Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis program studi bidang kehutanan, pertanian, psikologi, seni

Jenis program studi bidang kehutanan, pertanian, psikologi, seni

BIDANG ILMU : KEHUTANAN

PROGRAM STUDI, ANTARA LAIN :

1. BUDI DAYA HUTAN
2. KONSERVASI SUMBER DAYA HUTAN
3. MANAJEMEN HASIL HUTAN
4. TEKNOLOGI HASIL HUTAN
 

1. PROGRAM STUDI : BUDI DAYA HUTAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan diarahkan untuk menjadi Sarjana Kehutanan yang menguasai bidang khusus Budi Daya Hutan yang mencakup tiga bidang, yaitu Silvikultur, Manipulasi Lingkungan dan Perlindungan Hutan.

Gambaran Ilmu yang dipelajari seperti Perlindungan Hutan, Ilmu Tanah Hutan, Dendrologi, Genetika Hutan, Silvikultur, Fisiologi Pohon, Bioteknologi Hutan, Mikribiologi Hutan, Ilmu Penyakit Hutan, Pengendalian Hutan Rakyat, Teknologi Benih, Agroforestry, Silvikultur Hutan Alam, Teknik Persemaian, Klasifikasi Tanah, Fitogeografi, Arsitektur Pohon, Klimatologi, Kebakaran Hutan.

Hal yang perlu diperhatikan : Mempunyai dasar yang kuat dalam ilmu biologi, diperlukan jiwa avanturi, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna karena bidang yang sangat diperlukan untuk eksplorasi dan konvervasi alam.

B. PROSPEK LULUSAN

Ahli Sosiatri banyak dibutuhkan untuk bekerja di lembaga- lembaga pemerintah, lembaga nonpemerintah, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, pengamat sosial, media massa, penerbitan. Bisa juga bekerja mandiri sebagai konsultan atau pengamat sosial.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : IPB, UNIB, UGM, UNLAM, UNPA, UNPATTI, USU.

2. PROGRAM STUDI : KONSERVASI DAYA HUTAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diarahkan untuk menjadi ahli dalam konservasi sumber daya alam hayati dan pengelolaan sumber daya tersebut secara lestari. Jadi, kalian akan menjadi seorang ahli dalam memelihara ekosistem hutan, daerah aliran sungai, keanekaragaman hayati, pengelolaan kawasan konservasi dan satwa liar.

Pelajaran di program studi ini antaralain KonservasinTanah da Air, Konservasi Flora dan Fauna Langka, Ekologi, Etika, Interpretasi Lingkungan, Kepariwisataan Alam, Pencemaran Lingkungan, Pengelolaan Suaka Margasatwa, Pengelolaan Lanskap, Pengelolaan Kawasan Konservasi, Keanekaragaman Hayati, Teknik Pengelolaan Satwa Liar, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, Perhutanan Kota.

Hal yang perlu diperhatikan : Mempunyai dasar yang kuat dalam ilmu biologi, diperlukan jiwantauvrai, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna karena bidang yang sangat diperlukan untuk eksplorasi dan konvervasi alam.

B. PROSPEK LULUSAN

Departemen Kehutanan, Departemen Transmigrasi, industri perkayuan, industri kertas, lembaga konservasi, Perhutani, inhutani, perusahaan swasta kehutanan, lembaga penelitian nasional maupun internasional, lembaga swadaya masyarakat.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : IPB, UGM
PTN : UNIKU, UM-Palembang, Univ. Nusa Bangsa Bogor 
 

3. PROGRAM STUDI : MANAJEMEN HUTAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan mengarahkan kalian menjadi ahli kehutanan yang memahami konsep-konsep pengelolaan sumber daya hutan terutama hutan produksi.

Pelajaran di program studi ini antara lain Pemanenan Hasil Hutan, Ilmu Ukur Tanah, Ilmu Ukur Kayu, Inventarisasi Hutan, Manajemen Hutan, Pengusahaan Hutan Rakyat, Penafsiran Potret Udara, Ekonomi Sumbera Day Hutan,  Mesin-mesin Kehutanan,

Analisis Ekonomi Proyek-proyek Kehutanan Pembangunan, Tata Guna Lahan, Pemasaran Hasil Hutan, Perencanaan Permanenan Hasil Hutan, dsb.

Hal yang perlu diperhatikan : Mempunyai dasar yang kuat dalam ilmu biologi, diperlukan jiwa avanturi, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna karena bidang yang sangat diperlukan untuk eksplorasi dan konvervasi alam.

B. PROSPEK LULUSAN

Departemen Kehutanan, Departemen Transmigrasi, Industri Perkayuan, industri kertas, lembaga konservasi, Perhutani, Inhutani, perusahaan swasta kehutanan, lembaga penelitian nasional maupun internasional, lembaga swadaya masyarakat.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : IPB, UGM, UNHALU, UNHAS, UNLAM, UNMUL, UNPA, UNPATTI, UNSRI, USU, UNTAN
PTS : Univ. gNsuasa Ban Bogor, Univ. Al-Islam Muh. Sorong

4. PROGRAM STUDI : TEKNOLOGI HASIL HUTAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diarahkan untuk menjadi sarjana kehutanan yang mempunyai keahlian dan keterampilan khusus dalam bidang pemanenan hasil hutan dan pengolahan hasil hutan.

Mempelajari Struktur dan Sifat Kayu, Fisika Kayu, Mekanika Kayu, Kimia Kayu, Variasi Kayu, Konstruksi Kayu, Kayu untuk Energi, Pemasaran Hasil Hutan, Hasil Hutan Nonkayu, Perekatan Kayu, Teknologi Penggergajian Kayu, Pengerjaan Kayu, Finishing Produk Kayu, Teknologi Kerajinan Kayu, Desain Produk Kayu, Teknologi Pulp dan Kertas, Teknologi Penanganan Limbah, Pengawetan Kayu.

Hal yang perlu diperhatikan : Mempunyai dasar yang kuat dalam ilmu biologi, diperlukan jiwa avanturi, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna karena bidang yang sangat diperlukan untuk eksplorasi dan konvervasi alam.

B. PROSPEK LULUSAN

Departeman Kehutanan, Departemen Transmigrasi, industri perkayuan, industri kertas, lembaga konservasi, Perhutani, Inhutani, perusahaan swasta kehutanan, lembaga penelitian nasional maupun internasional, lembaga swadaya masyarakat.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : IPB, UGM, UNHAS, UNLAM, UNMUL, UNPA, UNPATTI, UNSRI, USU, UNTAN
PTS : INSTIPER-Yk., Univ. Winaya Mukti Sumedang. 
 

