuk upload videonya ? 

Caranya, anda buat email yang banyak kemudian daftarkan youtube, nah 1 email bisa anda buat 10 chanel, nantinya video anda di upload pada chanel tersebut dan dikaitkan pada adsense utama. Kenapa harus seperti ini ? nah ini untuk jaga-jaga agar bermain aman demi kelangsungan akun adsense.

3. Untuk anda pemain youtube dengan cara reupload/bukan video ori anda sendri (visual,audio) anda wajib punya 1 akun email atau lebih untuk dijadikan chanel khusus cek video. Buat chanel cek1 dan cek2. 

Nah, nantinya chanel cek1 ini untuk mengecek apakah video yang akan anda upload terkena klaim hak cipta atau tidak, jika terkena anda bisa edit terlebih dahulu. Nah jika sudah selesai di edit silahkan anda upload pada chanel cek2 untuk melihat apakah video lolos. 

Nah jika sudah benar-benar lolos baru anda upload video ke chanel monetisasi anda. Ini agar aman. Gunakan cara seperti ini jika anda tidak yakin apakah video anda lolos dari klaim hak cipta. 

Sumber Raja Tubes
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Kitab Youtube Newbie, panduan jadi youtuber pemula"