BIDANG ILMU : PERTANIAN

PROGRAM STUDI, ANTARA LAIN :

1. BUDI DAYA PERTANIAN (AGRONOMI)
2. PEMULIAAN TANAMAN
3. PENGOLAHAN HASIL PERNANIAN (TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN)
4. TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
5. HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN
6. HOLTIKULTURA
7. SOSILA EKONOMI PERTANIAN (AGRIBISNIS)
8. PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN
9. ILMU TANAH
10. BUDIDAYA PERIKANAN
11. MANAJEMEN SUMBER DAYA PERIKANAN
12. TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
 

1. PROGRAM STUDI : BUDI DAYA PERTANIAN (AGRONOMI)

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan diarahkan untuk menjadi Sarjana Pertanian yang ahli dalam pengembangan teknik budi daya dan pengelolaan lingkungan pertumbuhan tanaman untuk mencapai produksi optimal.

Program studi ini akan banyak belajar tentang Botani, Mikrobiologi, Taksonomi, Ilmu Tanah, Fisiologi, Agronomi, Biokimia, Klimatologi, Budi Daya Tanaman. Teknologi Pasca Panen, Statistitka, Genetika, Perlindungan Tanaman, Ekologi Tanaman, Pembiakan Vegetatif, Pengelolaan Air, Pemuliaan Tanaman, Kultur Jaringan Tanaman, Pengolahan Limbah Agroindustri.

Program Studi ini membutuhkan kecukupan akan kemampuan ilmu matematika, statistik, kimia dan biologi.

B. PROSPEK LULUSAN

Lulusan Agronomi dapat bekerja pada berbagai posisi profesional seperti pegawai perusahaan pertanian negara atau swasta, penyuluh spesialis (bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, pedesaan), aktivis LSM, wirausaha, perbankan.

E. Direktori Perguruan Tinggi

PTN : IPB, UNAND, UNIB, UB, UGM, UNHALU, UNHAS, UNJAM, UNEJ, UNSOED, UNLAM, UNILA, UNMUL, UNPA, UNDANA, UNPAD, UNPATTI, UNRI, UNSAM, UNS, UNSRI, UNSYIAH, UNTAN, UNUD
PTS : Univ. Borobudur, UKSW, UMB, Univ. Muria Kudus, dll 

2. PROGRAM STUDI : PEMULIAAN TANAMAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Memilih program studi ini, bersiaplah menjadi ahli dalam pengembangan tanaman termasuk perakitan varietas baru. Selian itu, juga akan menjadi kompeten dalam eksplorasi, pemanfaatan, pengembangan dan pelestarian plasma nuftah, serta mampu memproduksi benih bermutu yang menunjang budi daya tanaman untuk kesejahteraan umat manusia.

Pelajarannya meliputi Ekologi, Genetika, Ilmu Tanah, Perlindungan Tanaman, Pemuliaan Tanaman, Ilmu Hama Tanaman, Ilmu Penyakit Tumbuhan, Fisiologi Tumbuhan, Sitogenetika, Kesuburan, Pemupukan dan Kesehatan Tanah, Teknologi Benih, Bioteknologi, Pemuliaan Tanaman, Perencanaan Pengembangan Wilayah Pertanian.

Program Studi ini membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kecukupan akan kemampuan ilmu matematika, statistik, kimia dan biologi.

B. PROSPEK LULUSAN

Lembaga penelitian (perakit varietas baru), wirausaha perbenihan, lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Departemen Transmigrasi, Pemerintah Daerah), lembaga pendidikan, lembaga swadaya masyarakat, industri pertanian, perbankan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UNAND, UB, UGM, UNSOED, UNMAT, UNPA, UNPAD, USU

3. PROGRAM STUDI : TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Hasil pertanian yang berlimpah tak akan memberikan nilai tambah yang tinggi jika dibiarkan begitu saja tanpa pengolahan yang baik dan berstandar internasional. Program studi ini diarahkan menguasai berbagai ilmu dan keterampilan untuk melakukan pengolahan hasil pertanian menjadi produk yang bernilai tambah.

Gambaran materi atau ilmu yang dipelajari diantaranya, mikrobiologi, statistika, pengetahuan bahan, kimia hasil pertanian, teknologi pasca panen, mesin dan peralatan, analisis hasil pertanian, ilmu gizi dan pangan, ekonomi pertanian, teknologi pengolahan, pengemasan & penyimpanan, dasar perencanaan alat dan mesin, perencanaan industri hasil pertanian, pengembangan produk olahan, pengawasan mutu, pengolahan limbah agro industri.

Ilmu yang harus dikuasai adalahokloimgiia, bi dan menuntut ketekunan dan ketelitian, kepekaan serta memiliki kemampuan membuat laporan ilmiah bidang industri hasil pertanian.

B. PROSPEK LULUSAN

Berwirausaha dalam bidang pengelolaan hasil pertanian maupun sebagai penggerak dalam bisnis yang terkait dengan teknologi pengelolaan hasil pertanian. Dapat bekerja di lembaga pemerintah, lembaga penelitian, lembaga akademik, perbankan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UNSYIAH, USU, UNAND, UNRI, UNJAM, UNSRI, UNILA, UNSOED, UB, UJEB, UNUD, UNMAT, UNHAS, UNSAM, UNPA
PTS : INSTIPER-YK, Univ. Mercu Buana-Yk, Univ. Slamet Riyadi Srkta. 

4. PROGRAM STUDI : TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan diarahkan untuk menjadi sarjana yang mampu secara optimal memadukan manajerial, rekayasa dan teknologi proses produksi dari suatu sistem agroindustri

Gambaran Materi atau Ilmu yang dipelajari antara lain : Matematika industri, ekonomi mikro dan makro, riset operasional, ekonomi teknik, sistem produksi, perencanaan proyek industri, teknik tata cara kerja, manajemen industri, teknik dan manajemen pengemasan, sistem industri pertanian, sistem manajemen mutu, analisis produktivitas, analisis pengambilan keputusan, dsb.

Program Studi ini membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kecukupan akan kemampuan ilmu matematika, statistik, kimia dan biologi. Selain itu, program studi ini merupakan rekayasa bidang pertanian masa depan.
 
B.SPEK LULUSAN

Lulusan program studi teknologi industri pertanian tersebar di banyak sektor industri, baik pertanian maupun non pertanian antara lain, industri rokok, pabrik susu, industri makanan, furniture. Di luar sektor indusrti ; mereka tersebar di lembaga pemerintahan, lembaga perbankan, lembaga-lembaga pendidikan, wiraswasta.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : IPB. UB, UGM, UNILAM, UNIB, UNUD
PTS : ITI-Jkta , Univ. Trunojoyo Madura, dll 
 

5. PROGRAM STUDI : ILMU HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Seperti halnya manusia, tumbuhan sangat rentan terhadap serangan penyakit yang menyebabkan penurunan produktivitasnya. Program studi ini mengarahkan jadi ahli dalam teknologi pengendalian hama dan penyakit tanaman. Dengan keahlian itu, bisa produksi tanaman unggul baik dalam kuantitas maupun kualitas 

Gambaran ilmu yang dipelajari diantaranya : mikribiologi, taksonomi, mikologi, ilmuntaah, fisiologi, genetika, pengendalian gulma, bakteriologi, entomologi, ekologi, ilmu penyakit tumbuhan, ilmu hama tumbuhan, kesuburan tanah, pemuliaan tanaman, pestisida dan teknik aplikasi, dignosis penyakit tanaman, dsb.

Program Studi ini membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kecukupan akan kemampuan ilmu kimia dan biologi yang baik.

 
B. PROSPEK LULUSAN
Bekerja pada instansi pemerintah pusat penelitian Pertanian, balai karantina, sebagai tenaga pengajar pada perguruan tinggi negeri, sebagai staf pada kantor berbagai departemen, staf ahli peneliti pada pabrik benih, pabrik pestisida, dan beberapa pabrik yang berhubungan dengan produksi pertanian

C. Direktori Perguruan Tinggi
PTN : IPB. UNAND, UNIB, UB, UGM, UNHALU, UNHAS, UNJAM, UJEB, UNSOED, UNLAM, UNILA, UNMAT, UNMUL, UNPA, UNDANA, UNPAD, UNPATTI, UNRI, UNSAM, UNSRI, USU, UNSYIAH, UNUD.
PTS : UM-Sumut, Univ. Islam Sumut, dll

6. PROGRAM STUDI : HOLTIKULTURA

A. DESKRIPSI SINGKAT

Menimba ilmu di program studi ini akan diarahkan menjadi Sarjana Pertanian yang ahli di bidang produksi dan seni hortikultura yang berwawasan lingkungan dan agribisnis.

Gambaran Ilmu yang Dipelajari diantaranya :

Mikrobiologi, Statistika, Pengetahuan Bahan, analisis hasil pertanian, ilmu gizi dan pangan, ekonomi pertanian, teknologi pengolahan, Taksonomi, Mikologi, Ilmu Tanah, Fisiologi, Genetika, Pengendalian Gulma, Bakteriologi, Entomologi, Ekologi, Kesuburan Tanah, Patologi, Pemuliaan Tanaman, Pestisida dan Teknik Aplikasi, Dignosis Penyakit Tanaman.

Program Studi ini membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kecukupan akan kemampuan ilmu kimia dan biologi yang baik

B. PROSPEK LULUSAN

Pencipta lapangan kerja dengan menggerakkan usaha-usaha dalam  bidang  hortikultura.geDraapkat  ber di  industri  pariwisata (agrotourism) sebagai tenaga konsultan di perusahaan-perusahaan agribisnis tanaman hortikultura, konsultan perhotelan, konsultan pertamanan, lembaga pemerintah, lembaga penelitian, lembaga akademik, perbankan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : IPB, UB, UNILA, UNMAT, UNIPA, UNSOED, UNTAD
PTS : Univ. Wisnuwardhana Malang

7. PROGRAM STUDI : SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (AGRIBISNIS)

A. DESKRIPSI SINGKAT

Belajar di program studi ini akan diarahkan menjadi Sarjana Pertanian yang berkualifikasi mahir dan terampil dalam industri pertanian (agribisnis)

Gambaran Ilmu yang Dipelajari, diantaranya :

Belajar mengenai Matematika Ekonomi, Sosiologi Pedesaan, Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Ekonomi Pertanian, Ilmu Usaha Tani, Tata Niaga Pertanian, Manajemen Agribisnis, Ekonomi Gizi dan Pangan, Ekonomi Produksi, Pupuk dan Pemupukan, Manajemen Tata Niaga, Perencanaan Pembangunan Wilayah, Pembiayaan Perusahaan Pertanian, Pengawasan Mutu.

Program Studi ini membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kecukupan akan kemampuan manajerial yang baik.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja menjadi penggerak bisnis di semua sektor yang terkait dengan bidang pertanian. Dapat bekerja di lembagakapne,rban lembaga pemerintah, lembaga penelitian dan lembaga akademik.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : IPB, UNAND, UNIB, UB, UGM, UNHALU, UNHAS, UJEB, UNSOED, UNLAM, UNILA, UNMUL, UNMAT, UNDANA, UNPATTI, UNS, USU, UNSYIAH, UIN-SH, UNTAD, UNSRI, UNUD
PTS : UKSW, Univ Widya Mukti Sumedang, Univ. Widya Gama Mlng 

8. PROGRAM STUDI : PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Menjadi Sarjana Pertanian yang memiliki dasar-dasar pengetahuan untuk mengenal dan menganlisis situasi masyarakat dan pedesaan. Selanjutnya, menggunakan hasil analisis tersebut dalam bentuk program penyuluhan dan komunikasi yang mendorong tumbuhnya kemandirian masyarakat pertanian.

Gambaran Materi / Ilmu yang Dipelajari diantaranya, strategi- strategi pengembangan masyarakat tani untuk mengantisipasi berbagai masalah yang terus berkembang dan berubah-ubah. 

Pelajarannya antara lain Sosiologi, Ekonomi Mikro, Ilmu Tanah, Ekonomi Pertanian, Dasar Penyuluhan dan Komunikasi Perubahan Sosial, Ekologi Manusia, Sosiologi Ekonomi, Antropologi Sosial, Teknologi Benih, Pupuk dan Pemupukan, dsb.

Program Studi ini membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kecukupan akan kemampuan manajerial yang baik. 
 
LULUSAN
Dapat berperan aktif dalam penyebaran teknologi baru dibidang pertanian melalui lembaga pemerintah maupun swasta. Kalian juga dapat berkiprah di lembaga pendidikan, lembaga penelitian, perbankan, penerbitan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UNAND, UB, UGM, UNHALU, UNILAM, UNILA, UNTAM, UNIPA, UNS, UNSRI, USU, UNUD

9. PROGRAM STUDI : ILMU TANAH

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi Ilmu Tanah akan mengarahkan untuk menjadi ahli ilmu tanah yang memiliki kemampuan merumuskan pendekatan yang tepat untuk memecahkan berbagai masalah kesuburan tanah; konservasi tanah dan air; pengelolaan lahan dan lingkungan; tata ruang; tata guna tanah; dan foto udara.

Pelajaran penting di luar ilmu dasar pertanian ynang aka   kalian terima antara lain Ilmu Tanah, Geologi dan Mineralogi Tanah, Pengelolaan Air, Konservasi Tanah dan Air, Morfologi dan Klasifikasi Tanah, Ilmu Ukur Wilayah, Dasar Perencanaan Pengembangan Wilayah, Pengelolaan Lahan Marginal.

Program Studi ini membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kemampuan ilmu matematika, fisika dan kimia yang baik

B. PROSPEK LULUSAN

Dapat bekerja pada semua sektor yang terkait dengan bidang keahlian seperti di Departemen Pertanian, Departemen Transmigrasi, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan, Perbankan, Lembaga Penelitian, Lembaga Swadaya Masyarakat, Lembaga Pendidikan, Pemerintah Daerah, Industri Perhotelan/Pertamanan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : IPB, UNAND, UNIB, UB, UGM, UNHALU, UNHAS, UNJAM, UNEJ, UNSOED, UNLAM, UNILA, UNTAM, UNMUL, UNIPA, UNDANA, UNPAD, UNPATTI, UNS, UNSRI, USU, UNSYIAH, UNTAD,, UNUD.
PTS : UPN-Yk, UISU

10. PROGRAM STUDI : NUTRISI DAN MAKANAN TERNAK

A. DESKRIPSI SINGKAT

Progam studi ini mengarahkan agar ahli dalam bidang ilmu nutrisi dan makanan ternak yang mampu mengidentifikasi bahan- bahan pakan berkualitas tinggi dan memproduksinya dengan baik. Selain itu diarahkan untuk menjadi ahli dalam menghitung kebutuhan nutrisi serta memformulasikan ransum yang tepat dengan kebutuhan ternak.

Pelajaran penting di program studi ini adalah Ilmu Nutrisi Ternak, Biokimia Nutrisi, Produksi Hijauan Pakan, Nutrisi dan Pakan Ruminansia, Nutrisi dan Pakan Unggas, Biokimia Ternak, Enzimologi, Teknologi Fermentasi, Fisiologi Tanaman Pakan, Ilmu Kesuburan Tanah, Nutrisi dan Pakan Non-Ruminansia, Fabrikasi Pakan.

Program Studi ini membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kemampuan ilmu biologi dan kimia yang baik

B. PROSPEK LULUSAN

Ahli pada industri peternakan (pembibitan, penggemukan, pemotongan, petelur, pemerahan). Bekerja sebagai ahli pada fabrikasi hasil peternakan seperti pabrik susu, pengalengan daging. Bekerja di pabrik makanan ternak, pabrik obat - obatan ternak, lembaga pendidikan, penelitian, atau wirausaha peternakan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : UNAND, UM, UNDIP, UGM, UNHAS, UNJAM, UNSOED, UNRAM, UNIPA, UNDANA, UNSAM, UNSRI, UNUD.

11. PROGRAM STUDI : PRODUKSI TERNAK

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini lebih menekankan pada kemampuan menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan ilmu di bidang produksi ternak untuk kebutuhan masyarakat.

Gambaran Materi / Ilmu yang Dipelajari :

Ilmu Reproduksi Ternak, Pemuliaan Ternak, Produksi Ternak Potong, Produksi Ternak Unggas, Infertilitas dan Sterilitas, Manajemen Feedlot, Ilmu Tilik Ternak, Inseminasi Buatan, Ilmu Ternak Kerja Pembibitan Ternak Unggas.

Memilih Program Studi harus menyukai bidang perternakan. Selain itu, membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kecukupan akan kemampuan ilmu biologi dan kimia yang baik.

B. PROSPEK LULUSAN

Ahli pada industri peternakan (pembibitan, penggemukan, pemotongan, petelur, pemerahan). Bekerja sebagai ahli pada fabrikasi hasil peternakan seperti pabrik susu, pengalengangd. agin Bekerja di pabrik makanan ternak, pabrik obat - obatan ternak, perbankan, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, atau wirausaha peternakan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : IPB, UNAND, UNIB, UNDIP, UGM, UNHALU, UNHAS, UNJAM, UNSOED, UNLAM, UNPATTI, UNSYIAH, UNSAM, USU, UNNES, UNUD
PTS : UM-Bengkulu, UM-Malang, dll

12. PROGRAM STUDI : SOSIAL EKONOMI PETERNAKAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini, akan diarahkan untuk menjadi ahli perencanaan usaha peternakan yang sekaligus mampu mengelola usaha peternakan dengan efisiensi dan berkesinambungan. Selain itu, akan dididik untuk mampu menerapkan pendekatan yang tepat dalam memecahkan masalah pada pemasaran hasil-hasil peternakan

Pelajaran lebih ditekankan pada ilmu-ilmu seperti Matematika Ekonomi, Ekonomi Pembangunan Peternakan, Ilmu Ekonomi Mikro, Ilmu Ekonomi Makro, Ilmu Ekonomi Produksi Peternakan, Ilmu Usaha Tani Ternak dan Koperasi, Dasar Perencanaan, Ekonometrika, Sosiologi Pedesaan, Demografi, Media dan Teknik Penyuluhan.

Memilih Program Studi harus menyukai bidang perternakan. Selain itu, membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kecakapan dalam bidang manajerial yang baik.

B. PROSPEK LULUSAN

Ahli pada industri peternakan (pembibitan, penggemukan, pemotongan, petelur, pemerahan). Bekerja sebagai ahli pada fabrikasi hasil peternakan seperti pabrik susu, pengalengan daging. Bekerja di pabrik makanan ternak, pabrik obat - obatan ternak, perbankan, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, atau wirausaha peternakan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UNAND, UB, UNDIP, UGM, UNHAS, UNJAM, UNSOED, UNSAM

13. PROGRAM STUDI : TEKNOLOGI HASIL TERNAK

A. DESKRIPSI SINGKAT

Jika memilih progarm studi ini, bersiaplah menjadi ahli dalam ilmu teknologi hasil ternak mulai dari cara memanen, mempertahankan mutu dan keamanan pangan, serta pengolahannya. Pokoknya, kalian disiapkan untuk menjadi ahli dalam menghasilkan makanan dari ternak dan produk olahannya.

Pelajaran di program studi ini antara lain Anatomi dan Histologi,ibMioiklorgi         Hasil Ternak, Pangan dan Gizi Hasil Ternak, Operasi Alat Industri Hasil Ternak, Teknologi Pengawetan Kulit, Enzim Pangan Hasil Ternak, Manajemen Industri, Keamanan Pangan Hasil Ternak, Teknologi Penyamakan Kulit, Abatoir dan Teknik Pemotongan, dsb.

Memilih Program Studi harus menyukai bidang perternakan. Selain itu, membutuhkan ketekunan, ketelitian serta kecakapan dalam teknologi rekayasa hasil ternak.

B. PROSPEK LULUSAN

Ahli pada industri peternakan (pembibitan, penggemukan, pemotongan, petelur, pemerahan). Bekerja sebagai ahli pada fabrikasi hasil peternakan seperti pabrik susu, pengalengan daging. Bekerja di pabrik makanan ternak, pabrik obat - obatan ternak, perbankan, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, atau wirausaha peternakan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : AUNGDM,, UN UB, UNDIP, UNHAS

BIDANG ILMU : PSIKOLOGI

FAKULTAS/PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Fakultas atau program studi ini dikhususkan bagi yang berminat dengan studi ilmiah tentang perilaku dan pikiran manusia. Perilaku yang dipelajari mengacu pada tindakan atau reaksi yang dapat diukur atau diobservasi, baik yang berdasarkan kesadaran maupun ketidaksaaran.

Lulusannya agar mampu mengembangkan kemampuan analisis yang dapat dijadikannya landasan untuk mengambilpkuetusan di berbagai sektor kehidupan, seperti di bidang akademik, sosial kemasyarakatan, bisnis, dan sebagainya.

Ada Program Studi Profesi Psikologi yang diarahkan untuk menjadi tenaga psikologi profesional yang terampil, mandiri dan bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Program studi ini akan membekali teknik-teknik pemeriksaan psikologi agar mampu menggunkan metode-metode psikodiagnostik. Secara garis besar pelajaran yang bakal kalian hadapi adalah seputar Psikologi, Teologi Moral/Etika, Filasafat Manusia, Filsafat Ilmu, Filsafat Logika, Statistik, Sosioogi, Antropologi, Kompetensi Berbahasa, dan Ilmu Komunikasi.

Hal yang perlu diperhatikan :

Memilih program studi ini harus tertarik menganalisa jenis tingkah laku manusia, mampu mengendalikan diri dan mampu memegang kode etik profesi.
 
B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja sebagai ilmuwan dan praktisi psikologi di berbagai lembaga atau instansi seperti lembaga jasa psikologi, lembaga pendidikan, departemen personalia perusahaan swasta ata pemerintah, lembaga pendidikan dan pelatihan, rumah sakit, pusat konsultasi psikologi, pusat rehabilitas, media massa, jasa seleksi tenaga kerja, dll.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UNAND, UNAIR, UB, UNDIP, UGM, UIN-SH, UIN-Bdg, UNLAM, UNMUL, UM, UNNES, UNESA, UPI, UNS, USU
PTS : UAD, UBINUS, UII, UPH, UMM, dll.

BIDANG ILMU : INDUSTRI KREATIF DAN DESAIN

PROGRAM STUDI, DIANTARANYA :

1. FILM dan TELEVISI
2. FOTOGRAFI
3. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
4. DESAIN INTERIOR
5. DESIAN PRODUK
 

1. PROGRAM STUDI : FILM DAN TELEVISI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Lulusan program studi ini diharapkan mampu melakukan penulisan cerita untuk film ; menguasai seluk-beluk manajemen pembuatan film ; serta mendalamim keterampilan dengan peralatan kamera film ; mendalami kemampuan untuk menyunting hasil syuting sehingga membentuk kesatuan film cerita.

Memiliki kemampuan untuk menyunting hasil syuting maupun keterampilan menyunting (editing) dari siaran langsung.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Mempelajari teknik dan gaya visualisasi film cerita; mempelajari penciptaan dekor, latar, dan unsur-unsur visual sebagai penunjang keutuhan film; mendalami keterampilan dengan peralatan rekaman suara; ; mempelajari cara bertutur dengan animasi.

Di  program  studi  ini  kalian  dapat  memilih kekhususan berdasarkan permintaan Produksi Film, Penulisan Skenario

Film, Asistensi Penyutradaraan Film, Penyutradaraan Film, Sinematografi, Tata Artistik Film, Tata Suara Film, Editing Film, Manajemen Produksi dan Penyiaran Televisi, Penulisan Naskah Televisi, Penyutradaraan Televisi, Pengarahan Teknik Televisi/Videografi, Tata Artistik Televisi, Tata Suara Televisi, Editing Televisi.

B. PROSPEK LULUSAN

Bekerja sebagai kreator profesional yang mandiri, bekerja di stasiun televisi sesuai dengan bidang keahlian kalian, bekerja di rumah produksi film sesuai dengan bidang keahliannya, bekerja di biro iklan sesuai dengan bidang keahliannya

Bekerja di stasiun televisi sesuai dengan bidang keahlian, Bekerja sebagai kru bagi stasiun TV asing yang membuka kantor cabangnya di Indonesia, di perusahaan asing di Indonesia yang memiliki stasiun pemancar terbatas,

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI PTN : ISI-Yk
PTS : IKJ- Jkta, Institut Seni Indonesia Surakarta 
 

2. PROGRAM STUDI : FOTOGRAFI

A. Deskripsi Singkat

Program studi ini diarahkan mampu membuat penciptaan foto- foto yang didesain untuk mempromosikan produk-produk tertentu ; memperdalam kemampuan untuk menghasilkan efek-efek fotografi, termasuk penggunaan filter-filter, pencetakan di kamar gelap dan pemanfaatan komputer grafis. Program studi fotografi memiliki tiga pilihan minat utama, yaitu :

(a) Fotografi Jurnalistik,

(b) Fotografi Komersial, dan

(c) Fotografi Seni.

Mempelajari teknik pemotretatn artistik, termasuk soal komposisi, pencahayaan; membahas pemotretan yang memiliki nilai berita.

B. PROSPEK LULUSAN

Alumni program studi ini dapat bekerja di berbagai penerbitan (koran, majalah, jurnal) baik di dalam maupun di luar negeri, biro iklan, mendirikan studio foto sendiri.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : Institut Seni Indonesia Denpasar, ISI-Yogyakarta. PTS : IKJ-Jkta,

3. PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi ini diarahkan untuk terampil dalam menggunakan dan memadukan elemen rupa, huruf dan citra sebagai bahasa untuk berkomunikasi secara visual dengan khalayak sasaran yang spesifik. Karya desain komunikasi visual secara bentuk dikategorikan menjadi

(a) bottom line, yaitu yang dinikmati dalam ruangan dan

(b) upper line, yaitu yang dinikmati di ruang luar.

Gambaran Ilmu yang dipelajari antara lain : Sejarah Seni Rupa, Gambar Teknik, Estetika, Sejarah Desain, Komputer Grafis, Kewirausahaan, Desain Komunikasi Visual, Menggambar Ilustrasi, Tipografi, Metode Produk Grafika, Komunikasi Periklanan, Multimedia, Fotografi, Manajemen Produksi Media, Manajemen Desain, Proses Komunikasi.

B. PROSPEK LULUSAN

Bidang pekerjaan yang dapat kalian rambah antara lain perancang grafis profesional, mendirikan biro iklan, mengelola percetakan / penerbitan, mengelola Koran / majalah, bekerja di stasiun televisi atau rumah produksi film.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : Institut Seni Indonesia Denpasar, ISI-Yogyakarta.
PTS : IKJ-Jkta

4. PROGRAM STUDI : DESAIN INTERIOR

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diarahkan untuk dapat memahami ilmu-ilmu desain ruangan sekaligus terampil untuk mengaplikasikannya. Agar desain yang dirancang tampak indah, laras dan efektif, maka dikondisikan agar senantiasai akrab dengan wawasan estetika. Ruang lingkup profesi desain interior adalah perancangan ruang, furniture, elemen estetik, pencahayaan, penghawaan, dan lain-lain. Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Mempelajari tentang Studi Seni Rupa, Sejarah Seni Rupa, Tinjauan Desain Interior, Gambar Teknik Interior, Filsafat, Estetika, Sejarah Desain Interior, Metodologi Desain Interior, Pengetahuan Teknik dan Bahan Interior, Sejarah Arsitektur, Konstruksi Bangunan, Ergonomi Interior, Fotografi Desain, Kewirausahaan, Desain Mebel.

B. PROSPEK LULUSAN

Lulus  nddaridi ikpaen ini  kalian  diharapkan  mampu  menjadi sarjana mandiri yang mampu berkarya, berwirausaha sebagai desainer interior, mebel, bekerja pada biro arsitektur, atau menjadi konsultan desain.
.
C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : Institut Seni Indonesia Denpasar, ISI-Yogyakarta. PTS : IKJ-Jkta,

5. PROGRAM STUDI : DESAIN PRODUK

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi Desain diarahkan untuk belajar dan menguasai teori serta praktik mengenai rancangan bentuk atau kemasan barang-barang produksi massal. Mahir melakukan analisis bentuk, yang selain menarik dari segi estetika, juga memiliki nilai ergnomis dan ekonomis yang baik.

Ruang lingkup desain produk meliputi rancang bangun peralatan rumah tangga,nktaor, sports, handicraft, dan lainnya.

Mempelajari Gambar Teknik, Tinjauan Desain, Estetika, Sejarah Desain, Metodologi Desain, Manajemen Desain, Psikologi Persepsi, Komputer Desain, Perhitungan Biaya, Desain Produk, Ergonomi, Teknik Presentasi, Pengetahuan Bahan Industri, Statika Bangunan, Fotografi Produk, Fisika Dasar, Praktik Bengkel, Manajemen Pemasaran.

B. PROSPEK LULUSAN

Menjadi ahli desain produk di berbagai industri besar, menengah, maupun kecil seperti pada industri kosmetik, industri kesehatan, industri makanan, industri mainan anak, industri otomotif. Singkat kata, semua industri yang memproduksi barang secara masal pasti membutuhkan keahlian lulusan desain produk.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI

PTN : Institut Seni Indonesia Denpasar, ISI-Yogyakarta. PTS : IKJ-Jkta,

BIDANG ILMU : SENI

PROGRAM STUDI, DIANTARANYA :

1. SENI RUPA MURNI
2. SENI TARI
3. SENI KARAWITAN
4. PEDALANGAN
5. TEATER
6. SENI MUSIK

1. PROGRAM STUDI : SENI RUPA MURNI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diarahkan untuk mengasah proses berpikir kreatif dan apresiatif terhadap berbagai hal dari perspektif seni rupa sehingga dapat memiliki keahlian untuk menuangkan pikiran dan gagasan ke dalam karya seni rupa. Dibekali ilmu tentang materi, bahan dan teknik seni rupa agar mampu melahirkan karya-karya bermutu.

Mempelajaririteo dan praktik ilmu seni rupa, khususnya seni lukis dan seni patung. Pelajaran yang akan menjadi santapan pokok kalian antara lain Seni Patung, Seni Lukis, Sejarah Seni Rupa, Teori Seni, Fotografi, Pengetahuan Bahan Seni Patung, Ragam Hias, Kritik Seni Rupa, Eksperimen Kreatif, Relief, Sosiologi Seni, Teknik Reproduksi.

B. PROSPEK LULUSAN

Setelah lulus, diharapkan dapat menciptakan peluang pekerjaan sendiri sebagai ahli dalam bidang seni rupa (lukis dan patung). Bisa menjadi seniman profesional, pengulas seni rupa, kurator galeri atau museum seni, ahli penata lingkungan, atau mendirikan galeri seni rupa. Bekerja di instansi pemerintah sebagai pejabat pada bidang kesenian yang mengamatai dan membina apresiasi masyarakat

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : Institut Seni Indonesia Denpasar, ISI-Yogyakarta, ISI-Surakarta, ITB, ST-Seni Rupa dan Desain Indonesia Bandung, UNS
PTS : IKJ-Jkta,

2. PROGRAM STUDI : SENI TARI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi Seni Tari, diarahkan agar mampu mengaplikasikan bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan teknik gerak dan komposisi tari. Pada program ini dapat memilih kekhususan sesuai dengan minat kalian. Ada dua bidang studi yang dapat kalian pilih, yaitu :

(1) Seni  Tari,  yang  akan  membentuk  kalian  menjadin penari yang handal, dan

(2) Komposisi Tari, yang akan mengarahkan kalian sebagai seorang koreografer (penata tari) yang baik.

Gambaran ilmu yang dipelajari, diantaranya bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan teknik gerak dan komposisi tari.

B. PROSPEK LULUSAN

Setelah lulus, diharapkan dapat menciptakan peluang pekerjaan sendiri sebagai ahli dalamgbidan seni tari. Dapat bekerja menjadi seniman profesional di bidang masing-masing. Namun, di luar profesi seniman, dapat bekerja di lembaga pendidikan, lembaga penelitian, instruktur, pengamat/kritikus.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : Institut Seni Indonesia Denpasar, ISI-Yogyakarta. PTS : IKJ-Jkta,

3. PROGRAM STUDI : SENI KARAWITAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi Seni Karawitan, diarahkan agar mampu memahami bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan teknik garapan tabuhan karawitan.

Seperti halnya Program Studi Seni Tari, pada Program Studi Seni Karawitan pun dapat memilih kekhususan minat. Kalian dapat memilih bidang studi Seni karawitan atau Komposisi Karawitan.

Gambaran materig/ ilmu yan dipelajari :

Program studi ini berfokus pada pelajaran mengenai bentuk- bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan teknik garapan tabuhan karawitan.

B. PROSPEK LULUSAN

Setelah lulus, diharapkan dapat menciptakan peluang pekerjaan sendiri sebagai ahli dalam bidang seni rupa. Dapat bekerja menjadi seniman profesional di bidang masing-masing. Namun, di luar profesi seniman, Dapat bekerja di lembaga pendidikan, lembaga penelitian, instruktur, pengamat/kritikus.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : Institut Seni Indonesia Denpasar, ISI-Yogyakarta. PTS : IKJ-Jkta,

4. PROGRAM STUDI : PEDALANGAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi Pedalangan, diarahkan agar mampu memahami bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan studi pedalangan.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Program studi ini mengkhususkan diri untuk mempelajari bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan teknik dan garapan pakeliran.

B. PROSPEK LULUSAN

Setelah lulus, diharapkan dapat menciptakan peluang pekerjaan sendiri sebagai ahli dalam bidang pedalangan.

Dapat bekerja menjadi seniman profesional di bidang masing- masing. Namun, di luar profesi seniman, dapat bekerja di lembaga kesenian, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, instruktur, pengamat atau kritikus.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : Institut Seni Indonesia Denpasar, ISI-Yogyakarta. PTS : IKJ-Jkta,

5. PROGRAM STUDI : TEATER

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan mengarahkan untuk menguasai bentuk- bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan metode dasar dan garapan naskah teater. Di program Studi Teater ada tiga bidang studi utama yang dapat kalian pilih, yaitu :

(1) Pemeranan, akan mengarahkan kalian menjadi aktor/aktris yang handal
 
(2) Penyutradaraan, teknik pengarahan pementasan menguasai ilmu
 
(3) Tata Artistik, akan menjadikan kalian sebagai ahli dalam penataan set/panggung

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Program studi ini mempelajari seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan metode dasar dan garapan naskah teater.

B. PROSPEK LULUSAN

Setelah lulus, diharapkan dapat menciptakanluapneg pekerjaan sendiri sebagai ahli dalam bidang teater.

Dapat bekerja menjadi seniman profesional di bidang masing- masing. Namun, di luar profesi seniman, dapat bekerja di lembaga kesenian, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, instruktur, pengamat atau kritikus.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : Institut Seni Indonesia Denpasar, ISI-Yogyakarta. PTS : IKJ-Jkta,

6. PROGRAM STUDI : MUSIK

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi Musik, diarahkan agar mampu memahi dan mengaplikasikan bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan teknik instrumen, teori-teori musik dan repetoar musik. Pada program studi ini dapat memilih satu di antara dua minat utama yang ada di program studi ini, yaitu :

(1) Musik Sekolahnda

(2) Musikologi.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :
Program studi mempelajari bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan teknik instrumen, teori-teori musik dan repetoar musik.

B. PROSPEK LULUSAN
Setelah lulus, diharapkan dapat menciptakan peluang pekerjaan sendiri sebagai ahli dalam bidang musik.
Dapat bekerja menjadi seniman profesional di bidang masing- masing. Namun, di luar profesi seniman, dapat bekerja di lembaga kesenian, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, instruktur, pengamat atau kritikus.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : Institut Seni Indonesia Denpasar, ISI-Yogyakarta. PTS : IKJ-Jkta,

BIDANG ILMU : GRAFIKA

PROGRAM STUDI, DIANTARANYA :

1. TEKNIK GRFIKA
2. PENERBITAN

1. PROGRAM STUDI : TEKNIK GRAFIKA

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diarahkan agar menguasai kemampuan dalam bidang kerja pada teknik grafika dan dalam bidang kerja teknologi persiapan produksi cetak, teknologi produksi cetak dan penyelesaian produksi; pelaksanaan, pengendali, dan pengawas proses produksi cetak. Selain itu, untuk menguasai teknik pengelolaan usaha grafika, aplikasi komputer dan desktop
publishing, sertahuasa periklanan.

Gambaran Ilmu yang dipelajari antara lain ;

Matematika Terapan, Psikologi Industri, Dasar Aplikasi Komputer, Fisika Terapan, Kimia Terapan, Ilmu Bahan Grafika, Gambar Bahan Grafika, Gambar Mekanika Grafika, Harga Pokok dan Kalkulasi, Manajemen Produksi Grafika, Periklanan, Susun Huruf, Foto Reproduksi, Cetak Ofset, Penyelesaian Grafika, Cetak Tinggi, Cetak Saring, Cetak Dalam.

B. PROSPEK LULUSAN

Setelah selesi kuliah di program studi ini kalian dapat bekerja di perusahaan penerbitan (buku, majalah, surat kabar, tabloid), percetakan, pada instansi pemerintah atau swasta dalm bidang penerbitan, mendirikan sendiri usaha percetakan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
Poltek Negeri Jakarta, Poltek Negeri Media Kreatif Jkta

2. PROGRAM STUDI : PENERBITAN

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan mengarahkan kalian untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja editorial, pengerjaan copy editing dan copy writing, persiapan desain media cetak, kalkulasi harga cetak, pengelolaan penerbitan dan supervisi produk buku. Dengan kemampuan tersebut kalian dapat secara profesional bekerja di bidang penerbitan.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :
Pelajaran yang akan kalian terima antara lain Matematika Terapan, Psikologi Industri, Dasar Aplikasi Komputer, Pengantar Teknik Grafika, Komunikasi Penerbitan, Pernaskahan, Manajemen Editorial, Manajemen Produksi Penerbitan, Azas-azas Penyuntingan, Penyuntingan Materi dan Bahasa, Desktop Publishing, Fotografi, Perwajahan, Periklanan.
.
B. PROSPEK LULUSAN

Setelah selesi kuliah di program studi ini kalian dapat bekerja di perusahaan penerbitan (buku, majalah, surat kabar, tabloid), percetakan, pada instansi pemerintah atau swasta dalm bidang penerbitan, mendirikan sendiri usaha percetakan.

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
Poltek Negeri Jakarta, Poltek Negeri Media Kreatif Jkta (bisa lihat situs : ban-pt.kemdiknas.go.id)
 

BIDANG ILMU : TEKNIK MANUFAKTUR

PROGRAM STUDI, DIANTARANYA :

1. TEKNIK MANUFAKTUR
2. TEKNIK PERANCANGAN MANUFAKTUR
3. TEKNIK PENGECORAN LOGAM
4. TEKNIK OTOMATSI MANUFAKTUR & MEKATRONIK

1. PROGRAM STUDI TEKNIK MANUFAKTUR

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam teknologi manufaktur dies, moulding, dies casting, jig dan fixture. Dengan kompetensi tersebut akan mampu melayani proses manufaktur berkualitas yang handal bagi industri manufaktur, seperti industri - industri pembuatan produk dari bahan plastik, otomotif, manufaktur, agro, pertambangan dan rekayasa. Adantsigeantkroasi yang tercakup dalam program studi ini, yaitu :

- Teknik Pembuatan Perkakas Presisi,
- Teknik Perawatan Mesin, dan
- Teknik Mekanik Umum.

Secara garis besar, pelajaran yang terima antara lain seputar pengetahuan di bidang Pembuatan Perkakas Presisi (Tool Making), Perawatan Mesin (Machine Maintenance), dan Mekanik Umum.
 
LULUSAN
Dapat bekerja di perusahaan atau industri manufaktur, industri pembuatan aneka perkakas. Bekerja dalam bidang bidang Pembuatan Perkakas Presisi (Tool Making), Perawatan Mesin (Machine Maintenance), dan Mekanik Umum

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
Politeknik Manufaktur Bandung
 

2. PROGRAM STUDI

TEKNIK PERANCANGAN MANUFAKTUR

A. DESKRIPSI SINGKAT

Progam studi ini lebih menekankan pada kemampuan perancangan dan memiliki kompetensi dalam merancang dies, moulding, dies casting, jig and fixture serta mesin khusus. Selain itu, akan diarahkan agar mampu melayani rancangan manufaktur bagi industri manufaktur, seperti industri - industri pembuatan produk dari bahan plastik, otomotif, manufaktur, dan komponen teknik lainnya. Ada empat konsentrasi pada progam studi ini, yaitu :

- Teknik Perancangan Perkakas Presisi,
- Teknik Perancangan Mekanik Umum,
- Teknik Rekayasa Manufaktur dan
- Teknik Rekayasa Perancangan Manufaktur.

Pelajaran yang akan dipelajari selama berkuliah adalah pengetahuan seputar Perancangan Perkakas Presisi (Tool Design) dan Teknik Perancangan Mekanik Umum.

B. PROSPEK LULUSAN

Dapat bekerja di perusahaan atau industri manufaktur, industri pembuatan aneka perkakas. Bekerja dalam bidang bidang Pembuatan Perkakas Presisi (Tool Making), Perancangan Mekanik, Rekayasa Manufaktur

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
Poltek Manufaktur Bandung

3. PROGRAM STUDI : TEKNIK PENGECORAN LOGAM

A. DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini bertujuan agar memiliki kompetensi inti dalam teknologi pengecoran logam mulai dari perancangan tuangan, pembuatan pola, proses peleburan, pengujian, analisis bahan dan perlakuan panas. Dengan kompetensi tersebut dapat melayani pembuatan komponen coran bagi industri otomotif, manufaktur, pertambangan, dan alat berat.

Ada dua konsentrasi yang tercakup dalam program studi ini, yaitu :

1. Program Studi Teknik Pengecoran Logam dan
2. Program Studi Teknik Pola Pengecoran Logam.

Pelajaran berkutat dengan teori dan praktik seputar teknik pembuatan pola pengecoran logam dan teknik pengecoran logam. Dibekali pelajaran dan keterampilan mengenai perancangan tuangan, peleburan, analisis dan pengujian material, dan perlakuan panas untuk tuangan.

B. PROSPEK LULUSAN

Dapat bekerja di perusahaan atau industri manufaktur, industri pembuatan aneka perkakas. Pekerjaannya dalam bidang bidang pengecoran logam, Pembuatan Perkakas Presisi (Tool Making),

C. DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
Poltek Manufaktur Bandung
 

4. PROGRAM STUDI : TEKNIK OTOMASI MANUFAKTUR DAN MEKATRONIK

A. DESKRIPSI SINGKAT

Mekatronik adalah perpaduan dari teknik listrik, informasi, mekanik, dan sistem kendali yang merupakan kompetensi dalam pembuatan alat atau komponen yang digunakan untuk membangun system otomatis. Sementara otomatisasi manufaktur menangani keterbatasan manusia dengan sifat kerja yang berulang-ulang dan dihasilkan dari integrasi aplikasi beberapa perangkat elektronik. 

Jika  memilih berkuliah, di sini akan diarahkan untuk memiliki kompetensi inti dalam perancangan dan pembuatan teknologi terpadu dalam mekatronik dan otomasi manufaktur. Dengan kompetensi itu, dapat menyediakan layanan dalam sistem kendali otomasi bagi industri-industri

Gambaran materi yang dipelajari banyak pelajaran mengenai otomasi manufaktur dan mekatronika. Kalian juga akan banyak mendapat teori dan praktik tentang PLC, Pneumatik & Hidrolik, Mikroprosesor dan Interface, Digital Electronics, Instrumentasi dan Kontrol, Power Electronics dalam bentuk paket modul dan khusus.

B. PROSPEK LULUSAN

Dapat bekerja di perusahaan atau industri manufaktur, industri pembuatan aneka perkakas. Bidang pekerjaan pada pembuatan produk yang menggabungkan teknik listrik, mekanik, system informasi, sistem kendali

C.REDKITORI PERGURUAN TINGGI
Poltek Manufaktur Bandung
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Jenis program studi bidang kehutanan, pertanian, psikologi, seni"